Genre motor naked dengan cover bodi tidak seperti fairing banyak peminat tapi tidak digubris pabrikan


Membaca artikel di roda2blog.com berikut ini membuat penulis teringat untuk membahas kelas motor sport yang penggemarnya banyak tapi sama pabrikan tidak pernah dibuatkan modelnya.

Sekarang ini pabrikan motor merilis motor city sport itu genrenya cuma dua. Naked dan Fairing. Motor naked itu mesinnya kelihatan, lampu ada di setang. Sementara motor fairing itu tertutup semua sampai suspensi depan pun ketutupan, dan lampu ada di bodi.

Nah yang nggak ada itu adalah yang kelas mesinnya tertutup tapi suspensinya tidak tertutup, yang lampunya ada di setang.

Kalau dilihat dari segi bodi, maka motor fairing itu sama dengan motor matik, nutupnya total. Sementara itu motor naked adalah motor fairing yang fairingnya dilepas semua. Motor sport yang mirip motor bebek tidak ada.

Padahal banyak juga peminatnya. Karena tidak semua orang suka motor mesinnya kelihatan. Bisa disimak di contoh berikut:
cover-bodi-yamaha-vixion-1

cover-bodi-yamaha-vixion-2

cover-bodi-yamaha-vixion-3

cover-bodi-yamaha-vixion-4

cover-bodi-yamaha-vixion-5

cover-bodi-honda-cb150r-1

cover-bodi-honda-cb150r-2

cover-bodi-honda-cb150r-3

cover-bodi-honda-cb150r-4

 

Bisa dilihat contohnya ada banyak. Ini menunjukkan minat dari pemilik motor naked untuk membuat motor terlihat lebih rapi. Jadi mestinya bila pabrikan membuat genre ini akan ada peminatnya juga.

Ada yang menyebut kategori ini sebagai motor half fairing. Penulis tidak setuju karena pabrikan motor ada yang mengeluarkan model motor sport yang katanya half fairing atau half faired, namun dengan lampu di bodi tapi mesin masih naked.

Contoh contoh motor half faired adalah:
yamaha-fazer

yamaha-fz1

suzuki-gw250s

honda-cbf600s

kawasaki-z750s

 

Dari yang penulis ketahui, sepertinya cuma kawasaki saja yang mengeluarkan genre naked tapi tertutup, yaitu di tipe Z250:
kawasaki-z250

Update, diberi tahu bro topman, Yamaha Xabre juga
yamaha-xabre

13 respons untuk ‘Genre motor naked dengan cover bodi tidak seperti fairing banyak peminat tapi tidak digubris pabrikan

  1. sebenernya yg aneh tuh konsumennya, Z250 ditiru buat modif habis2an tapi motor nya sendiri ga laku2 kalah sama full fairingnya…. vixion bejibun banyak yg modif ‘half naked’ gini begitu yamaha bikin xabre yg value for money malah ga laku, aneh kan?

    Disukai oleh 1 orang

  2. Menurut ane sih mending kalo naked, naked sekalian,
    Fairing, fairing sekalian..
    Kalo setengah2 bgtu.. jd krg enak diliatnya.. menurut ane lho ya..
    Klo versi naked.. ane lebih suka liat yang berotot, mesinnya ditonjolkan.. pke engine cover masih boleh lah.. tapi gk ush full begitu sprti z250 atau xabre.

    Suka

  3. ini semua akibat evolusi motor naked 150cc jd makin lebih besar bodi dan bannya, tp mesin ukurannya tetap kecil.jd kurang seimbang lookingnya. Yg paling kentara ya xabre itu. Untung pabriknya berbaik hati sehingga langsung dikasih “tutup mesin” gratis, ga perlu modif lagi 🙂

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.