Honda CRF250 Rally aneh karena DOHC tapi tenaga cuma 24,4 dk, setara sama CRF150R yang SOHC 4 valve


Selagi menulis soal motor Honda yang pakai SOHC 4 valve, penulis menemukan data horse powernya CRF250X dan CRF250R. Keduanya dikatakan mempunyai mesin 250cc satu silinder SOHC 4 valve.

Penulis jadi kaget karena kok powernya jauh lebih tinggi dari power Honda CRF250 Rally yang barusan dirilis Honda di Indonesia. Honda CRF250 Rally itu katanya 250cc satu silinder DOHC.

Berikut kutipan dari spesifikasi Honda CRF250 Rally di blog Indonesia:
AHM Rilis Honda CRF250 Rally, Nih Spesifikasi Dan Harganya…. February 3, 2017

Spesifikasi Lengkap Honda CRF250 Rally
Mesin
Bore × Stroke: 76,0 x 55,0 mm
Pengabutan: PGM-FI
Rasio kompresi: 10,7:1
Kapasitas: 250 cc
Tipe mesin: Liquid-cooled, Single, DOHC
Tenaga maksimal: 24,4 dk (18,2 kW)/8.500 rpm
Torsi maksimal: 22,6 Nm/6.750 rpm

Resmi : AHM Jual Honda CRF250 Rally Harga Rp.62,9 Juta .. Siap berpetualang ! Februari 5, 2017

Honda CRF 250 Rally menggunakan Mesin dengan basis Honda CBR250R satu silinder 250 cc DOHC 4 klep berpendingin cairan yang mampu membangkitkan power puncak di mesin hingga 24,4066 HP pada 8500 rpm dan Torsi puncak di 22,6 Nm pada 6750 Rpm , tentu sangat cocok buat berpetualang

Galeri Honda CRF250 Rally, Siap Terjang Medan Off-Road Februari 4, 2017

CRF250 Rally dengan mesin 250cc liquid-cooled single-cylinder DOHC difokuskan pada pada torsi bawah dan tenaga di rpm tinggi sekaligus mengirimkan tenaga secara linier. Bahkan model ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 18.2kW / 8.500 rpm dan torsi maksimum 22.6Nm / 6,750 rpm.

 

Mungkin kalau sendirian begitu tidak terlihat aneh. Coba bila dibandingkan dengan data horse power berikut:
perbandingan-honda-crf250x-dan-cxf250r

 

Masa ya 250cc satu silinder DOHC tapi kok tenaganya setara dengan 150cc satu silinder SOHC 4 valve?

Spesifikasi di website resmi juga menyebutkan bahwa mesin CRF250L adalah DOHC, sayang website resmi tidak menyertakan data powernya:
spesifikasi-mesin-honda-crf250l

Sementara itu berikut spesifikasi dari Honda CRF250X dan CRF250R:
spesifikasi-mesin-honda-crf250x

spesifikasi-mesin-honda-crf250r

Terlihat keduanya disebutkan punya mesin unicam, yaitu mesin SOHC 4 valve. Yang X untuk trial dan offroad, yang R untuk balap. Perbedaan mesin secara detil bisa dilihat di link berikut:
Differences between the 250X and 250R

 

Kalau dilihat lihat, perbedaan dari CRF250 Rally dengan CRF250R itu seperti beda antara CRF150F dengan CRF150R:
spesifikasi-mesin-honda-crf150f

spesifikasi-mesin-honda-crf150r

 

Disitu tertulis CRF150F itu mesinnya pakai SOHC 2 valve.

Dari spesifikasi yang terlihat jelas beda adalah kompresi mesin. Ektreme bedanya.

 
Sebagai perbandingan, Honda CB250 Twister spesifikasinya sebagai berikut:
CB Twister ABS

Tipo: OHC, monocilíndrico, 4 tempos, arrefecido a ar
Cilindrada: 249,5 cc
Potência máxima: 22,4 cv a 7.500 rpm (Gasolina) / 22,6 cv a 7.500 rpm (Etanol)
Torque máximo: 2,24 kgf.m a 6.000 rpm (Gasolina) / 2,28 kgf.m a 6.000 rpm (Etanol)
Transmissão: 6 velocidades
Sistema de partida: Elétrico
Diâmetro x Curso: 71,0 x 63,0 mm
Relação de Compressão: 9,6:1
Sistema Alimentação: Injeção Eletrônica PGM-FI
Combustível: Gasolina e Etanol

Mesin OHC 4 langkah berpendingin udara. Kira kira 22.4 dk bila pakai bensin. Tenaga lebih rendah dari CRF250 rally, tapi kompresi juga lebih rendah.

 

Ini bisa jadi contoh bahwa mesin DOHC pun ada yang lemah. Sepertinya bisa disamakan dengan SOHC 2 valve. Contoh mutlak bahwa mesin SOHC 4 valve bisa jauh lebih unggul daripada mesin DOHC.

Entah apa alasan Honda untuk menggunakan mesin DOHC yang di downgrade di motor trail. Apa mungkin karena Honda tahu bahwa sama konsumen Indonesia motor akan diminumi pertalite?

Melihat yang seperti ini, rasanya motor trails Honda yang versi 150 cc juga bakalan akan didatangkan yang tenaganya lemah. Toh punya saingan tenaganya juga bahkan lebih lemah dari verza.

Iklan

69 respons untuk ‘Honda CRF250 Rally aneh karena DOHC tapi tenaga cuma 24,4 dk, setara sama CRF150R yang SOHC 4 valve

  1. asumsi saya,. mungkin karena CRF250Rally diposisikan sebagai motor dual purpose ringan,. jadi peruntukannya masih untuk jalan yang ndak terlalu extreme seperti jalan pedesaan sembari show off motor keren,. xixixixixi

    Suka

  2. Blog otomotif amatiran… gak bisa bedain SE kompetisi dgn motor harian… kenapa tidak bandingkan nsf250 r yg 1 silinder 50hp dgn cbr250rr yg 2 silinder tetapi cm 30an hp… 😀

    Suka

  3. 150 cc power segitu besarnya, pasti jeroan mesinnya gak sembarangan (namanya juga se, hehehe), kalau maksain pakai tuh mesin bukan masalah gak mau atau gimana, tapi lebih ke arah menjaga image 150 cc dohc honda.

    Kalau trail 150 cc kelak kemungkinan juga pakai mesin sama dengan verza, selain sudah gak perlu repot2 pakai mesin baru, Selain cost produksi yang jadi pertimbangan, tentu motor trail entry level 150 cc dimari bukan berorientasi pada performa,

    Suka

    • Bisa dijelaskan lebih lanjut tidak awet bagaimana? Apa maksudnya kalau motor harian dipakai racing itu bakal awet?

      Setahu saya motor kompetisi pabrikan itu beberapa part dibuat lebih awet dari motor harian. Jadi menurut saya kalau motor kompetisi dibuat harian bisa lebih awet. Beda sama tune up bengkel yang modifnya lebih ekstrem dan sering tanpa membuat komponen lebih awet.

      Suka

      • @sucahyoaji Gini mas motor kmpetisi itu materialnya buat skali pakai. G sering2 dbawa kluar. Sama kyk moto GP. Moto GP kn peruntukannya hny untuk balap. Jadi materialnya beda. Ketahanannya memang kuat tp untuk kmpetisi jd jrang pkai. Klo dbuat harian umurnya g bkal lama jg. Tny ke wak haji dan kawan2 klo perlu. Klo msalah knp g SOHC krn honda g pny line up mesinnya. Klo yamaha kn dr R15 ud ad. Jd bgtu mas. Mohon dkoreksi klo salah. Trima kasih. Sukses untuk blognya kdepan. 😊😊👍👍

        Suka

        • Terima kasih.

          Setahu saya, Honda punya teknologi SOHC 4 valve namanya unicam:
          Honda juga punya motor SOHC 4 valve

          Menurut saya perlu dibedakan motor yang dirancang oleh tim balap pabrikan dan motor untuk balap yang dijual untuk publik. Walau CRF150R dijual untuk kompetisi, namun sepertinya masih memperhitungkan reliability juga. Ibaratnya seperti membedakan antara CBR250R dengan CB250F, yang satu race oriented yang powerfull dan yang satu lagi casual yang nggak powerful, tapi dua duanya awet.

          Berikut beberapa komentar dan rata rata bilang Honda CRF150R itu motor awet:
          Thread: CRF150R reliability-owners please chime in

          We have been racing two of them this year. 1 has been being raced since Feb.; the other is newer. Both have been excellent bikes, no problems. Just make sure to change your oil frequently and check your valve clearances often. These bikes are great! Honda knocked this first year bike out of the park! In fact, they hardly made any changes to the 08 models.

          Thread: Buyers Guide Crf150R

          The CRF150R are so sweet! They are just as reliable as the bigger four strokes with proper maintanence, but you do want to carefully inspect and test ride any used bike.

          Thread: Reliability of he 150r

          the 150r is a great and reliable bike, however i read that someone has suggested to you a 230, if you are just toolin around with your kid the 230 would be more practical, and the maintanence and valve adjustments are a lot quicker and easier (cheaper also) than the 150r, but with the 150r you always have the power there if ya need it,

          Suka

  4. crf250rally itu masuk kategori crf…L, yg legal street. tentunya dg berbagai pertimbangan, macam kemudahan dikendarai, tenaga yg merata/tidak naik drastis/menghentak, serta tentun ya durabilitas termasuk juga emisi gas buang yg ketat serta konsumsi bbm sebagai bagian pertimbangan utama. makanya tenaga & torsinya “tidak wah”.
    disisi lain crf150R itu non street legas, alias race oriented alias hanya untuk kompetisi. kalo untuk kompetisi tentunya tenaga juga di buat sebesarnya, durabilitas no 2 (cukup untuk bejerapa race/beberapa ribu km sebelum overhaul). dg tipe R, penggunanya juga yg sdh ahli. CRF150R, itu menggunakan UNICAM, liquid cooled. jadinya krn keperluan beda, makanya bisa dg mudah tenaganya bisa sama atau bahkan bisa lbh tinggi dari motor tipe street legal dg kapasitas engine yg lbh besar.

    rasanya artikel ini spt membandingkan mesin F1 1500cc knp bisa punya tenaga sama besar dibadingkan dg Astonmartin yg 5500cc.
    lol….

    Suka

  5. ehm, soal durabilitas.
    tentunya mereka (menurut saya) itu perhandingan dg unit race lainya. sebagai gambaran, moto2 yg akan dapat perlakuan overhaoul besar sekitar 2000an km (sekitat 3 race + latihan bebas 1-3, qualifying). kalo moto gp kan tidak ada overhaul, engine di segel. bwhitu rusak ya sudahlah (kecuali yg masuk kategori non consesion)
    bandingkan dg motor jalan raya (street legal) yg akam over haul besar bisa setelah menempuh puluhan ribu (hitech/hi performance engine) atau bahkan ratusan ribu km untuk motor yg medium/low performance.

    masalah penggunaan dohc atau sohc menurut saya ya tergatung pertimbangan pabrikan.
    disisi lain tentang dohc. menurut saya pada peak performance lbh unggul dari dohc, mangkanya semua motor hi performance super sport maupun superbike menggunakan dohc.

    namun memang membangun engine dohc logikanya lbh mahal dari sohc (untuk engine yg setara).

    dalam kasus crf250rally, “mungkin” honda menggunakan base engine yg sdh ada. sehingga tidak perlu lagi research, biaya akhir motor bisa ditekan lbh ekonomis (dg kata lain harga bisa lbh murah).

    tentang sohc CRF…R maupun CRF…X di kapasitas 150cc & 250cc, honda menggunakan teknologi UNICAM, secara jumlah ini memang SOHC, cam tunggal. tetapi secara konstruksi sangat beda dg sohc umumnya. saya tidak tahu apakah Unicam itu paten hoda atau tidak. tp sampai sekarang hanya honda yg menggunakan teknologi unicam. dan ini digunakan honda untuk hi perfirmance race oriented motor2 honda di medan off road (rally, motocross trial dll).
    di motor street legal, teknologi unicam ini “hanya” digunakan di VFR1200F dan AFRICA TWIN CRF1000L.

    rasanya di engine 250cc. liquid colled single cylinder, engine ini satu2nya pilihan yg ada yang masuk new engine (engine yg di develop masih dalam usia baru/muda), yg sudah memenuhi kriteria emisi, performance (sesuai peruntukan), easy maintenance serta fuel consumsion.
    kalau harus develop lg tentu butuh biaya, jatuhnya akan mahal terhadap harga jual motor.

    Suka

    • Terima kasih sharingnya. Menurut saya, awet atau tidak, tidak hanya ditentukan oleh performa, tapi juga tergantung pabriknya mengeset tolerasi reliabilitas. Saya pernah lihat film BMI, katanya porsche itu selalu meluangkan beberapa persen kemampuan komponen untuk durabilitas. Mesin porsche dikatakan terkenal awet walau performa lebih tinggi dari mobil lain.

      Untuk lokalnya, kira kira seperti membandingkan keawetan antara Suzuki GSX-S DOHC yang mentok 13 ribu dengan Honda Verza mentok 9500. Belum tentu verza lebih awet mesinnya.

      Iya, unicam itu berbeda dari SOHC pada umumnya karena satu silinder pakai 4 valve. Sehingga aliran udara keluar masuk jadi mirip DOHC. Alasan Honda adalah dengan satu cam akan lebih ringan dan ringkas, yang penting sekali untuk motor trail.

      Honda juga punya motor SOHC 4 valve
      Jangan samakan SOHC 2 valve dengan SOHC 4 valve

      Iya, CRF250 Rally itu lebih untuk rileks.

      Suka

      • Motor trail kan cuma ngejar torsi bawahnya bukan ngejar kecepatan, kalo dipake mesin dua silinder ya berat dong, nanti susah handingnya di medan trail.

        Suka

        • CRF150R motor trail juga lho. Tapi paham maksudnya. Kalau untuk motor konsumen yang dipakainya untuk nyantai memang lebih cocok fokus ke torsi. Tapi anehnya, mengapa harus DOHC? Karena kan DOHC torsi rendah malah lemah? Buktinya kalau di gunung gunung orang lebih suka Honda SOHC daripada Honda DOHC.

          Suka

          • Ngga ada mas orang trail pake crf rally, pake crf 150r juga jarang banget hampir ngga ada malah. Crf rally itu itu motor touring motor jalan raya untuk medan sedang aja tanah datar atau pasir jadi ngga ngejar torsi, crf 150r itu motor kompetisi special engine untuk balap sirkuit aja ngga boleh dipake di jalan raya, dua duanya bukan motor trail/enduro.

            Jadi kalo dibandingin ngga apple to apple mas, keduanya beda jenis beda peruntukan, spek keduanya juga bukan untuk trail/enduro di gunung jangan dijadiin perbandingan.

            Kalo masalah power crf 150r lebih gede itu karena kompresi lebih padet, pengapian racing magnet kecil, gear rasio lebih rapet, dll. Wajar power lebih gede, bukan masalah DOHC atau SOHC

            Dan saya trail itu udah dari 2012, ngga pernah denger orang mempermasalahkan enak mana SOHC atau DOHC, simplenya kalau torsi bawah kurang tinggal naikin ukuran gir belakang mau itu mesin SOHC DOHC bebek 2tak semua sama

            Saya cuma mau meluruskan aja power motor special engine gak usah dibandingin sama motor jalanan biasa, karna special engine itu motor balap sudah jelas punya power lebih gede mau gimana pun speknya

            Suka

            • ok, setuju. Memang kalau di sini rata rata tidak mempermasalahkan tenaga bila untuk motor trail. Akselerasi di jalan raya cuma setara motor matik tidak masalah. Yang lebih penting mungkin kehandalan mesin.

              Tapi ada juga kok yang bilang kalau untuk ke hutan nggak cocok pakai mesin motor jalanan.

              Suka

          • aduh mase analisa jangan ngawurlah 😂 liat suzuki dengan inazuma sohc 2cyl power cuman 25hp knp gak diringkes 1cyl dohc macam honda cbr 250r? 😂 lagian kalo honda sempak di tempelin mesin nsf dengan part mahal sampeyan mau beli ? 😂

            Suka

      • heran kenapa motor pake konfigurasi 4tak notabene lemah semua kenapa 2 tak tidak di pakai kembali secara teori lebih jos dan kenapa pabrikan gak melirik mesin rotary yang lebih dari 2tak 😂

        Suka

        • masalah politik bro. Dibilang 2 tak berisik dan berpolusi. Padahal kalau dilihat asap ninja itu nggak banyak dan suara vario nggak kalah berisik dari ninja (suara mesin kuasar banget)

          Suka

  6. Interval service bro. CRF 250 rally itu kan motor jalanan dengan expektasi pemakaian wajar harian dengan extra offroad ringan. Semantara tabel di atas itu semua motor peruntukan khusus untuk kompetisi dan rekreasi yang pemakaian yang jarang (bukan sesering harian).

    CMIIW interval service versi rally bisa sekitar 5000-6000km sementara versi F, R, X hanya sekitar 1000km. Bisa aja versi rally oleh produsen powernya dibuat lebih besar. Tapi untuk mesin 1 silinder, tenaga lebih besar berdampak tekanan kompresi yang harus ditahan pada ring piston dan komponen lain lebih besar, jadi harus lebih sering ganti ring piston (beda dengan 2 silinder yang tekanan kompresi terbagi ke 2 silender jadi lebih awet). Kemudian yang paling terasa dampaknya, oli jadi harus lebih sering ganti. Tenaga lebih besar tentu menghasilkan panas yang lebih, jadi oli lebih cepet item atau efisiensi pelumasan lebih cepat berkurang.

    Kurang lebih itu gambaran kenapa powernya di set cukup 24 dk saja

    Suka

    • internal service yang dimaksud apa saja ya? Apa yang harus ganti di 5 ribu km?

      Rasanya ring piston nggak kuat itu tergantung dari teknologi pelumasan, pelumasnya dan coating mesin juga.

      Penggantian oli memang dipengaruhi bocornya ring, tapi juga oleh volume oli (1 silinder olinya biasanya separuh 2 silinder).

      Suka

      • skrg ane tanya kenapa inazuma pake 2cyl sohc power cuma 25 hp knp gak di ringkes 1cyl dohc kayak cbr sempak? 😂
        produsen motor buat motor sudah ada pertimbanganya gak asal ngawur kayak analisamu 😂

        Suka

      • skrg ane tanya kenapa inazuma pake 2cyl toh power juga 25hp kenapa gak dibkin ringkes kayak cbr dohc 1cyl 25hpan juga kenapa gak dibuat kayak ktm aja 1cyl dohc 30an hp malah 😂
        ini segmen sport dengan segmen ringkes dan murah dan kenceng maka dari itu munculah motor 1cyl untuk ringkesnya dohc untuk ngejar performa, materialnya untuk menekan harga kalo mau yang kenceng doang beda segmen lagi, kalo mau nyantai beda segmen lagi, emng kalo cbr di pake mesin nsf sampean mau beli dengan harga segitu ? 😂 ini segmen banyak ada yg mau kenceng+ rigkes ya kayak cbr, rrmono, ktm duke/ rc kenceng dapet murah dan praktif dapet tentu dengan kekurangan si tenaga yg gak kenceng amat, lagian juga kalo mau ngincer kenceng kenapa gak pake mesin 2tak sekalian aja 😂

        Suka

        • kalau perhitungannya ringkes, SOHC lebih ringkes bro.

          Yang namanya performa itu tergantung kebutuhan bro. Mau torsi nya rpm besar di rpm rendah atau tinggi?

          Yang namanya performa itu nggak cuma tenaga bro, irit dan nyaman juga salah satu parameter.

          Suka

      • kenapa semua motor pake konfigurasi 4tak padahal mah 4tak loyo tak bertenaga di berbagai lini, dibanding 2tak yang powerfull dan kenapa mesin rotary gak di lirik pabrikan lain padahal mesin ini bisa lebih dari 2 tak 😂

        Suka

      • kalo nyatanya dohc loyo buat apa dibuat kalo sohc superior? 😂 emng semua motor harus sohc ? dan urusan performa buat apa pake konfigurasi 4tak kenapa gak pake 2tak aja secara teori lebih kenceng 😂 inazuma sohc 2cyl tenaga cuma 25an cbr sempak dohc 1cyl tenaga sama rrmono 28 hpan juga ktm paling jos cuma 30an emmg ada sohc dengan material murahan tembus angka segitu kalo gak tambah cc/ pake material bagus ? , kalo mau bandingin yang seimbang lah masak motor harian di komper mesin se yg bner aja jelas beda kompere secara adil crf 250r misal dengan nsf/ ktm rc mungkin bru masuk akal
        kalo sempak pake mesin nsf dengn harga segitu sampeyan mau beli ? kan enggak toh mending ambil moge kan secara durabilitas juga beda sampean nyamain dengan mobil porsch 😂 mobil porsche harganya brp mas😂 jelas dia ngasi yang terbaik masak harga mahal durabilitas jelek dari kualitas cat juga beda sama mobil sejuta umat, emng ada mobil range 200 jt tmbus 500 hpan ? kan gak ada mas 😂 masak bandingin r15 dengan verja 😂 dari segi harga juga bedalah banyak faktor penentu motor itu untuk apa dan siapa 😂

        Suka

        • Dari peruntukan, Honda CRF250 Rally kebutuhannya untuk medan terjal. Butuh lebih banyak pemakaian rpm rendah. Harusnya kan SOHC 2 Valve.

          Kalau memang butuh untuk kencang, harusnya tenaga ditingkatkan macam 4 valve untuk balap, tapi buktinya tenaga kalah jauh.

          Kalau dari yang sering belusukan ke hutan, trailnya kawasaki lebih ok daripada punya HOnda.

          Suka

  7. skrg ane tanya kenapa inazuma pake 2cyl sohc power cuma 25 hp knp gak di ringkes 1cyl dohc kayak cbr sempak? 😂
    produsen motor buat motor sudah ada pertimbanganya gak asal ngawur kayak analisamu 😂

    Suka

  8. Tujuannya mengejar torsi di rpm lebih rendah, karena medan off road lebih membutuhkan torsi (tarikan/angkatan) daripada Horse power (speed).
    Penggunaan basis mesin yang sama dg CBR 250 single sebagai bagian dari penekanan biaya (cost of manufacture), supaya biaya produksi lebih rendah, spareparts terjamin. Maka mesin digunakan di berbagai model motor dengan perbedaan karakter saja.

    Suka

    • Yang jadi pertanyaan adalah mengapa bila tujuannya adalah torsi di rpm rendah, mengapa pakai DOHC? karena DOHC lebih untuk torsi di rpm tinggi.

      Rasanya Honda bukan termasuk produsen yang selalu memaksakan diri pakai common engine. Buktinya CRF150 nggak pakai mesinnya sonic.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.