Apakah Yamaha bakal mendatangkan V-Star 250 untuk menyaingi Honda Rebel? konfigurasi mesin wow banget V-Twin!


Penulis lihat ada motor menarik di Yamaha Canada, yaitu Yamaha V-Star 250. Motor ini menurut penulis bisa menyaingi rebel. Apalagi Honda masih belum mendatangkan Honda Rebel 300. Dari sisi tampilan menurut penulis lebih sip daripada Honda Rebel karena nggak setengah setengah.

Spesifikasinya menurut penulis jauh lebih retro daripada Honda Rebel. Sepertinya cocok banget untuk penggemar rpm rendah. Harga di kanada juga setara dengan R3 non ABS. Jauh lebih terjangkau daripada rebel. Torsi 15.2 ft-lb lebih besar dari Rebel 250 12.4 ft-lb (model lama), entah Rebel 300 berapa, yang jelas separuh dari Rebel 500 32.9 ft-lb. Berat 147kg, lebih ringan daripada Honda Rebel 300 yang 165kg, atau Honda Rebel 500 yang 185kg.

Suaranya juga ok, ngebas, hasil dari mesin V-twin overstroke yang mengutamakan tarikan di rpm rendah, beda jauh dari motor sport:

 

Apalagi setelah di modif, basnya jadi keluar banget

Beberapa fitur lain yang menarik adalah tinggi tempat duduk yang cuma 685mm. Posisi duduk juga nyantai banget.

Sebagai perbandingan berikut gaya mengendarai Honda Rebel:

Berikut list fitur lengkapnya:

  • 249cc, air-cooled, SOHC, 2 valves per cylinder, 60 degree, V-twin.
  • authentic, air-cooled V-Twin engine design
  • long stroke engine design means lots of low end torque
  • very linear, novice friendly power delivery
  • SOHC, 2-valve cylinder heads.
    • tradition & simple 2- valve design
    • basic rocker arm valve actuation… simple design that is easy to maintain / adjust
    • chromed head covers add style
  • Air-cooled engine design.
    • excellent heat dissipation for consistent power delivery
    • cooling fins have been designed for good cooling even in stop & go traffic
    • simple, classic design
  • Automatic cam chain tensioners reduce mechanical noise & simplify maintenance.
  • Traditional “bore-able” cylinder.
    • in the event of an issue, cylinder can be over bored
  • Forged aluminum pistons.
    • less reciprocating mass for fast engine response
    • reduced mechanical vibration for excellent reliability
  • Single pin style crankshaft.
    • design accentuates V-twin engine character, pulse feel & sound
  • Wet sump lubrication system with easy access element type oil filter.
  • Single Mikuni BDS26 carb.
    • featuring an accelerator pump for crisp throttle response
    • convenient handle bar mounted choke lever
    • excellent fuel economy
  • Classic, chromed air box
    • houses an easy access, washable (re-useable) foam air filter
    • washable design reduces tune-up costs
  • 5-speed transmission.
    • ensures extremely usable, cruiser-friendly power delivery
    • 5th gear is an overdrive gear for reduced engine rpms at higher speeds
    • light, easy clutch lever pull
  • Chain drive, final drive.
    • chain drive provides the most efficient transfer of power (Vs. shaft drive systems)
  • Maintenance-free transistor controlled ignition (TCI).
    • produces a strong spark for fast starts
    • provides precise ignition timing / mapping for optimum engine performance at all rpms
  • Shorty, 2 into 2 exhaust system.
    • short design, chromed, shot gun style mufflers produce a low, throaty V-Twin growl
    • heat shields protect rider & passenger from hot components
  • Air Injection System injects fresh air into exhaust ports to fully burn any unburnt fuel, reducing exhaust emissions.
  • 16 respons untuk ‘Apakah Yamaha bakal mendatangkan V-Star 250 untuk menyaingi Honda Rebel? konfigurasi mesin wow banget V-Twin!

    1. Pasti bakalan di bully sama FB kompetitor karna masih SOHC overstroke, apalagi pendingin masih mengharapkan angin semilir bakal makin dibully abis abisan, hehehehe….

      Suka

    2. OOT

      Yamaha basic mesin Vnya kebanyakan bersudut sempit 60°, lebih kompak sih namun katanya vibrasinya lebih besar ketimbang 90°.

      Suka

    3. Rebel cmx300 cuma 1 silinder bapak,…bedalah nih motor 2 silinder over stroke lagi,..dari segi konsumsi feulnya lebih irit, .taulah konsumen indonesia maunya yg irit2 dr feul sampe hargax minta yg irit,…klo boltkan beda pangsa pasarnya,…klo v-star harganya dr 50jt-70jt mungkin masih bisa dijangkau konsumen indonesia,…dengan catatan fitur pengabutannya diganti dengan fuel injection,…pasti lebih irit lagi bbm dan perawatannya,….cepat masuk ke indonesia ya V-STAR 250

      Suka

    4. Honda cmx300 1 silinder beda dgn v-star 250 sudah 2 silinder bapak,…overstroke lagi,…dr segi konsumsi feulnya udah irit,…apalagi klo yamaha mw merubah pengabutannya dengan feul injection lebih waw lagi feulnya,….klo yamaha Bolt beda pangsa pasar bapak,…jangan disamakan dgn konsumen luar negri dgn indonesia,…konsumen indonesia itu mintanya harga motor terjangkau,irit bbm,perawatan mudah..fitur melimpah,….v-star 250 udah bisa mewakili yamaha utk menyaingi Honda rebel cmx300 nya honda,…range harga 50jt-70jt udah pas,..dan jangan lupa utk penganti sistem pengabutan konvensionalnya dengan feul injection pasti makin joss,….kapan yamaha berani mendatangkan Yamaha v-star 250,…???,.

      Suka

    5. berharap dijual di Indonesia utk meramaikan motor cruiser ber cc kecil..
      sayangnya belum ada di Indonesia.

      Artikel ini gak membahas sesuai judulnya..? 😀

      Suka

    Tinggalkan Balasan ke sucahyoaji Batalkan balasan

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.