Unik juga video berikut. Menunjukkan bagaimana Colin Furze mencopot mesin Honda CBR600 yang masih berfungsi dan memasangnya di bom bom car
Pembuatan dimulai dari nol.
Mulai dari mencari bom bom car bekas, memodifikasi, sampai bisa terpasang sempurna. Semua ada di rekaman videonya:
Ini motornya:
Saat mesin dicopot:
Saat sudah jadi:
Karena ini termasuk program top gear, sampai diuji oleh stig juga:
video saat mencopot mesin Honda CBR600:
Video saat diuji:
colin furze, channel favorit saya di youtube. totalitas banget ya, motor masih waras wiris cuma diambil mesinnya trus dipasang di bom bom car.
SukaSuka
iya, niat banget.
SukaSuka
Kalo bukan moto mania kelas berat ndak mungkin bisa ampe segitunya…passion otomotif yg luar biasa. Bagi mata awam akan berujar “lalar gawe”
SukaSuka
iya
SukaSuka
Buat arrtikel tentang magic ring sumitech, tabung induksi di motor 4tak yg kyak yeisnya rx king trus sama Velocity dong pak.. pengen tau apa pendapat bpak
SukaSuka
menarik, akan saya coba bahas magic ring dan tabung induksi, menurut saya efek tabung induksi di 4 tak beda dengan yang di 2 tak.
Kalau magic ring sumitech sepertinya pakai prinsip pembatasan udara. Seperti bila pakai knalpot racing jadi boros, menghambat knalpot akan bikin irit.
Kalau velocity, itu yang vortex ya? Sudah pernah saya bahas di:
Alat penambah tenaga vortex, memutar udara yang masuk ke mesin
SukaSuka
Wah.. Beda gmana pak?
.
Brarti sumitech itu bkin irit tpi jg bikin tenaga agakk terhambat donk ya..
.
Mksud saya Velocity yg bentuk terompet pak.. Hehe
.
Maaf pak saya cuma baca dan gk pdrnah komen, tpi skali komen langsung tanya bnyk.. Haha
SukaSuka
Silahkan bertanya :).
Kalau menurut saya, alat seperti sumitech itu fungsinya menambah tarikan di rpm bawah dan menengah. Cocok untuk stop and go di kemacetan. Sama seperti teknik vortex, menghambat udara akan membuat kendaraan lebih irit. Yang berkurang tenaga di rpm tinggi. Akan lebih terasa pengurangan tenaga rpm atas bila sudah pakai knalpot racing.
Kalau velocity stack rasanya sama, bila diperpanjang bikin irit tapi tarikan atas berkurang. diperpendek tarikan atas naik.
Untuk penjelasan di website pak dosen lebih lengkap sampai ada rumus rumusnya:
[VE] Tunning Sistem Intake untuk Meningkatkan VE, Atur Panjang Runner
Yang berikut menjelaskan soal efek sumitech juga:
Optimasi Performa Motor Selain VVA, Variable Intake-Exhaust Tuning
SukaSuka
Oh.. Jadi untuk putaran bawah menengah..
Terimakasih pak..
Tapi saya masih penasaran sama tabung induksi dimotor 4tak.. Hehe
SukaSuka
sama sama. Ok. akan saya coba cari referensi.
SukaSuka
Ini artikelnya:
Menambah irit dan tenaga dengan tabung induksi ala YEIS tapi pada motor 4 tak terbukti positif
SukaSuka