Honda juga punya motor SOHC 4 valve


Untuk produk sport, selama ini yang dikenal dengan mesin SOHC 4 valve adalah dari Yamaha. Honda lebih dikenal dengan mesin DOHC 4 valve. Untuk produk ekonomis, dua duanya masih sama sama menawarkan SOHC 2 valve. 4 valve membuat kendaraan lebih punya performa, ini sudah dibahas di artikel sebelumnya:

Nah ternyata Honda juga punya teknologi SOHC 4 Valve juga, yaitu namanya Unicam. Begini penjelasan menurut Honda, tentang alasan mengapa teknologi ini diciptakan:
How It Works: Honda Unicam® Engines

With four valves instead of only two, engine breathing increases significantly, opening the way to more power and higher rev limits.

in a four-stroke single-cylinder machine designed for motocross or off-road racing, using a DOHC configuration to actuate the four valves adds bulk and weight—both of which hamper overall performance in a dirt bike. And so it was that in 2002 the world was introduced to Honda’s unique single-camshaft Unicam® head design on the CRF450R. A decade later, we can see that all subsequent competition-oriented four-stroke Honda CRF-R models of varying engine displacements and racing applications have likewise incorporated this Unicam single-overhead-camshaft (SOHC) four-valve cylinder head configuration.

The key benefits gained from the Unicam design are excellent flow and engine breathing for increased power, but with a shorter, lighter and more compact engine over a comparable DOHC engine—attributes that aid handling.

All of these Unicam heads permit a narrow included valve angle, a design that flattens the combustion chamber to facilitate flame propagation for a good, efficient burn for more power, while also allowing a high compression ratio. Since the SOHC configuration takes ups less space in the cylinder head, the camshaft can be situated lower in the head; this produces a more compact engine design and lowers the center of gravity. Obviously, the SOHC design also obviates the weight and bulk required by a second camshaft

Dijelaskan bahwa desain 4 valve dibutuhkan untuk meningkatkan tenaga dan menaikkan limit rpm. Namun motor lumpur butuh mesin yang lebih ringkas dan ringan. Oleh karena itu sistem DOHC jadi tidak cocok dipakai.

Honda kemudian menciptakan mesin dengan konfigurasi SOHC 4 valve. Keunggulan utamanya adalah peningkatan aliran udara dan pernapasan mesin sehingga kompresi mesin bisa lebih tinggi dan tenaga meningkat. Tidak adanya camshaft tambahan memungkinkan mesin yang lebih kecil dan ringkas bila dibandingkan dengan mesin DOHC. Ukuran mesin yang lebih kecil juga memungkinkan center of gravity yang lebih rendah.

 

Jadi Honda pun punya mesin SOHC. Walau beberapa blog bilang mesin Unicam ini punya tenaga rpm rendah lebih ok, menurut penulis mesin dengan SOHC 4 valve tetap punya kelemahan yang sama dengan DOHC 4 valve, yaitu pemakaian di rpm rendah nggak enak. Jadi sepertinya tidak bisa diharapkan teknologi ini bakal diterapkan di Verza.

Iklan

9 thoughts on “Honda juga punya motor SOHC 4 valve

  1. Honda bikin Unicam karena dengan menggunakan Unicam maka Honda bisa mengambil benefit dari mesin DOHC yaitu posisi klep in bisa dibikin tegak & intake masuk bisa dibikin downdraft lurus kebawah macam mesin DOHC high performa (note : bukan DOHC engine gen Satria FU FI dan CiBiSF yg masih pake side draft lho ya, mereka itu bkn downdraft).

    Suka

  2. sebetulnya kalo ane amati om cahyo, keunggulan mesin honda itu (katakanlah mesin MX dan Superbike/Supersportnya) adalah bukan pada seberapa besar power yg dihasilkan tapi mereka itu, para insinyurnya, mampu menciptakan engine yg menghasilkan power dan torsi yg setara/hampir setara dg para rival tetapi power dan torsi itu rata2 di dapat di RPM yg lebih rendah dari para rivalnya (dg catatan perbedaan bore x stroke tidak terlalu jauh dg motor rival).
    Selain itu mereka jg mampu bikin engine dg power delivery yg sangat linier.
    dg 2 kelebihan itu maka tidak heran engine honda relatif lebih tahan lama ketika digeber dan tidak begitu melelahkan pengendaranya.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s