Penulis baru tahu bahwa Yamaha Thailand punya yamalube yang versi blue core.
Terjemahannya adalah:
Yamaha meluncurkan tingkat oli mesin premium baru !! Yamalube BIRU CORE inovasi untuk melindungi mesin sepeda motor. Dengan meningkatkan performa mesin sangat baik.
Entah apa yang istimewa dari oli ini, padahal dari penjelasannya, oli ini mempunyai kekentalan yang termasuk tidak encer bila dibanding oli mesin yang beredar di Indonesia. Yamalube Blue Core punya kekentalan 10W40. Bahannya juga cuma Semi sintetik.
Dari penjelasan (berdasarkan terjemahan) yang spesial adalah penambahan aditif anti gesek. Sepertinya oli ini punya kandungan moly lebih banyak. Dari spesifikasi juga JASO MB, yang artinya oli ini adalah oli untuk motor matik. Oli matik di Indonesia biasanya memang pakai tambahan aditif moly, seperti contohnya Enduro Matic dan Yamalube Matic.
Yamalube Power Matic, sama sama 10W-40 JASO MB, semi sintetik juga mestinya:
Mengandung Molybdenum yang memberikan gesekan yang sangat rendah.
Kandungan moly lebih banyak akan mengurangi gesekan langsung logam dengan logam. Namun tidak banyak membuat mesin lebih halus. Moly juga dapat meningkatkan spash yang efeknya menambah kerak di mesin. Artikel yang menjelaskan:
- Ini alasan mengapa film strength jauh lebih penting daripada kadar moly atau ZDDP
- Menambahkan aditif moly akan menambah spash yang akan memperparah deposit dan bikin selip kopling
- Molybdenum bukan friction modifier dan bisa bikin selip kopling tapi ada cara agar bisa dipakai motor dengan kopling basah
Harusnya Yamalube kasih perbandingan antara oli ini dengan misalnya Yamalube sport atau Yamalube super sport.
Tapi kalau lihat di websitenya, blue core masih belum ada. Yang sepertinya mirip adalah yamalube eco plus:
Yamalube eco plus ini sepertinya cuma ada di thailand saja. Di keterangan oli Yamalube Eco plus disebutkan:
– ชื่อผลิตภัณฑ์ : Yamalube 4-AT MB 10W-40 ECO PLUS
– ชนิดเกรดน้ำมัน : เกรดรวม(Multi Grade)
– มาตรฐานคุณภาพ : JASO MB
– ระดับความหนืด
– 10W-40
– เติมสารลดแรงเสียดทาน(Friction modifier)
– เติมสารปรับค่าความหนืด(Viscosity modifier)
Yang penulis tahu itu ada friction modifier dan viscosity modifier. Biasanya friction modifier untuk oli motor itu adalah moly. Sementara viscosity modifier sepertinya adalah VI Improver. VI improver gunanya membuat biar oli nggak gampang encer kalau panas.
Keduanya merupakan hal yang lumrah ditambahkan pada oli motor. Mungkin konsentrasinya dibuat lebih tinggi sehingga jadi disebut eco plus.
gimik
SukaSuka
Aq malah pake oli Deltalube !
SukaSuka
sip
SukaSuka
Oli Yamalube ini kalo dikasih minyak goreng maka akan jadi lebih bagus juga gak buat mesin?
SukaSuka
Iya, akan lebih bagus. Sudah ada yang coba dengan yamalube sport dan super sport.
SukaSuka
Klo bahan monolec itu apa Maz ??
SukaSuka
dari penjelasan sepertinya sifatnya anti wear, bukan aditif friction modifier, bukan aditif extreme protection.
Katanya aditif tersebut bekerja ketika lapisan oli sudah tidak lagi melindungi. Bereaksi terhadap panas membentuk lapisan pelindung, tapi bisa terurai dan tidak bikin kerak, juga meningkatkan sifat oli yang lain. ini mirip sifat aditif zddp.
Monolec Proprietary Liquid Additive Technology
SukaSuka
Trima kasih Infonya
SukaSuka
Trima kasih buat Penjelasannya… Klo bahan DUOLEC Itu apa Maz??
SukaSuka
Sepertinya campuran aditif anti wear dan extreme protection.
DUOLEC™
SukaSuka
Trima kasih buat Infonya ! Pantes olinya LE Mahal banget .
SukaSuka
sip
SukaSuka
Ane kapok pake yamalube…
Yamalube supersport di r25 cuma 800km udah ga enak…
SukaSuka
film strength / shear stability kurang ya.
SukaSuka
Apa yang revolusioner ?
Ya jelas2 namanya revolusioner kangbro…
“BLUE CORE” lubricants.
Siap2 mengalahkan oli sesat anda2 semua. ngoahahahaha.
Padahal yang pernah pakai oli sesat juga tahu kalau oli sesat masih lebih baik.
SukaSuka
ha ha, betul.
SukaSuka