Prestone Radiator Protect dikatakan pakai OAT tapi kok proteksi kalah sama coolant yang pakai glycol? ternyata memang hanya mengandung anti karat saja


Pernyataan bro Yudha bahwa mencari prestone yang glycol free itu susah membuat penulis tertarik mencari informasi dimana bisa mendapatkan prestone bungkus merah tersebut.

Dan memang prestone merah tersebut sepertinya tidak ada yang menjual secara online. Yang membuat penulis heran adalah ternyata prestone merah tersebut juga tidak dijual di Amerika serikat. Seperti contohnya di Walmart, tidak ada:
prestone-di-walmart

Di autozone juga tidak ada.
prestone-di-autozone

Di website Indonesia tidak ada.
prestone-di-coolant-id

 

Penjelasan produk juga susah ditemukan. Di website utamanya pun tidak ada. Ketemunya justru di Prestone Filipina.
prestone-radiator-protect

Disitu tertulis harganya PHP 125.00, sekitar 33 ribu rupiah per liternya. Sayangnya harga pretone biasa tidak tertulis di website tersebut. Kalau di lazada filipina, harganya sebagai berikut:
prestone-di-lazada-filipina

Kok jauh lebih mahal yang prestone biasa ya? PHP 309.75, sekitar 82 ribu rupiah per liternya.

Padahal dari klaimnya prestone Indonesia (discreen shot oleh bro Luqmanul Hakim) dikatakan bahwa Prestone Radiator Protect itu pakai bahan OAT.
prestone-klaim-pakai-oat

Penjelasan OAT bisa dibaca di artikel berikut:
Organic acid technology pengembangan radiator coolant sehingga glycol free agar lebih awet dan ramah lingkungan

 

Menurut penulis kemungkinan Prestone Radiator Protect itu cuma air tambah anti karat. Dan anti karatnya pakai seperti yang dipakai di teknologi OAT. Tapi umur tidak bisa dibandingkan dengan teknologi OAT. Ini disebut dengan jelas di keterangan di atas dimana dikatakan bahwa produk coolant tersebut hanya diperuntukkan untuk kendaraan yang cuma butuh anti karatnya saja.

Ini diperkuat di keterangan produk radiator protect
PRESTONE RADIATOR PROTECT FAQS
prestone-radiator-protect-faq

Dikatakan bahwa prestone coolant punya perlindungan overheat lebih baik dari prestone raditor protect karena prestone coolant mengandung ethylene glycol. Jadi untuk perlindungan yang lebih baik terhadap mendidih, karat dan korosi maka sebaiknya pakai prestone coolant.

Bila sudah pakai coolant jangan pakai prestone radiator protect. Radiator protect disarankan untuk kasus dimana pengguna masih memakai air biasa sebagai radiator coolant. Dibanding air biasa Prestone Radiator Protect bisa mencegah karat dan korosi.

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa Prestone Radiator Protect itu isinya air dan anti karat, tanpa mengandung anti freeze ataupun anti boilover. Tidak mengandung glycol namun tidak bisa disamakan dengan coolant OAT.

Berdasarkan bahasan artikel sebelumnya, daya pendinginan Prestone Radiator Protect bisa jadi lebih baik daripada Prestone Coolant yang mengandung glycol. Karena daya pendinginan air lebih baik daripada glycol:
Rasio perbandingan radiator coolant untuk Indonesia ternyata yang cocok bukan 50:50

Mungkin ini yang jadi alasan untuk mengubah naman Radiator Protect menjadi Radiator Cool:
prestone-radiator-protect-dijual-dengan-nama-radiator-cool

 

Dari harga bisa jadi jauh lebih murah. Misalkan Prestone Coolant yang ready to use itu 60 ribu rupiah untuk 1 liter, maka Prestone Radiator Cool bisa jadi seharga 25 ribuan satu liternya. Lumayan untuk yang sekarang ini masih pakai air akua di radiatornya.

Postingan tersebut juga menjawab pertanyaan bro Yudha, Radiator Protect susah dicari karena masih produk baru. Namanya juga ganti.

4 thoughts on “Prestone Radiator Protect dikatakan pakai OAT tapi kok proteksi kalah sama coolant yang pakai glycol? ternyata memang hanya mengandung anti karat saja

  1. di indonesia yang paling pas ya prestone merah, karena disini tidak butuh anti freeze, hanya menambah mahal saja, karena itu prestone merah tidak dijual di amerika karena disana perlu anti freeze

    Suka

  2. Jadi menurut om nih recommended ga sih pakai Prestone radiator cool untuk kendaraan yang punya penyakit overheat di kemacetan? Saya beli Prestone radiator cool yang botol merah dan cairannya juga merah.. apa mesti dicampur dgn prestone konsentrat? Atau digunakan full tanpa campuran apa-apa?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s