Daripada lokasi plat nomor jadi dilema, mengapa tidak diintegrasikan ke bodi motor saja?


Belakangan ini lagi rame dibahas soal penempatan plat nomer yang dianggap merusak penampilan.

Yang pertama di Honda CBR250RR:
Gak Penasaran Lagi, Posisi Plat Nomor CBR250RR, Kenapa Disitu?

posisi-plat-nomer-di-depan-honda-cbr250rr

Nah pada kesempatan tersebut bisa terlihat deh plat nomor kendaraan alias plat nomor polisi si cbr250rr lads, karena memang diwajibkan menggunakan plat nomor walau hanya sementara..posisi plat nomor nya ada di jidat! Hehe.. posisi yang sejatinya KBY gak pernah suka, dari mulai Z250FI sampai PCX aja KBY gak suka.. wkkw

So apa alasannya ditaro disitu? Kenapa gak dibawah lampu depan seperti adiknya cbr150r? Nah salah satu alasan yang KBY denger sih karena kalau di bawah lampu dapat mempengaruhi pasokan aliran udara (air ram) si CBR250RR yang memang ada di sekitar situ.. hooo gitu toh..alasannya. Masuk akal sih kalau pasokannya terhalangi/ terganggu ya gak maksimal hasilnya..

 

Yang kedua adalah di Yamaha Aerox 155:

Yamaha AEROX 155 Dirilis di Thailand, Wuich Lebih Ganteng Nich…!

yamaha-aero-155-blue

Kalau melihat desainnya, memang tak ada bedanya dengan versi indonesia hanya saja tidak ada dudukan plat nomor yang bikin desainnya tambah sporty. Regulasi di indonesia memang membuat desain motor menjadi berkurang srek ya…

Mungkin Aerox bila pakai plat nomer jadi seperti berikut ini:
yamaha-mio-gt

 

Bila melihat reaksi konsumen yang tidak suka, harusya pabrikan perlu memikirkan penempatan plat nomer seperti berikut ini, dibuat masuk kedalam terintegrasi dan bukan timbul keluar macam akal akalan.
plat-nomer-di-jaguar

plat-nomer-di-tvr

 

Lebih keren lagi bila dimasukkan bodi dan diberi penutup transparan. Penutup transparan ini akan mengikuti lekuk bodi, sehingga tidak kaku. Mungkin kira kiranya seperti berikut ini:
plat-nomer-ditanam-di-bodi

 

Pemasangan seperti itu selain tidak mengganggu tampilan juga tidak mengganggu fungsi baik arodinamika, air flow, pendinginan atau visibilitas.

 

Kebanyakan mengakali seperti berikut,
taruh-plat-nomer-di-dashboard

tapi jadi mengganggu visibilitas.
taruh-plat-nomer-di-dashboard2

Ada juga yang memasang di radiator.
plat-nomer-di-yamaha-mt-25

 

Mungkin jadi lebih terlihat lebih keren kendaraannya, namun pemasangan seperti ini bisa resiko ketilang
Makanya Bang, Plat Nomor Jangan Dipajang di Dashboard

xenia-kena-tilang-karena-menaruh-plat-nomer-di-dashboard

“Pengemudi mobil kami suruh agar memasang plat nomor polisi kendaraannya di tempat yang benar.” ungkap petugas Polantas Polresta Medan, Brigadir B Sihombing.

 

Kalau menurut penulis posisi pemasangan yang disediakan untuk Xenia/Avanza masih nggak benar. Masa ya pemasangan plat nomer menghalangi udara masuk. Masa ya tidak bisa menyediakan tempat khusus yang tidak mengganggu?

Pabrikan sepertinya sama sekali tidak memikirkan penempatan plat nomer saat mendesain mobil. Tempat plat nomer depan selalu seperti tembelan yang jelek. Contohnya seperti berikut ini.
plat-nomer-di-honda-mobilio

plat-nomer-di-toyota-innova2

plat-nomer-di-toyota-innova

Padahal kalau untuk plat nomer belakang disediakan tempat yang bagus.

Ini kebiasaan yang unik. Konsumen jelas tidak suka dengan cara pemasangan plat nomer seperti itu. Sehingga sampai ada yang memilih pasang plat nomer di tempat lain.

Kalau tempat yang disediakan rapi, dan tidak bikin jelek seperti di plat nomer belakang mobil, maka konsumen pasti akan cenderung memasang di tempat tersebut. Justru malah jadi kelihatan aneh kalau nggak dipasang.

Aneh juga pabrikan memaksakan cara pasang plat nomer yang seperti tambalan. Posisi plat nomer depan kebanyakan selain bikin jelek juga mengganggu. Bukan karena desainernya nggak mampu, tapi sepertinya nggak kepikiran. Tapi lupa masa keterusan?

2 thoughts on “Daripada lokasi plat nomor jadi dilema, mengapa tidak diintegrasikan ke bodi motor saja?

  1. Itu ada yang ditaruh diradiator bukannya malah mengganggu kinerja radiator ya? Mungkin merubah desain plat nomor polisi harus berurusan dengan regulasi yang ada lagi – lagi birokrasi yang kompleks…

    Suka

    • Iya, yang di radiator jelas mengganggu. seharusnya diberi sedikit rongga sehingga jadi mirip air scoop.

      Soal peraturan mestinya fleksibel. buktinya di motor yang ada tempat plat nomer nggak seragam. Dari sisi keamanan pejalan kaki juga lebih baik bila plat nomer itu terintegrasi.

      Disukai oleh 1 orang

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s