HP Samsung S7 bisa meledak hingga dilarang penerbangan jadi tanda bahaya untuk motor listrik


Tadi pagi penulis baru tahu ada berita soal HP Samsung S7 dilarang dipakai di penerbangan, ternyata berita sudah beredar satu minggu ini. Berikut contoh beritanya:
Otoritas Penerbangan Cari Cara Lacak Samsung Note 7, Seluruh maskapai penerbangan diimbau cegah masuknya Samsung Note 7

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan mengimbau seluruh maskapai yang beroperasi di Indonesia untuk mengambil langkah pencegahan terhadap bahaya penggunaan telepon pintar Samsung Galaxy Note 7 di dalam pesawat. Langkah ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan penerbangan, lantaran adanya masalah dalam pengoperasian Samsung Galaxy Note 7.

Bahkan di bagasi pun tidak boleh (termasuk kirim barang berarti):
Samsung Galaxy Note 7 Tak Boleh Masuk Bagasi Penerbangan

TANGERANGNews.com- Operator Bandara Soekarno-Hatta mengeluarkan imbauan soal larangan pengoperasian Samsung Galaxy Note 7 di dalam pesawat selama penerbangan.

“Itu berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan, ada beberapa item lain yang dilarang masuk ke dalam bagasi,” tutur Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Suriawan Wakan, Rabu (14/9/2016).

Dia mengatakan, selain tidak boleh digunakan di dalam pesawat, Samsung Galaxy Note 7 juga tidak boleh masuk bagasi. Begitupun power bank dan baterai lithium.

Dia juga menjelaskan pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap koper yang akan masuk bagasi.

Mungkin di berita cuma Samsung Galaxy Note 7 saja yang disinggung, tapi di luar ternyata Samsung S7 juga. Bahkan meletusnya saat sedang dikantongin:
Samsung Is Sued After Galaxy S7 Edge Explodes And Causes Third-Degree Burns

Daniel Ramirez sued Samsung after sustaining second- and third-degree burns when the Galaxy S7 edge he purchased at Best Buy exploded in his pocket.

Korban lain, saat sedang dipergunakan tiba tiba melembung lalu jadi sangat panas lalu meleleh dan berasap:
Ring of fire Samsung S7 smartphone overheated and then EXPLODED in teacher’s hands in the middle of busy cafe

Mum-of-two Sarah, 30, was with husband Matt, 29, when her three-month-old mobile started to balloon in size before melting in clouds of white smoke in Witham, Essex.

She said: “It suddenly just expanded in my hand and got really, really hot.

“I dropped it on the table. Within a few seconds there was smoke everywhere and I jumped out of the way. The whole thing was just barbecued.

Berikut videonya:

 

Berikut bila batre Samsung S7 dibongkar ditusuk dan terbakar:

Kasus batre terbakar ini juga pernah menjadi ramai sebelumnya menimpa pada pabrikan Nokia, sama juga teknologinya pakai lithium ion. Sebenarnya ada yang lebih berbahaya dari teknologi batre lithium ion, yaitu teknologi batre lithium polymer atau sering disingkat Li-Poly. Saking bahayanya sampai untuk ngecharge harus dilakukan di battery bunker.

Proses terbakar bisa dilihat di video berikut:

Dan penulis tidak menyangka bahwa teknologi tersebut sudah mulai di hp juga, seperti contohnya berikut ini dalam artikel oleh pertamax7.
ASUS Gelar Zenvolution di Indonesia

ASUS ZenFone 3 Max, Varian ZenFone 3 dengan Baterai Terbesar
Sesuai namanya dan juga melanjutkan lini produk ZenFone Max, model ini memiliki fitur baterai yang punya masa aktif panjang, yakni lithium-polymer berkapasitas 4130mAh.

 

Mengapa penulis menghubungkan ini dengan motor listrik? Karena tipe batrenya sama bro. Di website resmi tidak dicantumkan tipe apa batre yang dipakai di HP Samsung S7 atau Galaxy Note 7 cuma menyebut kapasitas yaitu 3000mAh atau 3600mAh, tapi disebutkan di website review:
Harga Samsung Galaxy S7 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy S7 ini dibekali dengan baterai jenis Lithium-ion berkapasitas 3.000 mAh

Nah batre motor listrik sekarang ini juga pakainya batre Lithium ion juga, contohnya Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS):
Skuter Listrik GESITS Akan Gunakan Baterai Portable agar Praktis

“Menggunakan baterai portable adalah ketika habis bisa diganti. Kemudian baterai pertama di-charge,” kata anggota tim skuter listrik GESITS, Grangsang Setyoramadhani, kepada Okezone.

Ia menjelaskan, prototipe GESITS yang diluncurkan pekan lalu menggunakan baterai jenis lithium ion. Baterei ini membutuhkan waktu charging antara 1,5 jam sampai 3 jam sampai full.

Kapasitas dikatakan adalah 5kWh, mungkin kira kira kalau sistemnya 12V maka kapasitas sekitar 400Ah, ini berarti lebih dari 100 kali lipat kapasitas batre Samsung S7!

Batre GESITS sekarang dikembangkan oleh universitas dalam negeri:
Diuji Ekstrem, Baterai untuk Skuter Listrik GESITS Direndam di Air

“Baterai kami sekarang sedang diuji, direndam baterainya di air, mati atau tidak. Kan enggak pakai hap, motornya pakai belt. Kami sedang genjot lagi agar baterainya waterproof. Untuk selnya kami masih kami impor dari Panasonic, kalau box modul-nya sejak awal sudah ada,” kata Muhammad Al Abdullah, belum lama ini.

Untuk pengembangan sel baterai, pihaknya menggandeng universitas negeri yang namanya belum bisa disebutkan saat ini. “Mereka sudah mengembangkan sel baterai lithium-ion. Kami push mereka agar lebih cepat,” tambah pria yang akrab disapa Memet itu.

Ada Kemungkinan Motor Listrik Italia Pakai Komponen Skuter GESITS

Salah satu komponen yang sedang dikembangkan adalah baterai. Garansindo sedang menjalin kerja sama dengan dua kampus di Indonesia, selain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), untuk pengembangan baterai dan teknologi recycle-nya. Jika berhasil, maka skuter GESITS tidak menggunakan baterai dari Panasonic lagi, melainkan produksi lokal.

Entah ada hubungan atau tidak, peristiwa kendaraan listrik terbakar saat transportasi juga pernah terjadi, dimana saat itu mobil masih dalam peti kemas:
Tiba di London, Mobil Sapu Angin ITS Terbakar

TEMPO.CO, London – Mobil Sapu Angin milik tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terbakar saat tiba di London, Selasa, 28 Juni 2016. Mobil karya mahasiswa itu sedianya direncanakan berlaga dalam Driver’s World Championship (DWC) di Olympic Stadion, London, pada 30 Juni-3 Juli 2016.

Kejadian bermula saat tim ITS memeriksa kedatangan mobil yang berada dalam peti kemas di arena lomba. Peti kemas yang memuat mobil itu tampak terbakar. “Saat peti kemas akan diturunkan dari truk pengangkut, kami melihat asap mengepul. Kami curiga ada sesuatu yang tidak beres,” ujar dosen pembimbing Witantyo, melalui siaran pers yang diterima Tempo.

 

Terus terang penulis khawatir karena kalau batre hp yang kecil begitu saja bisa seheboh ini, apalagi batre raksasa untuk motor listrik yang rencana mau dibuat portable sehingga bisa dijual / charge bebas di mini market. Di masa depan juga bisa saja akan diputuskan pakai batre yang lebih berbahaya yaitu Li-Polymer bila tujuannya untuk mengurangi berat / meningkatkan performa. Sayangnya peningkatan performa ini membuat implementasi jadi jauh lebih berbahaya.

Untuk keamanan, penulis merasa untuk Indonesia lebih cocok pakai aki mobil. Tapi memang kendalanya kapasitas yang kecil dan bobot yang sangat berat. Kapasitas aki biasa yang 5 kali lebih kecil 12V 75Ah beratnya bisa 15kg, harga 1 jutaan. Dikali lima berarti 75kg 5 juta.

 

Bila sekarang bro jadi khawatir pakai hp maka mungkin tips berikut bisa berguna:
– batre lithium bisa cepat mengambung terutama karena panas, entah karena dipakai atau dicharge.
– Batre juga cepat mengembung bila di charge saat sudah penuh. Tapi biasanya di charger sudah ada pengaturnya.
– Untuk mengurangi panas, maka usahakan jangan memakai hp selagi mengecharge, apalagi bila pemakaiannya berat. Lebih baik matikan hp saat di charge.
– Hindari membebani batre, jangan memakai banyak fitur bersamaan seperti main game, pakai GPS, Wifi, blue tooth, 4G secara bersamaan. Matikan fitur yang tidak diperlukan, pakai hanya yang dibutuhkan.
– Saat HP tidak dipakai matikan fitur yang tidak perlu seperti wifi, blue tooth, GPS atau screen saver. Posisi sleep itu berbeda dengan dimatikan dalam pemakaian listriknya.

8 thoughts on “HP Samsung S7 bisa meledak hingga dilarang penerbangan jadi tanda bahaya untuk motor listrik

  1. Tapi pada smartphone, kasus tersebut jarang terjadi, baru kali ini heboh bgt.
    menurut om, apa yang menyebabkan baterai galaxy S7 jadi mudah meledak?
    padahal banyak vendor lain yang juga menggunakan baterai li-ion dgn kapasitas besar.
    kabar terakhir, samsung menambahkan update system agar baterai hanya terisi max 60% saja.

    Untuk baterai motor listrik, bagaimana jika ditambah pendingin cairan semacam radiator.
    seperti pada motherboard komputer gaming high end.
    apakah memungkinkan?

    Suka

    • Kasus bisa terjadi bila salah desain.

      Lupa menyebutkan soal charging kalau penuh, gembung itu terjadi terutama karena sel menghasilkan gas H2 (mudah terbakar) saat charging, terjadi terutama saat batre mendekati penuh. Charging yang cepat atau charging saat dipakai itu bikin panas, panas ini membuat proses keluarnya gas makin parah.

      Bila 60% bisa lebih aman, mungkin ada salah di ramuan kimia yang dipakai.

      Bila problemnya karena proses kimia, maka pakai radiator pun tidak bisa menyelesaikan masalah.

      Yang saya khawatir adalah karena batre ini akan dipakai di motor yang sering kena panas entah di jalan atau parkiran. Belum lagi resiko terbakar bila batrenya pernah jatuh (karena portable) lalu di charge. Karena kalau di HP batre kan masih terlindungi.

      Suka

      • berarti memang lebih baik mencarge hape sampai 85% saja seperti di artikel sebelumnya ya.

        btw, ini juga menjawab pertanyaan di benak saya selama ini
        kenapa mobil listrik tidak sekalian melakukan charging dengan sel surya saat sedang berjalan, sehingga tak perlu isi ulang lama lama?
        ternyata karena panas ya, panas lebih=hydrogen=meledak..!!
        hehe

        Suka

        • Atau bisa juga coba pakai charger yang dayanya lebih kecil / lebih lambat chargingnya. Di charger biasanya tertera dayanya. Charger yang dayanya besar charging lebih cepat tapi lebih bikin panas.

          Untuk mobil surya, ITS juga pernah buat untuk lomba, aki diisi bila cahaya cukup, sepertinya bergantian bila cahaya nggak cukup pakai batre:

          Widya Wahana V, Mobil Listrik Tenaga Surya Buatan Mahasiswa ITS

          Untuk sumber listriknya, dibantu dengan panel surya yang ditempatkan di atas mobil dengan jenis panel surya mono cristalline silicon soar cellsyang dapat mehasilkan tenaga listrik 1.035 watt. Sumber listrik tersebut bisa langsung diubah menjadi tenaga gerak yang sebagaian akan disimpan dalam baterai Li-Ion berkapasitas 97,2 volt DC, 15 kwh dengan motor berjenis BLDC 12-2 kW.

          Contoh lain mobil listrik sel surya buatan Muhammadiyah:
          Mengenal Mobil Listrik Muhammadiyah Yang Bakal Diproduksi Massal

          Mobil listrik Suryawangsa 2 bakal dibuat secara massal mulai tahun 2015. Mobil ramah lingkungan ini karya para siswa sekolah menengah di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Biaya produksi untuk membuat satu unit mobil listrik Suryawangsa 2 diperlukan modal Rp 107 juta per unitnya.

          Untuk energi, mobil listrik Muhammadiyah ini menggunakan baterei yang disusun secara seri sebanyak 48 Volt, daya yang dihasilkan (Peak Power) sebanyak 168 Ampers dan mampu menghasilkan tenaga hingga 4 Horse Power (HP) pada putaran 5000 Rpm. “Saat mendung menggunakan tenaga bateri namun jika panas menggunakan solar cell. Tingkat effisiensi penyimpangan hingga 20%. Makanya kami sebut mobil hibrid karena menggunakan Baterei dan tenaga Surya,” jelasnya.

          Suka

  2. Sudah sejak awal tahun 2000 beberapa jenis hp pakai baterai lithium polymer dan setahu saya belum pernah ada kasus fatal seperti samsung ini. Contohnya alcatel seri 500 & 700, juga ericsson T28, sepertinya ada kesalahan desain, atau mungkin lolos dari QC?

    Suka

  3. samsung pakai baterry buatan sendiri dan fail! malah kasus terus bermunculan. terakhir di philipina kemarin terbakar tuh galaxy 7 . cacat dan salah disain karena ketatnya persaingan akibatnya saling adu cepat rilis baru. ujung ujungnya quality controlnya jadi lalai. disain cacat ga terdeteksi karena cepatnya uji coba.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s