BMW R 1200 GS xDrive nggak cuma motor hybrid tapi juga dengan penggerak depan dan belakang


Memang ini bukan pertama kalinya ada motor dengan teknologi hybrid, juga bukan pertama kali ada motor dengan penggerak roda depan belakang, namun jadi pertama kali di dunia ada motor (menurut klaim BMW) menggabungkan teknologi hybrid dengan menggunakan motor listrik sebagai penggerak roda depan.

Berikut beritanya:
BMW Motorrad launches the R 1200 GS xDrive Hybrid. World premiere of the first travel enduro featuring Hybrid All-Wheel Drive.

The new R 1200 GS xDrive Hybrid is based on the legendary R 1200 GS Adventure. The air/liquid cooled flat twin generates an output of 92 kW (125 hp) at 7 750 rpm as well as a maximum torque of 125 Nm at 6 500 rpm and delivers it to the rear wheel via shaft drive in familiar fashion.

All-wheel drive can be operated automatically or manually by the rider via the 2WD (Two-Wheel Drive) switch located on the left handlebar operation unit. It activates the wheel-hub e-Drive system which functions both as electric motor and generator. With the additional output of 33 kW (45 hp) and overall 125 kW (170 hp) system performance, the innovative all-wheel drive system opens up a whole new dimension of performance and offroad-suitability.

A new generation of batteries, derived from BMW i battery technology, stores the energy recuperated during braking. The e-Drive system on the front wheel is supplied with this energy and the R 1200 GS xDrive Hybrid rider can use it for accelerating in addition to the power delivered by the combustion engine. Thanks to sophisticated management technology the power is always supplied to the front wheel in the right amount and appropriately depending on the riding situation. This means that the front wheel only receives the amount of power as the traction conditions permit – for example in wet or deep snow conditions. The rider can use a number of riding modes to customise how the all-wheel drive system operates and adjust the hybrid system’s recuperation strategies to suit his needs. Everything can be controlled using the innovative LCD display.

This intelligent combined solution also made it possible to reduce the conventional double-disc hydraulic braking system at the front to a single-disc brake system thereby saving approximately 2.9 kilograms of weight. In combination with the wheel hub e-Drive, which only weighs 880 grams, the bike’s agility was also optimized. Thanks to the bike’s positive weight balance, the weight level of the current R 1200 GS Adventure could be maintained in spite of the additional hybrid all-wheel technology.

Dikatakan bahwa BMW R 1200 GS xDrive Hybrid punya mesin yang sama dengan R 1200 GS Adventure, mesin flat twin berpendingin udara dengan tenaga 125hp di 7.750 rpm.

Sistem penggerak semua roda bisa bekerja otomatis atau di setel manual melalui tombol yang berada di setang kiri. Ini akan mengaktifkan fungsi motor sebagai motor listrik atau generator (penghasil) listrik. Motor punya tenaga 45 hp sehingga total punya performa tenaga 170hp.

Baterai dengan generasi baru akan menyimpan energy yang didapat pada saat pengereman. Energi yang disimpan ini akan bisa dimanfaatkan untuk akselerasi, sehingga menambah tenaga yang ada. Sistem akan mengatur kekuatan motor listrik sesuai dengan keadaan. Roda depan hanya akan menghasilkan tarikan hanya bila kondisi traksi jalan memungkinkan seperti misalnya pada kondisi salju yang dalam. Pengendara bisa memilih beberapa mode berkendara sesuai dengan keinginan lewat layar LCD.

Dengan merubah sistem double disc brake menjadi single disc brake, penambahan berat karena penambahan sistem e-drive bisa dikurangi. Sehingga berat dari motor tidak berubah dari model aslinya (berat BMW R 1200 GS Adventure 260kg).

Menariknya spedo dan tachometernya analog :).

Ada yang penulis sayangkan. Spakbor kok rasanya kurang panjang. Kalau dipakai di jalan lumpur apa nggak belepotan radiatornya.

Gambar dan review BMW R 1200 GS Adventure bisa dilihat di link berikut:
BMW R 1200 GS LC Adventure

 

Di Indonesia sistem hybridnya mungkin kurang begitu terasa efeknya, tapi penggerak roda depannya itu bakalan sangat penting kalau terjebak lumpur seperti yang dialami Mario Iroth berikut ini:

Bagus bila ini bukan april joke. Karena mestinya BMW mampu untuk membuat ini. tapi di foto walau cakram jadi cuma satu, tidak kelihatan motornya. Motor mestinya ukuran bisa kecil.

Untuk perbandingan, berikut motor listrik untuk Mobil Honda NSX di roda depan.

5 respons untuk ‘BMW R 1200 GS xDrive nggak cuma motor hybrid tapi juga dengan penggerak depan dan belakang

  1. Gan mau tanya tentang koil nih. Koil suzuki nex karbu kan input koilnya
    punya satu, saya mau ganti pake koil vario karbu. Nah punya vario
    karbu input koilnya dua. Warna hitam untuk kabel positif sedangkan
    biru/hijau untuk kabel negatif. Bisa gak dipasangnya hanya kabel
    positif saja ? Sedangkan kabel negatif ke massa. Thanks.

    Suka

    • Coba di avo saja dulu, di cari common ground nya yang mana. Karena sepertinya kalau di vario yang di switch negatifnya. Kemudian pasang sesuai common groundnya nex.

      Cara cari common ground pakai avo, dicari kaki plus dan minus yang ada hambatanya dengan keluaran voltase tinggi. nilainya mungkin antara 2K sampai 20K.

      Suka

  2. Ada satu kabel negatif dihubungkan ke massa, tempatnya di baut dudukan koil. Apa bisa pake kabel tersebut untuk dihubungkan ke input negatif koil vario ?

    Suka

    • Lebih aman di avo dulu. Nggak ada avo pakai cek konektifitas, pake batre dan lampu. kalau keluarannya 4, lebih baik di coba coba kombinasi kaki mana yang bunga apinya paling besar.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.