Teknik memperbaiki kualitas video rekaman action camera atau hp dan alasan mengapa Xiaomi Yi lebih baik daripada Go Pro


Kualitas video yang bagus adalah alasan kita untuk memilih kamera yang berkualitas. Namun kadang dengan kamera berkualitaspun hasil belum maksimal. Penulis akan coba membahas beberapa trik untuk meningkatkan kualitas video sehingga hasil bisa menjadi lebih baik.

Program untuk meningkatkan kualitas video

Memang untuk komposisi atau bikin teknik aneh aneh cocoknya pakai program komersil. Namun kalau hanya untuk meningkatkan kualitas video tidak harus pakai program mahal. Pakai program gratisan pun bisa. Nggak perlu sampai harus download program bajakan dari 4shared atau semacamnya.

Program freeware yang bisa dipakai contohnya adalah virtualdub dan Avisynth.

Virtualdub merupakan program untuk Windows yang cara kerjanya adalah kita membuka suatu file, lalu kita tentukan apa saja yang harus dilakukan, lalu tekan proses. Efek akan berlaku pada keseluruhan video, tidak seperti pakai program beli dimana untuk memberi efek kita harus seleksi dulu.

screenshot-dari-virtualdub

Sementara itu Avisynth adalah filter. Kita harus membuat file dengan extensi AVS. Pada file tersebut kita tuliskan perintah perintah pemrosesan video.

Contoh dari isi file AVS adalah:

AviSource(“c:\folder\myclip.avi”)

Kalau file videonya bukan format Avi maka bisa pakai contoh berikut:

DirectShowSource(“c:\folder\myclip.mpg”)

Untuk mendapatkan hasilnya kita bisa play, klik kanan play atau dibuka lewat video player. Untuk mendapatkan hasil permanen kita menggunakan bantuan virtualdub, kita tinggal buka filenya di virtual dub dan kita proses di virtualdub.

 

Untuk melengkapi program virtualdub, maka kita harus juga menginstall encoder xvid (untuk video) dan lame mp3 (untuk suara). Encoder gunanya untuk menentukan kompresi apa yang akan dipakai di format output video/audio.

Virtual dub hanya bisa dibuat untuk menghasilkan file video Avi. Sebelum menyimpan file sebaiknya kita memilih kompresi dulu. Bila tidak dikompresi maka ukuran file akan sangat sangat besar. Untuk penyimpanan penulis biasanya memilih format Xvid, dengan bitrate 6000kbps. Opsi bisa dibuka dengan mengakses menu “Video – Compression” di virtualdub.
virtual-dub-video-compression

virtual-dub-video-compression-format-xvid

Untuk mengkompresi audio (tidak terlalu perlu), harus diaktifkan dulu di menu “Audio – Full Processing Mode”, baru setelah itu memilih compression. Penulis biasanya pakai 160kbps CBR stereo.
virtual-dub-audio-compression-format-lame

Untuk menyimpan / membuat file avi, kita akses lewat menu “File – Save as Avi”.

Teknik untuk meningkatkan kualitas video

Levels
Menurut penulis yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas video adalah dari sisi gamma. Pada beberapa program fungsi gamma tersedia secara khusus, namun penulis lebih suka fungsi model yang ditawarkan di virtualdub yaitu dengan merubah level.

Fungsi level sendiri adalah untuk merubah batas paling terang, batas paling gelap dan seberapa gelap gambar diantaranya. Ini lebih mudah bila dijelaskan pakai contoh.

Penulis gunakan contoh video berikut ini:
TEST Kogan Action Camera 12mp non wifi

 

Untuk mengaktifkan level, kita akses lewat menu “Video – Filter”.
virtual-dub-video-filter

Sesudah itu kita pilih levels.
virtual-dub-video-filter-choice

Di layar level kita tekan tombol show preview untuk menunjukkan tampilan video preview. Sesudah itu kita tekan sample video, lalu pilih All frames untuk bisa lihat grafik penyebaran cahaya.
virtual-dub-video-filter-levels-sample-video

Kita bisa merubah keluaran dengan menggeser segitiga di baris input atau output. Yang lebih sering kita pakai adalah merubah input. Menggeser segitiga tengah ke kiri akan meningkatkan gamma yang membuat gambar gelap menjadi lebih terang tanpa menghapus banyak detil.
virtual-dub-video-filter-levels-sample-video-modify

Menggeser segitiga kiri akan menghilangkan bagian hitam, sehingga gambar yang kurang gelap jadi lebih gelap. Sementara menggeser segitiga kanan akan menghilangkan bagian terang, sehingga gambar yang kurang terang menjadi lebih terang. Namun harus diingat bahwa cara ini akan juga menghilangkan detil gambar. Sehingga gambar yang sudah terang maka ada bagian terang yang jadi putih. Namun ini kadang jadi efek penambah kontras yang bisa memberikan kesan berbeda pada video.

Penulis lebih menyukai merubah levels daripada merubah contrast dan brightness.

 

Warna:
Peningkatan kualitas video berikutnya bisa dilakukan pada warna. Pada virtualdub ini bisa dilakukan dengan menambah filter HSV adjust. Hue digunakan untuk menggeser warna karena kadang kamera warnanya nggak selalu pas, hijaunya terlalu biru dst. Saturation dipergunakan untuk menambah dan mengurangi warna. Karena gambar seringkali warnanya kurang, dengan saturasi ini kita bisa membuat gambar menjadi lebih berwarna.

Dari aslinya:
virtual-dub-merubah-warna-asli

Jadi:
virtual-dub-merubah-warna-modifikasi

 

Merubah levels dan warna juga bisa dilakukan dengan avisynth dengan menggunakan perintah berikut:

Tweak(sat=0)
# gamma-correct image for display in a brighter environment:
# example: luma of 16 stays 16, 59 is converted to 79, etc.
Levels(0, 1.3, 255, 0, 255)

 

Untuk membuat subtitle kita bisa memanfaatkan program semacam Urusoft subtitle workshop. Program ini membantu kita mengatur timing dari subtitle dan penempatan waktunya. Untuk menampilkannya di video kita bisa mempergunakan bantuan AviSynth (fortmat SRT) atau VirtualDub (format SSA). Pada avisynth kita tinggal memberi nama file subtitle dengan nama yang sama dengan videonya. Saat video dibuka maka video player biasanya akan otomatis menunjukkan videonya.

subtitle-workshop-screenshot

 

Untuk meningkatkan kualitas suara, penulis biasanya memanfaatkan plugin dari winamp yang namanya enhancer. Jadi install winamp dulu, lalu install enhancer. Kemudian agar avisynth bisa memanfaatkan enhancer, maka kita perlu install ffdshow. Kita aktifkan filter yang namanya “Winamp 2” pada FFDSHOW audio decoder. Enhancer fungsinya adalah untuk membuat suara lebih jernih dan keras. Suara lebih cling dan treble lebih keluar.

 

Memilih kamera

Cara diatas membuat pertimbangan dalam memilih kamera menjadi berbeda. Karena kita bisa merubah kecerahan warna, terang gelap, kontras dll, maka yang paling penting dalam memilih kamera adalah memilih kamera yang bisa merekam gambar dalam kondisi apapun dengan cepat. Tidak penting warna pucat, atau kurang kontras, yang penting adalah gambar jelas (tidak buram), gradasi warna tertangkap dengan sempurna.

Sebagai contoh bisa dilihat di perbandingan kamera berikut:
GoPro Hero4 Session vs Xiaomi Yi Action Camera (HD)

Coba perhatikan bagian yang gelap. Pada Xiaomi Yi bagian yang gelap terlihat lebih terang. Hasil go pro
hasil-gambar-go-pro

Hasil Xiaomi Yi
hasil-gambar-xiaomi-yi

Hasil gelap ini bisa dikoreksi dengan software, namun hasil tidak akan maksimal. Bila perbaikan dilakukan dari sisi software, maka detil gambar akan ada yang berkurang. Ini karena kamera bekerja dengan detil warna lebih tinggi daripada software. Pada saat gambar dirubah menjadi digital, maka data hanya merubah gambar sehingga yang disimpan adalah warna merah, hijau dan biru. Detil yang bisa disimpan akan tergantung pada berapa banyak detil yang disimpan. Pada kamera tiap warna diwakili dengan 16 bit per color, sementara pada file dan software tiap warna hanya disimpan dalam 8 bit per color saja.

Penyimpanan 8 bit per warna ini akan membuat gambar mudah hilang detilnya. Informasi lebih lanjut bisa dilihat pada link berikut:
8-BIT VS 16-BIT – WHAT COLOR DEPTH YOU SHOULD USE AND WHY IT MATTERS
8-bit-vs-16-bit

Karena file gambar hanya bisa menyimpan gambar dalam 8 bit saja, maka kameranya harus pintar pintar untuk bisa memilih data apa yang akan disimpan agar detil tidak hilang. Dari sisi ini kamera Xiaomi Yi lebih unggul daripada go pro.

Bila merasa warna nya kurang atau terlalu gelap atau terang, maka ini bisa diatasi dengan melakukan pemrosesan video dengan cara diatas.

 

Contoh berikutnya, perhatikan perbandingan kamera berikut:
Xiaomi yi vs Kogan 4K Ultra HD Wifi – Action Camera Test

Disini terlihat bahwa hasil kamera kogan lebih cerah daripada Xiami Yi. Secara sekilas terlihat lebih bagus. Namun bila diperhatikan lebih lanjut, hasil yang terang ini sepertinya dicapai dengan menghilangkan detil bagian terang. Karena itu detil jadi ada yang hilang.

Misalnya di gambar berikut detil semak hilang dan hanya terlihat gelapnya saja.
contoh-gambar-perbandingan-xiaomi-yi-dengan-kogan

Di gambar berikut awan tidak terlihat dan gap di kap mobil jadi tidak terlihat.
contoh-gambar-perbandingan-xiaomi-yi-dengan-kogan2

hasil-gambar-mobil-xiaomi-yi

hasil-gambar-mobil-go-pro

Hasil dari Xiami Yi juga bisa dibuat begitu kalau mau dengan menggunakan fungsi level, dengan menggeser segitiga yang kanan. Berikut hasilnya:
contoh-gambar-perbandingan-xiaomi-yi-dengan-kogan-diterangkan

 

Jadi bila memilih kamera sebaiknya jangan mempertimbangkan soal warna kurang cerah atau kontras kurang, tapi perhatikan apakah ada detil yang hilang atau tidak.

Kamera yang murah pun bisa dimaksimalkan hasilnya bila kita olah hasilnya. Seperti yang dicontohkan di atas, dimana penulis menggunakan hasil video dari action cam kogan yang dikatakan murah meriah, dan hasil jadi lebih bagus. Teknik yang sama juga bisa dilakukan dari hasil rekaman kamera hp.

Namun tentu hasil dari pengolahan software tidak bisa sebaik hasil pengolahan internal dari kamera.

Semoga berguna.

Update:
Info dari bro ipanase, nama xiaomi yi yang benar adalah xiaoyi.

Website resmi adalah xiaoyi. Sementara Xiaoyi sendiri merupakan perusahaan yang dibawahi Xiaomi.

Penjelasan lebih lanjut:
The actual name of the camera is YI 4K Action Camera. The earlier version also misattributed the camera as a Xiaomi product. The camera is sold in Xiaomi stores, but is made by YI Technologies.

Sayang website resmi Yi technology error. Kamera Xiaoyi ternyata bisa juga dibuat mode RAW untuk gambar, info di link ini.

Kamera xiaoyi sudah mengalami satu revisi. Dengan generasi baru mempunyai kemampuan dan kualitas gambar lebih baik. Review bisa dilihat di video berikut:

2 thoughts on “Teknik memperbaiki kualitas video rekaman action camera atau hp dan alasan mengapa Xiaomi Yi lebih baik daripada Go Pro

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s