Masa penggantian radiator coolant merek Toyota itu apa 160 ribu atau 80 ribu atau 40 ribu atau 20 ribu?


Pertanyaan dari bro Zakiahsan14 membuat penulis tertarik untuk menyelidiki sebenarnya berapa lama masa penggantian dari bila pakai radiator coolant merek Toyota.

Ternyata pernyataannya beda beda walau sama sama dari Toyota.

Menurut website website toyota Astra:
Teliti Penyebab Overheating

Jika mobil sudah menempuh lebih dari 80.000 km biasanya radiator mulai berkerak dan menyumbat salurannya. Untuk menghindari hal itu, biasakan untuk menguras sistem pendingin setiap tahun sekali.

Disebutkan bahwa saran penggantian radiator coolant adalah 80 ribu km atau satu tahun

Sementara di manual kendaraan disebutkan 160 ribu km, sementara 80 ribu km adalah untuk penggantian selanjutnya. Contohnya di Avanza:
Quick Guide – Toyota Avanza

Penggantian pertama di 160.000 km kemudian setiap 80.000 km.

Angka penggantian tiap 160 ribu km ini banyak disebut terutama bila menggunakan Toyota Genuine Super Long Life Coolant, website Toyota Jepang:
Extending the Life of Liquid Coolant

Beginning in May 2002, the LLC (Long-Life Coolant) used in new vehicles was switched to an improved super LLC that can be used for approximately twice as long as the conventional coolant (160,000km or 7 years from the time the coolant is placed in a new passenger vehicle) before replacement is necessary.

Versi sebelumnya dikatakan punya masa pakai 40 ribu km:
Toyota Genuine Long Life Coolant:

More than 40000 KM mileage or 24 months

Jadi keterangan resmi di website Astra Toyota berbeda dari pernyataan dari Toyota Jepang, dimana disarankan radiator coolant diganti setelah 160 ribu km atau setelah 7 tahun. Sementara di website Astra menyebutkan 80 ribu km atau satu tahun.

80 ribu km nya tidak begitu masalah namun satu tahunnya itu yang terasa seperti untuk cari untung. Tapi masih lumayan bila dibanding dengan yang diposting di website selain Toyota, bahkan ada yang menyarankan mengganti setiap 20 ribu km:
APA SAJA YANG PERLU DIGANTI SAAT SERVICE MOBIL YARIS ANDA?

Tiap 20.000 km
Radiator Coolant (jika masih hijau bening, dan volume cukup, tidak perlu ganti: saran buku manual pake toyota super long life coolant)

Merk radiator coolant terbaik

gue dianjurin sama bengkel langganan ganti radiator coolant setiap 20.000 km sekali kalo memang sering kena macet di jakarta…

TUNE UP TOYOTA AVANZA

Pergantian air pendingin setiap kelipatan 20.000 km tanpa water coolant, jika menggunakan water coolant pergantian setiap kelipatan 40.000 km.

Tune up sendiri avanza/xenia anda

Tahukah anda, kalau tune up di Auto2000 biayanya tinggi?
3. Air Pendingin Mesin (Coolant) : Setiap 40rb km / 2 tahun

 

Kalau dari penjelasannya, Toyota Genuine Super Long Life Coolant sudah pakai teknologi hybrid organic acid technology (HOAT) sehingga umur bisa lebih panjang.
NEW COOLANT SAVES MONEY AND THE ENVIRONMENT

Toyota Australia has launched a new engine coolant featuring a substantially increased service life.

Toyota Genuine Super Long Life Coolant requires changing for the first time only after the vehicle has travelled 160,000 kilometres – or 150,000km for Avalon and Camry.

This is four times the recommended 40,000 kilometre replacement interval for Toyota’s previous long life coolant.

Subsequent Super Long Life Coolant changes need only occur once every 80,000 kilometres – or 75,000 kms for Camry and Avalon.

“Given that the average Australian car travels less than 20,000 kilometres a year, most motorists using Toyota Super Long Life Coolant will never need to have it replaced during the time they own the car,” says the senior manager of Toyota’s Customer Services Division, Tony Bottacin.

Toyota Genuine Super Long Life Coolant has been formulated without the use of potentially abrasive silicate, or the potentially carcinogenic combination of amine and nitrite found in some other coolants.

It also uses hybrid organic acid technology (HOAT) which combines the benefits of organic and non-organic materials to maximize corrosion inhibition.

Baca juga
Organic acid technology pengembangan radiator coolant sehingga glycol free agar lebih awet dan ramah lingkungan

 

Sebagai perbandingan, masa pakai coolant merek lain biasanya 20 ribu kalau dari saran mekanik bengkel. Beberapa berani mencantumkan masa pemakaian seperti contohnya Pro V++ Radiator Coolant

Daya tahan diatas 20.000 km

Würth Radiator Coolant (coolant bawaan mobil penulis)

Recommended to change the coolant every 20,000 km or one year period.

Sayangnya lebih banyak yang tidak mencantumkan masa pakai

 

Jadi inti utama yang bikin radiator coolant awet itu terutama adalah karena dari bahannya. Walau sama sama pakai ethylene glycol umur bisa beda beda.

Mungkin ini juga yang jadi alasan mengapa masa pemakaian radiator coolant di motor pendek. Selain karena konstruksi yang berbeda dan bahan material mesin yang kualitasnya dibawah mobil, kualitas coolant untuk motor juga sepertinya dibawah coolant Toyota.
Suhu Mesin Pengaruhi Waktu Penggantian Air Radiator

Mulai dari skubek, Honda PCX 125 harus ganti tiap 12 ribu kilometer. Sedang Vario hanya 10 ribu kilometer. Untuk motor sport bisa lebih panjang masa penggantiannya. Honda CBR 150R ganti tiap 24 ribu kilometer. Sedang CBR 250R bisa mencapai 36 ribu kilometer.

“Salah satu yang menentukan cepat atau lamanya masa penggantian adalah tingkat panas di dalam mesin. Kompresi tinggi atau mesinnya tertutup cover bodi seperti skubek akan lebih cepat penggantian air radiatornya,” terang pria bersahaja ini.

“Makin lama titik didih air radiator menurun. Misalnya awalnya 120 derajat celcius baru mendidih, lama kelamaan baru 100 derajat celcius sudah mendidih. Makanya jadi berkurang dan kemampuannya meredam panas jadi menurun, makanya harus diganti,” jelasnya.

Kalau dari website resmi:
Honda Genuine Parts : Coolant

Masa Pakai Honda Coolant
Honda Genuine Coolant direkomendasikan diganti secara berkala setiap 12.000km. (*Dengan pemakaian teratur dan pemakaian normal)

YAMACOOLANT

Parts No. : 90793-AJ801
Volume (ml) : 900
Concentrate (%) : 50
Replacement (km) : 10.000
HET : Rp 33.000,00

 

Jadi radiator coolant untuk motor sudah dari aslinya dibuat berumur pendek. Walau tulisan di bungkus “long life” tapi masa pakai masih jauh lebih pendek dari coolant mobil.

Kesimpulannya adalah masa pakai dari coolant lebih tergantung pada merek coolant yang dipergunakan. Kalau misal di bengkel resmi Toyota, maka karena coolant yang ditawarkan punya masa penggantian 160 ribu km, maka itu yang disarankan. Kalau misal di bengkel tidak resmi, maka disarankan setiap 20 ribu km karena memang coolant yang dipakai masa pakainya 20 ribu. Kalau coolant yang dipakai itu buatan pabrik motor maka disarankan lebih cepat lagi, cuma 10 ribu km.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s