Karena ternyata performa Honda Beat ESP tidak lebih bagus dari Beat FI tidak sesuai klaim maka performa new CBR250 bisa jadi akan mengecewakan juga


Pada waktu penulis membuat artikel tentang hasil uji akselerasi beat ESP setelah oli mesin ditambahkan minyak goreng, penulis mencoba membandingkan performa dengan rekaman akselerasi honda beat lain. Yang penulis temukan adalah video akselerasi Honda Beat FI.

Karena versinya lain, penulis mencoba mencari tahu bagaimana sebenarnya perbedaan performa dari Honda Beat ESP dan Honda Beat FI. Pada awalnya yang ketemu cuma referensi yang mengutip dari rilis resmi AHM, namun kemudian menemukan yang dari pengujian independen. Dan ternyata hasilnya berbeda. Di keterangan resmi disebutkan bahwa performa Honda Beat ESP mengungguli performa Honda Beat Fi. Namun dari pengujian ternyata tidak begitu.

Di keterangan resmi informasinya seperti berikut ini:
Apa Saja Sih Kelebihan Honda BeAT eSP Dibanding Honda BeAT Pendahulunya
performa-beat-esp-vs-fi

Diperlihatkan bagaimana Honda Beat ESP yang merupakan versi baru dari Honda Beat FI lebih irit, lebih bertenaga, kompresi mesin lebih tinggi, akselerasi lebih cepat dan top speed lebih tinggi.

Dan itu pula yang dikesankan pada artikel review seperti contohnya pada otomotifnet.com:
Test Ride All New Honda BeAT eSP Sporty dan POP eSP, Lengkap Dengan Data Akselerasi
performa-beat-esp

 

Bila hanya membaca kedua artikel tersebut terkesan Honda Beat ESP benar – benar lebih bagus performanya daripada Honda Beat FI. Sampai penulis menjumpai artikel berikut:
Komprasi Honda New Vario FI dan New BeAT FI, Ini Detail Bedanya!
performa-beat-fi

Di artikel tersebut terlihat bahwa performa dari Honda Beat ESP dan Honda Beat ESP sebenarnya sama saja. Walau di atas kertas dikatakan tenaga bertambah namun di lapangan sebenarnya sama saja.

Kalau melihat dari sisi data resmi, akselerasi 0-200m Beat lama dikatakan butuh 13,1 detik, Beat ESP butuh 12,6 detik. Sementara pengujian lapangan oleh otomotifnet untuk Beat ESP di 0-201m butuh 13,2 dan 13,3 detik. Angka pengujian beda jauh dengan angka klaim. Angka pengujian untuk Beat ESP lebih mirip dengan klaim resmi untuk Beat FI.

Dari sisi data pengujian independen, terlihat bahwa untuk 0-60km/jam dan 0-100m hasil nya sama persis untuk Beat FI dan Beat ESP sporty.

 

Temuan ini membuat penulis jadi meragukan klaim kelebihan kelebihan dari CBR250, yang sampai artikel ini dibuat penulis belum dengar apakah ada yang sudah terima unitnya. Padahal CBR sudah diperkenalkan mulai dari akhir Juli 2016. Yang inden juga banyak.
AHM Kaget, Pemesanan CBR250RR Sudah 2.000 Unit

“CBR250RR kan kita luncurkan dengan cara yang berbeda. Harga dan spesifikasi mesinnya belum lengkap, tapi ternyata tidak mempengaruhi pemesanannya. Hinga saat ini sudah 2.000 unit, ini menandakan produknya sangat diterima,” ucap Margono kepada wartawan, Jumat (2/9/2016).

Menurutnya, meski baru status pemesanan namun keseriusan konsumen sudah terlihat dengan berani sampai melakuan tanda jadi atau booking fee sebesar Rp 5 juta. “Seperti saat peluncuran kemarin, unitnya akan mulai dikirim paling lambat sampai akhir tahun 2016,” ujar Margono.

Aneh juga disebut spesifikasi belum lengkap padahal di website website sudah pada bilang Honda merilis spesifikasi:
Spesifikasi lengkap all new Honda CBR250RR….RPM 16,000, red line 14,000 RPM. Overbore….Ediann !!! July 25, 2016

Akhirnya Honda merilis spek resmi all new CBR250RR. Dan dari data tersebut IWB memprediksi letupan atas mesin anyar pasti nggegirisi untuk mesin sekelasnya. Hal ini diraba dari spek yang dipastikan mengusung komposisi overbore sehingga lengkingan RPM tembus 16 ribu dengan limiter dikisaran 14ribu. Byuh…byuh….ora bikin bathuk IWB mengkerut ki…..

Dari spesifikasi yang dirilis Welovehonda, kita bisa lihat…..all new CBR250RR dibekali mesin dengan kapasitas murni 249,7cc DOHC 8 katup, Parallel Twin Cylinder 6 speed. Motor ini memiliki karakter overbore. Bisa diintip dari konfigurasi Bore x Stroke 62.0 x 41.4 mm. Behhhh…kitiran atas deglak tenan ki kayaknya pakde. Tidak heran pabrikan berani memasang angka 16 ribu RPM pada speedometer dengan limiter dikisaran 14 ribu RPM….

Kalau yang Honda Beat ESP saja klaim bisa tidak sesuai kenyataan, maka mestinya kita tidak usah terlalu berharap spesifikasi CBR250 bisa sesuai dengan klaim yang wah tersebut.

Entah uang inden akan hangus atau tidak bila batal memesan. Sepertinya sudah jadi “kebiasaan” uang booking fee tidak bisa kembali 100%.

Menakutkan untuk membayangkan apa yang terjadi, karena walau blogger sudah pada merilis spesifikasi, sama Pak Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran AHM, dibilang spesifikasi belum lengkap.

Bila nanti ternyata performa CBR250 tidak sesuai spesifikasi yang beredar, ternyata jauh lebih lemot daripada ninja, apakah yang inden bakal harus gigi jari tanpa tahu harus menyalahkan siapa? Karena dari Honda bisa saja akan bilang spesifikasi yang wah tersebut cuma rumor, dan website yang memuat spesifikasi juga bisa ngeles. Harusnya pada saat membuat artikel website tersebut memberi wanti wanti bahwa spesifikasi sesungguhnya bisa jadi tidak akan sehebat itu. Tapi repot juga bila penulis artikelnya tidak punya kemampuan untuk membedakan rumor atau bocoran.

Menurut penulis sendiri, berdasar ngaconya klaim Honda soal kemampuan beat ESP, apa yang sudah dirilis di website itu harus dianggap rumor.

Saran penulis, kalau berminat terhadap CBR250, sebaiknya menunggu review dari motor yang didapat konsumen. Abaikan review dari yang pakai unit demo.

11 thoughts on “Karena ternyata performa Honda Beat ESP tidak lebih bagus dari Beat FI tidak sesuai klaim maka performa new CBR250 bisa jadi akan mengecewakan juga

  1. biasa, klaim itu adalah spek terkencang yang bisa diraih

    tester otomotifnet kalo gak salah beratnya 65kg
    entah tester honda berapa beratnya, secara berat 1 kg pun sangat berpengaruh untuk motor demgan power sekecil itu

    kalo beat ditujukan untuk wanita, bisa jadi tester honda beratnya cuma 45-50 kg,, akan sangat jomplang antara klaim dan tes real

    gak adakah hasil tes otomotifnet untuk beat fi? kayaknya ada deh

    Suka

    • Beda berat motor beat FI dan ESP mestinya tidak banyak. Aneh bila Honda menguji FI dengan joki beda dengan ESPnya. Link uji vario dan beat FI itu di otomotifnet juga. dan hasilnya FI sama dengan beat ESP sporty.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s