Cukup sudah korban, motor gojek wajib pakai tutup rantai full, yang model baru terlihat bagus kok


Lagi lagi ada berita korban yang bajunya terjerat rantai. Kali ini sampai tulangnya patah:
Korban Pakaian Gamis Terlilit di Rantai Mengalami Patah Tulang, Tidak Meninggal

 

Semoga dengan peristiwa ini bisa menyadarkan para pemilik motor sport atau bebek yang sudah berkeluarga untuk juga memikirkan keselamatan istri yang dibonceng atau istri yang pakai motor. Dulu banyak yang pilih tanpa tutup rantai karena alasan lebih sporty. Sekarang sudah waktunya untuk memikirkan keselamatan.

Bila alasannya bikin jelek, menurut penulis tanpa tutup rantai juga sama jeleknya. Nggak ada bagus bagusnya. Dulu memang terlihat wah kelihatan rantainya. Sekarang sudah bosen. Malah jadi sumber ketidaknyamanan yang lihat atau yang dengar. Apa bagusnya lihat rantai karatan? Apa enaknya dengar suara berisik rantai? Lebih bagus kalau disembunyikan.

Kalau takut tutup rantainya berkarat, maka jangan samakan dengan jaman dulu seperti yang berikut ini:

 

Sekarang jamannya sudah beda. Sekarang semua trennya pakai plastik. Bodi yang dulu dari besi sekarang jadi plastik. Bahkan tangki pun sekarang ditutupi plastik. Jadi sekarang wajar kalau sekarang musimnya tutup rantai dari plastik.

Entah mengapa di Indonesia tidak pernah lihat lagi. Kalau di India motor pakai tutup rantai masih ada.

Motor Yamaha ada:

Suzuki ada:

Motor Honda juga ada:

 

Jadi kalau mau, sebenarnya motor di Indonesia pun bisa dilengkapi tutup rantai. Tutup rantai seperti diatas juga tidak jelek jelek amat. Masih bisa diterima dari sisi keindahan. Toh sekarang juga musimnya matik yang CVTnya ditutupi.

Kita tidak bisa menyalahkan pabrikan karena pabrikan sendiri takut produknya nggak laku kalau produksi motor yang pakai tutup rantai. Harus dari masyarakat yang menyuarakan keinginan untuk pabrik buat motor pakai tutup rantai. Kalau perlu bikin petisi dst.

 

Ada beberapa orang yang menyarankan sari guard.

Menurut penulis sari guard tidak menyelesaikan masalah. Karena terbukti korbannya kebanyakan karena terjerat rantai motor. Ini karena bentuk gigi belakang kecil sehingga hambatan di gigi tidak membuat motor berhenti. Gigi yang terus berputar membuat baju korban jadi terjerat dan tertarik.

 

Menurut penulis contoh yang berikut ini masih resiko bikin baju terjerat rantai. Sudah dilengkapi sari guard tapi bisa dilihat sendiri bagian rantai masih memungkinkan baju terjerat:

 

Jadi sari guard tidak bisa menggantikan tutup rantai.

Namun sari guard tetap perlu juga bila yang dibonceng gemar pakai baju panjang. Kalau baju kena ban biasanya motor akan berhenti karena hambatan ke roda lebih besar. Kalau ekstrem tetap bisa jatuh.

 

Sebenarnya anjuran ini berlaku untuk semua motor sport dan bebek. Tapi tentu selera masing masing beda beda. Ada saja yang meremehkan dan menganggap tutup rantai tidak penting, menganggap penampilan lebih penting. Menurut penulis sih jeleknya nggak beda, tapi selera bisa saja lain.

Namun walau gojeknya nggak selera, ini tetap seharusnya diwajibkan untuk motor Gojek. Motor gojek sebagai motor angkutan umum harusnya fasilitas keamanan lebih ditingkatkan. Hal yang membuat penumpang makin nyaman dan aman harus ditambahkan bila misal kendaraan aslinya nggak nyaman atau nggak aman. Namanya juga motor kerja, sebaiknya jangan pentingkan gaya tapi pentingkan keselamatan.

Bila motor asli nggak ada pegangan tangan, ya dimodif diberi pegangan tangan. Bila kursi aslinya kecil, ya dibesarkan. Bila kursi aslinya menjulang tinggi, ya dipendekkan. Bila suspensi aslinya kerasnya nggak manusiawi, ya diempukkan. Bila spakbor aslinya kekecilan, ya dilebarkan dan dipanjangkan. Bila kanlpot aslinya tidak ada pelindung, yang ditutupi. Bila aslinya nggak ada tutup rantai, ya ditambahi.

Kalau sama pabrik tidak diberi, maka modif sendiri. Pakai papan kayu atau lembaran plastik mestinya bisa. Nggak perlu rapi, yang penting kuat dan aman.

Sehingga jangan sampai terulang kasus terjerat rantai lagi.

Hati hati untuk yang pakai baju panjang, celana kepanjangan, pakai selendang, pakai hijab panjang, dll.

Iklan

18 thoughts on “Cukup sudah korban, motor gojek wajib pakai tutup rantai full, yang model baru terlihat bagus kok

  1. di India desain motor bisa dipaksa ngikutin budaya setempat..
    mestinya dimari juga gitu,,,
    jarik guard. atau sarung guard juga boleh

    Suka

    • Di India sih yang dipaksakan sepertinya cuma sari guardnya, sementara di sini yang penting tutup rantainya. Agak beda.

      Jarik atau kebaya rasanya tidak mudah terjirat karena harusnya didesain rapat. Mungkin lebih cocok disebut busana wanita guard.

      Suka

  2. ngomong apa sih ini. pake segala nyuruh2 masang keteng rantai. sekalian aja rodanya tutupin biar g takut nyangkut jg. bukan nya memberi saran memperbaiki cara berpakaiain pas naik motor biar resiko kecelakaan terhindari, mlh nulis g karuan g jelas bgt. aneh ini blog

    Suka

      • isi blog nya yg aneh terutama artikel yg ini. dah tau penutup rante di tinggalin sesuai permintaan konsumen. mlh ada acara buat petisi. tanya dong sm konsumen dan produsen knp penutup rantai bs g ada sampe skrg.

        Suka

        • menurut bro, mengapa dulu konsumen nggak suka motor yang pakai penutup rantai?

          Kalau menurut saya sih konsumen milih nggak pakai tutup rantai full karena yang tutup rantai cuma sedikit ada tulisannya sporty

          Suka

      • Utk gambar pertama. G bs dibuat pedoman karena itu motor alay, mungkin anda jg penggemar motor alay saya g tau. Contoh wheel cover yg pas pengaplikasian nya cm ada di sepeda balap, buat kesetabilan utk kec tinggi, anda kira ngojek buat balapan apa??? Di f1 berguna utk mendiingin kan piranti rem yg sangat panas dan nilai aerodinamis. Nulis artikel tolong berbobot dikit napa

        Suka

  3. Se akan2 anda hanya ingin membuat pemilik sepeda motor menjual motor nya dan membeli motor baru yg sesuai standar ke amanan yg perfect menurut kaca mata anda(itu klu ada yg jual) atau menyuruh pemilik motor memodifikasi motor nya biar standar ke amanan nya lebih bagus( klu g mau dibilang aneh). Nilai ekonomis nya dimana( beli lagi/modif)??? Sbg se org konsumen seharus nya hrs nya kan di arah kan bagaimana cara berkendara yg aman dan nyaman supaya hal2 yg membahayakan bisa di tekan

    Suka

    • Kalau motornya membahayakan, ya motornya perlu dibenahi juga. Lagipula motor sport sekarang kan harusnya tidak untuk membawa penumpang. Jelas tidak untuk profesi kerja bawa penumpang. Tapi pasti ada yang memaksakan begitu. Apa ya aman misal motor begitu (nggak ada pegangan belakang, tempat duduk tinggi sekali) dibuat bawa penumpang yang pakai baju panjang duduk menyamping.

      Suka

  4. hmmm… perlu diundangkan seperti spion dan helm.. agar kalo yang naik ojek misal pacar, sodara perempuan atau ibu kita tetap aman.

    Suka

  5. manfaat lain dari penggunaan cover rantai full: mencegah debu jalanan, cipratan air dan cipratan lumpur nempel ke rantai sehingga pelumas dpt bekerja maksimal dlm melumasi rantai, efeknya rantai lebih awet & umur pakai lbh panjang

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s