Membaca artikel di roda2blog.com berikut ini membuat penulis teringat untuk membahas kelas motor sport yang penggemarnya banyak tapi sama pabrikan tidak pernah dibuatkan modelnya.
Sekarang ini pabrikan motor merilis motor city sport itu genrenya cuma dua. Naked dan Fairing. Motor naked itu mesinnya kelihatan, lampu ada di setang. Sementara motor fairing itu tertutup semua sampai suspensi depan pun ketutupan, dan lampu ada di bodi.
Nah yang nggak ada itu adalah yang kelas mesinnya tertutup tapi suspensinya tidak tertutup, yang lampunya ada di setang.
Kalau dilihat dari segi bodi, maka motor fairing itu sama dengan motor matik, nutupnya total. Sementara itu motor naked adalah motor fairing yang fairingnya dilepas semua. Motor sport yang mirip motor bebek tidak ada.
Padahal banyak juga peminatnya. Karena tidak semua orang suka motor mesinnya kelihatan. Bisa disimak di contoh berikut:
Bisa dilihat contohnya ada banyak. Ini menunjukkan minat dari pemilik motor naked untuk membuat motor terlihat lebih rapi. Jadi mestinya bila pabrikan membuat genre ini akan ada peminatnya juga.
Ada yang menyebut kategori ini sebagai motor half fairing. Penulis tidak setuju karena pabrikan motor ada yang mengeluarkan model motor sport yang katanya half fairing atau half faired, namun dengan lampu di bodi tapi mesin masih naked.
Contoh contoh motor half faired adalah:
Dari yang penulis ketahui, sepertinya cuma kawasaki saja yang mengeluarkan genre naked tapi tertutup, yaitu di tipe Z250:
Update, diberi tahu bro topman, Yamaha Xabre juga
xabre ga disinggung om?
SukaSuka
Iya, ya. makasih sarannya.
SukaSuka
sebenernya yg aneh tuh konsumennya, Z250 ditiru buat modif habis2an tapi motor nya sendiri ga laku2 kalah sama full fairingnya…. vixion bejibun banyak yg modif ‘half naked’ gini begitu yamaha bikin xabre yg value for money malah ga laku, aneh kan?
SukaDisukai oleh 1 orang
Iya, benar juga.
SukaSuka
Lu pura2 tolol atau apa sih, ya jelas karena harga lahh. Vixion xabre harga beda jauh tong.
SukaSuka
Karena xabre ergonominya segmented. Bukan allrounder,
SukaSuka
Menurut ane sih mending kalo naked, naked sekalian,
Fairing, fairing sekalian..
Kalo setengah2 bgtu.. jd krg enak diliatnya.. menurut ane lho ya..
Klo versi naked.. ane lebih suka liat yang berotot, mesinnya ditonjolkan.. pke engine cover masih boleh lah.. tapi gk ush full begitu sprti z250 atau xabre.
SukaSuka
ok. Repotnya kalau mesin 150cc jadi banyak ruang kosongnya.
dibanding 250cc
Bisa jadi itu yang membuat orang pasang cover mesin di mesin 150cc
SukaSuka
Yamaha juga ada ngeluarin vixion special edition yg ada side fairingnya sih
SukaSuka
baru tahu, wah menarik juga. terima kasih infonya. Tapi agak kecil ya.
SukaSuka
ini semua akibat evolusi motor naked 150cc jd makin lebih besar bodi dan bannya, tp mesin ukurannya tetap kecil.jd kurang seimbang lookingnya. Yg paling kentara ya xabre itu. Untung pabriknya berbaik hati sehingga langsung dikasih “tutup mesin” gratis, ga perlu modif lagi 🙂
SukaSuka
Iya, setuju :).
SukaSuka
Harusnya 150cc tetap sesuai kodrat ya ? Light sport
SukaSuka