Ada ada saja oli yamalube pun ada versi blue corenya


Penulis baru tahu bahwa Yamaha Thailand punya yamalube yang versi blue core.

ยามาฮ่าเปิดตัวน้ำมันเครื่องระดับพรีเมี่ยม ใหม่!! YAMALUBE BLUE CORE สุดยอดนวัตกรรมเพื่อการปกป้องเครื่องยนต์รถจักรยานยนต์ พร้อมเพิ่มสมรรถนะเครื่องยนต์ที่ดีเยี่ยม

Terjemahannya adalah:

Yamaha meluncurkan tingkat oli mesin premium baru !! Yamalube BIRU CORE inovasi untuk melindungi mesin sepeda motor. Dengan meningkatkan performa mesin sangat baik.

Entah apa yang istimewa dari oli ini, padahal dari penjelasannya, oli ini mempunyai kekentalan yang termasuk tidak encer bila dibanding oli mesin yang beredar di Indonesia. Yamalube Blue Core punya kekentalan 10W40. Bahannya juga cuma Semi sintetik.

Dari penjelasan (berdasarkan terjemahan) yang spesial adalah penambahan aditif anti gesek. Sepertinya oli ini punya kandungan moly lebih banyak. Dari spesifikasi juga JASO MB, yang artinya oli ini adalah oli untuk motor matik. Oli matik di Indonesia biasanya memang pakai tambahan aditif moly, seperti contohnya Enduro Matic dan Yamalube Matic.
Yamalube Power Matic, sama sama 10W-40 JASO MB, semi sintetik juga mestinya:

Mengandung Molybdenum yang memberikan gesekan yang sangat rendah.

Kandungan moly lebih banyak akan mengurangi gesekan langsung logam dengan logam. Namun tidak banyak membuat mesin lebih halus. Moly juga dapat meningkatkan spash yang efeknya menambah kerak di mesin. Artikel yang menjelaskan:

Harusnya Yamalube kasih perbandingan antara oli ini dengan misalnya Yamalube sport atau Yamalube super sport.

Tapi kalau lihat di websitenya, blue core masih belum ada. Yang sepertinya mirip adalah yamalube eco plus:

Yamalube eco plus ini sepertinya cuma ada di thailand saja. Di keterangan oli Yamalube Eco plus disebutkan:

– ชื่อผลิตภัณฑ์ : Yamalube 4-AT MB 10W-40 ECO PLUS
– ชนิดเกรดน้ำมัน : เกรดรวม(Multi Grade)
– มาตรฐานคุณภาพ : JASO MB
– ระดับความหนืด
– 10W-40
– เติมสารลดแรงเสียดทาน(Friction modifier)
– เติมสารปรับค่าความหนืด(Viscosity modifier)

Yang penulis tahu itu ada friction modifier dan viscosity modifier. Biasanya friction modifier untuk oli motor itu adalah moly. Sementara viscosity modifier sepertinya adalah VI Improver. VI improver gunanya membuat biar oli nggak gampang encer kalau panas.

Keduanya merupakan hal yang lumrah ditambahkan pada oli motor. Mungkin konsentrasinya dibuat lebih tinggi sehingga jadi disebut eco plus.

16 respons untuk ‘Ada ada saja oli yamalube pun ada versi blue corenya

    • dari penjelasan sepertinya sifatnya anti wear, bukan aditif friction modifier, bukan aditif extreme protection.

      Katanya aditif tersebut bekerja ketika lapisan oli sudah tidak lagi melindungi. Bereaksi terhadap panas membentuk lapisan pelindung, tapi bisa terurai dan tidak bikin kerak, juga meningkatkan sifat oli yang lain. ini mirip sifat aditif zddp.

      Monolec Proprietary Liquid Additive Technology

      Monolec protects metal surfaces with a single layer of molecules, which reduce friction through their “ball bearing” action. If the oil film ruptures under high pressure, Monolec will react with the quickly heating asperities to form a chemical synthetic lubricant that allows the high points to flow and reduces wear.

      Beneficial Qualities for Monolec

      – Reduces wear
      – Reduces heat caused by friction
      – Vastly improves oil film strength
      – Disperses quickly and uniformly
      – Does not build up or fall out of suspension
      – Does not break down or become corrosive in use
      – Does not contribute to lubrication oxidation
      – Does not create deposits afftecting machine tolerances
      – Act synergistically to improve performance qualities of other lubricant components

      Suka

    • Sepertinya campuran aditif anti wear dan extreme protection.
      DUOLEC™

      DUOLEC™ is the newest LE proprietary additive incorporating revolutionary technology designed specifically for use in LE gear lubricants.

      The technology in DUOLEC™ is designed to be thermally activated in stages. When the loads are increasing, the EHD and mixed film antiwear components of DUOLEC™ kick in. After loads become even greater, then the boundary lubrication extreme pressure performance of DUOLEC™ is activated.

      Suka

  1. Apa yang revolusioner ?
    Ya jelas2 namanya revolusioner kangbro…
    “BLUE CORE” lubricants.
    Siap2 mengalahkan oli sesat anda2 semua. ngoahahahaha.

    Padahal yang pernah pakai oli sesat juga tahu kalau oli sesat masih lebih baik.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.