Suzuki GSXR dengan lampu bolam lebih keren daripada GSXR dengan lampu LED


Melihat foto Suzuki GSX-250R di website aripitstop.com, penulis jadi membandingkan dengan foto motor Suzuki GSX-R 150 yang di posting di website resminya:
www.suzukigsxrs150.com
gsx-150r-led-depan-samping

gsx-150r-led-front

 

Mungkin hanya selera pribadi saja, namun penulis tidak menyukai bentuk lampu depan LED dari GSX-R 150. Bentuk lampu mempunyai kesan yang sama dengan lampu belakang Honda Megapro FI, yang penulis juga tidak suka.
Baca lebih lanjut

Teknik memperbaiki kualitas video rekaman action camera atau hp dan alasan mengapa Xiaomi Yi lebih baik daripada Go Pro


Kualitas video yang bagus adalah alasan kita untuk memilih kamera yang berkualitas. Namun kadang dengan kamera berkualitaspun hasil belum maksimal. Penulis akan coba membahas beberapa trik untuk meningkatkan kualitas video sehingga hasil bisa menjadi lebih baik.

Program untuk meningkatkan kualitas video

Memang untuk komposisi atau bikin teknik aneh aneh cocoknya pakai program komersil. Namun kalau hanya untuk meningkatkan kualitas video tidak harus pakai program mahal. Pakai program gratisan pun bisa. Nggak perlu sampai harus download program bajakan dari 4shared atau semacamnya.

Program freeware yang bisa dipakai contohnya adalah virtualdub dan Avisynth.

Virtualdub merupakan program untuk Windows yang cara kerjanya adalah kita membuka suatu file, lalu kita tentukan apa saja yang harus dilakukan, lalu tekan proses. Efek akan berlaku pada keseluruhan video, tidak seperti pakai program beli dimana untuk memberi efek kita harus seleksi dulu.

Baca lebih lanjut

Masa pakai oli mesin untuk motor dari berbagai pabrikan


Sebelumnya penulis sudah membuat artikel yang membahas bagaimana Oli Amsoil itu sebenarnya saran penggantian olinya adalah sesuai dengan rekomendasi pabrik. Produk Amsoil untuk motor yang paling bagus sekalipun masa pakainya cuma dua kali dari rekomendasi pabrik.

Apa benar masa pakai oli Amsoil di motor matik bisa lebih dari 10 ribu km? Di petunjuk resmi kok lebih pendek?

Karena penasaran, penulis ingin tahu sebenarnya berapa lama waktu penggantian oli yang disarankan oleh pabrik oli yang lain. Penulis mencoba ambil sumber dari website resmi.

Baca lebih lanjut

Plastik yang menggantung di belakang Honda CBR250RR itu bikin jelek dan tidak layak disebut spakbor


Ada hal yang menurut penulis mengganggu pemandangan pada foto foto saat touringnya moto Honda CBR250RR di Bali, yang dimuat oleh mas kobayogas di artikel berikut ini:

Yang mengganggu pemandangan itu adalah spakbor belakang.

Entah mengapa pihak pabrikan masih memaksakan model spakbor seperti itu. Dari sisi fungsi melindungi lumpur rasanya juga tidak banyak gunanya. Di jalan basah maka motor yang belakang masih kecipratan, yang menaiki sendiri pun masih kena imbas kotor kalau jalan lebih dari 40km/jam.

Baca lebih lanjut

Mempertanyakan perlunya servis periodik, biaya bengkak karena banyak yang tidak perlu, kadang kecewa hasil tidak memuaskan


Barusan motor Honda Beat penulis diservis oleh istri. Yang mengagetkan adalah biaya servis yang melebihi 200 ribu rupiah.

Penulis sebenarnya meminta istri untuk meminta 2 jasa. Yang pertama adalah mematikan CBS, dan ternyata ditolak oleh mekanik karena katanya bisa membuat rem menjadi macet. Jadi mau tidak mau harus tetap pakai CBS. Sayang sekali tidak bisa dimatikan, karena CBS membuat motor lebih berbahaya dikendarai. Entah sistem di Honda Beat ESP penulis apa sudah berbeda dari yang di Honda Vario yang katanya CBSnya bisa dimatikan.

Yang kedua adalah melumasi bagian CVT, karena penulis merasa ada yang aneh pada akselerasi. Motor mudah sekali mencapai diatas 80 bila start mulai dari berhenti, dan seperti ada hambatan bila digas pada saat jalan misalnya di 60kpj.

Dan ternyata masalah tersebut benar bisa diatasi setelah bagian CVT dibongkar dan dilumasi. Kena tarif 45 ribu. Mungkin itu tarif yang wajar, anggap bongkarnya 25 ribu dan stempetnya 20 ribu. Yang penulis herankan ternyata masih ada lagi biaya servis 55 ribu.

Jadi itu artinya bagian CVT sebenarnya tidak termasuk servis periodik padahal kalau dipikir pikir bagian CVT ini yang jauh lebih butuh perhatian daripada karbu/throttle body.
Baca lebih lanjut

Penggunaan minyak goreng sebagai oli mesin ternyata populer di Malaysia, ada pelajaran penting yang bisa diambil


Penulis baru tahu bahwa ternyata yang menggunakan minyak goreng sebagai oli mesin di Malaysia itu banyak juga. Sebelumnya penulis tidak menemukan banyak contoh saat membuat artikel berikut:
Bukti bahwa minyak goreng bisa dipakai sebagai oli mesin

Namun kemudian bro nunu share link berikut ini:
Lowyat – ENGINE OIL ALTERNATIVE, engine oil alterative for your engine (forum)
Carigold – Pengganti minyak hitam? (forum)
COOKING OILS BOOST LOW-SULFUR DISEL FUEL AND ENGINE LUBRICANT PERFORMANCE
Patents; Vegetable oil lubricant is biodegradable and said to be more efficient than petroleum-based oils.

Yang di forum carigold postingan bisa mencapai sampai lebih dari 300 halaman!

Dari situ penulis menemukan bahwa penggunaan minyak goreng di oli mesin ternyata sangat populer di Malaysia. Dari situ pula penulis menemukan bahwa benar kecurigaan penulis bahwa penggunaan minyak goreng tanpa aditif kurang bagus. Halusnya mesin juga membuat pemilik kendaraan teledor sehingga sering terlalu lama masa pemakaian olinya.
Baca lebih lanjut

Uji dyno tidak mencerminkan perbedaan rasa riding mode Honda CBR250RR


Beberapa media sudah merilis hasil dyno motor baru Honda CBR250RR. Yang menjadi perhatian salah satunya adalah efek dari riding mode terhadap tenaga. Berikut kutipannya:
Hasil Dyno CBR250RR Versi OtomotifNet.. Silakan Nilai Sendiri!

KBY Ringkas yah biar enak bacanya..

Mode Comfort: 28,98 dk di 12.800, torsi 18,29 Nm di 9.500
Mode Sport: 30,72 dk di 12.800, torsi 18,87 Nm di 9.700
Mode Sport+: 31,06 dk di 13.300, torsi 19,16 Nm di 9.600

Wah KBY garuk garuk kepala yang gak gatel nih, sama kucek kucek matahe.. Seakan gak percaya power delivery CBR250RR begitu baik! Ah ini pasti guyon kamu, diulang! Wajib diulang! Ulang aja sendiri itu aja udah 5x pengambilan kok wkwkwk.. Yang jelas riding mode yang sempat diisukan oleh mereka yang kontra tidak ngaruh akan performa alias tidak bikin tenaga naik/ berubah – dan KBY sendiri awalnya mengiyakan – ternyata ngaruh tuh lads! Via mesin dyno terbukti tiap mode beda beda powernya..

Yang membuat penulis tertarik adalah komentar di website otomotifnet.com yaitu
Baca lebih lanjut

Apa benar masa pakai oli Amsoil di motor matik bisa lebih dari 10 ribu km? Di petunjuk resmi kok lebih pendek


Saat coba cari cari referensi tentang masa pakai oli Amsoil, penulis menemukan kejanggalan. Kalau menurut pemakai dan penjual oli Amsoil di Indonesia, masa pakai oli Amsoil itu panjang banget. Untuk motor katanya bisa untuk 10 ribu km, bahkan ada yang bilang sampai 25 ribu km.:
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser – 258

cobain amsoil signature series XxW-40 gan .. Dapet 946 ml , tuang ke oli mesin 700 ml dan sisa nya buat oli gardan 110-120 ml .. Dijamin agan akan merasakan kepuasan .. Buat 1 tahun atau 25,000 km

Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser – 264

ane pake honda spacy gan. oli mesin + gardan pake amsoil 0W-20. udah jalan 4500an KM / 9 bulan, ga ada penguapan/minim bgt.
oli amsoil bisa ampe 10rb KM. nah di gardan kan ga terlalu berat kerjanya jadi kayanya bisa dipaksa ampe 20rb KM.

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor – 463

Klo mw lngsung 10,000 Km bisa langsung pake Amsoil Signature Series 0W-30,, Mobil 1 Extended Performance 5W-30,, ato Yacco VX2000 0W-30

Nah yang penulis bingung, itu sumbernya darimana?
Baca lebih lanjut

Daripada lokasi plat nomor jadi dilema, mengapa tidak diintegrasikan ke bodi motor saja?


Belakangan ini lagi rame dibahas soal penempatan plat nomer yang dianggap merusak penampilan.

Yang pertama di Honda CBR250RR:
Gak Penasaran Lagi, Posisi Plat Nomor CBR250RR, Kenapa Disitu?

posisi-plat-nomer-di-depan-honda-cbr250rr

Nah pada kesempatan tersebut bisa terlihat deh plat nomor kendaraan alias plat nomor polisi si cbr250rr lads, karena memang diwajibkan menggunakan plat nomor walau hanya sementara..posisi plat nomor nya ada di jidat! Hehe.. posisi yang sejatinya KBY gak pernah suka, dari mulai Z250FI sampai PCX aja KBY gak suka.. wkkw

So apa alasannya ditaro disitu? Kenapa gak dibawah lampu depan seperti adiknya cbr150r? Nah salah satu alasan yang KBY denger sih karena kalau di bawah lampu dapat mempengaruhi pasokan aliran udara (air ram) si CBR250RR yang memang ada di sekitar situ.. hooo gitu toh..alasannya. Masuk akal sih kalau pasokannya terhalangi/ terganggu ya gak maksimal hasilnya..

 

Yang kedua adalah di Yamaha Aerox 155:
Baca lebih lanjut

Berdasar laporan hasil eksperimen pakai Amsoil, oli mesin pakai bahan PAO cocok bila ditambah minyak goreng biar makin licin?


Bro nunu melaporkan bahwa menambahkan 100ml minyak goreng fortune oli Amsoil 0W20 bisa membuat suara mesin motor Honda Vario makin halus dan tarikan lebih enteng. Ini membuat penulis jadi kaget juga karena penulis pikir oli sekelas amsoil seharusnya aditifnya sudah paling bagus. Sebelumnya penulis sempat berpikir bahwa untuk oli sekelas amsoil tidak akan bikin mesin makin halus bila ditambahkan minyak goreng.

Sebelumnya penulis sudah pernah membahas bagaimana oli PAO itu punya masalah di film strength, kekuatan oli untuk menahan beban agar bisa tetap melapisi permukaan logam:
Banyak yang bilang oli mesin bahan PAO paling baik proteksi perlindungannya padahal nyatanya tidak

Sebelumnya juga pernah membahas bagaimana oli bahan GTL (VHVI) bisa punya film strength lebih baik daripada PAO:
Oli mesin hasil proses Gas to Liquid masuk kategori grup 3 tapi kemampuan mendekati PAO, apa ini alasan mengapa oli sintentik sekarang banyak yang beralih dari pakai PAO menjadi pakai VHVI?

Yang dicontohkan GTLnya lebih bagus dari PAO itu oli mobil 1. Penulis pikir ini tidak berlaku untuk oli amsoil. Karena dari klaimnya amsoil dikatakan punya perlindungan lebih baik.

Baca lebih lanjut