Lampu depan Yamaha R15 2017 sudah bagus nggak nyala sebelah kiri lagi seperti dulu


Pagi ini penulis dikagetkan oleh R15 dari arah berlawanan yang sedang menyalip. Lampu dekat yang cuma nyala di kiri saja benar benar bikin tidak fokus. Jadi agak kaget karena bodi motor ternyata lebih lebar dari perkiraan. Untung siang hari, jadi bodi bisa terlihat semua. Kalau ini terjadi pada malam hari maka akan jauh lebih ngeri lagi.

Sebelumnya ini pernah penulis bahas di artikel berikut:

lampu-dekat-yamaha-r15-v2-nyala-sebelah-kiri

 

Untungnya lampu dekat Yamaha R15 155cc 2017 V2 sekarang dua duanya menyala.
lampu-dekat-yamaha-r15-v3-nyala-bagian-luar

btw, cari gambar ini susah banget. Yang review Yamaha R15 pada tidak membahas saat lampu depan dinyalakan. Yang ketemu cuma foto pada waktu launching saja. Apa lampu depan dianggap nggak penting ya?

Entah mengapa lampu barunya kok jadi dipisah sama air scoop bohongan. Kalau dilihat dari pas di depan moncong menurut penulis justru jadi kurang bagus. Seperti ada yang tidak pas di rasionya, mungkin lebih bagus kalau air scoop dikecilkan atau barangkali diganti led warna warni kelap kelip atau DRL. Kalau tidak dari depan, misalnya dari atas atau dari samping terlihat bagus mungkin karena air scoop jadi tidak begitu kelihatan.

Yamaha R15 V3 dengan lampu ironman di air scoop
Yamaha R15 V3 dengan lampu ironman di air scoop

Sebelumnya penulis pernah membahas kemungkinan lampu ini melanggar peraturan:

 

Mungkin pengendara R15 V3 bakalan kena tegur kalau menyalakan cuma lampu dekat saja. Karena lampu jadi terlihat memisah. Jadi pengendara bakalan disuruh menyalakan lampu jauh juga sama polisi. Mungkin pak polisinya ada yang pakai alasan lampu DRL, harus menyalakan lampu utama siang hari. Klaimnya menyalakan lampu siang hari untuk lebih aman, tapi sepertinya pengertian aman beda sama implementasi DRL negara maju. Kalau di luar negeri sih DRL itu wajib pakai lampu dekat dan tidak boleh pakai lampu jauh.

 

Terlepas dari soal DRL, peraturan dan tilang polisi, lampu yang nyala dua duanya ini menurut penulis akan bikin motor Yamaha R15 V3 tidak lagi mengagetkan pengendara dari berlawanan arah. Bagus. Pengendara lain jadi nggak terlalu kaget kalau ada pengendara R15 dari berlawanan arah yang memotong jalan.

Ya semoga saja lampunya tidak bikin silau. Kalau silau malah mengganggu dan patut dihujat.

Iklan

12 thoughts on “Lampu depan Yamaha R15 2017 sudah bagus nggak nyala sebelah kiri lagi seperti dulu

      • Rasanya tidak juga, cuma yang sebelah kanan saja yang kabel low beamnya nggak ada. Bisa dilihat di video berikut untuk modif biar lampu dekat kanan juga bisa menyala. Lampunya sendiri mestinya standar, isinya dua (jauh dan dekat).

        Suka

  1. kalo motor kecil berfairing di indo iya, sebenernya bisa dua2nya nyala normal, tapi ikut2an style moge… liat aja moge2 asli, lampu kanan dan kiri beda, apalagi di BMW malah bisa beda bentuk reflector ki-ka

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s