Karena spakbor belakang dari plastik itu tidak keren dan tidak menahan cipratan air, lebih baik dilepas lalu dipasangi tempat plat nomer aftermarket


Sekarang ini banyak spakbor belakang motor keluaran baru yang sudah tidak lagi berfungsi sebagai penahan cipratan air. Seperti ditunjukkan oleh bro berikut, daripada hujan kecipratan dan baju kotor, spakbor diperlebar dengan kardus:
Kreatif…agar tidak nyiprat, spatbor Yamaha Xabre ini ditempelin potongan kardus ! October 17, 2016
spakbor-belakang-xabre-di-tambal-kerdus

Awalnya IWB mengira foto hanya candaan. Tapi setelah bertanya lebih jauh, ternyata foto terlampir benar-benar dilakukan dan bukan rekayasa. Sebuah potongan kardus dilakban dengan rapih berputar mengikat bentuk spatbor asli. Lucu sih cak….tapi jelas secara fungsi dijamin super manjur.

IWB juga pernah melihat, fender belakang motor diseloboki (bosooo opooo ikiiii:mrgreen: ), maksude….diselipin potongan ranting pohon untuk mencegah cipratan air pada plat nomer belakang. ketimbang boyok e sampeyan klumut, mending gengsi dibuang jauh-jauh. Kendati tidak 100 persen bersih…lumayanlah.

IWB pernah melihat langsung…penunggang Ninja 250 dengan spatbor belakang dilepas bonceng sang kekasih saat hujan deras. Entah karena ogah tampilan tercederai atau memang nggak sadar, penunggang Ninin tetap wae kencang membuat cipratan lumpur setinggi nyaris dua meter dibelakang motornya. Alhasil…sang kekasih boyok jadi item belepotan.

 

Percikan air bila tidak tanpa trik adalah seperti berikut

 

Oleh mas Iwan banaran trik tersebut dikatakan kreatif, tapi menurut penulis itu memilukan. Ini jelas pertanda bahwa pabrikan sudah tidak menghiraukan faktor cipratan air. Ini menambah beban derita dari keluarga atau penumpang dari pemilik motor seperti itu. Sudah duduknya dibuat tinggi, naiknya susah, pegangan dihilangkan, ditambah kalau hujan dibelepoti lumpur. Lengkap sudah penderitaan.

Menurut penulis keberadaan spakbor dengan bentuk tersebut juga tidak bikin motor makin cakep. Menurut penulis lebih cakep bila pakai spakbor yang menempel ban saja. Lebih baik dalam menahan cipratan air dan lebih cakep. Ini sudah penulis bahas di artikel sebelumnya:
Spakbor belakang yang makin tidak jelas fungsinya karena tidak melindungi dari cipratan air dan terlihat bikin jelek, 10 November 2015

Ternyata betulan ada yang menerapkannya ke Xabre:
Modifikasi Spakbor belakang Yamaha Xabre jadi MudGuard Maret 10, 2016

modif-spakbor-xabre-jadi-tidak-menciprat

melepas spakbor belakang tentu nyipratin orang,, kalau nyipratin muka sendiri sih nggak papa, nah kali ini ada modifikasi yamaha M-slaz di thailand yang mengubah spakbor belakangnya menjadi MudGuard , kreativ dan innovatif nih..

Penulis kurang setuju dengan mas ipanase dari pertamax7, rasanya tanpa dilepas pun spakbor dari Yamaha Xabre tetap akan menyiprati muka orang dibelakang dan juga penumpang Xabrenya sendiri. Nggak banyak beda antara dilepas atau tidak. Oleh karena itu sampai ada rela merusak penampilan motor demi pasangan tercinta dengan menambal spakbor dengan kardus.

 

Jadi spakbor secara keindahan kurang (buktinya ada yang lebih suka dilepas) dan secara perlindungan terhadap cipratan juga kurang (buktinya ada yang sampai menambal dengan kardus). Sepertinya fungsi spakbor cuma satu, yaitu sebagai tempat untuk memasang plat nomer.

Ini terlihat jelas pada contoh berikut yang dimuat oleh motoblast:
Saat All New CBR150r 2016 copot spakbor, woww racy abies… lancip bener, Posted by Motoblast On February 20, 2016

spakbor-belakang-honda-cbr150rr

honda-cbr150rr-tanpa-spakbor-belakang

yup.. bagi yang doyan modifikasi pasti sang rider cbr nya ingin lepas spakbor belakang,sehingga terlihat lebih sporty, tapi apa daya, cbr series sebelumnya bentuk buntutnya masih ada besi tambahan yang gunanya untuk konektor dengan spakbor, sehingga walaupun di lepas spakbornya, masih ada benjolan atau besi yang menempel, bahkan body belakang pun di buat seperti itu, permanen, ini memang sangat mengganggu, makanya tak jarang sampe rela memotong besinnya, demi mendapatkan tampilan lebih racy,

tapi syukurlah, untuk all new cbr150r terbaru ini spakbornya model menggantung dan ketika dilepas, bakalan terlihat lancip abis ekornya, dan tidak ada lagi tuh body yang berlebih di buntutnya, semua jelas jelas terlihat lancip dan lebih terlihat nungging, ini yang banyak di inginkan,

kalau penasaran bentuknya gimana sih all new cbr150r kalau di copot spakbornya..monggo di intip gallery di bawah ini, oh iya ini foto adalah dari temen saya sesama blogger yang tinggal di jakarta melalui akun facebooknya mas Didik NH ini ngeshare penampakanya,

 

Yang jadi masalah setelah dicopot seperti itu adalah plat nomernya akan ditaruh dimana. Biasanya banyak yang memilih ditaruh dibawah kolong, contohnya seperti berikut ini:
pegangan-plat-nomer-kolong2

Namun ada juga produk yang bisa khusus dipakai untuk menempatkan plat nomer.

Ada yang menempel ke bodi.
pegangan-plat-nomer-belakang-kawasaki2

pegangan-plat-nomer-belakang-kawasaki

pegangan-plat-nomer-belakang-rg

pegangan-plat-nomer-belakang-putih2

pegangan-plat-nomer-belakang-mini

 

Yang penulis lebih suka adalah yang agak menjauh dari bodi:
tempat-plat-nomer-populer-7

tempat-plat-nomer-populer-8

pegangan-plat-nomer-belakang-aluminium

pegangan-plat-nomer-belakang-hitam

 

Atau ditaruh di ban:
plat-nomor-caferacer-di-ban

plat-nomor-caferacer-di-ban2

Yang cara terakhir ini bisa dikombinasikan dengan mudguard bila ingin tidak terciprati air. Kalau buat dari plastik susah mungkin bisa pakai karet talang, sekalian di motif karbon, pakai rangka dari aluminium atau besi.

Yang lebih baik sih bila pabrikan yang inisiatif. Spakbor model di bodi dihilangkan, karena toh selain tidak menahan cipratan air, juga bikin jelek. Diganti dengan spakbor di ban yang lebih lengkap menutupi. Kasihan kan kalau pasangan bajunya kotor kena lumpur dari jalan basah. Apalagi karena lumpur jalan basah biasanya meninggalkan kotoran yang tidak bisa dicuci.

3 thoughts on “Karena spakbor belakang dari plastik itu tidak keren dan tidak menahan cipratan air, lebih baik dilepas lalu dipasangi tempat plat nomer aftermarket

  1. yang bagus sih kayak motor india, ada tambahan spatbor (mudguard) dari pabrik, pulsar series bahkan R15 aja ada… tapi gitu deh disini dihinadina dubilang rasa indiahe
    btw xabre gw pasang mudguard p200ns

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s