Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informasi base oilnya


Berikut ini adalah daftar oli mesin yang juga menyertakan data kompatibilitas untuk kendaraan koling basah / wet clutch seperti motor laki atau motor bebek atau transmisi matik. Oli mesin yang di kolom wet clutch tertulis no atau sertifikasinya JASO MB, cocoknya hanya untuk oli mesin motor matik saja, bukan untuk oli transmisinya ataupun motor kopbas lain.

Data ini berdasarkan pengujian lab SuperMajor oleh Cauthelia Nandya di tahun 2014. Data ada kemungkinan bisa berbeda dengan yang sekarang ini atau sudah tidak valid lagi, seperti yang sudah pernah dibahas di artikel berikut, bahwa spesifikasi oli itu adalah typical dan bisa berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan:
Menentukan kualitas oli mana bisa pakai spesifikasi datasheet?

Data ini bagi penulis sangat berguna karena sangat memberi gambaran tentang basestock atau base oil atau bahan dasar dari suatu oli. Ini lebih jelas daripada tulisan dibungkusnya. Mencari data ini pakai google juga mustahil. Di bungkus mungkin tertulis sintetik dan kita berharap dapat oli grup 4 (PAO), padahal nyatanya cuma oli grup 3. Tentang beda oli grup 3 dan grup 4 bisa dibaca di artikel berikut.
Pilih mana antara pakai oli mineral masa ganti oli dipercepat atau oli sintetik masa ganti oli lama?

Data diawali dengan prakata berikut ini:

Welcome | Selamat Datang
Terima kasih sudah bersedia membaca Datasheet dari saya, mohon diperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Datasheet ini berdasarkan kemampuan oli maksimum dalam Normal Service, untuk Severe Service, mohon ditanyakan langsung

2. Datasheet ini tidak terafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, sehingga harap dipahami dengan bijak

3. Ketentuan maksimum Drain Interval mengacu kepada beberapa hal di bawah ini:
> Non-Guarantee Long Drain Fully Synthetic: 20,000 Km Normal Service
> Guarantee Long-Drain Fully Synthetic: As label says Normal Service
> German Manufacturer Long-Drain: 30,000 Km minimum Normal Service
> Synthetic Blend: 20,000 Km Maximum Normal Service
> Mineral: 5,000 Km Maximum Normal Service

FAQ:
Q: Apa yang dimaksud dengan Normal Service?
A: Normal Service adalah kondisi dimana dalam mengemudikan kendaraan mencapai syarat: Kecepatan minimum 40 Kmh, Jarak minimum 20 Km, Tidak membawa beban berat, dan tidak memodifikasi mesin dalam bentuk apapun

Q: Apabila kendaraan saya tidak memenuhi syarat di atas, apa yang terjadi?
A: Maka Anda memasuki kondisi Severe Service, dimana usia pakai pelumas maksimum yang direkomendasikan adalah setengah dari umur pakai asli

Q: Bagaimana kalau di motor, apakah Normal Service atau Severe Service?
A: Severe Service

Q: Apa alasannya?
A: Karena mesin motor memiliki komposisi mesin dan part tambahan yang tidak ada di mesin mobil, khususnya adalah untuk motor dengan Kopling Basah

Q: Lalu untuk jarak tempuh hingga 40,000 Km lebih apakah ada syaratnya?
A: Tentu saja, salah satunya kapasitas pelumas minimum adalah 7 liter untuk mobil, dan beberapa menggunakan fitur khusus, mohon ditanyakan apabila ada yang harus ditanyakan

Q: Apakah penggunaan Pelumas di sini bisa merusak mesin motor?
A: Sejatinya perangkat mesin tidak akan rusak karena oli, yang diperhatikan adalah kondisi kopling pada motor kopling basah, pastikan tidak ada part yang defect sebelumnya untuk hasil yang maksimum

Q: Jadi Pelumas PCMO atau HDEO merusak kopling?
A: Beberapa yang saya tulis NO akan terjadi selip sehingga bisa menyebabkan kerusakan, mohon ditanyakan apabila ada yang harus ditanyakan

PCMO
Company Name Viscosity Grade MTBF (Km) MTBF (Hours) MTBF (Years) Base Stock Wet Clutch
Abu Dhabi National Oil Company Voyager Bronze 20W-50 8000 N/A 1 Mineral Yes
Abu Dhabi National Oil Company Voyager Gold 5W-40 20000 N/A 2 VHVI Full Synthetic Yes
Abu Dhabi National Oil Company Voyager Silver 10W-40 15000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Amsoil European Car Formula High SPAsh 5W-40 30,000 500 3 VHVI Full Synthetic No
Amsoil European Car Formula Low SPAsh 5W-30 30,000 600 3 VHVI Full Synthetic No
Amsoil European Car Formula Low SPAsh 5W-40 30,000 600 3 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 0W-20 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 10W-30 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 5W-20 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 5W-30 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil Signature Series 0W-20 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 0W-30 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 10W-30 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 5W-20 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 5W-30 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 5W-50 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil XL Extended Life 0W-20 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 10W-30 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 10W-40 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 5W-20 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 5W-30 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Extended Performance 5W-30 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 10W-60 5,000 N/A 1 PAO + Ester No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic Yes
British Petroleum Castrol Edge with Syntec 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol GTX 15W-50 6,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
British Petroleum Castrol Magnatec 10W-30 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
British Petroleum Castrol Magnatec 10W-40 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Chevron Havoline ProDS 0W-20 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Chevron Havoline ProDS 10W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Chevron Havoline ProDS 5W-20 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Chevron Havoline ProDS 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Fully Synthetic 0W-20 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Fully Synthetic 5W-20 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Fully Synthetic 5W-30 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Synthetic Blend 10W-30 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
ConocoPhillips GT-1 Synthetic Blend 10W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
ExonnMobil Mobil 1 0W-40 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 10W-30 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 15W-50 20,000 400 2 PAO + Ester Yes
ExonnMobil Mobil 1 5W-20 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 5W-30 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 5W-50 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Advance Fuel Economy 0W-20 20,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil 1 Advance Fuel Economy 0W-30 20,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 0W-20 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 10W-30 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 5W-20 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 5W-30 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil Super 10W-30 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super 10W-40 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super 5W-20 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super 5W-30 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 0W-20 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 10W-30 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 5W-20 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 5W-30 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International Excel 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International F1 10W-50 5,000 N/A 1 PAO + VHVI No
Kuwait Petroleum International G Long Life 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International M Long Life 5W-40 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International R Long Life 5W-30 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International Special 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International V Long Life 5W-30 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Leichtlauf High Tec 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Leichtlauf Performance 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Liqui Moly Molygen 10W-50 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Liqui Moly MoS2 Leichtlauf 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Liqui Moly Synthoil Energy 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Synthoil High Tech 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Synthoil Longtime 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Synthoil Longtime Plus 0W-30 35,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Top Tec 4200 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Top Tec 4300 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Top Tec 4400 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 10W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 20W-50 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 4100 Power 15W-50 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 4100 Turbolight 10W-40 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 6100 Synergie 15W-50 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 6100 Synergie+ 10W-40 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 8100 Eco-Lite 0W-20 15,000 N/A 1 VHVI + Ester No
Motul 8100 Eco-nergy 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 Eco-nergy 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-cess 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Clean 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Clean 5W-40 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Lite 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Max 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Gold 10W-30 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Pennzoil Gold 5W-20 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Pennzoil Gold 5W-30 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Pennzoil Platinum PurePlus 0W-20 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 10W-30 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 5W-20 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 5W-30 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 5W-50 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pertamina Fastron 10W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Pertamina Fastron 20W-50 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Pertamina Fastron Fully Synthetic 0W-50 15,000 400 1 PAO + Ester Yes
Pertamina Fastron Gold 5W-30 30,000 500 3 VHVI Full Synthetic No
Pertamina Mesran Super 20W-50 3,000 N/A 1 Mineral Yes
Pertamina Prima XP 20W-50 3,000 N/A 1 Mineral Yes
Quaker State Advance Durability 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 10W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 20W-50 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Enhanced Durability 10W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Quaker State Enhanced Durability 5W-20 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Quaker State Enhanced Durability 5W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Quaker State Ultimate Durability 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 5W-50 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Redline Motor Oil 0W-20 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 0W-30 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 0W-40 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 10W-30 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 10W-40 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 10W-60 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 15W-50 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 20W-50 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 5W-20 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 5W-30 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 5W-50 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil Euro Series 5W-30 25,000 300 1 PAO + Ester + VHVI No
Redline Motor Oil Euro Series 5W-40 25,000 300 1 PAO + Ester + VHVI No
Royal Dutch Shell Helix HX2 10W-30 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX2 10W-40 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX2 15W-40 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX2 20W-50 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX3 10W-30 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX3 15W-40 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX3 20W-50 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 10W-40 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 15W-40 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 15W-50 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 20W-50 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX6 10W-40 6,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX7 10W-30 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX7 10W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX7 5W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX8 0W-20 10,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix HX8 5W-30 10,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix HX8 5W-40 10,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix Ultra 10W-60 5,000 N/A 1 PAO + Ester No
Royal Dutch Shell Helix Ultra 5W-30 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix Ultra 5W-40 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Purple Motor Oil 15W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Purple Motor Oil 20W-50 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Purple Motor Oil 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme 10W-30 15,000 300 2 VHVI + Mineral No
Suncor Supreme 10W-40 15,000 300 2 VHVI + Mineral Yes
Suncor Supreme 20W-50 15,000 300 2 VHVI + Mineral Yes
Suncor Supreme 5W-20 15,000 300 2 VHVI + Mineral No
Suncor Supreme 5W-30 15,000 300 2 VHVI + Mineral No
Suncor Supreme Synthetic 0W-20 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 0W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 10W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 5W-20 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 5W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution CRV 0W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution DID 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 0W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 0W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 5W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 5W-50 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTA 0W-40 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTA 5W-40 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 0W-20 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 0W-30 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 5W-20 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 5W-30 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech FE 5W-30 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech LLX 5W-30 30,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech LSX 5W-40 30,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech MSX 5W-30 30,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution NF 5W-40 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution SXR 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution SXR 5W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Quartz 3000 20W-50 4,000 75 1 Mineral Yes
Total Quartz 5000 15W-50 6,000 125 1 Mineral Yes
Total Quartz 7000 10W-40 10,000 250 1 VHVI + Mineral Yes
Total Quartz 9000 5W-40 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic Yes
Total Quartz 9000 Future 5W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Quartz INEO 5W-30 30,000 500 3 VHVI Full Synthetic No
Valvoline DuraBlend 10W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 15W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 5W-20 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 5W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline SynPower 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Valvoline SynPower 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Valvoline SynPower 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Valvoline SynPower 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Yacco Lube DE 0W-30 35,000 500 3 PAO + Ester + VHVI No
Yacco Lube DE 5W-30 35,000 500 3 PAO + Ester + VHVI No
Yacco VX 1000 FAP 5W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Yacco VX 1000 LL 0W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Yacco VX 1500 0W-30 25,000 350 2 PAO + VHVI No
Yacco VX 1600 0W-30 25,000 350 2 PAO + VHVI No
Yacco VX 2000 0W-30 25,000 350 2 PAO + Ester + VHVI No
Yacco VX 500 10W-40 15,000 150 1 VHVI + Mineral No
Heavy Duty Engine Oil
Company Name Viscosity Grade MTBF (Km) MTBF (Hours) MTBF (Years) Base Stock Wet Clutch
Amsoil OE 10W-30 5,000 N/A 1 VHVI Fully Synthetic Yes
Amsoil OE 15W-40 5,000 N/A 1 VHVI Fully Synthetic Yes
Amsoil Premium Diesel 5W-40 25,000 600 2 PAO + VHVI Yes
Amsoil Premium Diesel 15W-40 25,000 600 2 PAO + VHVI Yes
Amsoil Series 3000 10W-30 15,000 N/A 1 VHVI Fully Synthetic Yes
British Petroleum RE Oil 40 15W-40 N/A 350 2 VHVI + Mineral No
ConocoPhillips Guardol ECT 15W-40 25,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
ConocoPhillips Super DX-A 10W-30 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
ConocoPhillips Super DX-A 15W-40 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
ExxonMobil DIOL 13 RD40 SAE 40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil DIOL 17 RD40 SAE 40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil DIOL 9 RD2040 20W-40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil DIOL 9 RD40 SAE 40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil Mobil Delvac 1 ESP 5W-40 25,000 500 2 PAO + VHVI Yes
ExxonMobil Mobil Delvac 1 LE 5W-30 25,000 500 2 PAO + VHVI No
ExxonMobil Mobil Delvac MX 15W-40 8,000 200 1 Mineral Yes
ExxonMobil Mobil Delvac Super 1300 10W-30 8,000 200 1 Mineral Yes
ExxonMobil Mobil Delvac Super 1300 15W-40 8,000 200 1 Mineral Yes
Pertamina Fastron Diesel 15W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Pertamina Meditran SC 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Pertamina Meditran SX 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Redline Diesel Motor Oil 15W-40 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Royal Dutch Shell Rimula R3X 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R4L 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R4X 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R5LE 10W-30 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R5LE 10W-40 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R6LM 10W-40 20,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Royal Dutch Shell Rimula R6LME 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Royal Dutch Shell Rimula R6M 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron 15W-40 30,000 300 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E 10W-30 30,000 300 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E 15W-40 30,000 300 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E Synthetic 0W-40 45,000 500 3 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E Synthetic 5W-40 45,000 500 3 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E Synthetic 10W-40 45,000 500 3 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E-XL 10W-30 30,000 350 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E-XL 15W-40 30,000 350 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Total Performance Discovery FE 15W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Experty FE 5W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Experty LSX FE 10W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Galaxy FE 10W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Harmony FE 10W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia 20W-30 8,000 100 1 Mineral No
Total Rubia Tir 6400 15W-40 8,000 100 1 Mineral Yes
Total Rubia Tir 7200 FE 15W-30 8,000 100 1 Mineral No
Total Rubia Tir 7400 15W-40 8,000 100 1 Mineral Yes
Total Rubia Tir 7800 15W-40 8,000 100 1 Mineral Yes
Total Rubia Tir 7900 15W-40 10,000 125 1 VHVI + Mineral No
Total Rubia Tir 7900 FE 10W-30 10,000 125 1 VHVI + Mineral No
Total Rubia Tir 8600 10W-40 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Total Rubia Tir 8600 FE 10W-30 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 8800 10W-40 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Total Rubia Tir 8900 10W-40 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 8900 FE 10W-30 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 9200 FE 5W-30 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 9900 10W-40 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 9900 FE 5W-30 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Motorcycle Oil
Company Name Viscosity Grade MTBF (Km) MTBF (Hours) MTBF (Years) Base Stock JASO
Astra Honda Motor MPX1 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Astra Honda Motor MPX2 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Astra Honda Motor SPX1 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Astra Honda Motor SPX2 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Total Moto 4 Race 10W-60 4000 50 1 PAO + Ester MA2
Total Moto 4 Tech 10W-50 4000 50 1 PAO + Ester MA2
Total Moto 4 Maxi Tech 10W-30 5000 60 1 VHVI Fully Synthetic MA
Total Moto 4 Twin Tech 20W-60 5000 60 1 VHVI Fully Synthetic MA2
Total Moto 4 Road 10W-40 3000 40 1 VHVI + Mineral MA2
Total Moto 4 Road 15W-50 3000 40 1 VHVI + Mineral MA2
Total Moto 4 Cruise 20W-50 3000 35 1 Mineral MA2
Total Scooter 4 Maxi City 5W-40 5000 60 1 VHVI Fully Synthetic MB
Total Scooter 4 City 10W-40 3000 40 1 VHVI + Mineral MB
Total Moto 4 Scooter 10W-30 3000 40 1 Mineral MB
Total Moto 4 Scooter 20W-40 3000 40 1 Mineral MB
Total Moto 4 Pro 10W-30 3000 40 1 Mineral MA
Total Moto 4 Pro 15W-40 3000 40 1 Mineral MA
Total Moto 4 Pro 20W-50 3000 40 1 Mineral MA
Total Moto 4 Gold 10W-40 3000 40 1 Mineral MA2
Total Moto 4 Gold 20W-40 3000 40 1 Mineral MA2
Total Moto 4 20W-40 2000 30 1 Mineral MA
Total Moto 4 20W-50 2000 30 1 Mineral MA
Yamalube Matic 20W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Yamalube Power matic 10W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Yamalube Sport 10W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Yamalube 4T Special 20W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Yamalube Super Sport 10W-40 ??? ??? ??? VHVI Fully Synthetic MA2
Motul 5100 4T 10W-30 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 5100 4T 10W-40 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 5100 4T 10W-50 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 5100 4T 15W-50 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 7100 4T 5W-40 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-30 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-40 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-50 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-60 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 20W-50 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 3100 4T 10W-40 2,000 N/A 1 Mineral MA
Motul 3100 4T 15W-50 2,000 N/A 1 Mineral MA
Motul 300V 5W-30 1,000 N/A 1 Ester + PAO MA2
Motul 300V 5W-40 1,000 N/A 1 Ester + PAO MA2
Motul 300V 15W-50 1,000 N/A 1 Ester + PAO MA2
Iklan

36 thoughts on “Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informasi base oilnya

  1. Dari suhu Deesanti ya.
    Utk Shell helix ultra mulai thn 2015 formulasi olinya sudah memakai GTL (Gas To Liquid), oli ini ditandai dgn adanya logo “pureplus technology” pada botol depannya.
    Menurut API, GTL ini msh msk grup 3 juga sih, tp secara spesifikasi, GTL ini sudah melampaui standar minimal grup 3, bahkan mendekati grup 4.

    Oh ya, gimana klo penulis membikin artikel sendiri ttg GTL ini, dgn ciri khas kupasmotor tentunya, yg menurut ane memang jempolan ulasannya.

    Suka

    • Sayangnya agak susah untuk mencari referensi oli rebranding. Satu pabrikan kendaraan juga bisa memakai oli dari banyak pabrikan dan bisa ganti tanpa memberitahu. Untuk acuannya bisa pakai info berikut ini:
      Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?

      banyak yang mengatakan pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. Padahal pada kenyataannya bukan Friction Modifier yang membuat kopling motor Anda selip, tetapi Organic Additives semacam Graphite yang membuat kopling Anda selip. Jika tidak percaya, coba lihat Jumlah Molybdenum pada Motul 300V 4T bahkan jauh lebih tinggi daripada Molybdenum pada PCMO sekalipun, tetapi dari user tidak pernah ada yang mengeluh kopling-nya selip. Perlu diketahui, Molybdenum, Boron, atau Titanium hanya bereaksi dengan Logam saja, tidak dengan komposit organic yang mungkin ada di Kopling.

      Sayangnya graphite tersebut susah terdeteksi melalui oil analysis dan langka sekali tercantum di safety datasheet. Jadi akhirnya cuma bisa berdasar trial error atau boleh pakai acuan diatas.

      Suka

        • Belum tentu, karena ada HDEO yang bikin selip kopling juga.

          Molybdenum bukan friction modifier dan bisa bikin selip kopling tapi ada cara agar bisa dipakai motor dengan kopling basah

          Mending meniru yang banyak dipakai saja, misalnya pertamina fastron.

          Oli HDEO murah resikonya sama dengan oli motor, nggak begitu awet karena bahan olinya kurang bagus (group I). Oli HDEO mahal juga masih ada kemungkinan bikin selip. Perlindungan mesin / film strength HDEO seperti sama dengan oli motor kalau lihat hasil uji 540 RAT.

          Disukai oleh 1 orang

          • Mengenai selip kop ketika pke hdeo, smpat tnya2 dikaskus.
            Awalnya pas ada yg tnya di grup fb ttg hdeo motul dan ada yg jwb:
            “enak2 aja pke hdeo, tp hati2 rawan selip kopling”
            Nah terus sy tnykan di kaskus LDIC, dapat jwban:
            “asal mulanya info ini dari om malik rantaman.

            sumbernya adalah pengujian pfd di kopbas sampai 7000 km menggunakan bbm premium kalau ga salah.

            apa yg disalahkan? premium + SpAsh.

            gimana ceritanya?

            yg bikin oli terasa enak itu salah satunya kadar SpAsh. makin tinggi makin enak.

            sementara, kalau based stock udah rusak, spash lah yg menggantikan fungsi2 based stock.

            tapi hal ini disanggah mba dian.

            terserah mau percaya yg mana, yg jelas, om malik rantaman jg kasih solusi.

            yg pertama, ini cuma kejadian di hdeo semi sintetik dan mineral.
            di hdeo full synthetic aman. karena di hdeo FS spash nya ga ngawang2. udah blend in sama based stock nya.

            yg kedua, ini cuma terjadi kalau pakai hdeo, kemudian pemakaiannya berlebihan.

            hdeo mineral max 4000 km aja. amannya 3000. ini di mesin standar dan sehat.

            hdeo semi sintetik amannya 5000 km aja, di mesin standar dan sehat.

            gitu kira2….

            kalo takut2, pakai aja pcmo yg tbn nya tinggi… aman.”

            Gmana menurut jenengan, om.

            Suka

            • Menurut saya selip tidak ada hubungannya dengan TBN. Oli diesel kan ada yang tidak bikin selip kopling walau TBN lebih tinggi
              dari MCO.

              Selip juga bisa jadi tidak ada hubungannya dengan SpAsh / Sulphated Ash, kadar SpAsh mestinya tidak ada hubungannya dengan kandungan aditif graphite. Pabrik oli yang bener harusnya menghindari pemakaian graphite karena graphite bikin korosi.
              ASTM E2403 – Standard Test Method for Sulfated Ash of Organic Materials by Thermogravimetry

              The sulfated ash may be used to indicate the level of known metal-containing additives or impurities in an organic material.

              SpAsh itu rasanya bukan aditifnya tapi menunjukkan kadar logam yang terkandung di oli. Aditif bahan logam biasa dipergunakan untuk aditif pelicin.

              Menurut saya yang bikin selip itu karena aditif pelicin yang bereaksi secara kimia dengan logam membentuk lapisan pelicin. Aditif yang bereaksi secara kimia contohnya adalah graphite, molybdenum disulfide (MoS2) dan tungsten disulfide (ws2). Aditif tersebut berfungsi melicinkan ketika diantara permukaan logam yang bersinggungan sudah tidak ada olinya:
              Molybdenum bukan friction modifier dan bisa bikin selip kopling tapi ada cara agar bisa dipakai motor dengan kopling basah

              Ada bahan pelicin logam belum tentu bikin selip kopling, tergantung kadarnya dan motornya. Untuk mencegah selip kopling jumlah aditif tersebut dibatasi. Ada yang bilang aditif molybdenum tidak bikin selip kopling, tapi buktinya pabrik aditif molybdenum (liqui moly) bilang kalau pakai aditif tersebut di motor dengan kopling basah jangan terlalu banyak karena resiko bikin slip kopling.

              Maksudnya stock base rusak mungkin hubungannya dengan film strength. Saat oli dipakai lama maka akan jadi encer, saat encer maka film strength berkurang. Saat film strength kurang maka memang aditif logam jadi lebih sering menggantikan karena oli sudah tidak mampu melapisi permukaan logam yang sedang bersinggungan. Saat aditif logam aktif maka aditif akan melapisi permukaan yang bersinggungan dan mengurangi aus (tidak menghilangkan).
              Mengenal dasar pelumasan, ada saat dimana perlindungan tidak ditentukan oleh anti wear

              Menurut saya oli diesel jarang pakai aditif pelicin yang bikin selip kopling karena oli mereka kental. Karena kental maka film strengthnya tinggi. Karena film strength tinggi maka tidak terlalu butuh aditif pelicin. Tapi ada juga oli diesel yang ditawarkan lebih encer. Karena lebih encer film strength berkurang. Karena film strength berkurang maka butuh aditif pelicin. Aditif pelicin yang ditambahkan ada yang bikin selip kopling dan ada yang tidak.

              Oli PCMO yang super encer butuh aditif pelicin yang jauh lebih banyak lagi.

              Menurut saya, untuk membandingkan oli HDEO dan PCMO yang bikin selip kopling penting sekali memperhatikan kekentalannya. Oli yang SAE belakangnya 40 atau 50 rasanya lebih tidak bikin selip kopling karena mestinya tidak terlalu banyak kandungan aditif pelicin dibanding dengan yang 0W20 atau 10W30.

              Suka

  2. Assalamualaikum,
    Bro mau tanya, saya sudah pakai oli HDEO kali ketiga,, tapi kok saya merasa aneh, karena waktu saya cek di Km 300 an warna olinya keabu-abuan, apakah indikasi seperti itu normal? Dlu saya pertama pakai delvac mx (500 Km), MSX (1000 Km), setelah itu ganti filter oli,, lalu skg PFD sdg jalan 300 Km-an saya berharap cek warna oli masih kuning, eh ternyata sudah berubah jadi abu-abu, tetapi peforma tidak menurun,, fyi saya pakai kampas kopling kevlar, apakah karena pengaruh kampasnya bro?
    Makasih, Wassalam.

    Suka

    • Abu abu katanya adalah tanda bocor kena air atau coolant. Bisa juga karena kampas koplingnya. Katanya sebelum pakai harus direndam oli dulu:
      Kopling Kevlar Bisa Jadi Alternatif Pilihan Bikers

      Salah satu keunikan dari kopling kevlar TK Racing ini ada pada proses sebelum pemasangannya. Sebelum dilakukan pemasangan, kanvas kopling ini harus direndam terlebih dahulu di dalam cairan oli selama semalaman, namun lebih baik menggunakan pelumas baru.

      Kenapa begitu oli baru? “Bahan kevlar untuk kopling TK Racing ini memang memiliki karakteristik yang agak berbeda. Dengan direndam oli itu maka akan ada semacam reaksi kimia yang akan membuat tekstur kanvas kopling ini lebih menggigit dan awet,” beber Andri lagi.

      Sebaiknya ganti oli saja, sambil cek adanya kebocoran sistem pendingin. Juga takut bila itu karena pernah menerjang banjir. Maaf ini hanya kira kira.

      Suka

    • Assalamualaikum,
      Bro motor saya Byson yang notabene tidak ada radiatornya, tapi hal ini terjadi sudah sedari dulu bro waktu masih pake kampas bawaan pabrik. Anehnya teman saya pakai Vega ZR dengan MSX juga mengalami hal yang sama. Dulu waktu pakai PCMO HX7 normal saja warna olinya. Mohon pencerahannya bro.
      Trims, Wassalam.

      Suka

      • wa ‘alaikumus salam. Bila bukan air atau coolant, kemungkinan lain:

        – aus mesin, tapi dari yang pernah alami, ini dibarengi dengan serbuk logam. Apa filter bersih dari serbuk?
        – ada reaksi antar merek oli berbeda / sama seal, dst
        – efek flushing:
        Benarkah Oli Mesin itu Cocok-Cocokan?

        1. ENGINE OIL FLUSH
        Banyak yang ragu menggunakannya. Takut kalau kotoran yang dirontokkan menyumbat saluran pelumas mesin.Padahal treatment ini bekerja secara kimiawi. Sludge atau “lumpur oli” yang sudah lama melekat didinding blok dicairkan sehingga ikut terbawa aliran oli. Bukan rontok seperti karat yang dikupas dengan ujung obeng. Saya buktikan pada pertama kali menggunakan oil flush, pada Isuzu Panther High Sporty 1997. Oli buangan dari engine yang biasanya berwarna hitam, ketika menggunakan oil flush menjadi berwarna abu-abu.

        Coba jangan ganti merek oli dulu dan dilihat efeknya. Maaf cuma ini yang bisa saya sarankan.

        Apa ada alasan mengapa ganti oli sangat sering?

        Suka

    • Assalamualaikum,
      Oke nanti coba saya cek filternya bro. Kemarin ganti oli di Km rendah untuk flushing bro, peralihan dr PCMO ke HDEO, di Km 500 setelah itu 1000, tetapi dengan menggunakan merk oli yg berbeda (Delvac trus MSX). Untuk aditif oil flushing saya belum pernah pakai bro. Kondisi jeroan pas terakhir bongkar (pas ganti kampas dan filter oli) bersih mengkilat bro, ga ada endapan ataupun kerak. Dan sampai saat ini saya masih pakai PFD dan baru berjalan 300 Km-an. Misal dalam kondisi seperti itu (oli warna abu2) saya pakai jalan harian apakah aman ya bro?
      Trims, Wassalam.

      Suka

      • Wa ‘alaikumus salam.
        Ok. menurut saya tidak usah flush saja, kan di mesin jadi tersisa olinya flush. Saat oli dikuras kan masih ada oli yang tersangkut di mesin. Jadi kalau oli flushnya jelek, maka oli mesin sesudahnya jadi ikutan jelek.

        Bila diteruskan, coba dilihat apakah warna makin abu abunya atau tidak. bila setelah 600km makin parah ya sebaiknya diganti. Kalau cuma makin hitam saja rasanya ok.

        Suka

  3. apa faktor yang menentukan oli mobil bisa dipakai di kopling basah?

    saya penasaran karena PrimaXP 20w50 tidak ada sertifikat JASO MA tapi tabel diatas tertulis boleh buat kopbas

    Suka

      • aditif protection bisa dilihat dari mana? datasheetnya atau harus ujilab?

        saya mau pake oli evalube tapi tabel diatas gak ada 😀

        Suka

        • biasanya tercantum di bungkusnya. Repotnya nggak semua mencantumkan. Kadang ada oli motor yang bikin selip kopling juga. Jadi terpaksa harus mengandalkan testimoni yang lain.

          Untuk lebih aman beli untuk bukan untuk matik dan bukan untuk mobil saja.

          Suka

  4. Saya tertarik dengan Duron E-XL yang dari tabel diatas MTBFnya mencapai 30.000 km dan cocok untuk wet clutch, untuk diaplikasikan di Supra Helm in tahun 2012 saya. Pertanyaannya:
    1. Berapa jauh interval (kilometer) pemakaian dengan asumsi pemakaian normal, kondisi start n stop jakarta dan pemakaian bahan bakar minimal ron 90?
    2. Sebelum aplikasi, apakah ada hal-hal yang perlu diperhatikan, misalnya terkait flush? Apalah ada rekomendasi flush cleaner yang bagus dari value for money?
    3. Apakah ada impact (terutama impact negatif) dari aplikasi HDEO pada motor wet clutch dengan kondisi interval pergantian oli yang lama/panjang (tapi tidak melebihi asumsi 30.000 km tadi)?

    Terima kasih

    Suka

    • 1. umur oli di motor jauh lebih pendek daripada pemakaian di mobil. Contohnya amsoil, oli mobil rekomendasinya bisa 25 ribu mil, tapi oli motor yang paling bagus cuma bisa 2 kali masa ganti oli pabrik. Kalau di motor matik honda berarto 5000-7000km.
      Apa benar masa pakai oli Amsoil di motor matik bisa lebih dari 10 ribu km? Di petunjuk resmi kok lebih pendek

      1.b karena pakainya pertalite, perhatikan juga warna busi. Bila busi hitam maka oli tidak cocok atau sebaiknya pakai bensin lain.

      2. Jangan pakai flush cleaner. Kalau sampai beneran butuh maka berarti ganti olinya kelamaan atau olinya nggak bagus. Oli bagus harusnya sudah punya daya cleaner juga.

      3. formula oli bisa berubah setiap saat (tertulis di spek). Jadi oli yang biasanya cocok untuk wet clutch, tahu tahu bisa saja jadi nggak cocok. Juga oli HDEO adalah kandungan ash yang relatif lebih tinggi. Ash menyebabkan kerak.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s