Ini penjelasan mengapa kualitas pembakaran atau bahan bakar bisa mempengaruhi masa pakai oli mesin


Beberapa waktu lalu penulis posting di sebuah grup tentang pemakaian bensin premium bisa bikin oli lebih cepat hitam daripada saat pakai pertamax. Diketawain, diolok olok dan di bodoh bodohkan. Dianggap bahwa pemakaian bensin tidak akan mempengaruhi oli mesin.

Kebetulan penulis menemukan video yang menunjukkan ilustrasi bagaimana hasil ledakan pembakaran di ruang bakar itu juga sebenarnya juga menjalar ke dalam ruang oli mesin. Berikut videonya:

Video tersebut adalah iklan dari alat yang bisa memisahkan oli yang keluar dari saluran PCV sehingga tidak ikut dikembalikan ke intake. Di dalam video dijelaskan bagaimana kebocoran antara piston ring dan liner membuat gas hasil pembakaran masuk ke crankcase / tempat oli mesin. gas yang masuk ke crankcase ini komposisinya sama dengan gas dari exhaust. Gas ini dinamakan blow by gasses.

Masuknya gas membuat tekanan di crankcase naik sehingga harus dikeluarkan. Pada kendaraan lama gas dikeluarkan melalu saluran yang langsung disalurkan ke udara terbuka. Namun cara ini membuat oli mudah berkurang dan tidak ramah lingkungan. Cara lain yang sekarang ini banyak diterapkan adalah dengan mengambalikannya ke mesin melalui saluran intake.

Namun gas ini sudah tidak lagi gas buang murni. Pada saat gas ini masuk ke mesin, gas buang akan bercampur dengan oli. Sehingga gas yang dikeluarkan akan jadi mengandung uap oli juga dan bisa mengurangi performa, seringkali juga uap oli jadi mengendap dan terkumpul di throttle body dan menjadi kerak.

penjelasan dari oil catch tank

 

Menyimpang dari topik sebentar, banyak yang mencoba mengakali dengan menempatkan penangkap oli atau oil catch tank. Menurut penulis ini justru memperparah keadaan karena penangkap oli tersebut membuat suhu campuran gas buang dan oli menjadi lebih rendah dan jadi lebih mudah mengendap di throttle body. Sehingga kalau dipakai bisa jadi justru lebih kotor. Buktinya juga yang menyarankan atau yang pakai alat ini tidak bisa membuktikan peningkatan baik dari sisi performa ataupun kebersihan throttle body. Jadi cuma dipakai untuk sugesti menenangkan diri saja.

Kalau di motor ada yang mengganti tutup oli dengan yang ada selangnya, dengan alasan untuk mengurangi tekanan di mesin. Padahal untuk mengurangi tekanan sudah ada katup dan saluran PCV. Mereka yang pakai bilang tenaga terasa bertambah. Bisa jadi cara ini mirip dengan cara air bleed CAI dimana saking besarnya bocornya udara, nggak cuma udara bisa keluar, namun yang dari luar (sama debu debunya) jadi kesedot lagi ke mesin kesedot sama sedotan dari intake, sehingga udara yang masuk ke intake lebih banyak.

 

Kembali ke topik, jelas bahwa saat gas buang dari proses pembakaran masuk ke ruang mesin telah terjadi pencampuran dengan oli mesin, karena gas yang keluar dari PCV terbukti bisa ada olinya. Ini menjelaskan mengapa beda bensin bisa berpengaruh ke oli mesin.

Bila proses pembakaran pembakaran tidak sempurna dan menghasilkan jelaga maka olinya juga jadi jauh lebih cepat hitam. Jadi misalkan pemilik kendaraan memaksakan menggunakan bensin premium untuk kendaraan yang butuhnya pakai pertamax dan membuat pembakaran tidak sempurna maka wajar saja bila oli jadi lebih cepat hitam.

Begitu juga sebaliknya bila misalkan pemilik kendaraan bisa memastikan pembakaran terjadi dengan sempurna maka oli mesin juga lebih lambat menjadi hitam. Dalam hal ini modif perubah bensin bisa banyak membantu. Penulis sendiri menggunakan pro capacitor yang bisa membuat busi lebih putih. Selain mesin menjadi lebih halus, pemakaian oli juga menjadi lebih awet. Cara lain adalah dengan mengatur campuran bensin dengan tepat atau tune up atau disetel lebih irit.

Dari yang penulis sementara ini rangkum, pencampuran gas buang bisa mempengaruhi kekentalan oli, pH dan oksidasi (kandungan sulfur di diesel). Ini sudah pernah penulis bahas di artikel – artikel berikut:
Penyebab berubahnya kekentalan oli mesin dan resiko yang bisa ditimbulkannya
Mengetahui waktu penggantian oli mesin berdasar tingkat keasamannya
Mengapa banyak yang pakai oli diesel untuk mesin motor padahal spesifikasi tidak banyak berbeda dengan oli motor

 
Sebagai contoh, faktor yang dibilang bisa membuat oli jadi asam adalah sulfur, data kandungan sulfur dari bahan bakar pertamina adalah sebagai berikut
kandungan sulfur dan timbal di bensin premium dan pertamax plus

Membedah Bahan bakar Dexlite dalam diesel talk show…..ilmu anyar ki !!! August 21, 2016

Bio Solar Dexlite Pertamina  Dex
Angka cetane 48 Angka cetane 51 Angka cetane 53
Angka Sulfur 3500 PPM Angka Sulfur 1200 PPM Angka Sulfur 300 PPM
No Aditif Aditif Aditif
Harga RP 5,150 Harga RP 6,450 Harga RP 8,100

Dengan data tersebut terindikasi bahwa kendaraan yang menggunakan bio solar oli mesinnya akan bisa lebih cepat menjadi asam daripada kendaran yang pakai pertamina dex. Ini juga yang sepertinya menjadi alasan pabrikan oli membuat oli untuk diesel dengan nilai TBN yang lebih tinggi.

 

Jadi kesimpulannya, bisa ditunjukkan bahwa bahan bakar dan proses pembakaran itu punya peranan penting pada masa pakai oli mesin. Bahan bakar yang jelek bikin oli lebih pendek umurnya. Proses pembakaran yang tidak sempurna juga membuat umur oli lebih pendek juga.

Masuk akal bila pakai premium bisa bikin oli lebih cepat hitam daripada bila pakai pertamax. Makin parah kalau motornya harusnya diminumi pertamax.

5 thoughts on “Ini penjelasan mengapa kualitas pembakaran atau bahan bakar bisa mempengaruhi masa pakai oli mesin

  1. Setuju dgn penulis. Memang bbm berpengaruh besar thd umur oli.

    Klo boleh tau dimana penulis menulis postingan tsb? Pasti di FB ya. Mampir ke kaskus ajah, ilmunya lbh maju daripada di FB.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s