Membersihkan karbon atau carbon clean cukup dengan menyemprotkan air biasa ke mulut intake


Penulis menemukan video menarik dimana carbon clean dilakukan dengan hanya menggunakan air.

Berikut videonya:

Berikut pembuktiannya:

Terlihat juga bahwa sisa dari asap knalpot lebih hitam:

Dikatakan bahwa membersihkan karbon dengan air dilakukan dengan menyemprotkan sedikit air, bisa dengan bantuan sprayer ke mulut intake throttle body atau karburator. Proses dilakukan dalam kondisi mesin sudah panas dan mesin dijalankan pada rpm 2000 atau 3000. Air yang disemprotkan tidak boleh terlalu banyak. Lakukan proses ini selama beberapa menit, boleh lebih dari 5 menit.

Setelah proses, sebaiknya kendaraan dipakai untuk menghilangkan sisa sisa air baik di mesin ataupun di knalpot. Disarankan kendaraan dijalankan lebih dari 10km.

Menarik ya?

Dalam skala lebih kecil, air bisa dipergunakan untuk menambah tenaga juga, bahkan teknik ini dipergunakan di dunia sport sampai sekarang, bisa dibaca di artikel berikut
Meningkatkan efisiensi mesin dengan water injection bisa murah dan meriah

5 thoughts on “Membersihkan karbon atau carbon clean cukup dengan menyemprotkan air biasa ke mulut intake

    • Kuantitas yang dipakai kecil, tidak sampai masuk semua. Mangkanya bila coba pakai sprayer saja biar lebih aman. Artikel berikut ini juga menjelaskan.
      Teknik Mesin Motor, Water Hammer Di Ruang Bakar Bisa Sebabkan Setang Seher Bengkok

      Air berlebih masuk ke dalam ruang bakar, bikin seher pecah. Minimal setang piston bengkok. Ini terjadi saat siklus kompresi, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMB). Bila saat siklus kompresi ada air di ruang bakar, piston tertahan air seperti dipalu.

      Air yang terkompresi akan seperti besi, bayangkan bila piston beradu dengan besi. Makanya dikasih istilah water hammer. Water hammer terjadi bila air yang masuk terlampau banyak, kalau hanya setetes dua tetes itu enggak masalah. Paling air akan menguap dengan sendirinya, karena suhu engine bakal lebih dari 100 derajat celsius.

      Suka

  1. […] Tanpa pembersihkan karburator atau throttle body, rasanya servis akan jadi jauh lebih murah. Bahkan kalau kita bisa membersihkan filter udara sendiri, maka servis ke bengkel pun rasanya tidak terlalu perlu. Pelumasan atau pengecekan kita lakukan sendiri. Yang penting ganti oli dilakukan berkala. […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s