Apakah pasang fake accesories itu menurunkan kelas?


Postingan di kobayogas.com soal modif yang pasang plastik untuk memberi kesan deltabox (cover deltabox) menjadi bahan debat yang menarik. Di artikel tersebut cover deltabox dibilang membuat motor malah terkesan murah dan mengesankan pemakai tidak paham otomotif:
Gak Semua Konsumen Motor Kelas 250cc Paham Otomotif.. Posted on February 8, 2017 by Kobayogas
cover-deltabox-cbr250

 

Di komentar ada yang mendukung dan ada yang tidak setuju.

Penulis coba cari, ternyata banyak juga yang sudah pakai cover deltabox. Beberapa blog juga sudah membahas hal ini.

Pasang Cover Deltabox di Yamaha R25
cover-deltabox-r25

 

Cover Deltabox CBR150R K45: Solusi Menutupi Kopong Di Tengah
cover-deltabox-cbr150

 

Aksesori Deltabox di Yamaha YZF-R25, Bahan Fiberglass Tingga PNP lo!
cover-deltabox-r252

 

Cover Fiberglass ala Deltabox buat Yamaha R25 ini bikin keren
cover-deltabox-r253

 

Mungkin beda kalau yang melakukan itu pabrikan ya. Rasanya waktu Yamaha R15 v3 2017 dirilis dengan tambahan air scoop bohongan tidak ada yang bilang Yamaha itu rice boy atau alay.
fake-airscoop-dari-yamaha-r15-v3-2017

Bodi motor juga ada yang dibuat seolah olah dari besi. Seperti contohnya Yamaha MX King:
bagian-samping-yamaha-mx-king-plastic-apa-betulan

Aslinya:
Penasaran dengan Jeroan Jupiter MX King 150/Exciter 150? monggo lihat gambar berikut ini!!
bagian-samping-yamaha-mx-king-aslinya

 

Kalau di motor Honda Contohnya ada di Honda Sonic. Yang disamping macam deltabox itu rasanya dari plastik:
bagian-samping-honda-sonic-plastic-apa-betulan

Aslinya:
New Honda Sonic 150R Ternyata Pakai Twin Parimeter Frame.. Berikut Penampakannya Saat Ditrondoli
bagian-samping-honda-sonic-aslinya

 

Mungkin juga karena di dunia motor beda, tidak banyak yang bisa dibuat asesori bohongannya. Beda dengan kalau di dunia mobil. Kalau di mobil ada yang jual suara turbo bohongan, air scoop bohongan, sunroof bohongan, velg racing bohongan, knalpot bohongan, dll.

Menurut penulis sih, selama pengerjaaannya bagus, maka tampilan akan terlihat lebih keren. Toh bodi aslinya motor kan di dominasi plastik. Beda sama jaman dulu. Malah cat atau skotlet sekarang lebih ngetren yang model dop, yang mirip plastik. Sudah nggak musim lagi model chrome.

Motor yang tergolong mahal sekalipun banyak plastiknya. Spakbor plastik, tutup rantai plastik, bodi plastik, spedo plastik, spion plastik, dst. Tapi masih tetap terkesan mahal karena pengerjaan atau cat yang rapi dan bagus.

Jadi tidak tergantung asesorinya palsu atau bahan dari fiber / plastik. Yang penting kualitas pengerjaannya.

Iklan

13 thoughts on “Apakah pasang fake accesories itu menurunkan kelas?

  1. Point nya ga dpt ya? Pake/bikin Delta box palsu biar dianggap sebagai motor berdelta box sama adanya air intake dummy dari pabrikannya ya beda… Masa gak paham sih ? Wkwkwk…

    Suka

    • iya, beda. yang satu biar dianggap seakan deltabox betulan, yang satu biar dianggap seakan pakai air ram betulan. Jadi ingat rumornya R25 2017. Lucu juga bila nanti bila di Yamaha R25 2017 ternyata pakai fake deltabox dan fake air ram.

      Suka

    • Menurut saya mang kobay lebay juga bikin artikel menurut saya aksesoris gitu tujuannya kebanyakan untuk tampilan bukan untuk menaikan atau menurunkan kastanya ambil contoh ninja fi kemarin kan tujuannya meniru vixi ya memang klop kalau ambil model frame delta box supaya kesannya komplit

      Suka

  2. yang ngajarin kan pabrikan,,
    mereka bikin airscoop palsu, deltabok palsu di mx dan sonic
    ya masa salah si kita sebagai konsumen menirukan apa yang dilakukan pabrikan

    wkwkwkwk

    Suka

  3. kalo di mobil banyak yang modif jazz versi biasa dengan kit mugen, lalu tempel stiker/emblem mugen biar dikira itu jazz versi mugen
    apakah itu disebut cheap juga

    Suka

    • Mungkin lebih cocok kalau contohnya TRD. TRD di indonesia kan cuma bodi saja. Sekarang malah kesannya TRD itu pabrik asesori tempelan untuk bumper dan spoiler. Padahal aslinya TRD itu pabrik komponen balap yang bikin mobil lebih kencang. Yang di Indonesia malah yang terjadi versi TRD lebih lambat karena bodi lebih berat, karena mesin atau lainnya nggak berubah.

      Suka

  4. Kalo ngeliat dari gaya anda posting dan argumen yang entah kenapa kok rasanya seperti argumen anda harus sudah paling pas dan paling mutlak, kalau anda mau pakai pikiran anda yang ingin terlihat pintar itu,gini lho,concern kobay itu adalah sesuatu yg fake dan tidak dibuat dengan estetika yang baik,akan membuat apapun yang mengenakannya terlihat “turun”,dalam kasus ini “murahan”,anda bawa2 contoh honda sonic,coba bandingkan dari kontras dan aspek estetika dengan cbr yg dicontohkan pakai deltabox palsu itu? Jelas kelihatan kan kalau yg sonic lebih match,anda pun bilang “rasanya dari besi” yang mengindikasikan argumen anda yg bahkan belum fix tapi sudah ada indikasi bahwa anda merasa itu terlihat seperti besi,beda dengan deltabox di cbr pada foto yg jelas2 dari pewarnaannya tidak terlihat seperti benda metallic sama sekali,atau setidaknya tidak dibuat dengan kualitas cat sekelas pabrikan, orang pintar itu banyak,tapi orang yg lebih pintar juga lebih banyak, orang tua banyak,tapi yang mengerti bahwa namanya perbedaan pendapat seperti beda antara pendapat anda dan kobay harus disikapi dewasa dan tidak perlu berbuntut panjang sambil ngotot cari referensi yang tidak relevan konteksnya itu tidak banyak jumlahnya,pakai bawa2 ram air fake di r15,bandinkan saja,keliatan fakenya kah kalau dibanding cbr250rr ditambah deltabox modifan dengan kualitas cat biasa? Sampai sini sudah bisa terima bahwa saya sedang mengkritik cara berpikir anda yang merasa bahwa bisa memberi banyak referensi bukan berarti anda akan paling benar dan paling mutlak?

    Suka

    • Menurut anda mas kobayogas akan mentoleransi modif plastik tempelan selama estetikanya bagus? Menurut saya mas kobayogas tidak akan mentoleransi modif plastik tempelan walau estetikanya bagus.

      Batasan mas kobayogas terkesan bukan di estetika. Bisa dibaca komen mas kobayogas diatas: “benang merahnya sama sih ya, fake.. cuma yang satu gak dipasang diluar alias bawaannya udah begitu..”. “Point nya ga dpt ya? Pake/bikin Delta box palsu biar dianggap sebagai motor berdelta box sama adanya air intake dummy dari pabrikannya ya beda”

      Pendapat mas kobayogas soal air scoop : “tapi itu kan dari sananya mang.. bukan tambahan”.

      Di artikel mas kobayogas: “kontes modifikasi biasanya dilakukan total, nyaris semua part body bahkan kaki kaki dapat sentuhan ubahan, tak hanya memasang cover delta box plastik dan selesai.. yang ada dibully alih alih dapat apresiasi hehe..”

      Untuk saya, selama pengerjaan bagus, no problem. tidak saya anggap cacat, tidak saya anggap cheap.

      Saya juga tidak membedakan siapa yang melakukan. Mau pabrikan ataupun pribadi, dilihat dari hasil pengerjaannya. Contoh soal tutup rantai yang dari plastik. Walau itu desain dari pabrikan, kesan saya untuk tutup rantai seringkali terlihat murahan dan tidak bagus. Mestinya motor harga puluhan juta tutup rantai itu dari logam yang tidak goyang goyang saat jalan.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s