Membuat lampu emergency sendiri dengan lampu rumah LED 5 watt dan batre hp atau powerbank bisa nyala berjam jam


Berikut adalah sharingan bro Rony AH yang membuat sendiri lampu emergency dengan bahan yang mudah didapat. Lampunya pakai lampu ruangan LED 5 watt. Untuk sumber daya pakai batre bekas HP.

lampu-emergency-pakai-stingo

Sebelumnya bro Rony juga sudah buat versi lain yang bisa tahan 20 jam. Versi tersebut pemakaian arusnya lebih besar dari yang ini. Jadi versi yang baru ini seharusnya bisa tahan lebih lama lagi.

Penjelasan dan cara pembuatan bisa disimak di artikel berikut:

 

Rangkaiannya:
rangkaian-dari-lampu-emergency-pakai-stingo

 

Untuk lebih jelasnya sebaiknya dibaca artikelnya. Artikelnya memberikan penjelasan detil soal implementasi, kendala dan masalah yang bisa terjadi.

 

Dibanding dengan rangkaian yang dibuat sebelumnya, lampu emergency dengan rangkaian stingo punya keunggulan transistor tidak panas dan pemakaian arus lebih sedikit. Menurut bro Rony, saat pakai rangkaian Joule Thief voltase batre ngedrop 0,7V saat dinyalakan. Sementara bila pakai rangkaian stingo voltase batre ngedropnya 0,3V. Ini artinya pemakaian arus jauh berkurang. Mungkin ini juga yang membuat transistor tidak panas walau dipakai selama satu jam. Dengan pemakaian arus yang lebih rendah ini maka masa pemakaian juga bisa makin lama.

Untuk versi yang pakai rangkaian Joule Thief bisa dibaca di artikel berikut

 

Rangkaian stingo ataupun joule thief itu fleksibel. Sumber daya ataupun lampu yang dipakai tidak harus batre hp atau powerbank. Bila batre hp nggak ada, bisa pakai batre mainan atau bahkan aki. Lampu yang dipakai juga tidak harus LED. Mau pakai CFL atau lampu tabung pun bisa. Komponen lain juga mudah dicari penggantinya.

Enaknya pakai rangkaian ini adalah kita bisa meredupkan lampunya. Cuma memang harus hati hati jangan sampai terlalu terang. Kalau berlebihan powernya bisa rusak lampunya. Potentiometer perlu diseri dengan resistor untuk mencegah kelebihan power. Nilai resistor perlu dicoba coba yang pas, tergantung pada voltase sumber daya atau kumparan yang dipakai.

Sebelumnya penulis juga pernah membuat rangkaian lampu emergency juga, namun tidak terpakai. Saat itu terangnya lampu CFL 12 watt bisa dicapai dengan 5 watt. Berikut fotonya:
rangkaian-lampu-emergency-stingo-pakai-cfl1

rangkaian-lampu-emergency-stingo-pakai-cfl2

 

Rangkaian stingo itu asalnya adalah charger. Kecepatan charging bisa jauh lebih cepat dari charger pasaran. Untuk ngecharge batre NimH bisa cuma beberapa menit tanpa membuat batrenya panas. Dulu sering penulis pakai untuk ngisi aki mobil yang kebetulan soak. Rangkaian juga bisa dipakai untuk alat kesehatan dan penggerak motor stepper. Kapan kapan akan penulis bahas kalau ada yang tertarik.
variasi-rangkaian-stingo

 

Yang ada batrenya dua itu yang dipakai penulis untuk eksperimen penambah tenaga berikut:

2 thoughts on “Membuat lampu emergency sendiri dengan lampu rumah LED 5 watt dan batre hp atau powerbank bisa nyala berjam jam

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s