Wajar bila motor matik Yamaha macam NMax atau Aerox 155 dijual tanpa starter kaki


Saat penulis membuat artikel tentang Yamaha BW’s yang mirip dengan Honda Beat Street, penulis menemukan bahwa ternyata motornya tidak ada starter kakinya.

Nggak cuma motor itu saja, motor Yamaha yang lain juga, seperti yang dibahas di pertamax7 yaitu Nmax:
Setelah Beli, Baru Tahu Kalau Matic Premium Yamaha Nmax Nggak ada Kick Starter ?

yamaha-nmax

 

Motor Yamaha lain yang tidak ada kick starternya termasukjua motor yang akan dirilis yaitu Yamaha Aerox 155 dan Yamaha Tricity:

yamaha-aerox

yamaha-tricity

 

Mengapa penulis bilang wajar bila motor Yamaha dijual tanpa starter kaki? Karena ada starter kaki juga percuma.

Guna dari starter kaki itu adalah sebagai cadangan bila starter elektrik tidak berfungsi. Dan selama ini, Yamah jarang sekali ada laporan starter elektriknya rusak. Yang sering terjadi adalah motor tidak bisa menyala karena aki soak atau masalah lain. Di saat seperti itu, motor tidak akan bisa distarter pakai starter kaki. Jadi walau sudah pakai starter kaki sekalipun motor tetap tidak akan bisa dipaksa untuk menyala. Beda sama motor karbu dimana motor seringnya bisa dipaksa menyala bila pakai starter kaki.

Sistem motor sekarang yang sudah pakai injeksi membuat motor menjadi lebih rewel. Mesin tidak akan bisa menyala bila ECU merasakan ada yang salah. Aki soak, sensor standar samping atau bahkan lampu rem mati bisa jadi penyebab motor tidak bisa menyala.

Itu pertama penulis ketahui saat ada yang cerita karena motor tidak bisa menyala karena aki ternyata sudah soak. Di starter elektrik tidak bisa, di starter pakai kaki juga tidak bisa. Dan masalah ini ternyata umum terjadi.

Berikut pengalaman yang lain:
Belum ada setahun Aki Yamaha Mio J Soak…. Motor Mati..ti….!!!

Kemarin ada kejadian yang sedikit membuat RT “keluar keringat” ditelfon istri…Yamaha Mio J yang buat antar anak sekolah gak bisa di starter… lampu indikator berkedip..dan redup ..starter elektrik gak bisa … terpaksa istri kala itu minta tolong orang buat nge-kick starter…susah,tapi bisa nyala sekali jalan normal dan saat berhenti dan distarter lagi susah hidup lagi… mogok lagi…macet total…akhirnya motor ditinggal… nunggu RT pulang kerja…

Pulang kerja RT lihat kondisi lampu indikator berkedip dan lampu display di spidometer redup dan saat tekan rem(ritual saat starter semua skutik) semua lampu mati(indikator,lampu spidometer,lampu rem), artinya buat nyalain bohlamp lampu rem belakang saja gak kuat, apalagi starter…? kesimpulan RT aki soak….!! langsung malam-malam cari toko aki yang masih buka sampai jam 8 malam..sampai berkeringat juga nyarinya..akhirnya dapat aki merk Y… dan RT ganti … brummm… tok cer….

Yang bisa menyala setelah pakai starter kaki pun motornya jadi mati matian bila aki sudah mulai soak.
Motor Injeksi Mogok? Mungkin Ini Penyebabnya, 23 November 2013

Nah disini awal kurang enaknya, motor nggak bisa di starter, woles masih ada kick starter. Pake kick starter mesin nggak juga nyala, lihat indikator injeksi berkedip, mulai panik. Dugaan pertama Pasti ada masalah di sistem kelistrikan, tpi berhubung CK minim pengetahuan masalah motor injeksi jadi CK coba starter terus pke kick starter dan akhirnya mesin nyala. Dengan indikator injeksi yang berkedip, nekad langsung ke masjid. Jalan sekitar 100 meter mesin mati lagi, “haduh pye iki?” Bingung campur laper juga waktu itu,hehe Ok nggak nyerah, starter lagi dan akhirnya nyala,

Besoknya si abang di bawa ke dealer, dan ternyata masalahnya di “aki”, loh ternyata motor injeksi kalau akinya soak nggak bisa jalan sama sekali.

Ada yang masalah terjadi cuma gara gara lampu remnya mati:
Motor Tidak Bisa Distarter Jangan Buru-Buru Ganti Aki

ternyata pada motor mio (mio saya bukan injek) saklar yang ada pada kedua rem (kana,kiri) itu fungsinya bukan cuma sekedar buat nge-rem dan menyilaukan kan lampu belakang pada saat kita nge-rem untuk memberi isyarat bahwa kita sedang memperlambat laju. ternyata ada 1 lagi fungsi nya gan.. yaitu sebagai saklar penghubung aki ke starter, agar mesin bisa menyala.

KICK STARTER MATIC KERAS, JANGAN DIPAKSA BROSIS!

Kick starter sih biasanya identik dengan saat darurat dimana motor tidak bisa nyala karena aki soak. Lalu bagaimana saat ingin menggunakan kick starter ternyata seret? Jangan dipaksa Brosis. Wajar saja bisa keras dan seret gara-gara enggak pernah dipakai. Akibatnya per stopper pemegang penghubung gir slah dan gir primer mulai dihinggapi karat.

Begitu kick starter digunakan dan fungsi per stopper sebagai rel juga pemegang gir penghubung malah nggak jalan. Alhasil, batang kick starter yang juga didukung pegas spiral justru enggak mau balik lagi. Untuk mengembalikan kondisinya ke posisi semula dan bisa normal baiknya sih dicek dengan membongkar blok CVT. Debu diusir pakai kuas dan angin kompresor, per stopper dan alur gir penghubung diolesi gemuk alias grease.

Ada juga cerita dimana karena starter kaki jarang dipakai, maka jadi macet saat starter electric tidak berfungsi:
[Penyakit matic] Honda beAT gagal di starter & ngeloss saat di kick starter

3 tahun sedari baru dengan pemakaian normal ringan adalah masa masa dimana matic pada umumnya mulai mengeluarkan penyakit menjengkelkan seperti yang dialami si genduk biru beAT saya ini , tiba tiba di sms , diomelin istri karena saat sedang belanja tiba tiba motor ga mau di starter , di standart tengah dibantu orang pun di slah kic starter malah ngeloss

penyebabnya bisa dijelaskan seperti ini , root cause nya adalah kotor & mulai berkerak & banyak endapan karat di area starting CVT. kalau unit spring rack kick starter ngadat / nyangkut karena mekanisme kering kotor & springnya nyangkut , selain di slah ngeloss adalah saat di starter electric motornya ga kuat menggerakkan pulley primer , akhirnya hanya muncul suara jegrakkk jgrekk menyeramkan yang menimbulkan kepanikan minta ganti motor baru bagi para istri ! aghihihi :mrgreen:

Namun ada juga yang bisa menyelesaikan masalah motor tidak menyala karena ada starter kaki:
Cara Mengatasi Motor Matic Injeksi Yang Mogok

Sepulang dari kuliah adik saya menggerutu karna harus mendorong motor cukup jauh dari jalan ke rumah. Saat saya tanya mengapa, katanya motornya tiba-tiba mati mendadak di jalan. What? Ini motor baru lho, kok sudah kena masalah kayak gini?

saya mulai memeriksa sistem kelistrikan si soul ini, tapi sistem kelistrikannya baik-baik saja. Electrical starter masih berfungsi dengan normal dengan indikator bunyi starter yang tetap nyaring sama seperti bunyi starter ketika motor di starter dalam keadaan normal, namun sayangnya mesin tetap tidak bisa hidup.

Lalu dalam keadaan putus asa, saya mencoba satu trick lagi nih echopers. Kunci kontak saya putar dalam posisi “off”, kemudian motor saya coba hidupkan dengan menginjak kick starter berkali-kali (minimal 4 sampai 5 kali). Lalu putar kunci kontak ke posisi “on” dan dengan harap-harap cemas saya mulai menekan tombol electrical starter. Taraaa…. motor hidup echopers.

 

Dari cerita cerita diatas, rasanya wajar bila Yamaha memutuskan untuk menghilangkan starter kaki. Karena sekalipun ada starter kaki seringnya tidak menyelesaikan masalah. Tetap harus kebengkel. Bila lama tidak dipakai juga seringnya jadi gagal berfungsi saat benar benar dibutuhkan. Mending tidak pakai starter kaki saja.

Iklan

11 thoughts on “Wajar bila motor matik Yamaha macam NMax atau Aerox 155 dijual tanpa starter kaki

  1. kasus motor injeksi lama dari yamaha seperti mio J,. Meski ada kick starter dan tidak bisa menyala karena aki soak itu benar adanya karena tidak adanya kapasitor bank (CMIIW) namun sejak Mio M3 meski aki soak dan tanpa akipun motor masih bisa menyala dengan kick starter ,. Lain halnya dengan injeksi honda sejak kali pertama lahir (Sx 125 FI) meski dengan atau tanpa aki tetap bisa menyala.

    Suka

    • wah baru tahu, terima kasih infonya. Dalam kondisi aki soak kapasitor bank memang bisa membantu. namun mungkin tidak boleh dipakai kencang karena bisa overvoltase dan merusak banyak komponen.

      Suka

  2. krna pernah punya bebek karbu yg sering pake k.s ,, sekarang ketika pake bebek injeksi pun dibiasain pakai k.s ,, biar ga kena kasus k.s macet .. 🙂

    Suka

  3. Tidak semua orang anggap kegunaan starter kaki itu adalah sebagai cadangan bila starter elektrik tidak berfungsi / aki habis.

    Justru kick starter berguna utk mencegah / memperlambat proses rusaknya electric start dan soaknya aki / bikin awet starter electric & aki.

    Kedua, adanya kick start bkn buat serepnya elektrik tpi fitur maintenance buat yg pduli motor, pagi2 atau setelah parkir lama bisa engkol dulu biar oli naik / melumas parts2 yg bakal bekerja sebelum dinyalain beneran.

    Ada jenis konsumen yg melihat 2 fungsi itu dari kick starter.

    MISAL: umur pakai si electric start di sebuah motor itu 1000x start lalu habis itu fail/rusak. Selama masa pemakaian hidupnya klo hanya andalkan electric start, mungkin si starter & sgala komponennya bakal rusak dlm 2 thn, nah dengan adanya kick start beban kerja ngidupin motor dibagi 2, gantian kerjanya antara si electric Dan kick. Kadang pake kick kadang pke electric, mungkin baru rusaknya setelah 4 thn dibanding motor yg cuma andelin satu jenis starter.

    Bgtu juga aki, beban kerjanya jelas berkurang klo yg naik kadang pke kaki kadang pencet tombol, dibanding motor yg bisa nyalanya lewat tombol doang, bolak balik bebanin aki buat nyalain.

    Konsumen model ini yg anggap kick starter itu penting. Buat mereka itu kpake bgt, bukan starter serep.

    Suka

    • Soal awet, mungkin tergantung mereknya juga. Kalau untuk motor Honda starter elektrik pernah jadi kelemahan. Oli mesin rasanya juga mempengaruhi umur starter motor. Umur starter motor rasanya lebih ke panas / lama pemakaian saat sekali starter.

      Kalau untuk pelumasan, rasanya pemakaian starter kaki tidak bisa menggantikan oli mesin yang bagus. Starter pakai kaki justru terasa kasar kalau di matik, nggak bisa digerakkan pelan, harus keras, beda sama bebek atau motor laki. Juga kalau matik ribet banget mau pakai starter kaki. Harus standar tengah.

      Iya, starter motor membebani aki. Untuk itu penting untuk memastikan motor bisa menyala mudah tanpa perlu berlama lama starter.

      Suka

  4. Pengalaman pribadi setiap pagi hari saya suka biasakan pakai kick starter saat menyalakan skutik Beat fi, selama 4 tahun pemakaian sudah ganti aki dua kali tidak termasuk bawaan motor waktu masih baru. Apa termasuk boros aki kah?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s