Bila hasil dyno otomotifnet untuk new Yamaha R15 dioverlay ke dyno Suzuki GSXR dan Honda CBR


Lihat sharingan soal dyno R15 yang dilakukan oleh otomotifnet, penulis sempat berpikir wah powerbandnya lebar juga ya. Namun ternyata skalanya nggak sama.

Oleh karena itu penulis mencoba mengoverlay hasil dyno dari Yamaha 15 dengan hasil dyno Suzuki GSXR150 dan Honda CBR150R yang juga dilakukan oleh otomotifnet. Berikut hasil overlaynya:

Dari hasil tersebut ternyata terlihat powerband dari Yamaha R15 lebih pendek daripada Suzuki GSXR150. Napas masih lebih panjang GSXR.

Dibaca satu satu juga disimpulkan sama. Yang punya Yamaha R15 dari 9 ribu ke 11 ribu. Yang Honda CBR150R dari 8 ribu ke 10 ribu. Yang punya Suzuki GSXR150 dari 9 ribu hingga 12 ribu.

VVA nya kok seperti tidak terasa efeknya ya? Apa VVA bukan untuk tenaga? Kata otomotifnet begini:

Motor ini punya teknologi VVA yang punya dua lobe pada noken as in-nya, durasi dan lift-nya berbeda.

Pada putaran rendah pakai lobe pertama, sedang di atas 7.400 rpm pakai lobe kedua. Tentunya, bertujuan untuk memberikan tenaga dan torsi yang baik di putaran rendah dan atas.

Tapi grafik tenaga dan torsi kok terlihat mulus ya? tidak terkesan ada perbedaan atau transisi. Apa torsi yang datar itu cirinya?

Ori:
Test Dyno On Wheel All New Yamaha R15 di Ultraspeed Racing, Yuk Lihat Grafiknya

Komparasi Power di Atas Dyno GSX-R150 Versus CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Besar?

Update:
Berdasar saran bro Dazz, bila dibandingkan dengan CBR150R yang dimodif knalpot di tempat dyno yang sama:

21 respons untuk ‘Bila hasil dyno otomotifnet untuk new Yamaha R15 dioverlay ke dyno Suzuki GSXR dan Honda CBR

  1. Fix mesin dohc memang unggul putaran atas ..Cukup kewalahan jg ko , kalo R15 ngejarrrrr fu fi , apalagi GSX R

    Suka

  2. koq langsung dibandingin Om .. kan beda mesin dyno..

    GSXR ama CBR di sportisi
    R15 di ultraspeed…
    CBR standar ada tuh gambarnya yg di ultraspeed

    Suka

  3. http://read.motorplus-online.com/read/e4a/4/0/Upgrade-Performa-All-New-CBR-150R-Naik-19-dk
    ==========
    Namun meski cuma aplikasi dua part untuk upgrade All New Honda CBR 150R, mampu dongkrak power All New CBR 150R sebanyak 1,9 hp. Yakni dari standarnya 12,94 hp di 8.900 rpm, naik jadi 14,84 hp di 9.600 rpm. Sedang torsi yang awalnya 12 Nm/6.500 rpm, melonjak jadi 12,4 Nm di 6.300 rpm. Itu terukur di atas mesin dyno DynoMite milik USR. Langsung aja kita scrut oprekan motor ini!
    =============
    power 12,9 torsi 12

    Suka

  4. saya pernah baca di forum luar, membahas dynamometer yang terbaik.
    dari beberapa komentar anggota diforum itu jawabannya beragam.

    some say Dynamite reads the highest and some other say less meanwhile to most people Dynojet is still the industry standard.

    jadi menurut saya kurang lebih lah om, sebagai referensi saja. take or leave, just shake it off.

    Suka

    • Jadi ingat pingin mau bahas mesin dyno. Mesin dyno inertia cocok bila ngecek akselerasi gas pol. sementara dyno eddy current cocok bila ngecek tenaga bila nggak pol. Jadi misal butuhn nyetel tenaga saat gas cuma ditarik separuh.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.