Pilihan merek radiator coolant dengan rasio glycol lebih sedikit lebih cocok untuk cuaca panas Indonesia akan bisa menambah tenaga mesin juga mengurangi knocking


Artikel tentang radiator coolant sebelumnya menjelaskan bahwa coolant dengan rasio air dan glycol 50:50 tidak cocok untuk cuaca di Indonesia.
Alasan mengapa radiator coolant tidak bisa 100 persen tanpa air
Rasio perbandingan radiator coolant untuk Indonesia ternyata yang cocok bukan 50:50

Di artikel diatas ditunjukkan contoh dimana di kendaraan Honda Civic Del Sol Si VTEC pendinginan pakai air lebih bagus dalam pendinginan mesin daripada coolant:
Cooling System Additives – Cooling Agent Show Down – Garage
We Find Out How Well Cooling System Additives Really Work And Which Is Best

  STOCK DEI Radiator Relief Red Line Water Wetter Justice Brothers Radiator Cooler Hy-per Lube Super Coolant
Mixture 50/50 Water 30/70 Water 30/70
Outside Temp. 72F 70F 62F 65F 65F
Cruising Temp. 196F 183F 187F 181F 188F
4000 rpm / 75 mph 198F 190F 186F 183F 187F
5000 rpm Hill Climb 215F + 205F 208F 203F 207F
Extended Idling 215F + 200F 205F 205F 204
Cylinder Head Temp. 208F 191F 197F 193F 198F
Radiator Temp. Drop 5% 7% 8% 8% 7%

 

Makin banyak campuran glycol atau antifreeze pada radiator coolant, maka walau daya tahan terhadap mendidih makin baik tapi tetap, makin jelek daya hantar panasnya:
perubahan-daya-hantar-panas-coolant-berdasar-rasio-antifreeze

perubahan-titik-didih-coolant-berdasar-rasio-antifreeze

 

Untuk kondisi di Indonesia dimana daya pendinginan lebih penting daripada anti beku, maka menurut penulis sebaiknya memilih coolant dengan anti beku lebih sedikit. Ada pendapat bahwa di suhu tropis anti mendidih lebih penting, namun menurut penulis bila daya hantar panas coolant bagus maka mesin tidak akan sempat overheat. Bila daya hantar panas berkurang, maka justru mesin jadi cenderung mudah panas dan suhunya bisa jadi melebihi daya tahan dari coolant.

Bisa dilihat di contoh diatas bahwa dengan pakai coolant yang rasionya 50/50 justru mesin mengalami overheat saat dipakai menanjak atau idle berlama lama. Temperature kerja ideal dari mesin sekitar 90 derajat celcius. Sementara di contoh diatas suhu mencapai lebih dari 215°F (101° celcius).

Kecepatan pendinginan bisa dilihat di referensi berikut:
WaterWetter Tech Info.pdf
daya-pendinginan-antara-air-dibanding-dengan-campuran-coolant

Terlihat bahwa daya pendinginan dari glycol jauh lebih lambat daripada daya pendinginan air. Yang 50% glycol 50% lebih lambat juga.

Referensi tersebut juga menunjukkan bagaimana coolant juga berpengaruh pad performa:
pengaruh-coolant-pada-performa-atau-kebutuhan-oktan

Dikatakan bahwa dalam kondisi beban sedang, setiap persen glycol meningkatkan suhu kepala silinder 1°F. 50% glycol menaikkan suhu kepala silinder 45°F. Kenaikan temperatur ini akan meningkatkan kebutuhan oktan yang diperlukan untuk membatasi tingkat knocking sekitar 3.5 angka oktan. Mobil yang dilengkapi dengan knock sensor akan memundurkan pengapian untuk kompensasi hingga 5°, yang akan mengurangi tenaga sekitar 2.1%.

Bisa disimpulkan bahwa dengan mempergunakan coolant dengan glycol lebih sedikit akan bisa meningkatkan tenaga. Jadi bila sekarang ini mempergunakan coolant dengan rasio 50/50 glycol, maka dengan mempergunakan coolant dengan rasio glycol yang lebih sedikit akan bisa meningkatkan tenaga atau paling tidak mengurangi knocking.

 

Merek merek yang dikatakan punya rasio air lebih banyak contohnya adalah:

Engine Ice Hi-Performance Coolant

Tidak tahu berapa persen kandungan monopropylene glycolnya, tapi dari informasi specific heat di websitenya, mirip dengan yang 30% antifreeze:
coolant-engine-ice

F.A.Q.S – Engine Ice
specific-heat-dari-engine-ice-coolant

 

Havoline

dengan 33% antifreeze, walau ada yang 50% dengan nama sama:
Havoline Xtended Life Coolant Premixed 33/67
coolant-havoline

 

Pertamina Coolant

dengan 30% antifreeze.
PERTAMINA COOLANT
coolant-pertamina
sifat-coolant-pertamina

 

Seiken Radiator Coolant

ada yang 30% dan ada yang 50%.
Seiken Radiator Coolant 30%
coolant-seiken-30
coolant-seiken50

 

Fusch Silkolene Mag Cool

kemungkinan dengan lebih sedikit antifreeze karena yang Pro cool 50/50 sementara yang Mag cool untuk keperluan balap
Mag Cool
coolant-silkolene-mag-cool
coolant-silkolene-pro-cool

 

Top 1 Power Coolant

dengan 20% etyhylene glycol, sementara versi Ultimate punya kandungan 50%:
TOP1 Power Coolant with EG 20% Cairan Pendingin Radiator [4 L]

 

Prestone Precision Blend

dengan 33% antifreeze. 50% antifreeze untuk produk Extended Life Heavy Duty Coolant (Prediluted 50%), Extended Life DEX-COOL® (Prediluted 50%), dan Heavy Duty Coolant SCA Pre – Charged (Prediluted 50%). Namun harus hati hati juga karena yang warna kuning ada macam macam, harus diperhatikan di tulisan dibawah kata – kata prestone. Warna tutup mungkin berbeda tapi hanya beda di pewarna coolantnya saja, isi sama persis.
Ready-To-Use – Precision Blend™ (Prediluted 33%)
beda-prestone-warna-kuning-tapi-beda-isinya

Prestone Radiator Protect

(dijual di Indonesia dengan nama Prestone Radiator Cool), cuma air dan anti karat tanpa anti freeze. Baru mulai beredar di Indonesia,
Prestone Radiator Protect

 

 

Untuk merek lain banyak yang tidak jelas.
Contoh penjelasannya:
Dobeli RC 10 RADIATOR COOLANT untuk mobil biasa, Dobeli SC 18 SUPER COOLANT untuk mobil mewah
coolant-dobeli

PRO-V++ RADIATOR COOLANT untuk mobil biasa, PRO-V++ SUPER COOLANT untuk mobil mewah atau diatas 2000cc.
coolant-pro-v

Sebagai perbandingan, ini penjelasan dari merek top one:
Masih Pakai Bahan Baku Impor, TOP 1 Belum Berniat Naikkan Harga

TOP 1 Ultimate Coolant mengandung 50 persen EG cocok untuk mobil di atas 2.000 cc, sedangkan varian Power Coolant 20 persen, cocok untuk mobil dibawah 2.000 cc.

Mungkin yang untuk varian mobil biasa (Dobeli RC 10 RADIATOR COOLANT dan PRO-V++ RADIATOR COOLANT) konsentrasi glycolnya dibawah 50%. Semoga ada yang bisa konformasi.

 

Master Radiator Coolant Premixed Red tidak disebutkan campurannya.
coolant-master

Sementara Megacools dikatakan tidak mengandung glycol:
coolant-megacools

 

Penulis sendiri sebenarnya pingin coba. Sudah membeli coolant pertamina. Sayangnya oleh bengkel resmi tidak diperbolehkan dan dikatakan bisa merusak garansi. Karena penulis merasakan bagaimana tenaga terasa payah pada saat siang hari, maka penulis coba dengan menambahkan air aqua. Seharusnya cara yang benar itu dengan pakai yang sudah jadi seperti diatas, namun penulis harapkan dengan menambah air akan membuat konsentrasi glycol berkurang. Dari yang asalnya warna coolant merah sekarang menjadi pink. Coolant bawaan mobil Daihatsu Ayla adalah merek Wurth yang sepertinya punya rasio glycol 50%.

Dan memang setelah itu tenaga terasa bertambah. Setelah menambahkan air di coolant, sekarang performa tetap ok walau siang siang hari macet. Setelah perjalanan dua jam langsung dibuat naik gunung juga tidak masalah. Beda performa siang dan malam juga tidak ekstrem seperti sebelumnya.

48 respons untuk ‘Pilihan merek radiator coolant dengan rasio glycol lebih sedikit lebih cocok untuk cuaca panas Indonesia akan bisa menambah tenaga mesin juga mengurangi knocking

  1. kalo menambah air jangan aqua, karena banyak mineralnya (namanya juga air mineral)
    bisa bikin karat

    tambahin aquades (buat isi air aki) atau air RO (reverse osmosis)

    Suka

    • Iya, ada yang menyarankan pakai cleo saja daripada aqua karena kerak aqua lebih banyak.

      Sebaiknya jangan pakai aquades air isi aki karena untuk isi aki walau mungkin bebas partikel tapi pH nya tidak netral dan cenderung asam. Sementara itu pH coolant yang baik adalah basa.

      Sebaiknya memang reverse osmosis atau air distiliasi. Kalau kepepet, air rebusan lebih baik.

      Suka

      • aquades = air destilasi, sama juga dengan air RO (reverse osmosis, hanya beda prosesnya).
        semuanya cenderung asam

        makanya utk penambahan air aki saya biasa pk RO karena mudah didapat dan murah ( @rp. 6rb / galon )

        Suka

  2. Salam kenal saya Rendy. Menarik banget nih bang informasi2nya mengenai coolant di blog ini. Saya sangat suka. Klo boleh tanya, kenapa ya bang pertamina coolant kok kyanya ajaib sendiri boiling point bisa sampai 165 celcius? Sementara coolant merek lain maks 135 celcius. Apakah di pertamina coolant ditambahkan aditif lain sehingga bisa menaikkan boiling point ini? Makasih bang

    Suka

  3. memang masalah coolant ini cukup dilema, kijang kapsul saya biasa pake prestone botol kuning yng produk lama memang cukup ampuh hampir 3 tahun gak kuras radiator, radiator bersih gak berkerak. beda dengan jaman masih pake air biasa setahun sekali tetep harus bongkar radiator dibersihkan kisi-kisinya. seminggu yg lalu dikuras dan ganti prestone radiator protect saya amati gak sepekat prestone yg lama (anti freeze) dan kelihatannya komposisinya beda. masalahnya adalah mobil yg satunya (innova diesel) air radiatornya sudah kurang di bawah level L mau sekalian dikuras tp cari coolant toyota akhir-akhir ini agak susah mau dikasih sisa prestone agak ragu dengan komposisinya karena toyota untuk innova mensaratkan coolantnya bebas nitrat dan silicate (OAT). mungkin ada saran untuk subtitusi coolant dari toyota yg masih sesuai spek.

    Suka

    • terima kasih sharingnya. Iya, kalau sudah pas memang enak. Repot juga karena kadang dari dealer juga pakai merek tidak sama dengan rekomendasi pusat.

      Maaf kalau untuk coolant susah cari yang bisa diandalkan. Yang mahal juga belum tentu bagus. Mungkin bisa coba radiator coolant dari pertamina?

      Kalau di flush mending pakai coolant yang sama dengan yang baru.

      Suka

  4. yg bagus bwt suhu di indonesia cari coolant yg non glycool, lbh baik beli additive coolant yg non glycool trs di tambah air dimeneral

    Suka

      • coolant jg kudu di tambah air gan, air demineral lbh bagus krn dh anti karat. di dealer2 jg ane liat ditambah air jg, ane taunya pas bulan kmren pas lgi bersih2 motor, nah kebetulan belanja air radiator merk jumbo, yg ane liat kemasanya gak ada glycool. trs pas ane buka baut tutup radiator motor ane buset isinya air bening banyak banget. itu seinget ane dlu pas servis gretong di dealer 8 tahun lalu. ane cek2 radiator msh oke banget itu. gak pernah motor ane mengalami overheat2 segala

        Suka

          • jdi intinya ngapain toh beli mahal2 air coolant, cukup make air demineral aja dh cukup soalnya dh anti karat berbeda dng air keran or air yg ada mineralnya dh pasti bakalan karatan. banyak kok itu di youtube ngetes perbandingan air coolant vs air biasa. lbh cepat air biasa dlm mendinginan mesin dri pada air coolant. bisa di cek itu gan di bengkel2 mobil, mobil2 yg rusak radiatornya dan bocor kebanyakan yg make air coolant sedangkan mobil yg make air biasa malah bersih radiatornya bebas kerak, karat, dll

            Suka

            • Iya, pakai air akan jauh lebih efektif. Dari yang kebiasaan pakai air juga kalau diganti coolant jadi overheat.

              Kalau perlu ditambah anti karat dan anti buih juga agar lebih efektif. Terutama untuk yang kerjanya berat.

              Suka

  5. Apakah di indonesia masih ada yang menjual coolant dengan dexcool misalnya merk prestone ? Karena di cari di beberapa toko katanya sudah tidak lagi menjual hal tersebut. Dan apakah boleh mencampur coolant dengan air RO semisal cleo,amidis,atau kangen water apa sajakah dampaknya ya ? Terimakasih semoga blognya semakin maju dan berkembang

    Suka

  6. Waduh mas, jangan diisi air mineral ntar malah karatan.

    Kalo saya diisi air demineralisasi/aquadest (air aki tutup botol biru), biar aman dari mineral #CMIIW.

    Suka

    • Jangan pakai air aki karena biasanya tidak betul betul netral pH nya . Biasanya mengandung asam. Saya pernah coba sendiri untuk elektrolisis reaktif banget tidak seperti air sumur. Tanda bahwa air tidak netral. Kalau air asam dicampurkan dengan coolant, efeknya bisa timbul endapan garam.

      Distilasinya sebaiknya yang dari apotik saja. atau dari toko kimia.

      Suka

      • Iya mas, tadinya mau pakai air distilasi. Tak cari di apotik nggak jual (kata apotekernya coba cari di toko kimia), saya cari di toko kimia pada nggak jual (kata penjualnya coba cari toko kimia di otista mas, BTW domisili saya pasar minggu).

        Ya ogah lah, masa mesti ke otista cuma buat nyari air distilasi

        Cari referensi sana sini ternyata mekanik dulu pake air aki cap singa (yang tutup botol biru, itu yang demineralisasi). Di botolnya juga bisa digunakan untuk radiator.

        Kalo yang tutup botol merah sih iya ada H2SO4, ada peringatan juga kalo itu cairan asam.

        Suka

        • Saya sudah coba beberapa merek air isi aki. Yang merah memang asamnya kuat. Tapi yang biru juga tidak netral. Asamnya masih cukup kuat. Dipegang botolnya saja sudah ketahuan. terasa lengket dan bau asam.

          Jadi memang benar airnya distilasi. Tapi kalau nggak netral justru bahaya. Sebaiknya diyakinkan dulu. Coba tanya boleh diminum tidak? Saya sendiri coba test jilat tangan yang habis kena air isi aki tutup biru, rasanya asam.

          Bila toko kimia jauh, lebih baik coba air demineralisasi, yang TDSnya rendah . ada yang menyarankan cleo.

          Suka

          • Wah nggak kepikiran saya mas test pakai jilat tangan.

            Tapi alhamdulillah nggak asam air aki botol biru dirumah (barusan tak coba sepulang kerja). Saya takut juga kalo ternyata asam yang ada radiator malah karatan. Radiator mahal harganya.

            Saya kedepannya pakai coolant lagi, toh sekarang lagi sabar nguras isi radiator pakai radiator flusher+air aki botol biru dirumah.

            Suka

            • ok, bagus bila netral. Karena di sekitar saya berbagai merek saya coba nggak ada yang netral walau tutupnya biru atau botol dengan tulisan air distilasi.

              Mengapa harus pakai radiator flusher? Radiator flusher sama mereknya dengan coolannya kah?

              Suka

  7. yang paling baik yang anti karat karena karat sangat berbahaya bagi mesin. soal panas relatif selama air tidak berkurang atau kalo berkurang tambah maka mobil pasti aman.

    Suka

  8. Glycol itu sebenernya mubazir kalo dipake di jakarta mah…ane dah coba di vario pake coolant bawaan…coolant yang pakai glycol itu emang lama panasnya (lama untuk ke suhu optimal mesin)…tapi pas mesin udah di tingkat panas tertinggi…penurunan suhu ke suhu awal itu lama bahkan bisa 1 1/2 jam baru dingin

    Yang non glycol malah kebalik suhu optimal mesin gampang tercapai tapi penurunan suhu saat mesin mati lebih cepat turun nya

    Suka

  9. jadi yg bagus pakai merk apa ya om?, bukan ny kLw menambah dengan air biasa atw air aqua gitu akan cepat merusak water jacket yg di dLm mesin dan bs cepat karat krna air biasa atw air aqua mengandung mineral yg tinggi?.

    Suka

    • pakai merek sesuai selera namun yang campuran air lebih banyak. Merek pertamina kalau ada. Untuk air tambahan memang idealnya air suling beli di toko kimia atau air kemasan merek cleo

      Suka

      • ohh begitu gan, menurut artikel ini, coolant yang bagus kandungannya harus 20-80, 30-70 ya ? yg banyak tetap harus air demin, sisanya ya aditif Glycol tersebut ? CMIIW.

        Suka

          • Terima kasih atas info nya Pak, saya berencana membeli merk T*P 1, apakah ini masuk kategory 20-80 yang mana air demin atau RO lebih banyak dari aditif Glycol ? Apakah pilihan sy tepat unutk pilih merk ini krn yang cepat dan mudah didapat di pasaran.

            karena acording to artikel ini, tetep air aradiator yang bagus adalah kandungan air nya harus lebih banyak, bahkan air radiator yang banyak beredar 50/50 ini pun kurang mendinginkan mesin.

            Suka

  10. hallo kang, saya menemukan air coolant merk reco-cool yang type multi road (water base) lihat datanya sih gak ada glycol (glycol free 0%), pertanyaan saya, apakah bila menggunakan coolat dengan rasio 0% glycol aman ?

    FUngsi glycol adlah untuk menaikan titik didih air. Artinya bila tidak ada glycol adalah murni mengandalkan titik didih air yang hanya 100 derajat C dong, apakah ini aman digunakan untuk mobil saya ? mbl saya brumur kurang dari 10 tahun.

    Terima kasih atas jawaban nya.

    Suka

  11. Mas pilihan coolant antara Pertamina..coolant valvoline sama coolant amsoil…yg cocok yg mana..trus…coba ulas karakteristik masing-masing coolant tersebut mas…

    Suka

    • Waduh, saya sendiri nggak pernah dengar coolant valvoline dan amsoil.

      Untuk saya coolant itu tidak sampai serumit oli mesin yang butuh macam macam. Kebutuhan dari coolant adalah kemampuan pendinginan yang baik dan rasio konsentrat yang sesuai dengan iklim. Aditif pun rasanya cuma anti buih. Aanti karat dan korosi itu sudah bagian dari konsentratnya. Problem terutama karena glycol itu beracun.

      Contoh sama sama prestone nya pun ada yang air saja, konsentrat saja, juga yang 30% dan 50%.

      Untuk motor menurut saya tidak perlu pakai yang super long. Karena toh banyak kasus yang nggak awet itu partnya, bukan coolantnya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.