Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informasi base oilnya


Berikut ini adalah daftar oli mesin yang juga menyertakan data kompatibilitas untuk kendaraan koling basah / wet clutch seperti motor laki atau motor bebek atau transmisi matik. Oli mesin yang di kolom wet clutch tertulis no atau sertifikasinya JASO MB, cocoknya hanya untuk oli mesin motor matik saja, bukan untuk oli transmisinya ataupun motor kopbas lain.

Data ini berdasarkan pengujian lab SuperMajor oleh Cauthelia Nandya di tahun 2014. Data ada kemungkinan bisa berbeda dengan yang sekarang ini atau sudah tidak valid lagi, seperti yang sudah pernah dibahas di artikel berikut, bahwa spesifikasi oli itu adalah typical dan bisa berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan:
Menentukan kualitas oli mana bisa pakai spesifikasi datasheet?

Data ini bagi penulis sangat berguna karena sangat memberi gambaran tentang basestock atau base oil atau bahan dasar dari suatu oli. Ini lebih jelas daripada tulisan dibungkusnya. Mencari data ini pakai google juga mustahil. Di bungkus mungkin tertulis sintetik dan kita berharap dapat oli grup 4 (PAO), padahal nyatanya cuma oli grup 3. Tentang beda oli grup 3 dan grup 4 bisa dibaca di artikel berikut.
Pilih mana antara pakai oli mineral masa ganti oli dipercepat atau oli sintetik masa ganti oli lama?

Data diawali dengan prakata berikut ini:

Welcome | Selamat Datang
Terima kasih sudah bersedia membaca Datasheet dari saya, mohon diperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Datasheet ini berdasarkan kemampuan oli maksimum dalam Normal Service, untuk Severe Service, mohon ditanyakan langsung

2. Datasheet ini tidak terafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, sehingga harap dipahami dengan bijak

3. Ketentuan maksimum Drain Interval mengacu kepada beberapa hal di bawah ini:
> Non-Guarantee Long Drain Fully Synthetic: 20,000 Km Normal Service
> Guarantee Long-Drain Fully Synthetic: As label says Normal Service
> German Manufacturer Long-Drain: 30,000 Km minimum Normal Service
> Synthetic Blend: 20,000 Km Maximum Normal Service
> Mineral: 5,000 Km Maximum Normal Service

FAQ:
Q: Apa yang dimaksud dengan Normal Service?
A: Normal Service adalah kondisi dimana dalam mengemudikan kendaraan mencapai syarat: Kecepatan minimum 40 Kmh, Jarak minimum 20 Km, Tidak membawa beban berat, dan tidak memodifikasi mesin dalam bentuk apapun

Q: Apabila kendaraan saya tidak memenuhi syarat di atas, apa yang terjadi?
A: Maka Anda memasuki kondisi Severe Service, dimana usia pakai pelumas maksimum yang direkomendasikan adalah setengah dari umur pakai asli

Q: Bagaimana kalau di motor, apakah Normal Service atau Severe Service?
A: Severe Service

Q: Apa alasannya?
A: Karena mesin motor memiliki komposisi mesin dan part tambahan yang tidak ada di mesin mobil, khususnya adalah untuk motor dengan Kopling Basah

Q: Lalu untuk jarak tempuh hingga 40,000 Km lebih apakah ada syaratnya?
A: Tentu saja, salah satunya kapasitas pelumas minimum adalah 7 liter untuk mobil, dan beberapa menggunakan fitur khusus, mohon ditanyakan apabila ada yang harus ditanyakan

Q: Apakah penggunaan Pelumas di sini bisa merusak mesin motor?
A: Sejatinya perangkat mesin tidak akan rusak karena oli, yang diperhatikan adalah kondisi kopling pada motor kopling basah, pastikan tidak ada part yang defect sebelumnya untuk hasil yang maksimum

Q: Jadi Pelumas PCMO atau HDEO merusak kopling?
A: Beberapa yang saya tulis NO akan terjadi selip sehingga bisa menyebabkan kerusakan, mohon ditanyakan apabila ada yang harus ditanyakan

 

Testimoni oli yang bikin selip kopling:

22/7/2018, yusuf: Sedikit sharing,td pagi langsung saya drain,saya coba cekok.i fastron platinum 0w-40..harga seliter 190an..kap oli gsx 1300 ml..saya beli satu botol,sisanya 300 ml saya kasih sunco,hasil.nya mesin entengggg bgt om,towel gas dikit mesin uda teriak2..tp yg amsyong jd slip kopling.nya,mesin teriak hebat,tp kec. g sptri biasanya…saya drain langsung,ganti oli mesran biasa + migor 500 ml..eksperimen dulu..sapa tau bagus..

 

PCMO
Company Name Viscosity Grade MTBF (Km) MTBF (Hours) MTBF (Years) Base Stock Wet Clutch
Abu Dhabi National Oil Company Voyager Bronze 20W-50 8000 N/A 1 Mineral Yes
Abu Dhabi National Oil Company Voyager Gold 5W-40 20000 N/A 2 VHVI Full Synthetic Yes
Abu Dhabi National Oil Company Voyager Silver 10W-40 15000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Amsoil European Car Formula High SPAsh 5W-40 30,000 500 3 VHVI Full Synthetic No
Amsoil European Car Formula Low SPAsh 5W-30 30,000 600 3 VHVI Full Synthetic No
Amsoil European Car Formula Low SPAsh 5W-40 30,000 600 3 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 0W-20 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 10W-30 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 5W-20 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil OE 5W-30 5,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil Signature Series 0W-20 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 0W-30 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 10W-30 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 5W-20 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 5W-30 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil Signature Series 5W-50 40,000 700 2 PAO + Ester + VHVI No
Amsoil XL Extended Life 0W-20 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 10W-30 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 10W-40 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 5W-20 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
Amsoil XL Extended Life 5W-30 16,000 N/A 1 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Extended Performance 5W-30 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 10W-60 5,000 N/A 1 PAO + Ester No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol Edge Titanium FST 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic Yes
British Petroleum Castrol Edge with Syntec 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
British Petroleum Castrol GTX 15W-50 6,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
British Petroleum Castrol Magnatec 10W-30 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
British Petroleum Castrol Magnatec 10W-40 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Chevron Havoline ProDS 0W-20 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Chevron Havoline ProDS 10W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Chevron Havoline ProDS 5W-20 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Chevron Havoline ProDS 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Fully Synthetic 0W-20 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Fully Synthetic 5W-20 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Fully Synthetic 5W-30 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
ConocoPhillips GT-1 Synthetic Blend 10W-30 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
ConocoPhillips GT-1 Synthetic Blend 10W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
ExonnMobil Mobil 1 0W-40 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 10W-30 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 15W-50 20,000 400 2 PAO + Ester Yes
ExonnMobil Mobil 1 5W-20 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 5W-30 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 5W-50 20,000 400 2 PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Advance Fuel Economy 0W-20 20,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil 1 Advance Fuel Economy 0W-30 20,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 0W-20 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 10W-30 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 5W-20 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil 1 Extended Performance 5W-30 25,000 500 2 VHVI + PAO + Ester No
ExonnMobil Mobil Super 10W-30 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super 10W-40 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super 5W-20 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super 5W-30 8,000 200 1 VHVI + Mineral No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 0W-20 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 10W-30 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 5W-20 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
ExonnMobil Mobil Super Synthetic 5W-30 8,000 300 1 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International Excel 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International F1 10W-50 5,000 N/A 1 PAO + VHVI No
Kuwait Petroleum International G Long Life 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International M Long Life 5W-40 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International R Long Life 5W-30 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International Special 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Kuwait Petroleum International V Long Life 5W-30 25,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Leichtlauf High Tec 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Leichtlauf Performance 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Liqui Moly Molygen 10W-50 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Liqui Moly MoS2 Leichtlauf 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Liqui Moly Synthoil Energy 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Synthoil High Tech 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Synthoil Longtime 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Synthoil Longtime Plus 0W-30 35,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Liqui Moly Top Tec 4200 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Top Tec 4300 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Liqui Moly Top Tec 4400 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 10W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 20W-50 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Lucas Oil High Performance 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 4100 Power 15W-50 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 4100 Turbolight 10W-40 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 6100 Synergie 15W-50 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 6100 Synergie+ 10W-40 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Motul 8100 Eco-Lite 0W-20 15,000 N/A 1 VHVI + Ester No
Motul 8100 Eco-nergy 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 Eco-nergy 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-cess 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Clean 5W-30 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Clean 5W-40 35,000 N/A 3 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Lite 0W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Motul 8100 X-Max 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Gold 10W-30 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Pennzoil Gold 5W-20 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Pennzoil Gold 5W-30 10,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Pennzoil Platinum PurePlus 0W-20 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 10W-30 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 5W-20 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 5W-30 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Platinum PurePlus 5W-50 15,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pennzoil Ultra Platinum PurePlus 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Pertamina Fastron 10W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Pertamina Fastron 20W-50 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Pertamina Fastron Fully Synthetic 0W-50 15,000 400 1 PAO + Ester Yes
Pertamina Fastron Gold 5W-30 30,000 500 3 VHVI Full Synthetic No
Pertamina Mesran Super 20W-50 3,000 N/A 1 Mineral Yes
Pertamina Prima XP 20W-50 3,000 N/A 1 Mineral Yes
Quaker State Advance Durability 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 10W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 20W-50 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Advance Durability 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Quaker State Enhanced Durability 10W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Quaker State Enhanced Durability 5W-20 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Quaker State Enhanced Durability 5W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Quaker State Ultimate Durability 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Quaker State Ultimate Durability 5W-50 20,000 N/A 2 VHVI + PAO No
Redline Motor Oil 0W-20 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 0W-30 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 0W-40 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 10W-30 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 10W-40 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 10W-60 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 15W-50 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 20W-50 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Redline Motor Oil 5W-20 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 5W-30 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil 5W-50 10,000 200 1 Ester + PAO No
Redline Motor Oil Euro Series 5W-30 25,000 300 1 PAO + Ester + VHVI No
Redline Motor Oil Euro Series 5W-40 25,000 300 1 PAO + Ester + VHVI No
Royal Dutch Shell Helix HX2 10W-30 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX2 10W-40 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX2 15W-40 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX2 20W-50 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX3 10W-30 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX3 15W-40 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX3 20W-50 4,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 10W-40 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 15W-40 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 15W-50 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX5 20W-50 5,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX6 10W-40 6,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX7 10W-30 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX7 10W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX7 5W-40 8,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Helix HX8 0W-20 10,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix HX8 5W-30 10,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix HX8 5W-40 10,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix Ultra 10W-60 5,000 N/A 1 PAO + Ester No
Royal Dutch Shell Helix Ultra 5W-30 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Dutch Shell Helix Ultra 5W-40 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 0W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Purple Motor Oil 15W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Purple Motor Oil 20W-50 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Royal Purple Motor Oil 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Royal Purple Motor Oil 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme 10W-30 15,000 300 2 VHVI + Mineral No
Suncor Supreme 10W-40 15,000 300 2 VHVI + Mineral Yes
Suncor Supreme 20W-50 15,000 300 2 VHVI + Mineral Yes
Suncor Supreme 5W-20 15,000 300 2 VHVI + Mineral No
Suncor Supreme 5W-30 15,000 300 2 VHVI + Mineral No
Suncor Supreme Synthetic 0W-20 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 0W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 10W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 5W-20 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Suncor Supreme Synthetic 5W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution CRV 0W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution DID 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 0W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 0W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 5W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FT 5W-50 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTA 0W-40 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTA 5W-40 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 0W-20 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 0W-30 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 5W-20 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution FTX 5W-30 15,000 200 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech FE 5W-30 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech LLX 5W-30 30,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech LSX 5W-40 30,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution Full-Tech MSX 5W-30 30,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution NF 5W-40 20,000 300 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution SXR 5W-30 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Evolution SXR 5W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Total Quartz 3000 20W-50 4,000 75 1 Mineral Yes
Total Quartz 5000 15W-50 6,000 125 1 Mineral Yes
Total Quartz 7000 10W-40 10,000 250 1 VHVI + Mineral Yes
Total Quartz 9000 5W-40 15,000 300 2 VHVI Full Synthetic Yes
Total Quartz 9000 Future 5W-30 25,000 400 2 VHVI Full Synthetic No
Total Quartz INEO 5W-30 30,000 500 3 VHVI Full Synthetic No
Valvoline DuraBlend 10W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 10W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 15W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 5W-20 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline DuraBlend 5W-30 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral No
Valvoline SynPower 0W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Valvoline SynPower 10W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Valvoline SynPower 5W-20 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Valvoline SynPower 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Full Synthetic No
Yacco Lube DE 0W-30 35,000 500 3 PAO + Ester + VHVI No
Yacco Lube DE 5W-30 35,000 500 3 PAO + Ester + VHVI No
Yacco VX 1000 FAP 5W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Yacco VX 1000 LL 0W-40 20,000 250 2 VHVI Full Synthetic No
Yacco VX 1500 0W-30 25,000 350 2 PAO + VHVI No
Yacco VX 1600 0W-30 25,000 350 2 PAO + VHVI No
Yacco VX 2000 0W-30 25,000 350 2 PAO + Ester + VHVI No
Yacco VX 500 10W-40 15,000 150 1 VHVI + Mineral No
Heavy Duty Engine Oil
Company Name Viscosity Grade MTBF (Km) MTBF (Hours) MTBF (Years) Base Stock Wet Clutch
Amsoil OE 10W-30 5,000 N/A 1 VHVI Fully Synthetic Yes
Amsoil OE 15W-40 5,000 N/A 1 VHVI Fully Synthetic Yes
Amsoil Premium Diesel 5W-40 25,000 600 2 PAO + VHVI Yes
Amsoil Premium Diesel 15W-40 25,000 600 2 PAO + VHVI Yes
Amsoil Series 3000 10W-30 15,000 N/A 1 VHVI Fully Synthetic Yes
British Petroleum RE Oil 40 15W-40 N/A 350 2 VHVI + Mineral No
ConocoPhillips Guardol ECT 15W-40 25,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
ConocoPhillips Super DX-A 10W-30 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
ConocoPhillips Super DX-A 15W-40 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
ExxonMobil DIOL 13 RD40 SAE 40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil DIOL 17 RD40 SAE 40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil DIOL 9 RD2040 20W-40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil DIOL 9 RD40 SAE 40 N/A 400 2 VHVI + Mineral No
ExxonMobil Mobil Delvac 1 ESP 5W-40 25,000 500 2 PAO + VHVI Yes
ExxonMobil Mobil Delvac 1 LE 5W-30 25,000 500 2 PAO + VHVI No
ExxonMobil Mobil Delvac MX 15W-40 8,000 200 1 Mineral Yes
ExxonMobil Mobil Delvac Super 1300 10W-30 8,000 200 1 Mineral Yes
ExxonMobil Mobil Delvac Super 1300 15W-40 8,000 200 1 Mineral Yes
Pertamina Fastron Diesel 15W-40 15,000 N/A 1 VHVI + Mineral Yes
Pertamina Meditran SC 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Pertamina Meditran SX 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Redline Diesel Motor Oil 15W-40 10,000 200 1 Ester + PAO Yes
Royal Dutch Shell Rimula R3X 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R4L 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R4X 15W-40 8,000 N/A 1 Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R5LE 10W-30 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R5LE 10W-40 15,000 N/A 2 VHVI + Mineral Yes
Royal Dutch Shell Rimula R6LM 10W-40 20,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Royal Dutch Shell Rimula R6LME 5W-30 20,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Royal Dutch Shell Rimula R6M 5W-40 20,000 N/A 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron 15W-40 30,000 300 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E 10W-30 30,000 300 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E 15W-40 30,000 300 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E Synthetic 0W-40 45,000 500 3 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E Synthetic 5W-40 45,000 500 3 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E Synthetic 10W-40 45,000 500 3 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E-XL 10W-30 30,000 350 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Suncor Duron E-XL 15W-40 30,000 350 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Total Performance Discovery FE 15W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Experty FE 5W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Experty LSX FE 10W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Galaxy FE 10W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Performance Harmony FE 10W-30 30,000 400 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia 20W-30 8,000 100 1 Mineral No
Total Rubia Tir 6400 15W-40 8,000 100 1 Mineral Yes
Total Rubia Tir 7200 FE 15W-30 8,000 100 1 Mineral No
Total Rubia Tir 7400 15W-40 8,000 100 1 Mineral Yes
Total Rubia Tir 7800 15W-40 8,000 100 1 Mineral Yes
Total Rubia Tir 7900 15W-40 10,000 125 1 VHVI + Mineral No
Total Rubia Tir 7900 FE 10W-30 10,000 125 1 VHVI + Mineral No
Total Rubia Tir 8600 10W-40 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Total Rubia Tir 8600 FE 10W-30 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 8800 10W-40 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic Yes
Total Rubia Tir 8900 10W-40 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 8900 FE 10W-30 15,000 200 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 9200 FE 5W-30 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 9900 10W-40 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Total Rubia Tir 9900 FE 5W-30 25,000 300 2 VHVI Fully Synthetic No
Motorcycle Oil
Company Name Viscosity Grade MTBF (Km) MTBF (Hours) MTBF (Years) Base Stock JASO
Astra Honda Motor MPX1 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Astra Honda Motor MPX2 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Astra Honda Motor SPX1 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Astra Honda Motor SPX2 10W-30 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Total Moto 4 Race 10W-60 4000 50 1 PAO + Ester MA2
Total Moto 4 Tech 10W-50 4000 50 1 PAO + Ester MA2
Total Moto 4 Maxi Tech 10W-30 5000 60 1 VHVI Fully Synthetic MA
Total Moto 4 Twin Tech 20W-60 5000 60 1 VHVI Fully Synthetic MA2
Total Moto 4 Road 10W-40 3000 40 1 VHVI + Mineral MA2
Total Moto 4 Road 15W-50 3000 40 1 VHVI + Mineral MA2
Total Moto 4 Cruise 20W-50 3000 35 1 Mineral MA2
Total Scooter 4 Maxi City 5W-40 5000 60 1 VHVI Fully Synthetic MB
Total Scooter 4 City 10W-40 3000 40 1 VHVI + Mineral MB
Total Moto 4 Scooter 10W-30 3000 40 1 Mineral MB
Total Moto 4 Scooter 20W-40 3000 40 1 Mineral MB
Total Moto 4 Pro 10W-30 3000 40 1 Mineral MA
Total Moto 4 Pro 15W-40 3000 40 1 Mineral MA
Total Moto 4 Pro 20W-50 3000 40 1 Mineral MA
Total Moto 4 Gold 10W-40 3000 40 1 Mineral MA2
Total Moto 4 Gold 20W-40 3000 40 1 Mineral MA2
Total Moto 4 20W-40 2000 30 1 Mineral MA
Total Moto 4 20W-50 2000 30 1 Mineral MA
Yamalube Matic 20W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Yamalube Power matic 10W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MB
Yamalube Sport 10W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Yamalube 4T Special 20W-40 ??? ??? ??? VHVI + Mineral MA
Yamalube Super Sport 10W-40 ??? ??? ??? VHVI Fully Synthetic MA2
Motul 5100 4T 10W-30 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 5100 4T 10W-40 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 5100 4T 10W-50 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 5100 4T 15W-50 3,000 N/A 1 Mineral + Ester MA2
Motul 7100 4T 5W-40 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-30 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-40 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-50 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 10W-60 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 7100 4T 20W-50 5,000 N/A 1 Ester + VHVI MA2
Motul 3100 4T 10W-40 2,000 N/A 1 Mineral MA
Motul 3100 4T 15W-50 2,000 N/A 1 Mineral MA
Motul 300V 5W-30 1,000 N/A 1 Ester + PAO MA2
Motul 300V 5W-40 1,000 N/A 1 Ester + PAO MA2
Motul 300V 15W-50 1,000 N/A 1 Ester + PAO MA2

77 respons untuk ‘Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informasi base oilnya

  1. Dari suhu Deesanti ya.
    Utk Shell helix ultra mulai thn 2015 formulasi olinya sudah memakai GTL (Gas To Liquid), oli ini ditandai dgn adanya logo “pureplus technology” pada botol depannya.
    Menurut API, GTL ini msh msk grup 3 juga sih, tp secara spesifikasi, GTL ini sudah melampaui standar minimal grup 3, bahkan mendekati grup 4.

    Oh ya, gimana klo penulis membikin artikel sendiri ttg GTL ini, dgn ciri khas kupasmotor tentunya, yg menurut ane memang jempolan ulasannya.

    Suka

    • Sayangnya agak susah untuk mencari referensi oli rebranding. Satu pabrikan kendaraan juga bisa memakai oli dari banyak pabrikan dan bisa ganti tanpa memberitahu. Untuk acuannya bisa pakai info berikut ini:
      Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?

      banyak yang mengatakan pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. Padahal pada kenyataannya bukan Friction Modifier yang membuat kopling motor Anda selip, tetapi Organic Additives semacam Graphite yang membuat kopling Anda selip. Jika tidak percaya, coba lihat Jumlah Molybdenum pada Motul 300V 4T bahkan jauh lebih tinggi daripada Molybdenum pada PCMO sekalipun, tetapi dari user tidak pernah ada yang mengeluh kopling-nya selip. Perlu diketahui, Molybdenum, Boron, atau Titanium hanya bereaksi dengan Logam saja, tidak dengan komposit organic yang mungkin ada di Kopling.

      Sayangnya graphite tersebut susah terdeteksi melalui oil analysis dan langka sekali tercantum di safety datasheet. Jadi akhirnya cuma bisa berdasar trial error atau boleh pakai acuan diatas.

      Suka

        • Belum tentu, karena ada HDEO yang bikin selip kopling juga.

          Molybdenum bukan friction modifier dan bisa bikin selip kopling tapi ada cara agar bisa dipakai motor dengan kopling basah

          Mending meniru yang banyak dipakai saja, misalnya pertamina fastron.

          Oli HDEO murah resikonya sama dengan oli motor, nggak begitu awet karena bahan olinya kurang bagus (group I). Oli HDEO mahal juga masih ada kemungkinan bikin selip. Perlindungan mesin / film strength HDEO seperti sama dengan oli motor kalau lihat hasil uji 540 RAT.

          Disukai oleh 1 orang

          • Mengenai selip kop ketika pke hdeo, smpat tnya2 dikaskus.
            Awalnya pas ada yg tnya di grup fb ttg hdeo motul dan ada yg jwb:
            “enak2 aja pke hdeo, tp hati2 rawan selip kopling”
            Nah terus sy tnykan di kaskus LDIC, dapat jwban:
            “asal mulanya info ini dari om malik rantaman.

            sumbernya adalah pengujian pfd di kopbas sampai 7000 km menggunakan bbm premium kalau ga salah.

            apa yg disalahkan? premium + SpAsh.

            gimana ceritanya?

            yg bikin oli terasa enak itu salah satunya kadar SpAsh. makin tinggi makin enak.

            sementara, kalau based stock udah rusak, spash lah yg menggantikan fungsi2 based stock.

            tapi hal ini disanggah mba dian.

            terserah mau percaya yg mana, yg jelas, om malik rantaman jg kasih solusi.

            yg pertama, ini cuma kejadian di hdeo semi sintetik dan mineral.
            di hdeo full synthetic aman. karena di hdeo FS spash nya ga ngawang2. udah blend in sama based stock nya.

            yg kedua, ini cuma terjadi kalau pakai hdeo, kemudian pemakaiannya berlebihan.

            hdeo mineral max 4000 km aja. amannya 3000. ini di mesin standar dan sehat.

            hdeo semi sintetik amannya 5000 km aja, di mesin standar dan sehat.

            gitu kira2….

            kalo takut2, pakai aja pcmo yg tbn nya tinggi… aman.”

            Gmana menurut jenengan, om.

            Suka

            • Menurut saya selip tidak ada hubungannya dengan TBN. Oli diesel kan ada yang tidak bikin selip kopling walau TBN lebih tinggi
              dari MCO.

              Selip juga bisa jadi tidak ada hubungannya dengan SpAsh / Sulphated Ash, kadar SpAsh mestinya tidak ada hubungannya dengan kandungan aditif graphite. Pabrik oli yang bener harusnya menghindari pemakaian graphite karena graphite bikin korosi.
              ASTM E2403 – Standard Test Method for Sulfated Ash of Organic Materials by Thermogravimetry

              The sulfated ash may be used to indicate the level of known metal-containing additives or impurities in an organic material.

              SpAsh itu rasanya bukan aditifnya tapi menunjukkan kadar logam yang terkandung di oli. Aditif bahan logam biasa dipergunakan untuk aditif pelicin.

              Menurut saya yang bikin selip itu karena aditif pelicin yang bereaksi secara kimia dengan logam membentuk lapisan pelicin. Aditif yang bereaksi secara kimia contohnya adalah graphite, molybdenum disulfide (MoS2) dan tungsten disulfide (ws2). Aditif tersebut berfungsi melicinkan ketika diantara permukaan logam yang bersinggungan sudah tidak ada olinya:
              Molybdenum bukan friction modifier dan bisa bikin selip kopling tapi ada cara agar bisa dipakai motor dengan kopling basah

              Ada bahan pelicin logam belum tentu bikin selip kopling, tergantung kadarnya dan motornya. Untuk mencegah selip kopling jumlah aditif tersebut dibatasi. Ada yang bilang aditif molybdenum tidak bikin selip kopling, tapi buktinya pabrik aditif molybdenum (liqui moly) bilang kalau pakai aditif tersebut di motor dengan kopling basah jangan terlalu banyak karena resiko bikin slip kopling.

              Maksudnya stock base rusak mungkin hubungannya dengan film strength. Saat oli dipakai lama maka akan jadi encer, saat encer maka film strength berkurang. Saat film strength kurang maka memang aditif logam jadi lebih sering menggantikan karena oli sudah tidak mampu melapisi permukaan logam yang sedang bersinggungan. Saat aditif logam aktif maka aditif akan melapisi permukaan yang bersinggungan dan mengurangi aus (tidak menghilangkan).
              Mengenal dasar pelumasan, ada saat dimana perlindungan tidak ditentukan oleh anti wear

              Menurut saya oli diesel jarang pakai aditif pelicin yang bikin selip kopling karena oli mereka kental. Karena kental maka film strengthnya tinggi. Karena film strength tinggi maka tidak terlalu butuh aditif pelicin. Tapi ada juga oli diesel yang ditawarkan lebih encer. Karena lebih encer film strength berkurang. Karena film strength berkurang maka butuh aditif pelicin. Aditif pelicin yang ditambahkan ada yang bikin selip kopling dan ada yang tidak.

              Oli PCMO yang super encer butuh aditif pelicin yang jauh lebih banyak lagi.

              Menurut saya, untuk membandingkan oli HDEO dan PCMO yang bikin selip kopling penting sekali memperhatikan kekentalannya. Oli yang SAE belakangnya 40 atau 50 rasanya lebih tidak bikin selip kopling karena mestinya tidak terlalu banyak kandungan aditif pelicin dibanding dengan yang 0W20 atau 10W30.

              Suka

  2. Assalamualaikum,
    Bro mau tanya, saya sudah pakai oli HDEO kali ketiga,, tapi kok saya merasa aneh, karena waktu saya cek di Km 300 an warna olinya keabu-abuan, apakah indikasi seperti itu normal? Dlu saya pertama pakai delvac mx (500 Km), MSX (1000 Km), setelah itu ganti filter oli,, lalu skg PFD sdg jalan 300 Km-an saya berharap cek warna oli masih kuning, eh ternyata sudah berubah jadi abu-abu, tetapi peforma tidak menurun,, fyi saya pakai kampas kopling kevlar, apakah karena pengaruh kampasnya bro?
    Makasih, Wassalam.

    Suka

    • Abu abu katanya adalah tanda bocor kena air atau coolant. Bisa juga karena kampas koplingnya. Katanya sebelum pakai harus direndam oli dulu:
      Kopling Kevlar Bisa Jadi Alternatif Pilihan Bikers

      Salah satu keunikan dari kopling kevlar TK Racing ini ada pada proses sebelum pemasangannya. Sebelum dilakukan pemasangan, kanvas kopling ini harus direndam terlebih dahulu di dalam cairan oli selama semalaman, namun lebih baik menggunakan pelumas baru.

      Kenapa begitu oli baru? “Bahan kevlar untuk kopling TK Racing ini memang memiliki karakteristik yang agak berbeda. Dengan direndam oli itu maka akan ada semacam reaksi kimia yang akan membuat tekstur kanvas kopling ini lebih menggigit dan awet,” beber Andri lagi.

      Sebaiknya ganti oli saja, sambil cek adanya kebocoran sistem pendingin. Juga takut bila itu karena pernah menerjang banjir. Maaf ini hanya kira kira.

      Suka

    • Assalamualaikum,
      Bro motor saya Byson yang notabene tidak ada radiatornya, tapi hal ini terjadi sudah sedari dulu bro waktu masih pake kampas bawaan pabrik. Anehnya teman saya pakai Vega ZR dengan MSX juga mengalami hal yang sama. Dulu waktu pakai PCMO HX7 normal saja warna olinya. Mohon pencerahannya bro.
      Trims, Wassalam.

      Suka

      • wa ‘alaikumus salam. Bila bukan air atau coolant, kemungkinan lain:

        – aus mesin, tapi dari yang pernah alami, ini dibarengi dengan serbuk logam. Apa filter bersih dari serbuk?
        – ada reaksi antar merek oli berbeda / sama seal, dst
        – efek flushing:
        Benarkah Oli Mesin itu Cocok-Cocokan?

        1. ENGINE OIL FLUSH
        Banyak yang ragu menggunakannya. Takut kalau kotoran yang dirontokkan menyumbat saluran pelumas mesin.Padahal treatment ini bekerja secara kimiawi. Sludge atau “lumpur oli” yang sudah lama melekat didinding blok dicairkan sehingga ikut terbawa aliran oli. Bukan rontok seperti karat yang dikupas dengan ujung obeng. Saya buktikan pada pertama kali menggunakan oil flush, pada Isuzu Panther High Sporty 1997. Oli buangan dari engine yang biasanya berwarna hitam, ketika menggunakan oil flush menjadi berwarna abu-abu.

        Coba jangan ganti merek oli dulu dan dilihat efeknya. Maaf cuma ini yang bisa saya sarankan.

        Apa ada alasan mengapa ganti oli sangat sering?

        Suka

    • Assalamualaikum,
      Oke nanti coba saya cek filternya bro. Kemarin ganti oli di Km rendah untuk flushing bro, peralihan dr PCMO ke HDEO, di Km 500 setelah itu 1000, tetapi dengan menggunakan merk oli yg berbeda (Delvac trus MSX). Untuk aditif oil flushing saya belum pernah pakai bro. Kondisi jeroan pas terakhir bongkar (pas ganti kampas dan filter oli) bersih mengkilat bro, ga ada endapan ataupun kerak. Dan sampai saat ini saya masih pakai PFD dan baru berjalan 300 Km-an. Misal dalam kondisi seperti itu (oli warna abu2) saya pakai jalan harian apakah aman ya bro?
      Trims, Wassalam.

      Suka

      • Wa ‘alaikumus salam.
        Ok. menurut saya tidak usah flush saja, kan di mesin jadi tersisa olinya flush. Saat oli dikuras kan masih ada oli yang tersangkut di mesin. Jadi kalau oli flushnya jelek, maka oli mesin sesudahnya jadi ikutan jelek.

        Bila diteruskan, coba dilihat apakah warna makin abu abunya atau tidak. bila setelah 600km makin parah ya sebaiknya diganti. Kalau cuma makin hitam saja rasanya ok.

        Suka

  3. apa faktor yang menentukan oli mobil bisa dipakai di kopling basah?

    saya penasaran karena PrimaXP 20w50 tidak ada sertifikat JASO MA tapi tabel diatas tertulis boleh buat kopbas

    Suka

    • yang mempengaruhi selip kopling rasanya adalah aditif extreme protection. anti aus seperti moly dan boron.

      kalau kadarnya terlalu tinggi bisa bikin selip kopling

      Suka

      • aditif protection bisa dilihat dari mana? datasheetnya atau harus ujilab?

        saya mau pake oli evalube tapi tabel diatas gak ada 😀

        Suka

        • biasanya tercantum di bungkusnya. Repotnya nggak semua mencantumkan. Kadang ada oli motor yang bikin selip kopling juga. Jadi terpaksa harus mengandalkan testimoni yang lain.

          Untuk lebih aman beli untuk bukan untuk matik dan bukan untuk mobil saja.

          Suka

  4. Saya tertarik dengan Duron E-XL yang dari tabel diatas MTBFnya mencapai 30.000 km dan cocok untuk wet clutch, untuk diaplikasikan di Supra Helm in tahun 2012 saya. Pertanyaannya:
    1. Berapa jauh interval (kilometer) pemakaian dengan asumsi pemakaian normal, kondisi start n stop jakarta dan pemakaian bahan bakar minimal ron 90?
    2. Sebelum aplikasi, apakah ada hal-hal yang perlu diperhatikan, misalnya terkait flush? Apalah ada rekomendasi flush cleaner yang bagus dari value for money?
    3. Apakah ada impact (terutama impact negatif) dari aplikasi HDEO pada motor wet clutch dengan kondisi interval pergantian oli yang lama/panjang (tapi tidak melebihi asumsi 30.000 km tadi)?

    Terima kasih

    Suka

    • 1. umur oli di motor jauh lebih pendek daripada pemakaian di mobil. Contohnya amsoil, oli mobil rekomendasinya bisa 25 ribu mil, tapi oli motor yang paling bagus cuma bisa 2 kali masa ganti oli pabrik. Kalau di motor matik honda berarto 5000-7000km.
      Apa benar masa pakai oli Amsoil di motor matik bisa lebih dari 10 ribu km? Di petunjuk resmi kok lebih pendek

      1.b karena pakainya pertalite, perhatikan juga warna busi. Bila busi hitam maka oli tidak cocok atau sebaiknya pakai bensin lain.

      2. Jangan pakai flush cleaner. Kalau sampai beneran butuh maka berarti ganti olinya kelamaan atau olinya nggak bagus. Oli bagus harusnya sudah punya daya cleaner juga.

      3. formula oli bisa berubah setiap saat (tertulis di spek). Jadi oli yang biasanya cocok untuk wet clutch, tahu tahu bisa saja jadi nggak cocok. Juga oli HDEO adalah kandungan ash yang relatif lebih tinggi. Ash menyebabkan kerak.

      Suka

  5. Rencana mau pake hx7 buat r25, dengan sae 10w40 seperti oli bawaan yamaha supersport. Nah hx7 apa cocok buat dimasukin ke new soulgt 125? Pengen beli yang segalon biar sekalian aja

    Suka

      • HDEO
        Shell Rimula R5LE
        Total Rubia Tir 8800

        PCMO
        Total Quartz 7000
        Adnoc Voyager Silver

        Itu list ane, dengan faktor sae 10w-40 biar ngikutin oli bawaan dan base stock vhvi+mineral. Diantara 4 oli itu, yang paling bisa buat motor kopbas dan matik yang mana ya? Pengennya sih yang 4literan biar bisa ganti dua duanya sekaligus.

        Suka

        • Berikut menurut apa yang saya ketahui. Untuk oli yang aman untuk kopling basah, sebaiknya menghindari yang ada tulisannya energy conserving atau semacamnya. Di Shell Rimula ini ada:

          Total Rubia Tir 8800 menurut saya kurang cocok karena TBN tinggi (14), spash juga tinggi (1.67) yang bisa mempengaruhi pembentukan kerak di mesin. Walau dikatakan anti keraknya bagus, mestinya itu bila dibandingkan dengan HDEO lain.

          Yang Total Quartz 7000 sepertinya bisa. Namun mengapa tidak mencoba oli Total untuk motor saja? Mengapa harus pakai yang PCMO?

          Untuk adnoc maaf kurang informasi.

          Bila oli mengandung banyak moly atau aditif extreme pressure lainnya, saya tidak akan menggunakan di motor matik demi alasan performa /spash. Untuk motor matik sekalipun saya lebih memilih pakai oli motor sport.

          Suka

          • Pengennya sih mau pake hdeo biar ga terbentuk sludge di bagian mesin, tapi sampe sekarang masih bingung mau pake yang mana. Di forum fb sih banyak yang nyaranin mdmx sama pfd, apakah rekomen untuk r25 maupun sgt125?
            Btw oli Elf itu bagian dari Total ya?

            Suka

            • Sludge itu rasanya terjadi karena oksidasi dibiarkan atau karena daya larut olinya kurang. Oli mineral itu punya daya larut kuat, namun kelemahannya adalah oli cepat rusak karena shear. Karena cepat rusak jadi cepat teroksidasi. Jadi sludge. Sementara itu oli sintetik punya daya larut lemah, tapi olinya lebih tahan shear.

              Menurut saya selama ganti oli tidak berlama lama, sesuai rekomendasi pabrik oli dan pabrik motor, nggak menunggu sampai oli hitam, maka rasanya sludge nggak akan muncul. Uji oli rasanya tidak medeteksi sludge karena sampel kan diambil tanpa sludge.

              Kalau menurut saya, kelemahan oli diesel itu kurang tahan shear pada kecepatan tinggi. Cuma kadang lebih kental, maka umurnya lebih lama. Juga harus sabar karena pertama kali tarikan jadi berat. Menurut saya mending pakai oli total untuk motor saja.

              Iya, kalau lihat daftar JASO, oli ELF buatan total juga.

              Suka

  6. Hmm I see, pengen pake hdeo soalnya lebih longdrain itu yang bikin penasaran. Apalagi kalau hdeo nya dijual per galon, itungannya kan lebih hemat dan bisa untuk 2 motor sekaligus. Dan ane biasanya ga sempet ganti oli kalau udah rada menghitam baru diganti kalau udah beneran gaenak dipake. Sekarang si r25 sebentar lagi mau diganti olinya pas udah nyentuh 10.000km, oli motor yang agan maksud itu yang Total atau Elf ya? Dan pas udah 15.000km rencana tetep mau nyoba hdeo (maaf kalau ngeyel:p) buat ngebersihin si daleman mesin, dan seperti penjelasan agan tadi cocoknya pake hdeo base mineral aja ya kalau buat ngebersihin.

    Suka

    • Tidak masalah pakai oli diesel asal tahu kelemahannya. Yang harus diingat bahwa perlindungan mesin bukan cuma soal asam, soal warna hitam, soal menghindari sludge. Yang juga penting adalah fungsi pelumas sebagai pelicin. Kalau oli dipakai sampai 7000km masih jernih tapi suara mesin sudah kasar, maka untuk saya itu waktunya oli diganti.

      Pernah ada contoh pakai oli MPX-2. Setelah 400km olinya jernih, kelihatannya bagus. Tapi suara mesin sudah kasar, top speed yang biasanya bisa 100kpj lebih jadi cuma 90kpj, itupun dengan suara mesin mengenaskan. Langsung diganti yang lebih berkualitas walau harga lebih murah. Langsung senyap, top speed jadi bisa 105kpj lagi.

      Untuk soal sludge, perlu diingat bahwa oli ada aditifnya, termasuk juga aditif mengurangi sludge. Namun susah juga mengetahui seberapa banyak kadar mengurangi sludge.

      Kalau memang benar benar butuhnya untuk mengurangi sludge, maka coba oli mesin yang cocok dipergunakan untuk bio solar. Bio solar itu benar benar menguji kemampuan oli mengurangi sludge, masa pakai oli jadi berkurang separuhnya. Kalau punya pertamina namanya Meditran SX Bio.
      Bio solar itu bisa merusak mesin karena kandungan bio nya cepat terurai dan merusak oli mesin

      Terlihat pada hasil grafik bahwa ada perbedaan hasil akhir di kekentalan dan fuel dilution. Oksidasi dan keasaman meningkat tajam pada pemakaian bio solar. Pemakaian bio diesel meingkatkan keausan mesin ditandai dengan peningkatan abrasi, wear rate dan pengurangan kandungan aditif ZDDP.

      Produk ini diformulasikan khusus untuk mesin berbahan bakar biodiesel utamanya dengan spesifikasi B20 (20% kandungan FAME). Meditran SX Bio khusus didesain agar memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap degradasi akibat kontaminasi FAME ke dalam pelumas.

      Saya sekarang pakai oli + minyak goreng. Sedang eksplorasi oli murah mana yang setelah ditambah minyak goreng bisa dipakai lebih dari 5000km dengan tanpa membuat oli hitam ataupun membuat suara mesin kasar. Pakai mesran super bisa 7000km.

      Suka

      • Kasus Oli MPX2 pernah ngalamin sendiri di honda blade di tahun 2014 dengan problem yang sama. Tapi akhirnya diganti pake SPX1 karena belum tau kalau hdeo bisa di motor.
        Setelah baca sana sini, ane memutuskan untuk pake Meditran SX Bio dulu untuk di awal pemakaian , namun seterusnya bakal pakai hdeo yang semi sintetik agar menyeimbangkan faktor usia pemakaian dengan pembersihan daleman mesin. Menurut agan, oli semi sintetik yang tepat setelah pake Meditran SX Bio apa ya gan? Apakah ada yang lebih baik dari PFD dan MDMX? Atau pake diantara oli tersebut agar ‘aman’ karena sudah banyak review nya?
        Agan yang pake oli + minyak goreng dipakai di motor apa? Ada link halamannya? Kepo juga oli ditambahin minyak goreng

        Suka

        • Menurut saya membedakan oli sebaiknya tidak dari bahan. Karena bisa jadi oli full sintetik sudah diberi aditif pelarut yang cukup banyak sehingga bisa punya daya pelarut yang bagus. Bisa jadi juga oli semi sintetik shear nya jelek atau tidak tahan panas sehingga walau awalnya punya pelarut bagus namun cepat menimbulkan sludge.

          meditran sx bio rasanya sudah semi sintetik.

          Repotnya rekomendasi HDEO itu karena kadang formula berubah tanpa pengumuman. Jenis yang aman tahun lalu bisa jadi tahun ini tidak aman untuk kopling basah. Maaf saya tidak bisa merekomendasikan oli HDEO lain. Saya merekomendasikan meditran SX bio karena merasa pertamina tidak menambahkan aditif semacam moly di brand meditran. Mestinya di Fastron dulu.

          Soal minyak goreng berikut beberapa testimoni:
          Testimoni dari yang pakai minyak goreng sebagai aditif oli mesin sangat positif

          Suka

          • Siap makasih banyak infonya gan. Sangat jelas dan lebih lengkap dibanding nanya di forum forum hehe. Btw kalau faktor yang mempengaruhi bisa atau tidaknya suatu oli buat matic apa ya? Apakah hanya melihat di angka sae nya saja? Ane kayanya belum berani nyoba minyak goreng dulu deh, pake hdeo aja masih ragu wkwkwk.
            Sekali lagi makasih banyak😃

            Suka

            • sip.

              Menurut saya semua oli motor sport bisa dipakai di matik. Toh dari sisi beban lebih ringan yang matik. Ada yang memilih khusus untuk matik karena dianggap oli matik lebih licin. Namun nyatanya pakai oli sport kadang bisa memberikan hasil lebih baik daripada pakai oli matik. Percuma licin tapi nggak awet licinnya.

              Suka

  7. Gan, ane tertarik ganti oli PCMO atau HDEO untuk motor. Selama ini pake oli MCO, beberapa merek kurang memuaskan. Saat ini ane pake C*str#l Power 1, karena oli ini bisa bertahan sampai 2000 km, dan tidak mudah bikin kopling selip, terutama saat oper gir di rpm tinggi di kecepatan tinggi. Motor ane Satria FU, dalam seminggu paling tidak menempuh jarak 250 – 400 km. Kadang motor ane dipakai jarak dekatan saja, tapi kalau pas buat perjalanan lumayan jauh 100 km pp, 40% dalam kota macet-macetan, 60% luar kota kadang ane bejek sampai mentok gas.
    Saran gan untuk ane, ane cari oli yang long drain, tapi performa tidak turun amat?
    Ane agak tertarik sama Castrol Edge FST 5W-40 yang PCMO, sedangkan yang HDEO ane tertarik sama Amsoil Premium Diesel, tapi ane coba cari – cari kok di websitenya udah ga ada ya?
    Gimana gan?

    Suka

    • Oli lebih mahal cenderung lebih bagus. Cuma memang kebetulan kebanyakan oli mahal itu oli PCMO. Castrol Edge mestinya lumayan, tapi coba juga merek lain. Kalau yang lebih ekonomis ada fastron techno 10W40. Atau kalau lebih butuh mesin awet atau long drain ada Fastron Techno 15W50. Pakai Enduro racing 10W40 pun menurut saya sudah lebih lumayan daripada Castrol power.

      Tidak perlu oli diesel. Oli diesel itu lebih fokus ke pembersih, Daya pelindung lebih besar karena memang dibuat lebih kental. Jadi kalau ingin setara oli diesel bisa cari oli lain yang sama kentalnya, untuk yang murah ada Mesran Prima 20W50.

      Tujuan long drain untuk lebih irit atau agar mesin awet?

      Suka

      • Tujuan ane cari yang long drain, setidaknya mengurangi waktu untuk ganti oli, karena biasanya kalau ganti oli dilakuin sendiri. Selain itu motor hampir mencapai 50.000 km dan selama ini pakai oli MCO.
        Dari beberapa oli MCO dengan SAE 10W40, Castrol Power 1 yang bisa memberi performa terbaik.
        Pengalaman pakai Enduro Racing: kalau pagi waktu pemanasan sedikit lebih lama, kalau belum cukup hangat, gas tidak mau dibuka (maksudnya kalau gas dibuka dikit, mesin langsung mati, terus dinyalain lagi), selain itu kalau belum benar – benar panas (mencapai suhu kerjanya) kadang miss gear, selain itu persneling terasa keras, terkadang gir suka nyangkut, biasanya di gir 6 diturunin ke 5 susah.Tapi kalau udah panas enak, semuanya lancar – lancar saja. Tapi performanya hanya bertahan hingga 1500 km saja. Selain itu anti slip koplingnya kurang greget, ketika digunakan pakai gir 5 dibuka hingga rpm 10500, terus di oper ke gir 6, kopling terasa selip, selain itu daerah yang sering ane lewati berangin besar, jadi kerja mesin berat dan butuh penyaluran tenaga yang baik. Makanya ane sempet bergonta-ganti jenis oli (yang semi sintetik SAE 10W40), hingga ketemu di Castrol Power 1, walaupun masih ada beberapa kekurangan, tapi setidaknya kelebihannya seperti yang ane cari.
        Tujuan lainnya ane mau ngurangin limbah oli, dirumah ane ada 3 motor, masing – masing kalau ganti oli pasti 1 liter, terus 2 mesin pompa air, setiap ganti oli masing – masing 600 ml, terus traktor, oli mesin anggap saja 3 liter, oli transmisinya 7 liter, kan ya lumayan banyak limbah oli dalam setahun saja.
        Jadi ane coba cari beberapa oli yang long drain dengan performa yang baik. Baik untuk mesin bensin maupun solar. Jadi gimana gan oli yang long drain PCMO? maupun yang HDEO?

        Suka

        • Terima kasih infonya. Sudah coba oli Total, Valvoline atau Motul?

          Saya lupa mempertimbangkan soal kopling basah. Daftar ini sudah agak lama. Oli PCMO dan HDEO sekarang sepertinya banyak yang sudah tidak cocok lagi untuk kopling basah terutama untuk yang merek luar negeri.

          Sepertinya yang cocok sekarang itu Meditran SX, Fastron Diesel atau Fastron Techno. Ada juga yang menyarankan Shell Rimula.

          Bila acuannya ganti gigi dan selip kopling, nggak ingin coba tambah minyak goreng? Barangkali bisa dicoba sekarang mumpung belum ganti oli. 60 ml dulu. Boleh bimoli, sania, tropical, dll asal minyak kelapa sawit supermarket. minyak goreng menambah film strength. Ganti oli mestinya bisa lebih lama.

          Suka

          • Terima kasih responnya, untuk beberapa merek oli tersebut seperti Total dan Valvoline susah didapat ditempat ane. Untuk Motul, agak berat diongkos :).Soalnya kalo ane ganti jenis oli pasti ganti filter oli, dan ane kuras sampai bersih, jadi setidaknya volume oli yang dimasukkan sekitar 1400 ml – 1450 ml, jadi butuh 2 botol.
            Kira – kira ada updatean terbaru kah daftarnya?:)
            Kalau pakai oli yang murni HDEO beluum pernah coba, tapi kalau PCMO ane pernah coba Shell Helix HX5 SAE 15W40 sama Shell Helix HX7 SAE 10W40 dimotor yang satunya. Motor bebek kopling basah, tahun 2008. Ini oli kan sertifikasinya bisa buat mesin bensin & solar, walaupun masuk PCMO.
            Pengalaman pakai, awal – awal rasanya berat banget, motor rasanya gak bisa lari. Tapi kalau udah agak lama juga sembuh. Yang ane suka gak ada gejala rembes lewat seal. Motor ane yang satunya agak susah kalau gonta-ganti jenis oli, soalnya kalau gak cocok pasti rembes lewat seal gir rantai. Dan motornya minta oli SAE 10W40, walaupun dikasih oli dengan SAE sama kadang tetap rembes, paling parah pakai Shell AX7 SAE 10W40, paling enak pakai Enduro Racing, tapi ya cuman bertahan 1500 km.
            Ane udah baca-baca beberapa artikel yang ada di blog ini, termasuk oli ditambah minyak goreng. Dan ane udah coba di mesin diesel traktor. Ane pakai Sunco, oli mesin diesel 2,8 liter tapi udah berkurang tinggal sekitar 2,6 literan, ane kasih 200 ml minyak goreng. Oli mesinnya Shell Helix HX7 SAE 10W40, dan udah dipakai lebih dari 200 jam kerja, secara performa mesin masih normal (tidak menimbulkan panas berlebih, suara mesin juga normal), tapi volume olinya udah berkurang, terus ane tambahin minyak goreng.
            Impresi: waktu pertama dinyalakan suaranya knalpotnya jadi lebih keras, di tarik gasnya juga cepat naik, mesin dapat diset pada rpm paling rendah, tidak seperti sebelumnya, mungkin karena oli jadi lebih licin. Pas udah dipakai memang terasa perbedaannya, power mesin terasa lebih besar, yang biasanya harus pakai gir 1, kini kuat pakai gir 2 (traktornya tipe rotary, jadi ada gigi persnelingnya). Yang jelas menghemat karena seharusnya jika dilihat dari jam kerjanya oli sudah saatnya ganti, tapi masih bisa dipakai normal. Nanti dilihat sebarapa lama bertahan perubahan tersebut. Ane belum coba dikasih di motor.

            Suka

  8. Valvoline Durablend ternyata ngga bisa buat Kopling basah, artinya mungkinkah dia mengandung Molybdenum?
    Sayang banget padahal harganya cukup terjangkau.
    Kan katanya Om Cahyo sebaiknya menghindari oli yg ada molybdenumnya…!

    Suka

      • nampaknya ane udah nemuin PCMO yang bagus namun dengan harga yg masih reasonable (mungkin) yaitu Total Quartz 7000 API SN SAE 10W-40, sebagai acuan ane lihat dari video friction test oli berikut ini :

        saingan terdekatnya klo gak salah Valvoline Maxlife 10W-40. bahkan oli dari brand ternama lain direntang harga yang relatif sama, kayak Castrol Magnatec, Castrol GTX, dan SHELL Helix HX7 masih dibawah Total lho untuk performanya, hehehe…., jadi kayaknya ane bakal beli nih oli tapi masih ragu gimana distribusinya. sayangnya dalam channel video tersebut produk Pertamina Fastron ngga ada yang di test, ehehehehe…., padahal Petronas ada.

        terlepas dari test tersebut bisa dipertanggung jawabkan apa ngga kredibilitasnya namun yg pasti sudah cukup menjawab kegalauan ane dalam memilih pelumas yg bagus 🙂

        Suka

        • dan di channel tersebut, yang lebih megherankan adalah oli dengan SAE sedikit lebih encer dari 10w-40, yaitu total quartz 9000 energy 5w-40 justru hasil friksinya lebih besar daripada yg sae nya 10w, itupun oli tidak dalam kondisi dipanaskan terlebih dahulu lho, apakah ini cukup membuktikan bahwa oli yang lebih kental ternyata justru memiliki proteksi dari gesekan/friksi yang lebih baik daripada yg lebih encer??

          berikut videonya :

          *koreksi jika saya salah

          Suka

        • Yang membuat oli bisa bagus di uji seperti itu adalah kandungan aditif extreme pressure yang merupakan padatan semacam molybdenum. Padatan tersebut baru berfungsi ketika cairan oli sudah tidak mampu untuk mencegah gesekan antar mesin. Seharusnya ini hal yang jarang terjadi. Aditif seperti ini cuma ditambahkan ketika bahan olinya jelek atau karena kebutuhan khusus. Biasanya ini jadi andalan untuk oli yang sangat encer karena oli encer memang kemampuannya kurang.

          molybdenum juga ada kekurangannya yaitu membuat mesin berkarat, membuat kampas kopling selip dan membuat ruang pembakaran berkerak. Umur pemakaian oli juga menjadi lebih pendek.

          Berikut contoh oli yang hebat banget di uji seperti itu tapi banyak konsumen yang mengeluh mesin rusak atau harus turun mesin:
          Karena merusak mesin dan promosi menyesatkan saking bencinya sampai bikin page khusus anti oli mesin JTX

          Sebaiknya coba oli total yang untuk motor saja kalau mau dipakai di motor. Banyak yang bilang bagus kok.

          BTW, kebanyakan aditif oli aftermarket menambahkan aditif extreme pressure. Efeknya sama dengan diatas.
          Aditif oli semacam Lupromax atau nano energizer itu berguna, tapi tidak bisa menggantikan minyak goreng

          Suka

          • Namun kalo melihat daftar oli diatas, Total Quartz 7000 bisa dipake untuk kopling basah lho Om, heeee…!

            Dan oli seperti total quartz 7000 tersebut ane kira cocok buat mesin yang rocker-arm nya tidak pakei roller rocker arm {kan keberadaan roller rocker arm untuk mengurangi gesekan antara pelatuk(rocker arm) dengan noken as waktu berputar}.
            Rencana mau ane cekokin buat Aerox ane, walaupun SOHCnya pake roller rocker arm, namun yg ada rollernya hanya rocker arm yg terhubung dg noken as Low Profile aja, yg high profile ngga pake Roller Rocker Arm.

            Suka

            • Resep oli bisa berubah sewaktu waktu. Jadi bukan jaminan. Yang buat daftar tersebut juga nggak berani menjamin. Di forum oli BITG ada thread khusus yang membahas oli asalnya aman jadi nggak aman.

              Kalau untuk motor matik sih tidak ada masalah selip kopling. Saya menghindari kandungan molybdenum dari sisi keraknya. Karena waktu saya pakai enduro matik terasa banget tenaga terasa terhambat, nggak plong.

              Nanti bila coba perhatikan apakah suara knalpot lebih senyap. Tarikan nggak bisa dijadikan pedoman kalau oli sebelumnya lebih jelek.

              Suka

  9. “Kalau untuk motor matik sih tidak ada masalah selip kopling. Saya menghindari kandungan molybdenum dari sisi keraknya. Karena waktu saya pakai enduro matik terasa banget tenaga terasa terhambat, nggak plong.

    Nanti bila coba perhatikan apakah suara knalpot lebih senyap. Tarikan nggak bisa dijadikan pedoman kalau oli sebelumnya lebih jelek.”

    naahhh….yang jadi pertanyaan, gimana caranya kita mengetahui suatu merek oli tertentu terdapat kandungan Molybdenum di dalamnya, apa harus diraba pake tangan klo terasa licin banget brati ada moly nya gitu?

    kalo Yamalube Super Matic mah ngga perlu bingung, soalnya di website resminya Yamaha,
    http://www.yamaha-motor.co.id/part-accessories/yamalube/super-matic-oil
    tertulis “mengandung Molybdenum” untuk mengurangi gesekan gitu katanya :V

    Suka

    • Iya, memang susah untuk mengetahui. Tidak bisa pakai tangan karena aditif moly mulai bekerjanya bila suhu permukaan logam yang bergesekan menjadi sangat panas.

      Bisanya dari peruntukan. Sekarang ini makin lama oli mobil (bensin ataupun diesel) makin banyak yang menambahkan moly. Begitu juga oli motor matik.

      Sebelumnya ada yang posting bagian dalam mesin jadi berkarat karena pakai oli diesel yang mengandung moly. Maaf lupa mereknya. saya cari dulu.

      Suka

    • Ketemu infonya, sharingan arieftc. Olinya rored. Rored mengandung aditif extreme pressure:

      Foto waktu mesin dibuka:

      Padahal beberapa bulan sebelumnya (juga sudah coba pakai aditif minyak goreng) saat buka mesin bersih.

      Suka

      • lhah, pertamina rored bukannya oli buat gardan yak, wkwkwkwk…..goblok tuh yang nekat pakek itu oli, hehehe…!

        tapi adakah dampak negatif/gejala2 aneh tertentu yang bisa kita rasakan langsung dari mesin motor kita saat selalu pake oli yang mengandung Molybdenum? katakanlah setelah jalan 5.000-10.000 Kilometer gitu :V

        dan kenapa pabrikan oli banyak yg pake aditif molybdenum kalo ternyata bisa berdampak negatif pada mesin kendaraan? apa ngga ada aditif lain yg sama bagusnya namun aman?

        dan kayaknya Oli Federal Matic yg ngaku2 spesialis dingin itu juga pake Molybdenum lho, soalnya di kemasannya tertulis keunggulan olinya dengan “Active – Moly” yg katanya mengurangi gesekan gitu, lha kok ada embel2 “active” segala brati bener sesuai dg perkataan Om yg bilang bahwa molybdenum baru aktif saat permukaan logam yg bergesekan jadi panas, hehehe…XD

        Suka

        • Pemakaian jangka panjang kan kalau mobil sangat diwajibkan pakai carbon cleaner setiap servis. Di saat carbon clean tersebut keraknya dibersihkan.

          Pabrik oli terpaksa menambah molybdenum karena banyak yang menuntut mobilnya harus pakai oli encer, sementara itu film strength oli terbatas. Selain moly juga ada WS2 / tungsten dioxide.

          Dibilang aktif itu benar, karena harus ada reaksi dulu baru bisa berfungsi.

          Harus diingat juga saat aditif EP nya aktif maka aditif pembersih atau anti karat jadi mengalah.

          Suka

  10. Selama ini mindset saya soal umur oli mobil itu tergantung bahan. Kalau semi sintetik itu 5000km, full sintetik itu 10000km. Tapi kalau berdasarkan pertimbangan severe service, oli semi seperti Magnatec diclaim punya mileage yang lebih tinggi dari yang full sintetik seperti Shell HX8. Kok bisa begitu ya?

    Suka

    • Rasanya klaim masa pakai dari pabrikan itu tidak bisa dijadikan pegangan. Kadang ada yang bisa lebih lama, tapi kebanyakan lebih pendek. Apalagi kalau pemakaiannya untuk motor. Yang diklaim bisa 2500 km pun di 400 km mesin sudah jadi kasar banget.

      Kalau yang full sintetik lebih pendek bisa jadi karena film strength kurang.

      Suka

  11. […] Lalu kembali ke HDEO. Dari penjelasan di atas penulis harap sudah pada setuju kalau PAO nggak pakai ester itu jelek daya pelicinnya. Dan ternyata, dari analisa reverse engineer oli berdasarkan pengujian lab SuperMajor oleh Cauthelia Nandya di tahun 2014, oli HDEO yang pakai PAO pada nggak pakai ester semua: Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informas… […]

    Suka

  12. […] Walau dari grup oli di Indonesia pada nggak setuju dengan pendapat ini (karena dipikir oli PAO itu licin banget) dalam kenyataan pabrikan oli banyak yang melakukannya, nambah ester biar PAOnya makin licin. Seperti bisa dilihat pada daftar bahan penyusun oli yang disusun oleh Cauthelia Nandya: Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informas… […]

    Suka

  13. […] Gara gara sangat ketakutan sekali dengan statement tersebut, sampai ester yang bukan dari castor oli pun dibilang jelek juga. Takut esternya bikin kerak. Padahal rasanya oli yang direkomendasikan di grup pun ada yang pakai ester juga. Dari daftarnya sis Cauthelia Nandya saja dicantumkan: Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informas… […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.