Pertama kali lihat foto Yamaha Aerox 155 sedang dinaiki yang penulis terkesan pertama kali adalah posisi duduknya. Posisi duduk terasa canggung dan tidak pas. Penulis saat itu masih bingung kita kira apa yang buat tidak pas. Namun setelah mengamati cara orang mengandarai matik dijalan penulis baru sadar bahwa posisi kakinya yang agak aneh.
Keanehan tersebut terutama di ergonominya:
Untuk penulis, ergonomi untuk kaki itu terutama di tungkai yang kalau bisa sudutnya 90 derajat. Lalu untuk pinggang, sudut antara lutut ke badan itu perlu lebih dari 90 derajat. Sementara itu posisi duduk Aerox walau memang pinggang bisa santai namun posisi tungkai kaki jadi terlalu terbuka.
Ini bisa dilihat di gambar sebelumnya. Contoh lain bisa dilihat di videonya mas Taufik dari TMCblog.
Di kedua foto tersebut terlihat tungkai kaki tidak membentuk 90 derajat. Dengan sudut seperti itu maka walau selonjoran juga jadi cepat capai. Sehingga posisi duduk yang lebih pas adalah bila kaki dimundurkan kebelakang. Seperti berikut ini.
Posisi duduk seperti itu juga masih kurang natural karena terlihat posisi tangan terlalu lurus. Sementara itu posisi berkendara yang nyaman dan responsif adalah biasanya siku agak menekuk. Posisi duduk diatas masih kurang maju.
Yang lebih natural itu sepertinya yang seperti caranya Valentino Rossi berikut:
Ini juga di tunjukkan pada foto spy shoot dari Yamaha Aerox 155 dimana kaki pengendaranya berada di posisi belakang. Foto dari website iwanbanaran.com
Yang menjadi perhatian penulis juga adalah ternyata di Yamaha Aerox 155 tidak ada ruang kaki ditengah. Jadi pengemudi cewek yang biasanya menaruh kaki ditengah jadi harus duduk agak mengangkang. Apalagi karena posisi duduk nyaman kaki harus lebih kebelakang. Jadi sepertinya memang motor matik ini ditujukan untuk cowok.
Duduk penumpang justru lebih nyaman, namun memang tinggi sekali.
Ergonomi dari Yamaha Aerox 155 itu membuat pengendara cuma nyaman pada posisi duduk ala motor sport namun tanpa merunduk. Posisi selonjoran yang ditawarkan malah justru membuat pengendara tidak nyaman untuk jalan jauh. Jadi sepertinya ditawarkan hanya untuk tempat menjulurkan kaki sementara, daripada harus menjulurkan ke samping.
Ini beda dengan posisi duduk di NMax dimana posisi selonjoran pun nyaman:
Posisi balap juga sama sama ada:
Namun sepertinya masih lumayan daripada di HOnda Vario 150 dimana pengendara sering terlihat menjulurkan kaki keluar bodi:
Itu sepertinya karena di Honda Vario 150 tidak ada tempat untuk menjulurkan kaki:
Atau mungkin posisi tidak nyaman itu disengaja ya? Biar motor matik Maxi laku (NMax & PCX).
Yang penting posisi kaki gak diatas stang..hehe
SukaSuka
bego
SukaSuka
NMax the best lah untuk urusan ergonomi… fitur selonjorannya itu yg mahaall
SukaSuka
Tinggi dan pendek tubuh pengendara mungkin juga berpengaruh Mas…sepertinya juga Aerox didesain lebih ke model motorsport
SukaSuka
iya, setuju
SukaSuka
katanya sih matic kymco nyaman nyaman maticnya biarpun cc kecil
tapi desainnya yang kurang bagus
sebenernya suzuki address lumayan oke, tp kekurangannya
jok kurang rendah, sama starternya masih bletak duoorr
cuma itu doang sih kayaknya yang perlu dibenahi
SukaSuka
ok, terima kasih infonya.
SukaSuka
Seandainya NMAX ini ada fitur SMG
Saya pasti pilih NMAX ketimbang Aerox 155 buat gantikan Vario 125ESP saya.
Sengaja masih nungguin Aerox 155 launching di kota saya. Biasanya kalau launching produk ada bonus tambahan.
Sebenernya yang paling pas atau ideal itu kalau NMAX dek rata, starter SMG, keyless ignition, tangki bensin ada dibawah stang Dan belakang headlamp. sementara Fitur ada fitur kaki selonjoran, bagasi Masih tetap dipertahankan, body tetap atau berubah lebih sharp & edgy macem Lamborghini, pesawat tempur F22 Raptor atau F35, Dan semua lampu LED, DRL, kecuali headlamp.
Pasti jadi trendsetter lagi & langsung merajai pasar. Bahkan produk Honda yang akan dikeluarkan untuk melawan NMAX pun mungkin tidak bisa melawannya.
SukaSuka
Iya. Mungkin bakalan ada versi NMax yang pakai SMG/SSS. Tapi rasanya lebih penting mesin senyap daripada start yang senyap.
Saya punya Honda Beat yang ada ACGnya juga tidak merasa ada bedanya. Memang suara start senyap, tapi waktu mesin nyala suaranya tetap berisik. Untung sekarang sudah jauh lebih senyap semenjak pakai pro capacitor dan oli mesin ditambahi minyak goreng. Start senyapnya jadi lebih bisa dihargai.
Kalau soal fitur, sepertinya motor model eropa itu tidak memperhitungkan kalau dipakai untuk keluarga misalnya boncengan bertiga. Tangki bensin di depan itu bagus juga daripada cuma kosong diisi bagasi yang nanggung.
SukaSuka
seandainya kymco mau ngeluarin racing king 180i, bisa dilihat pangsa pasar matic 150cc bakalan bubar…. apalagi yg ngaku matic sporty… hehehe…
SukaSuka
Iya, bisa jadi itu alasan KYmco mau balik lagi. Kalau untuk Indonesia, motor sporty juga harus cocok untuk yang sudah berkeluarga.
SukaSuka
iya mas
Kita sih sadar, masalahnya ini Indonesia atau Asia Tenggara macam Vietnam yang gunakan motornya sebagai pengganti kuda atau kerbau.
kalau bisa dibuat angkat macam-macam sekaligus. Di kota saya yang termasuk kota besar saja, motor macam GL max ato GL pro lawas, dipasar buat ojek sayur+orang. depan penuh sayur Sam setang kanan-kiri, di belakang ada ibu-ibu gemuk yang boceng juga nenteng sayur-sayuran.
Produk yang baik adalah produk yang diterima oleh pasar yang besar. Kalau perlu, Yamaha atau produsen lainnya buat 2 versi produk dengan basis mesin + rangka sama, namun model yang berbeda.
Sama satu lagi nih, Yamaha kalau buat motor kok serasa joknya kurang panjang & kurang lebar ya?
Mungkin itu salah satu point kekalahannya dalam melawan Honda.
SukaSuka
Iya, setuju. Motor ini sepertinya memang kurang cocok untuk bawa dagangan atau boncengan samping. Iya, kursi Yamaha juga cenderung nggak panjang.
SukaSuka
Iya, setuju. Motor ini sepertinya memang kurang cocok untuk bawa dagangan atau boncengan samping. Iya, kursi Yamaha juga cenderung nggak panjang.
SukaSuka
Lagi2 yamaha dengan embel2 racingnya.
Bukan motor keluarga,semoga yamaha facelift aerox 125 dgn fitur vva,keyles,bagasi luas,dek rata dan yg terpenting,jok jgn BERUNDAK.
SukaSuka
Info sangat penting…. Mantap…
SukaSuka
terima kasih
SukaSuka
GA Nyamaaaaan sama sekali untuk yg dibonceng, bikin kesel baper . hehe …
nih motor mmg khusus untuk org yg tinggi , kali yahh , yg tingginya > 175cm .
terutma utk yg dibonceng. padahal tinggi daku standard nih , 160cm , tp bikin bete baperr kesell , krn g bs pakai rok , n utk naik pun motor hrs dimiring in dl biar bs naik .
daaan … posisi jok blkng nya itu yg jg bikin kesel doble ..
huu…huuuu …nggk bangeeet
SukaSuka
wah baru tahu sebegitu ribetnya. terima kasih sharingnya.
SukaSuka
beli produk lain aja, scoopy atw fino. ga tinggi dan joknya dataaaaaaarrrr…
SukaSuka
Injakan kakinya tinggi.
SukaSuka
justru sebagian orang seperti saya malah senang, jadi pangsanya khusus buat minimum 165cm keatas, lebih ekslusif dijalan karena anti alay yang mayoritas mereka pakai motor “pendek”
SukaSuka
memang beneran lebih enak naik Aerox?
SukaSuka
kira2..joknya bisa dimodif ngga ya?..biar nyaman bertigaan anak sm bini..
SukaSuka
Yang ada sepertinya malah dibuat split seat. Busa di bagian belakang dihilangkan / ditipiskan juga rasanya nggak bisa datar. Harus juga ganti dasar joknya.
SukaSuka
ngawur, UU Lalulintas melarang orang naik motor bertiga, memberi solusi atas pertanyaan ini sama saja anda mendukung pelanggaran lalulintas
SukaSuka
kebutuhannya seperti itu kok. Dan maunya yang aman, jangan model sekarang yang pegangan dihilangin dan dibuat makin susah boncengan
SukaSuka
tetap melanggar Undang undang, sama saja dengan memperbolehkan tidak pakai helm untuk penumpang ke tiga karena helm 3 tumpuk akan saling berbenturan karena sempitnya jarak.
SukaSuka
masalahnya dipakai berdua pun nggak nyaman untuk penumpang. Sekarang belinya NMAX sih.
SukaSuka
anda komentari motor yg ga sesuai dgn postur dan kebutuhan anda, bijaknya belilah motor yg sesuai dgn postur dan kebutuhan anda dan terpenting sesuai duit yg anda punya. pisss
SukaSuka
Mencari sesuatu yang pas dengan postur adalah sesuatu yang susah. Kalau nggak diprotes, besok besok bakal makin nggak ergonomis.
SukaSuka
Percuma kalau protes tapi g pernah beli produknya,isanya cuman protes..emang bikin motor pakai dukun?
SukaSuka
beli Yamaha bukan sesuatu yang mustahil untuk saya.
SukaSuka
badan situ saja yang ga pas, masa gara gara satu orang pabrikan harus menyesuikan dengan postur anda, memangnya anda pemilik pabrik yamaha?
SukaSuka
ah, yang lain juga kelihatan banget nggak pas kok
SukaSuka
Bro aerox stang nya kependekan gak si?
SukaSuka
tergantung posisi duduk. dan tergantung postur tubuh
SukaSuka