Faktor faktor yang membuat CBS combi brake system matik Honda berbahaya


Beberapa kali penulis membahas soal bahayanya CBS ternyata penulis belum bahas khusus faktor faktor apa saja yang membuat CBS itu bahaya menurut penulis. Jadi kali ini penulis akan bahas hal itu.

Combi brake system sekarang ini secara lokal adanya cuma di motor merek Honda. Teknologi ini termasuk fitur andalan. Tidak disatukan dengan fitur lain tapi ada tersendiri.

Berikut klaim tentang kegunaan dari CBS:
Teknologi Combi Brake System Motor Honda

Teknologi ini sendiri dipercaya dapat membantu pengendara motor Honda Vario 125 CBS, khususnya bagi para pemula, untuk dapat melakukan pengereman yang aman layaknya seorang pengemudi profesional

Berikut klaim tentang prinsip dari CBS:
Teknologi Combi Brake System Motor Honda,

Dengan hadirnya teknologi CBS ini anda dapat melakukan pengereman secara optimal pada rem depan dan rem belakang. Pada rem depan jarak pengeremannya terlalu pendek sedangkan rem belakang jarak pengeremannya lebih panjang. Sehingga jika digabungkan akan menghasilkan pengereman yang optimal dan tepat.

Development requirements for CBS: front and rear wheel interlocked brake system

In the development of CBS, it has become necessary to assure that no sense of discomfort will be felt on braking characteristics and motorcycle body behavior by the riders accustomed to the conventional independent front and rear wheel brake application. Therefore, the following three points were aimed at in the development:

– The braking force on the front wheel is to be raised higher when power is applied on the right lever while the same on the rear wheel is to be made greater than the front wheel when power is put on the pedal (or the left lever).
– Nosedive tends to become large as the front wheel brake works when the pedal (or the left lever) is operated. Make the dive as small as possible.
– Lessen the mutual interference between the right lever and pedal (or the left lever) at time of joint operation.

Dikatakan bahwa pengembangan CBS perlu memastikan bahwa tidak ada ketidaknyamanan yang dirasakan pada karakteristik pengereman dan perilaku motor untuk rider yang sudah terbiasa menggunakan sistem pengereman normal yang independen. Oleh karena itu dalam pengembangan CBS ada tiga poin yang diperhatikan:

  • Kekuatan pengereman di roda depan akan makin kuat bila tuas rem kanan ditekan, kekuatan pengereman di roda belakang akan dibuat lebih besar dari roda depan bila pedal rem ditekan (atau tuas rem kiri).
  • Bagian depan motor menukik turun lebih tajam bila rem depan bekerja saat pedal rem (atau tuas rem kiri) difungsikan. Menukik dikurangi sebisa mungkin.
  • Mengurangi interferensi antar tuas rem kanan dan pedal rem (atau tuas rem kiri) pada waktu pemakaian bersamaan.

 

Tujuan tersebut bagus, namun pada prakteknya ada beberapa masalah yang timbul. Terutama pada sistem CBS termurah yang diterapkan pada motor matik kelas 150cc kebawah.

1. Roda depan mengerem lebih dahulu daripada roda belakang saat CBS dipergunakan

Matik Honda yang dilengkapi dengan CBS biasanya juga punya fitur parking brake system. Untuk bisa membuat parking brake bekerja sempurna, maka setelan rem belakang harus pas. Untuk membuat rem belakang bekerja setelannya tidak boleh terlalu dalam ataupun terlalu dangkal.

Ini jadi masalah di sistem CBSnya karena tuas rem depan setelannya sensitif. Ditekan sedikit maka rem depan sudah bekerja. Sehingga saat tuas rem kiri ditekan, maka rem depan dulu yang bekerja.

Sistem rem CBS murahan bekerja dengan menyambungkan tuas rem kiri ke tuas rem kanan dengan bantuan kawat dan per. Dengan kondisi seperti itu maka menggerakkan tuas rem kiri juga akan menggerakkan tuas rem kanan. Ini bisa dirasakan sendiri, coba tekan tuas rem kanan sedikit lalu tekan tuas rem kiri. Tuas rem kanan akan makin menekan juga.

Gambar tuas rem depan di motor matik yang dilengkapi CBS:

 

Jadi kalau diurutkan, pada saat melakukan pengereman dengan CBS ada beberapa tahap:

  1. tuas rem ditekan
  2. pada tekanan dangkal maka tuas rem kanan tertarik dan membuat rem depan bekerja
  3. pada tekanan menengah maka rem belakang akan mulai bekerja, dan pada saat ini rem depan akan bekerja sesuai dengan setelan maksimal
  4. pada tekanan penuh maka rem belakang akan bekerja maksimal, rem depan tetap bekerja sesuai setelan.

 

Kondisi 4 sudah sesuai dengan 3 poin pengembangan CBS, namun kondisi 2 tidak. Ini membuat CBS murahan yang diterapkan di motor matik Honda tidak sesuai dengan 3 poin pengembangan CBS.

Bahaya melakukan mengerem depan lebih dulu sudah pernah penulis bahas di artikel berikut:

 

Perlu diketahui bahwa masalah ini tidak terjadi pada sistem CBS yang beneran, yang memanfaatkan sistem hidrolis. Pada sistem CBS beneran ini, ada delay valve yang berfungsi untuk memastikan bahwa rem depan selalu bekerja lebih lambat daripada rem belakang.

Ini sudah pernah penulis bahas di artikel sebelumnya:
Honda CBR250RR kok tidak pakai fitur Combined ABS?

Stichill: CBR250R 2012 saya dilengkapi combined ABS. Bila saat masuk ke tikungan terlalu cepat menekan rem belakang sedikit, maka rem depan akan juga ikut mengerem setelah sekitar 0,25 detik.

 

2. Menggunakan CBS sesudah mengerem depan bisa mengacaukan kekuatan pengereman

Penulis sarankan untuk tidak mencoba coba yang berikut ini bila situasi sekitar tidak benar benar aman. Bila kita sudah melakukan pengereman depan, dan kemudian kita menggunakan tuas rem kiri maka rem depan akan menjadi terlalu berlebihan. Ini terjadi karena saat kita menekan tuas rem kiri maka tuas rem kanan juga akan tertarik juga.

Efek ini bisa mendadak karena tekanan sedikit saja di tuas rem kiri akan juga mempengaruhi tuas rem depan. Bila pemakaian rem depan saat itu sudah maksimal, sudah hampir terkunci (threshold braking), maka ini bisa membuat roda depan jadi terkunci.

Ini juga tidak sesuai dengan 3 poin pengembangan CBS karena pemakaian rem belakang jadi mengganggu pemakaian rem depan. Seharusnya pemakaian CBS tidak sampai mengganggu kerja atau cara pemakaian rem depan, namun nyatanya mengganggu.

Problem ini tidak terjadi pada sistem CBS beneran. Seperti misalnya yang ada pada CBR250R, jalur pengereman untuk rem depan dan CBS dibuat terpisah. Di cakram depan ada tiga kaliper, dua kaliper khusus untuk pemakaian rem depan, sementara yang tengah khusus untuk CBS. Jadi dengan sistem yang seperti ini, pemakaian CBS tidak mengganggu kerja rem depan karena penambahan bisa dikendalikan secara terpisah.

 

Sementara itu motor matik Honda yang dilengkapi CBS kalipernya cuma satu, dipakai bersamaan baik untuk rem depan atau untuk sistem CBS:

 

3. CBS mencegah pengendara memanfaatkan rem belakang

Di motor tanpa CBS, rem belakang bisa dimanfaatkan untuk mempertajam sudut menikung. Ini dicantumkan pada buku pegangan berkendara untuk polisi UK:
Motorcycle Roadcraft – The Police Rider’s Handbook – Chapter 7

Sebenarnya ada beberapa poin di kutipan ini yang penulis tidak setuju namun untuk efek pengereman kebetulan penulis sependapat.

Dikatakan bahwa bila kita melakukan pengereman depan, maka kendaraan akan jadi cenderung lurus. Sementara itu bila kita melakukan pengereman belakang, maka kendaraan akan cenderung makin membelok.

Sistem CBS membuat kita tidak mungkin melakukan hal ini karena saat kita mengerem belakang, maka rem depan juga akan ikut ngerem. Yang parah, pada saat tahap awal pengereman, rem depan yang aktif duluan. Jadi misal pinginnya mempertajam sudut pengereman, maka yang terjadi justru sudut makin melebar.

Ini membuat perilaku kendaraan dengan CBS jadi berbeda dengan kendaraan tanpa CBS. Ini berlaku tidak hanya pada CBS murahan saja tapi juga pada CBS beneran. Namun di CBS murahan efek lebih parah karena rem depan akan menggigit duluan. Bila ini dilakukan di tikungan yang licin, maka bisa resiko jatuh juga.

Soal ini sebelumnya juga pernah penulis bahas di artikel berikut:

 

Faktor faktor diatas membuat sistem CBS murahan jadi berbahaya. Oleh karena itu penulis sarankan bila pembaca punya motor Honda matik yang ada CBSnya, maka segera dirusak sistem CBSnya. Dibuat agar sistem rem bekerja secara independen. Ini bisa ditangani oleh bengkel atau bisa coba rubah sendiri. Ada setelan di tuas rem depan. Namun harus bongkar covernya dulu.

Bila beli matik Honda, maka sebaiknya yang tanpa CBS saja agar aman. Boleh juga pilih merek lain.

Untuk yang versi mahal, untungnya sekarang Honda CBR250 sudah tidak dilengkapi CBS lagi. Jadi bisa tetap memilih versi ABS tanpa harus direpotkan oleh fitur CBS (combined ABS).

Ingat bahwa sistem CBS tidak membuat pembaca jadi bisa mengerem secara profesional. Sistem CBS juga tidak untuk membuat mengerem secara maksimal. Tujuan dari CBS itu adalah untuk memperpanjang jarak pengereman.

 

Kalau dibandingkan denga yang pemakaian rem belakang saja memang yang pakai CBS bisa lebih cepat berhentinya. Tapi kalau dibandingkan dengan pemakaian rem depan dan belakang yang benar, sistem CBS tetap kalah.

Di jok juga sudah ada tulisannya, kalau mau mengerem maksimal, harus pakai rem depan dan belakang. Mengandalkan CBS saja tidak akan bisa maksimal.

28 respons untuk ‘Faktor faktor yang membuat CBS combi brake system matik Honda berbahaya

  1. Tong kosong berbunyi nyaring..
    Masih sakit hati ya.. sama cbs..
    Tulisanmu mencerminkan skilmu..
    Naik matik 7hp saja nggak bisa ngerem, apalagi naik sport yg rata-rata diatas 12hp..😆

    Suka

    • bro denmaz…komentarmu mencerminkan uthek.mu..
      mengerem itu sesuatu yang tdk bisa kita duga dan prediksi..krn kita berkendara di jalan raya,bukan disirkuit,yg notabenya bnyak sekali kejadian yg kdang mengharuskan kita push braking..jika tdk didukung peranti yg memadai,ya jdilah jenazah atau paling parah cacat seumur idup..maka dr itu diciptakanlah teknologi pengereman yang semakin canggih…salah satunya ya CBS ini,tetapi bukan CBS ala ahm..

      Suka

    • Setuju bro denmaz, penulis masih sakit hati dgn CBS, naik motorx belum bener, mau belok yg ngerem dulu, penulis lebih senang ngerem di tikungan….trus sarannya itu lo, nyuruh rusakin CBS, memangnya yg beli matik Honda pake uang emaknya…dr dulu tulisannya sakit hati dgn merek Honda….

      Suka

      • omongan anda kyak orng gk faham motor,,,
        di jln raya bnyak kemungkinan bs trjadi,,,cuma 40km/jam kl ndlosor ya bs jdi mayat kl lalu lintas ramai,,,
        sudah sering lihat beat/vario ndlosor krna panic braking,,

        Suka

  2. silakan dicoba
    di tempat licin

    bandingkan antara matik honda dg cbs dan tidak
    tarik sekuat tenaga tuas rem belakang saja

    mana yang lebih jauh berhentinya, mana yang ngepot2 saat roda belakang mengunci, dan lihat, apakah roda depan mengunci di motor ber-cbs

    Suka

  3. setelan itu bukan untuk mengatur seberapa kekuatan rem depan, karena ada stopper di sebelah kiri (pada gambar) setelan kekuatan rem fixed, karena mentok stopper, (bahkan kalaupun mentok roda depan tetap bisa diputar dengan tangan) panah pendek adalah stopper

    setelan itu mengatur seberapa cepat rem depan aktif bila dibanding rem belakang, kencangkan untuk mengatur rem depan aktif lebih dulu, kendorkan untuk membuat rem belakang aktif lebih dulu

    jika penulis ingin rem belakang aktif dulu, tinggal kendorkan saja, ga perlu dirusak

    mengerem depan, lalu mengerem belakang tidak membuat cbs mengerem rem depan lebih dalam, karena ada stopper
    bahkan jika kita mengerem depan hanya dengan 1 jari saja itu sudah melewati batas stopper. jadi cbs ga aktif dengan posisi mengerem depan dulu
    jadi, kekuatan rem depan oleh sistem cbs bahkan lebih lemah dari 1 jari, gak akan membuat ban depan mengunci

    Suka

    • Terima kasih infonya. bisa membantu yang lain juga.

      Soal pengereman mengganggu, saya pernah mengalami lagi mengerem lalu pakai rem sebelahnya, langsung ban depan ngelock, motor berhenti mendadak, padahal butuhnya berhenti perlahan. Untung pas lagi pelan.

      Suka

      • Yang gak terima dengan potensi bahwa rem CBS Honda Matic murah itu berbahaya bisa kemungkinan ybs adalah dari pihak yg terafiliasi dg Honda atau mungkin salesnya atau bisa juga pemilik maticnya yg udah kadung beli dan merasa tertekan dg adanya artikel ini, atau merasa ditakut-takuti kalau2 ntar kejadiannya betul terjadi, hehehe…..
        Kalo dari sudut pandang ane, matic honda dikasih CBS murah itu biar pengendaranya gak pecicilan dijalan om, gak main srudak sruduk, seperti kalo make matic tetangga sebelah yg velgnya sering geal geol itu, karena kalo pecicilan srudak sruduk ntar BBM jadi boros + berpotensi celaka jika tidak bisa makek rem, hwehehe….

        #abaikansaja

        Suka

        • Rasanya nggak mungkin kalau pemilik, harusnya bisa verifikasi sendiri. karena kadang nggak ada pertanda saat dipakai di situasi aman, pas lagi keadaan genting baru terasa bahayanya. Yang velgnya geal geol nggak akan berani kencang, nah kalau CBS nggak sadar bahaya kalau tidak eksperimen dulu.

          Suka

    • Setujuh samah bung Rifz, sebelumnya (2015) motor beat pop CBS turun dr dealer sudah saya utak atik persis spt yg Bung Rifz tulis dan lsng terjun n saya prakteken di kondisi aspal basah speed 100 lebih dikit… Lebih mantab saat tarik rem kiri dan susul dengan yang kanan….. Mak nyos..nyuzzzz…langsung mandhek motor mental mentul….uenakkkk broww beat cbs tanpa pake acara dlosorrr… kepatkepot… pecicilan…ngobat gabiit….😤😁Krn sblm rem cbs di beri sentuhan manis, lsng terjun dijln raya sempet kepat kepot mau nyium pantat L300…😬😨
      Pokoke sutujuh bangetz sama bung rifz…
      Salam,

      Disukai oleh 1 orang

  4. intinya sih, kesalahan CBS honda kalo ane tangkap dari penjabaran secara keseluruhan adalah kenapa Combi Brake itu yang aktif adalah Rem Depan dahulu baru rem belakang, yg tentunya kalo kondisi jalan berpasir/nikung cukup berbahaya bila yg ngerem depan duluan, bisa Lose Front Tyre, Pembalap sekelas MotoGP pun kalo sudah Lost Front Tyre ya wassalam, tetep ndelosoorrr…,, gimana dg pengendara motor sehari2 yg tentunya skillnya pas pasan!

    Suka

    • Iya. lepas traksi ban depan memang diakui bahaya.

      Tapi anehnya instruktur safety riding itu tetap menyarankan pakai rem depan dulu kalau ngerem. Barusan juga ada debat sama orang uk soal safety riding di inggris. Padahal di petunjuk uji sim dibolehkan pakai rem belakang dulu.

      Suka

  5. Mau sepelan apapun anda berkendara ban depan anda hilang kontrol kemungkinan selamat hanya dibawah 5% teman ane juga jatuh gara” ngerem pake cbs diturunan udah ati” pake rem belakang eh tau rem depan ngunci untung aja pelan jatuhnya gak parah

    Suka

    • terima kasih sharingnya. sayangnya banyak intruktur yang percaya bahwa rem depan lebih aman. barusan ini saya debat dengan intruktur safety riding dar inggris. Ngotot banget bahwa pakai rem depan lebih aman. sekarang lagi buat artikelnya.

      Suka

  6. cbs pada honda adalah kesalahan pada rem yang dijadikan acuan primary dan secondary , harusnya yang jadi patokan cbs adalah rem belakang bukan malah yang rem depan di tambah fitur cbs , kayaknya honda kebalik masang cbs nya yang malah berfungsi di tuas rem kiri harusnya dituas kananlah yang di pasang , goblok insinyure bro

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.