Penulis merasa heran dengan hasil uji tes akselerasi yang diposting oleh otomotifnet. Mengapa kok performa Suzuki GSX-R150 cuma beda sedikit sekali daripada rivalnya Honda CBR150R dan Yamaha R15 v2. Padahal kalau dilihat dari spek harusnya hasilnya jauh lebih bagus?
Hasil ujinya dibahas di artikel otomotifnet.com:
Komparasi Akselerasi Suzuki GSX-R150 VS CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Cepat?
Banyak data yang lebih cepat. Tapi yang aneh, mengapa kok data 0-402 cuma beda sedikit?
Menurut penulis aneh karena beda tenaga itu harusnya akan lebih terlihat bila motor dipakai kencang. Tapi data akselerasi menunjukkan bahwa makin kencang GSXR jadi makin lambat?
Data dyno sendiri menunjukkan tenaga GSXR lebih unggul dari rivalnya.
Komparasi Power di Atas Dyno GSX-R150 Versus CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Besar?
Bila rpm range yang dipakai saat akselerasi adalah 2000rpm. maka bila dirata rata tenaga motor berdasar data dyno diatas, bila pengendara memanfaatkan rpm yang tenaganya paling jos:
– Suzuki GSX-R150 : 9500, 10500, 11500 = 15,5 + 15,75 + 15,5 = rata rata 15,58
– Honda CBR150R : 8000, 9000, 10000 = 14 + 14,75 + 14,25 = rata rata 14,3
– Yamaha R15 : 7750, 8750, 9750 = 13,5 + 14,25 + 14 = rata rata 13,9
Dari hasil tersebut, GSXR150 12% lebih bertenaga daripada R15, 8% lebih bertenaga dari CBR150R. Sementara dari hasil 0-402 meter, GSXR150 cuma lebih cepat 3% dari R15, cuma lebih cepat 0,5% dari CBR150R.
Padahal ini belum memperhitungkan power to weight ratio. Berat dari ketiganya ditunjukkan pada rangkuman spesifikasi berikut:
YZF-R15 VS CBR150R VS GSX-R150, SIAPA YANG UNGGUL?
Bila bobot pengendara adalah 80kg, maka berat total GSXR, CBR dan R15 adalah 206kg, 215kg dan 216kg. hp per ton berdasarkan kalkulasi tenaga diatas, 75, 67 dan 64.
Secara power to weight ratio maka GSXR150 17% lebih kencang dari R15, 12% lebih kencang dari CBR150R. Hasil ini juga beda jauh dari hasil uji 0-402m.
Harusnya, bila CBR150R bisa 2% lebih cepat dari R15, maka GSXR bisa 5% lebih cepat dari CBR150R, 17,3 detikan.
Berdasar catatan dyno diatas, dengan asumsi data spesifikasi berat itu akurat, dan data akselerasi CBR dan R15 akurat, maka kita bisa membuat catatan waktu jadi 18 detikan dengan memanfaatkan rpm 7500, 8500, 9500 = 12,5 + 14,25 + 15,5 = 14,08 hp
Jadi kalau misal ingin setara dengan CBR kita lakukan shift up di 9500 rpm, bila ingin maksimal, lakukan di 11500.
Sayang waktu pengujian akselerasi tidak ada rekamannya, sehingga cuma bisa mengira ngira saja. Sebagai perbandingan, Ayla manual standard 1000cc 3 silinder 64hp 780kg yang dilepas kursinya dan diturunkan ban serepnya katanya bisa 18 detik.
Heran juga… on paper jauh, on test tipis
SukaSuka
tenaga beda dua hapeh, bobot beda lima kilo…
mayan sebenere
SukaSuka
iya
SukaSuka
ah biasa itu mah, kerjaan sales Ah* beserta kroni” nya.
lihat actual di lapangan bakal bengong cbr
SukaSuka
iya, jadi ingat soal dynonya satria FI
Mesin dynonya sama pakai merek DYNOmite, tapi kok hasil dyno Satria kok bisa beda lebih dari 25 persen?
SukaSuka
Tetep unggul GSX kan walau dikit
SukaSuka
Nah, ya itu, kenapa cuma sedikit. Mengapa menang banyak cuma waktu pelan. Karena kalau itu diartikan, maka untuk balap dari misal 70km/jam maka GSX kalah.
SukaSuka
test begituan? FU Fi aja cuma 11dk kok n torsi cuma 10NM, kalah telak ama Sonic yg tembus 14.xx dk n torsi 13.7NM tapi dijalanan? FU Fi menang kemana2 (kcuali rider nya gape)
SukaSuka
Iya juga.
SukaSuka
[…] Hasil uji lapangan Suzuki GSX-R150 kok cuma beda sedikit dengan rival? […]
SukaSuka
Saya sih ndak heran kalau pengujian individual itu gak beda jauh hasilnya. Kalau kasusnya balapan,belum kelihatan tp kalau liat kasusnya FU yang menang jauh tanpa perlawanan, artinya ini motor emang cenderung diset untuk kondisi balapan. Beda PWR nya ndak jauh2 amat. Dan secara pribadi, performa motor harian lebih cocok dinilai dengan peak torque, bukan peak power.
SukaSuka
Kalau untuk harian kadang juga terlalu besar tenaga tidak enak, membuat pemakaian tidak nyaman, oleh karena itu sering di rpm rendah di setel nggak ada tenaganya. Kalau untuk harian katanya GSXR di rpm rendah diset lebih halus/ lebih lemah daripada satria.
SukaSuka
test sebenarnya djln raya,,hhehehe
mana ada cerita CBR150 menang lawan GSX150…
SukaSuka
ha ha iya.
SukaSuka
beuli gsx s150..udah 20 hari pake seperti yang gua harapkan .. .tarikan bawah ok..handling mantap.. irit..minim getaran .rem ok…cocok buat harian.
SukaSuka
sip, terima kasih sharingnya. iya, dengan sifat seperti itu memang enak buat harian.
SukaSuka