Motor matik Honda Scoopy 2017 dikasih socket listrik AC, ternyata 12V, bahaya jadi resiko pemilik


Update:
Nemu info bahwa ternyata socket adalah 12V AC. Nggak bahaya, tapi menurut penulis tetap aneh. terima kasih untuk semua komen.

Honda SH125i Always moving forward

Taking charge
Constant communication, the need for information and map locations can soon leave your mobile device completely drained. Not anymore, because the large glove box hides a handy 12V AC socket to recharge your batteries when you’re on the move.

Mengapa aneh? karena soket 12V AC tersebut tidak bisa langsung dimanfaatkan dan harus pakai alat konversi dulu. Entah apa alasan Honda untuk pakai desain seperti itu padahal tentunya mudah bagi Honda untuk langsung menempatkan USB port langsung di tempatnya.

Berikut soket kalau di Honda SH125i:
You cannot rule the heart – Honda SH 125

Dari bentuk seperti itu sepertinya colokan tersebut adalah colokan rokok. Umumnya colokan rokok itu listriknya realnya antara 13V sampai 15V tergantung dari listrik yang dihasilkan alternator. Listriknya DC. Entah mengapa di sebut AC oleh Honda.

Problemnya adalah, charger standar dari hp atau gadget seringnya hanya untuk listrik 220V. Jadi untuk bisa mengecharge hp harus beli dulu alat charger konversi. Karena Honda tidak menyediakan chargernya maka alat konversi jadi tanggung jawab dari pemilik kendaraan.

Kualitas dari charger macam macam. Ada yang bagus dan ada yang bahaya. Yang bahaya tidak ada pengamannya sama sekali dan rawan rusak kalau kena panas. Panas ini yang akan menimbulkan bahaya. Takutnya bakal ada kejadian seperti berikut ini, terjadi karena charger yang terbakar:

Berikut tips copas:
Berikut adalah Tips Aman Charge menggunakan Lighter di Mobil

– Jauhkan smartphone dari benda atau barang-barang yang mudah terbakar seperti kertas, busa, dan juga kain.
– Pastikan kondisi handphone sedang dalam keadaan mati.
– Selalu Menggunakan baterai dan charger yang memiliki kualitas bagus sesuai dengan standar (produk asli bukan tiruan).
– Menghentikan proses charger hp jika hp atau charger tiba-tiba mendadak panas.
– Jangan menerima panggilan telfon atau jangan menelfon ketika hp atau smartphone sobat sedang dicharge.
– Jauhkan hp dari sinar matahari langsung atau sumber panas lain yang berlebihan ketika menaruh hp.

Mencegah Ponsel Meledak atau Terbakar

– Pengisian dengan tegangan rendah. Mengisi ponsel melalui port USB di komputer memang lebih lambat, tapi arusnya linier dan rendah, sehingga mengurangi produksi panas dan resiko terbakar.
– Hindarkan ponsel Anda dari paparan sinar matahari langsung.
– Jangan mengisi daya terlalu lama.
– Pastikan casing ponsel Anda memiliki kemampuan membuang panas yang memadai
– Jangan gunakan ponsel saat sedang dicas.
– Jika mengisi daya ponsel di mobil, dekatkan ponsel ke lubang AC agar tetap dingin.
– Jangan biarkan baterai ponsel Anda kosong terlalu lama dan kemudian mencasnya terlalu lama. Begitu baterai penuh, segera cabut dari sumber listrik.
– Letakkan ponsel Anda di ruangan yang berventilasi baik. Jangan meninggalkannya di dalam tas yang tertutup rapat.

Karena yang menyediakan alat konversi bukan Honda, maka bila terjadi apa – apa Honda tidak perlu tanggung jawab. Bagus tidaknya charger jadi tanggung jawab pembelinya. Mungkin Honda sendiri tidak mampu untuk membuat sistem charger yang aman, jadi untuk gampangnya, diberi colokan sambung dari aki saja.

Oleh karena itu penting untuk beli charger yang bagus. Yang perlu diperhatikan terutama adalah panas. Charger yang bagus sekalipun bisa panas. Dan bila panas efisiensi berkurang. Dan bila ekstrem maka panas bisa menimbulkan masalah seperti misalnya listrik 12V jadi langsung masuk ke hp. Kalau sudah begini maka batre hp akan mengembung dan bila pecah akan bisa terbakar.

Jangan asal cari yang ngechargenya cepat. Seusaikan kecepatan charging dengan kapasitas batre. Lebih baik yang chargingnya lambat daripada kena masalah soal panas. Karena kalau panas maka resikonya hp bisa rusak, atau malah motornya bisa terbakar.

Ventilasi udara sangat penting. Jangan sampai komponen charger panas. Karena di Scoopy tempatnya tertutup, tidak ada ventilasi dan terkena panas, maka penulis sarankan jangan pakai soket tersebut.

 

Konten sebelumnya:
Sekarang ini lagi rame ramenya pemberitaan varian Honda Scoopy. Banyak perubahan yang membuat tampilan Scoopy jadi makin modern. Unik juga karena model retro dibuat tampilan lebih modern. Sepertinya Honda sekarang sedang gemar untuk memasangkan komponen modern di model retro. Sebelumnya Honda sudah memodernkan tampilan dari Honda Rebel.

Tampilan yang dimodernkan membuat Scoopy baru sepertinya nggak cocok lagi kalau dimatchingkan dengan gaya oldie. Di versi barunya, Scoopy jadi terlihat lebih unik. Oldie tapi futuristik. Sepertinya sih termasuk desain love and hate. Yang suka makin suka yang nggak suka makin nggak suka.

Galeri Foto dan Fitur All New Honda Scoopy 110 eSP velg 12 Inchi Major Facelift 2017 Scoopy-i Thailand

Namun ada perubahan yang penulis sangat tidak setuju, yaitu soket AC di bagian tutup depan.

 
Ada yang bilang bahwa colokan itu 12V:

Yang harus diperhatikan bahwa itu tulisannya adalah AC socket. AC itu kepanjangan alternating current. listrik AC itu biasanya punya tegangan 220V, seperti di rumah. Jadi colokan yang ada di varian baru matik Scoopy tersebut adalah colokan 220V. Untuk bisa dipakai sebagai charger maka dibutuhkan perubah tegangan dari 220V AC ke 12V DC. Bisa dilihat pada gambar ada converter warna putih yang dicolokkan ke socket AC tersebut.

Seharusnya bila butuhnya charger, maka seharusnya Honda cukup menyediakan socket USB 5V saja. Tidak perlu sampai menyediakan socket AC. Karena dengan socket AC maka akan jadi ada resiko pemakai motor tersengat listrik.

Apalagi bila dilihat dari posisinya. Mungkin Honda sudah memperhitungkan bahwa posisi tersebut aman dari air hujan. Namun bagaimana bila pengendara butuh membuka tempat tersebut dalam kondisi sedang hujan? 220V itu sangat sangat jauh lebih mudah dihantarkan oleh air. Cipratan air ke soket listrik tersebut bisa jadi sumber bahaya.

Belum lagi bila banjir dan motor sempat roboh ke air. Apa dijamin tempat penyimpanan tersebut kedap air? Kalau bocor kan pengendara bisa kesetrum?

Lalu bila ada orang ngawur mencolokkan atau melepas hp saat antri mau isi bensin? Kan resiko meledak?

Menurut penulis sama sekali tidak ada manfaatnya menyediakan soket AC 220V karena semua model hp menyediakan colokan untuk USB. Seharusnya Honda cukup menyediakan soket USB saja. Dengan memberikan soket AC 220V, maka Honda membuat motor makin berbahaya.

Mengapa sih Honda kok buat motor tidak memperhitungkan bahaya?

Update:
Kalau di mobil ada yang namanya inverter. Gunanya adalah untuk mengubah voltase 12V dari colokan penyulut rokok mobil menjadi 220V, berikut contohnya yang harganya 130 ribu.
Car Power Inverter DC 5V & AC 220V ~ Charger Mobil 2 Port Ports 150W

Yang harganya 65 ribu:
Car Charger Power Inverter DC to AC USB Mobil Adapter Wall Plug Socket

Universal car charger with AC Power Inverter dan juga USB port.

Input voltage: 12V / 24V DC
Output voltage: 220V
USB Output: 5V
Current Output: 500mA

Memiliki circuit board dengan short circuit protection jadi tidak merusak gadget Anda. Didesign untuk mencharge gadget jadi mohon diperhatikan saat menggunakan AC equipment, harus memiliki daya rendah.

 

Sementara itu untuk konversi dari 12V ke 5V bisa langsung tanpa ke 220V dulu. Kalau buat sendiri banyak contoh rangkaian yang memanfaatkan IC 7805, atau beli seperti contohnya berikut ini:
5V USB DC 7V-24V to 5V 3A Step Down KIS3R33S Buck Module IC MP2307 Beyond LM2596

Deskripsi Produk
Power supply mini penurun tegangan DC 7-24V menjadi DC 5V USB dengan daya listrik yang mumpuni.

Bisa dijadikan cas hp di sepeda motor. Rangkaian sudah jadi, tinggal konek kabel ke aki. Fast charge: sebelum sepeda motor agan sampai tujuan, hp sudah tercharge.

 

Sementara itu charger yang mengkonversi AC ke USB itu contohnya seperti berikut ini:
Hippo Pupa 2 Port Adaptor Charger (Value Pack) Original

Cara mencicil Honda Scoopy eSP

44 respons untuk ‘Motor matik Honda Scoopy 2017 dikasih socket listrik AC, ternyata 12V, bahaya jadi resiko pemilik

  1. AC 220V itu sngat menakutkan,,,,USB 5V kalaupun konslet tdk brpngaruh pada manusia,, tp 220V konslet? bs berjumpa YANG MAHA KUASA.

    Suka

  2. itu cuma colokan lighter, perkara AC atau DC, klo di kendaraan ga ada rumusnya 220V, emangnya pake generator PLN? kecuali honda mau bersusah payah dipasang inverter ke 220V, tapi mau dihargain berapa tuh motor? tenang saja, itu sama kaya dinamo lampu sepeda yang AC 6V, tapi di motor 12V. =)

    Suka

  3. Ane trmasuk yg gak demen Scoopy,, tapi Hal-hal yg om sebutkan diatas, ane yakin uda di pikirkan baik-baik sama insinyur2 nya Honda.. jadi ketika sudah rilis ke publik , tu motor uda aman dipakai. Kecuali ya klo memang konsumennya bego,, lepas /colok socket charger pas di SPBU, atau isi daya hape dimotor saat hujan atau gerimis misalnya.

    Suka

    • Saya tetap nggak paham mengapa kok harus inverter. Karena dengan converter 12V ke 5V saja cukup.

      Bisa terjadi saat berangkat nggak hujan, dan saat sudah mau sampai hujan deras.

      Suka

  4. kenapa tegangan AC yang om Sucahyo maksud harus disamakan dengan tegangan AC rumahan yang 220V?? ini kan motor om bukan rumah yang pakai listrik dari PLN,.

    saya mengikuti dan suka membaca tulisan om,. kritis,. tapi untuk kali ini saya kurang sependapat dengan om,. belum lagi untuk spesifikasi resmi juga belum ada,.

    Suka

    • Ada beberapa petunjuk:
      1. AC itu mengacu ke listrik tegangan bolak balik.
      2. Ada alat tersendiri untuk mengubah listrik dari soket tersebut ke USB
      3. Soket itu disebut bukan pematik api / penyulut rokok.
      4. Penyulut rokok di mobil itu DC

      Artikel saya update dengan contoh alat 65 ribuan yang bisa merubah listrik DC 12V menjadi AC 220V, yang biasa dipakai di mobil.

      Suka

  5. AC tidak harus 220volt, tegangan yg keluar dari spul juga AC. Lampu utama motor lama juga masih AC 12 volt
    setau saya dengan voltase yg sama, kalo terjadi konset bunga api yg ditimbulkan arus DC justru lebih besar dari pada AC.
    kecuali di colokan honda scopy tertulis “AC 220v”. nah…itu baru menakutkan

    Suka

  6. mentang2 tertulis AC aja langsung judge 220V,, lampu bebek juga AC, tp 12V, gak semua AC 220V

    bisa jadi itu memang AC 12V, tp begitu dicolok konverter lighter ya langsung jadi DC 5V, karena cukup dioda untuk merubah dari AC ke DC

    soket lighter biasanya diambil langsung dari aki, bisa jadi itu salah ketik harusnya DC

    Suka

  7. lagipula, soket lighter itu sudah ada standarnya,, yaitu DC 12V,
    Sama seperti soket usb standarnya DC 5V

    itu sudah menjadi kesepakatan umum
    silahkan tes semua soket dengan bentuk seperti itu dipasaran,, pasti 12V DC, PASTI!

    Suka

  8. Emangnya produk honda aja yg punya, produk lainnya jg ada, kalo masalah banjir ato kemasukan air, produk2 sepeda motor lainnya ya sama aja kalo ketemu air nyetrum ga….ato sudah liat ato pegang langsung honda scoopy yg baru…biar ga asal ambil kesimpulan ug ngasal

    Suka

    • 12V itu listriknya (aslinnya biasanya diatas 14V), 1A arusnya. kalau ditotal 12VA. kalau dibagi voltase batre hp, 4.5V ketemu 2.6A, kalau efisiensi charger 80%, maka ketemu 2.08 A. Jadi sepertinya untuk charger 2 A masih aman. Yang nggak aman kalau dipakai untuk ngecharge dua hp, masing masing 2A. Dan ada charger yang beneran bisa ngecharge 2A dua duanya.

      Kalau ada sekring, sekring colokan yang mati. Kalau tanpa sekring, maka performa motor ngedrop atau aki nggak ngisi.

      12V 1A itu mungkin dihitung dari kemampuan alternator / dinamo ampernya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.