Mengupas kejanggalan hasil uji otomotifnet.com untuk GSXR150, CBR150R dan R15


Sebelumnya penulis heran mengapa hasil uji dari Suzuki GSX-R150 cuma beda sedikit dengan rival:

Setelah penulis amati lagi, penulis menemukan beberapa kejanggalan kejanggalan di hasil uji tersebut. Kejanggalan ini membuat uji dari otomotifnet jadi terasa aneh.

Hasil uji otomotifnet adalah sebagai berikut:
Komparasi Akselerasi Suzuki GSX-R150 VS CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Cepat?

Kejanggalan yang penulis temukan:

Angka 0-100m tidak matching dengan angka 0-80km/jam

Coba lihat angka akselerasi 0-80km/jam. Bila kita jejerkan angkanya, berdasarkan urutan GSXR, CBR dan R15:

0-80kpj : 6,8 – 7,2 – 7,6
0-100m : 7,3 – 7,2 – 7,4

Bisa dilihat sendiri anehnya, mengapa kok di 0-80km/jam bisa lebih cepat tapi kok di 0-100m bisa lebih lambat? Angka dari CBR dibanding R15 sudah sama, angka GSXR yang beda sendiri.

Selisih angka 0-201m dan 0-402m aneh

Yang aneh juga adalah selisih angka akselerasi jarak. Dari yang penulis tahu, tenaga besar itu efeknya akan makin terasa kalau hambatan angin sudah mulai besar. Jadi di kecepatan tinggi, kendaraan dengan tenaga besar akan makin unggul. Tapi hasil uji otomotifnet itu aneh.

Dengan urutan yang sama:

0-201m : 11,2 – 11,3 – 11,5
0-402m : 18 – 18,1 – 18,5
201-402 : 6,8 – 6.8 – 7

Terlihat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk akselerasi dari 201m ke 402m antara GSXR dan CBR150R sama. Apa itu artinya kalau sudah mencapai 100km/jam GSXR bakal nggak bisa meninggalkan CBR150R? Menurut penulis itu aneh karena harusnya di kecepatan itu hp lebih berpengaruh. Juga dari hasil dyno yang dimuat di otomotifnet sendiri menunjukkan tenaga GSXR150 7% lebih besar daripada CBR150R.

Kecepatan yang diraih pada 402m pun terlihat GSX-R150 lebih pelan daripada CBR150R. Padahal dengar dengar GSX-R150 dibilang lebih tinggi top speednya di sentul? Dengan meraih top speed lebih tinggi di sentul bukannya harusnya waktu 201 ke 402m juga lebih cepat? Harusnya kecepatan yang diraih saat mencapai 402m lebih cepat?

 

Update:
Pembaca ada yang memberi masukan bahwa perbedaan rasio gir, lalu jarak antara gigi berpengaruh. Jadi jarak di gigi rendah rapat, dan jarak gigi tinggi jauh. Menurut penulis ini berpengaruh bila powerband sama. Tapi dari data dyno, powerband GSXR jauh lebih lebar, jadi seandainya jarak di gigi tinggi itu jauh, drop tenaga nggak jauh jauh aman. Nanti penulis akan cari data rasio gigi motor yang diuji dan coba simulasi.

Selain itu, perlu dipertimbangkan juga apakah suzuki gsxr itu waktu shifting / pindah gigi lebih cepat atau lebih lambat dari cbr.

Iklan

28 thoughts on “Mengupas kejanggalan hasil uji otomotifnet.com untuk GSXR150, CBR150R dan R15

  1. Nanti suzuki harus bikin event gsx-r nantangin motor sport di indo macam event satria fu di tes dengam berbagai motor

    Suka

  2. Iya aneh. Harusnya mah makin tinggi rpm, smkin jauh juga gap antara dohc overbore dengan dohc nearsquare (baca: overstroke), apalagi dg sohc overstroke..

    Suka

  3. Tinggal mengubah2 parameter input saja, mudah memanipulasi outputnya. Kecuali mau dibuatkan laporannya secara ilmiah baru hasil itu bisa dipertanggung-jawabkan. Kasian konsumennya kalau di atas dyno menang telak, kalau di jalan malah jadi bulan2an.

    Suka

  4. gear rasio ya jelas pengaruh,, karena menentukan kapan pindah giginya dan aksel tentunya

    liat aja pada data 100 m, top speed gsxr lebih tinggi, tp waktu lebih lama
    intinya apa? cbr finish duluan di 100m, tp gsx r mulai mengejar
    lalu di 200m, gsxr yang tadi mengejar berhasil menyalip cbr,, terlihat dari top speed dan waktu yg lebih tinggi
    dan di 400 m gimana?? waktunya lebih cepat gsxr, tp selisihnya sama, dan top speed lebih tinggi cbr. artinya? cbr yg ketinggalan di 200 m tadi berhasil menempel ketat, bahkan mulai mengejar lagi

    yang perlu diperhatikan, capaian top speed 80kpj, 100kpj dst tidak linear dengan capaian 100m, 200m dst
    lebih cepat mencapai 80kpj belum tentu lebih cepat mencapai 100m,, karena aksel motor itu tidak linear
    kadang dia cepat kadang lambat, tergantung gear rasio

    misal seperti ini, gear 1 dan 2 cbr rapat, namun gear 3 dan 4 renggang jadi ada rpm drop waktu pindah ke gear 4 sehingga aksel di 200m kalah, sementara gsxr ada gear yang renggang antara gear 4 dan 5, sehingga rpm drop jadi bisa ditempel kembali oleh cbr di 400m

    Suka

  5. karakter gear rasio fu fi adalah, gigi 1 panjang, gigi 123 rapat, gigi 4 agak renggang, lalu gigi 5 renggang dan bikin rpm agak drop, gigi 6 overdrive (hampir ga kepake)

    sementara karakter gear rasio ncb gear 1234 sangat rapat dan pendek2, gear 56 agak renggang, tidak ada gear overdrive

    kl gak salah, gear rasio dalam fu fi sama dengan gsxr, dan ncb sama dengan ncbr
    jadi kl menyimpulkan, start di gear 1 cbr unggul, masuk gear 234 gsxr balik unggul, msuk gear 5 cbr unggul, cbr masuk gear 6 gsxr masih di gear 5 jadi gsxr balik unggul lagi (gear 5 gsxr bisa smpai 145kpj, gear 5 ncb hanya 124kpj, ncbr mungkin sedikit di atas itu – final drive ncb 15/46, ncbr 15/45)

    Suka

  6. Masih percaya statistik media otomotif?
    Kalo ngga salah dulu pernah ada tes dyno yangmana hasilnya produk suatu brand lebih besar daripada brosurnya. Ngga lucu kan?

    Suka

    • Akan lebih bagus kalau saat melakukan pengukuran di rekam dan di share. Jadi bisa tahu cara pengukurannya sehingga bisa tahu seberapa jauh akurasinya. Karena selama ini hasil pengukuran seperti ini dianggap 100% akurat.

      Suka

    • Berat pengendara katanya 63kg. Kalau ditotal berat gsxr, CBR & R15: 189kg, 198kg & 199kg. Berat GSXR masih 5% lebih ringan dari CBR.

      Sekarang juga banyak yang share top speed GSX-R150 di sentul bisa mencapai 157km/jam pakai ban slick dan modif knalpot racing. Penasaran juga catatan waktu R15 dan CBR dengan modif yang sama berapa.

      Disukai oleh 1 orang

  7. Kali ini analisanya kok one-sided view kangbro?
    Seharusnya, jika memperhitungkan kurva tenaga-torsinya, ndak heran untuk jarak segitu nilainya ndak jauh beda. Otomotifnet setahu saya ngetes di sentul, dimana jarak lintasan lurusnya sekitar 820 meter…dan tepat sebelum titik pengereman optimum, top speed nyampe 147 kpj. Jadi unggul di lintasan panjang, kalau saja ada hasil dr 0-804 meter, rasanya opini saya valid kang.

    Suka

    • One sided ke sisi mana ya? Artikel ini membuat saya jadi bingung memutuskan perbandingan performa antara GSX-R150 dan CBR150R. Lihat dari 0-100km/jam, GSXR bisa meninggalkan CBR 0.5 detik. Lihat dari 0-201meter, GSXR cuma bisa meninggalkan CBR 0.1 detik. Beda itu menurut saya signifikan. Biasanya kalau lomba drag, yang 0-100km/jamnya tinggi yang lebih cepat waktunya.

      Atau delay waktu terjadi karena shifting?

      Akan lebih bagus bila otomotifnet bisa memberikan analisa mengapa 0-402m nya gsxr lambat. Semoga nanti bakalan ada yang coba sendiri di jalan. saat itu kita bisa tahu apa data otomotifnet itu matching atau tidak.

      Suka

    • nih bro, GSX di bandinginnya sama R15 v3.

      GSX vs NMAX

      R15 vs NMAX

      memang ada yang aneh dengan hasil tes otomotif.net bro

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s