mesin rusak atau stang patah bukan karena kualitas bahan kurang tapi bisa karena pemakai tidak tahu pentingnya oktan dan resiko modif knalpot, pengapian dan filter udara


Banyak yang berpendapat bahwa setang seher atau stang piston patah karena penyebab material yang dipergunakan kurang kuat. Penulis punya pendapat lain. Penulis berpendapat bahwa itu terjadi karena pemilik memodif kendaraan dan memakai bensin dengan oktan lebih rendah dari yang disarankan. Jadi intinya stang piston patah karena pemilik memakai kendaraan sembarangan. Terjadi karena dipakai dalam kondisi tidak sesuai standard sementara komponen dirancang hanya untuk pemakaian dalam kondisi standard.

Dasar dari pemikiran ini adalah dari informasi yang diposting di websitenya busi NGK. Ini penulis rangkum dalam artikel berikut ini:
Pakai busi dingin tidak selalu lebih baik

Penyebab – penyebab pre-ignition disebutkan sebagai berikut:
– busi terlalu panas
– busi kurang rapat atau tidak pakai gasket
– waktu pengapian terlalu maju
– oktan bensin terlalu rendah
– campuran bensin-udara terlalu berlebihan iritnya
– kerak di ruang silinder / busi yang berlebihan
– mengendarai dengan beban terlalu berat secara terus – menerus
– pendinginan atau lubrikasi mesin yang kurang

Yang membuat penulis ingin untuk membahas soal ini adalah setelah mendengar dari kerabat bahwa ada Honda Jazz baru (yang lampu depan sudah LED) mesinnya pecah. Dari yang penulis tahu, banyak sekali yang pakai mesin Honda Jazz untuk balapan. Jadi mesinnya harusnya tahan untuk dipakai kencang. Dari pemeriksaan disimpulkan penyebab pecahnya mesin adalah karena stang piston yang patah. Patahnya stang piston ini akhirnya membuat komponen bertumbukan yang akhirnya membuat blok mesin pecah.

Dan ternyata ada juga pemakai motor yang mengalami hal yang sama, mesin pecah karena stang piston:
Waduh…Mesin Vario 125 FI Ambrol, Kenapa Ya?Maret 5, 2015 · by Rideralam · in Otomotif, Ragam. ·

“Stang seher patah di dalam mesin bro… blok mesin hancur semua harus ganti mesin satu gelondong nih…. Vario 125 fi” demikian ujar bro Dedi yang RA terima melalui surel. Jian… kalau dilihat dari pernyataan plus gambar yang dilampirkan sepertinya kerusakan memang sangat parah. Piston sampai hancur, stang seher patah dan blok mesin akhirnya terkena imbasnya.

Yang mengalami hal yang mirip juga tidak cuma satu, berikut contoh lainnya:
Crankcase New Jupiter MX Pecah, Jebol…!!! Kok Bisa…? Oktober 12, 2014

Nach untuk kasus yang terjadi saat ini di motor NJMX ini, jika dilihat dari posisi stang pistonnya maka crankcase NJMX ini jebol karena benturan

Ada yang menyalahkan komponen yang kurang kuat:
Setang Seher KLX Rawan Patah Rabu, 11 November 2015 06:03 WIB

Bagi pembesut motor spek trail adventure khususnya pengguna Kawasaki KLX ataupun D-Tracker, kerap mengeluh dan mengalami masalah dibagian mesin. Terlebih lagi dengan gejala power mesin yang ngedrop. Alhasil, tenaga pun jadi loyo akibat setang seher Kawasaki KLX rawan patah.

Ada yang menyalahkan pemakaian di jalan banjir.
Mesin Yamaha New Vixion ini hancur Setelah hantam banjir, Stang Seher sampai melengkung , Water Hammer kah? Februari 11, 2015

kejadian apes dialami oleh om Oruz X Dui‎ member YAMAHA NEW VIXION LIGHTNING Riders, yamaha new vixionnya mesinnya hancur setelah hantam banjir gan.. stang seher sampai melengkung,, syerem poll

Beberapa orang menganggap bahwa ini hanya bisa terjadi pada motor yang dimodif ekstrem saja. Seperti contoh berikut:
Stroke Up pada kruk as Motor bebek ber CC kecil

Sebenarnya naik stroke pada motor bebek CC kecil sangat beresiko tinggi, kruk as (bandul) bisa melintir lah, setang piston bisa patah lah, bahkan bisa saja mesin bergetar berlebihan bagaikan gempa lokal,hehehe

Penyebab Stang seher putus pada stroke up nol paking

Dari banyak kasus yang di alami oleh teman-teman bengkel dengan seringnya terjadi stang seher yang putus setelah melakukan struk up Nol paking

Dari yang penulis tangkap, peristiwa diatas juga bisa dijelaskan dengan menghubungkannya dengan knocking karena oktan bensin kurang tinggi. Honda Jazz, Vario, Yamaha Jupiter MX dan Vixion merupakan kendaraan dengan mesin kompresi tinggi. Seharusnya mesin tersebut menggunakan bensin minimal pertamax. Kebanyakan pemilik hobi memodifikasi motor untuk menambah tenaga, sementara itu modif yang paling sering dilakukan adalah modif lepas filter atau pakai filter free flow, pakai knalpot racing namun tanpa juga modif ECU karena biasanya biayanya sangat mahal. Padahal dalam kondisi standard kendaraan seringnya sudah dalam kondisi irit. Sebagai akibatnya setelah modifikasi campuran bahan bakar menjadi lebih kering, atau bahkan berlebihan iritnya.

Mesin hancur karena dipaksa melewati banjir pun bisa dijelaskan dengan knocking. Saat pengendara melewati banjir, mesin sering kali dipaksa untuk berjalan di rpm tinggi. Karena terendam air, sensor suhu bisa saja menganggap udara/mesin sedang dingin sehingga campuran bensin dikurangi. Beban mesin juga bertambah. Akibatnya mesin bejalan dalam kondisi terlalu irit. Soal water hammer karena air masuk ke mesin lewat intake, harusnya bila filter terpasang, maka mesin sudah mati duluan karena filter tersumbat air. Kalau dari knalpot mestinya tidak gampang terjadi karena ada klepnya. Seandainya mobil digoyang goyang saat banjir lalu mesin mati, biasanya mesin masih bisa jalan lagi.

Teknik Mesin Motor, Water Hammer Di Ruang Bakar Bisa Sebabkan Setang Seher Bengkok

Air berlebih masuk ke dalam ruang bakar, bikin seher pecah. Minimal setang piston bengkok. Ini terjadi saat siklus kompresi, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMB). Bila saat siklus kompresi ada air di ruang bakar, piston tertahan air seperti dipalu.

Air yang terkompresi akan seperti besi, bayangkan bila piston beradu dengan besi. Makanya dikasih istilah water hammer. Water hammer terjadi bila air yang masuk terlampau banyak, kalau hanya setetes dua tetes itu enggak masalah. Paling air akan menguap dengan sendirinya, karena suhu engine bakal lebih dari 100 derajat celsius.

Jadi ingat waktu banjir lihat ada yang goyang goyang mobil dari luar, kalau mobil digoyang saat banjir air jadi lebih mudah masuk ke mesin lewat knalpot, kalau sudah mogok perlu didorong dan menyewa jasa mereka, ternyata resikonya piston patah. Sadis kalau tujuannya hanya untuk uang ongkos untuk mendorong namun sang pemilik menanggung kerugian jutaan rupiah.

 

Setelan campuran bahan bakar yang terlalu kering menjadi salah satu penyebab pre ignition, yang bila parah bisa mengakibatkan knocking. Knocking sendiri bisa sangat merusak mesin. Rusak mesin total di contoh contoh diatas dimungkinkan terjadi karena knocking.

Ini diperparah dengan kualitas bensin pertamina yang kurang bagus. Walau oktan mungkin sudah sesuai tapi performa tidak mencukupi. Apalagi bila pemilik kendaraan memaksakan memakai bensin dengan oktan yang kurang tanpa mencoba mengatasi dengan memakai aditif atau alat pengubah bensin.

Contoh contoh mesin diatas bisa terjadi bila motor dijalankan dalam kondisi tidak standard. Jangan sembarangan melakukan modifikasi. walau kelihatannya ringan, cuma pasang knalpot racing dan pakai filter ferrox, namun bisa jadi itu sudah cukup untuk membuat mesin hancur bila misalkan di suatu hari butuh jalan dalam kecepatan tinggi beberapa menit atau melewati banjir dengan membuat kendaran berjalan di rpm tinggi di gigi 1.

Sembarangan mengakali mesin juga bisa memperparah kebutuhan oktan, seperti misalnya dengan memajukan pengapian atau memakai alat untuk memperbesar bunga api busi. Mengiritkan juga tidak boleh berlebihan. Memperlancar atau memperbesar pasokan udara baik dari masukan intake, dari port and polish valve atau keluaran knalpot juga akan meningkatkan kebutuhan oktan.

Mesin yang knocking bisa dideteksi dari bunyi tik tik saat kendaraan berjalan kencang atau juga di kecepatan rendah tapi di rpm tinggi dengan beban berat (misalnya melewati banjir). Bisa juga dideteksi dari busi, di busi akan ada bintik bintik bila mesin mengalami knocking. Bila parah, mesin juga bisa oblak engsel nya sehingga suara mesin jadi kasar / kletek kletek. Bila lebih parah lagi mesin bisa hancur total seperti contoh diatas.

Dari foto diatas terlihat bahwa busi yang mengalami pre ignition ada bintik bintik atau butiran karbon. Sementara busi yang terlalu dingin basah atau hitam, pertanda dari misfire atau kegagalan letupan. Yang lebih parah lagi adalah bila businya hitam dan berbintik, karena itu tandanya di rpm rendah misfire, dan di rpm atas knocking. Keduanya mengurangi tenaga dan bisa merusak mesin.

Bila di mobil, knocking bisa dicek dengan OBD2 reader, disetelan TIMING ADV, yang merupakan setelan timing yang diatur ECU. Kualitas bensin yang makin buruk, atau setelan terlalu irit atau mesin kepanasan atau penyebab knocking lainnya membutuhkan pelambatan pembakaran sehingga setelan TIMING ADV jadi negatif. Bila angkanya sangat negatif maka kendaraan perlu di cek karena itu berarti mesin beresiko rusak karena knocking.

 

Bila ingin tetap pakai premium, maka untuk menambah tenaga maka jangan mengandalkan pakai knalpot dan filter free flow. Bila sudah pakai modif yang memperlancar aliran udara, maka jangan lagi memakai premium ataupun pertalite.

Bila butuhnya menambah tenaga dengan cara murah toh ada cara lain. Coba pakai cara lain dulu yang tidak mengubah rasio udara. Bisa coba pakai pemutar udara, pakai aditif, pakai magnet, atau seperti yang penulis pakai yaitu pro capacitor. Kalau menurut penulis modif merubah sifat bensin sudah lebih dari cukup. Di mobil juga hasilnya lebih ok daripada yang pakai modif filter ferrox atau knalpot racing. Tidak perlu ambil resiko mesin rusak.

13 thoughts on “mesin rusak atau stang patah bukan karena kualitas bahan kurang tapi bisa karena pemakai tidak tahu pentingnya oktan dan resiko modif knalpot, pengapian dan filter udara

  1. Nah yang ane bingung nih di tigi ane bro,setelah motor di upgrade sana sini mulai dari aplikasi piston jnong noken as racing bobok knalpot filter di lepas dan juga menaikan main dan pilot jet dari standarnya 38 122 menjadi 42 135 kok jadi lebih irit dari standarnya ,tapi ane cek di busi terlihat merah muda dan separo hitam di ujungnya

    Suka

    • Tiger bukannya aslinya kompresi rendah ya? Kalau pembakaran lebih efisien ya bisa lebih irit. Menaikkan cc biasanya bikin lebih irit juga. Supra fit yang 100cc saja cuma bisa 30km/liter, malah lebih irit yang 150 cc seperti byson atau verza.

      Soal warna busi, aneh juga hitamnya separuh. apa setelan klep tidak pas ya?

      Suka

  2. Nah itu dia yang bikin ane bingung,,padahal performanya juga meningkat ,untuk klep ane rasa gak ada masalah hampir tiap bulan ane control dan servis sendiri

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s