Hasil uji lapangan Suzuki GSX-R150 kok cuma beda sedikit dengan rival?


Penulis merasa heran dengan hasil uji tes akselerasi yang diposting oleh otomotifnet. Mengapa kok performa Suzuki GSX-R150 cuma beda sedikit sekali daripada rivalnya Honda CBR150R dan Yamaha R15 v2. Padahal kalau dilihat dari spek harusnya hasilnya jauh lebih bagus?

Hasil ujinya dibahas di artikel otomotifnet.com:
Komparasi Akselerasi Suzuki GSX-R150 VS CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Cepat?
hasil-dyno-suzuki-gsxr150-honda-cbr150r-dan-yamaha-r15-v2

 

Banyak data yang lebih cepat. Tapi yang aneh, mengapa kok data 0-402 cuma beda sedikit?

Menurut penulis aneh karena beda tenaga itu harusnya akan lebih terlihat bila motor dipakai kencang. Tapi data akselerasi menunjukkan bahwa makin kencang GSXR jadi makin lambat?

Data dyno sendiri menunjukkan tenaga GSXR lebih unggul dari rivalnya.
Komparasi Power di Atas Dyno GSX-R150 Versus CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Besar?
hasil-dyno-suzuki-gsxr150-honda-cbr150r-dan-yamaha-r15-v2-2

Bila rpm range yang dipakai saat akselerasi adalah 2000rpm. maka bila dirata rata tenaga motor berdasar data dyno diatas, bila pengendara memanfaatkan rpm yang tenaganya paling jos:
– Suzuki GSX-R150 : 9500, 10500, 11500 = 15,5 + 15,75 + 15,5 = rata rata 15,58
– Honda CBR150R : 8000, 9000, 10000 = 14 + 14,75 + 14,25 = rata rata 14,3
– Yamaha R15 : 7750, 8750, 9750 = 13,5 + 14,25 + 14 = rata rata 13,9

Dari hasil tersebut, GSXR150 12% lebih bertenaga daripada R15, 8% lebih bertenaga dari CBR150R. Sementara dari hasil 0-402 meter, GSXR150 cuma lebih cepat 3% dari R15, cuma lebih cepat 0,5% dari CBR150R.

Padahal ini belum memperhitungkan power to weight ratio. Berat dari ketiganya ditunjukkan pada rangkuman spesifikasi berikut:
YZF-R15 VS CBR150R VS GSX-R150, SIAPA YANG UNGGUL?
perbandingan-spesifikasi-suzuki-gsxr150-honda-cbr150r-dan-yamaha-r15-v2

Bila bobot pengendara adalah 80kg, maka berat total GSXR, CBR dan R15 adalah 206kg, 215kg dan 216kg. hp per ton berdasarkan kalkulasi tenaga diatas, 75, 67 dan 64.

Secara power to weight ratio maka GSXR150 17% lebih kencang dari R15, 12% lebih kencang dari CBR150R. Hasil ini juga beda jauh dari hasil uji 0-402m.

Harusnya, bila CBR150R bisa 2% lebih cepat dari R15, maka GSXR bisa 5% lebih cepat dari CBR150R, 17,3 detikan.

Berdasar catatan dyno diatas, dengan asumsi data spesifikasi berat itu akurat, dan data akselerasi CBR dan R15 akurat, maka kita bisa membuat catatan waktu jadi 18 detikan dengan memanfaatkan rpm 7500, 8500, 9500 = 12,5 + 14,25 + 15,5 = 14,08 hp

Jadi kalau misal ingin setara dengan CBR kita lakukan shift up di 9500 rpm, bila ingin maksimal, lakukan di 11500.

Sayang waktu pengujian akselerasi tidak ada rekamannya, sehingga cuma bisa mengira ngira saja. Sebagai perbandingan, Ayla manual standard 1000cc 3 silinder 64hp 780kg yang dilepas kursinya dan diturunkan ban serepnya katanya bisa 18 detik.

16 respons untuk ‘Hasil uji lapangan Suzuki GSX-R150 kok cuma beda sedikit dengan rival?

  1. test begituan? FU Fi aja cuma 11dk kok n torsi cuma 10NM, kalah telak ama Sonic yg tembus 14.xx dk n torsi 13.7NM tapi dijalanan? FU Fi menang kemana2 (kcuali rider nya gape)

    Suka

  2. Saya sih ndak heran kalau pengujian individual itu gak beda jauh hasilnya. Kalau kasusnya balapan,belum kelihatan tp kalau liat kasusnya FU yang menang jauh tanpa perlawanan, artinya ini motor emang cenderung diset untuk kondisi balapan. Beda PWR nya ndak jauh2 amat. Dan secara pribadi, performa motor harian lebih cocok dinilai dengan peak torque, bukan peak power.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.