Pipermoto J motor matik kencang dengan mesin KTM Duke 690cc


Penulis menemukan ada motor scooter menarik. Motor ini bukan scooter yang bodinya dibuat sporty, tapi mesinnya yang dibuat sporty. Secara bodi biasa saja, malah dikesankan kuno, tapi dalaman atau desain chassis sudah seperti motor sport, setir saja pakai triple clamp:

Nama scooternya adalah Pipermoto

Yang paling luar biasa adalah motor ini dilengkapi dengan mesin dari motor KTM LC4 Duke dengan kapasitas 690cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 48,9 kw. Dengan dry weight 160 kg maka motor ini sudah benar benar setara dengan performa motor sport semacam CBR600RR.

Konsepnya beda dengan motor matik lain yang bodinya dibuat sporty / modern, atau seperti contoh berikut:
Vario Ini Bertransformasi Jadi Sport Full Fairing

Walau dengan performa motor sport, bodi tetap dipertahankan ala scooter vespa model lama

Spedo dan tachometer juga dipertahankan pakai analog:

Motor ini rasanya nggak pakai bagasi karena sepertinya ruang habis untuk mesin:

Sayang kalau kap diangkat tidak bisa diduduki. Nggak bisa jadi scooter naked.

Seperti motor sport, motor scooter matik ini tidak ada standar tengah. Cuma standar samping saja.

Bila dilihat bahwa bagian bawah terlihat ramping, ini memang disengaja karena motor matik ini didesain untuk bisa rebah rebahan

Yang membuat tampilan agak janggal adalah karena setangnya terlihat seperti batangan. Karena memang spedo dan lampu letaknya di bodi:

Desainer sepertinya memang pingin mempertahankan gaya klasik karena lampu lampu semuanya model ala skuter vespa klasik

Piper sendiri merupakan desainer terkenal yang pernah bekerja sebagai race engineer ataupun desainer di dunia balap, seperti lemans atau F1.

Contoh prestasi adalah sebagai kepala desain untuk Ford Indigo.

Menurut scooterlab, harga perkiraan motor Pipermoto J Series adalah harga motor KTM Duke 690 ditambah £22,000 sampai £24,000.

The current estimate is the cost of a KTM Duke to use as a donor vehicle, plus £22,000 to £24,000

Harga KTM Duke 690 di UK adalah £7799.00. Naiknya lumayan tuh. Spek mesin yang dipakai juga sepertinya KTM lama karena KTM 690 yang baru itu tenaganya 55kw.

With this gem of an engine now breathing more freely thanks to the standard Akrapovic slip-on exhaust, the engineers have managed to extract a whopping 75 hp (55kw) from the trademark 690 cm single thumper; unseen in the monocylinder motorcycle world. How it happened? They completely reworked the cylinder head, inserted a new, ultra light and extremely strong piston and connection rod, rerouted the air intake through a resonator chamber and provided the improved crankshaft with new sleeve bearings. As a result, the powerband could also be made a thousand rpm wider, which means an even more uniform power delivery, especially in the mid to high rev range. Twin ignition featuring plug-selective mapping, rock solid but featherweight internals and optimized intake and exhaust systems cultivate this massive mono to be as strong as it is smooth, assisted by an advanced ride-by-wire system which guarantees great refinement as well as low fuel consumption and emission figures.

Saingan terdekat mungkin adalah BMW C 650 SPORT, mesin 650cc 44kw dengan unladen weight 249kg.

Atau mungkin Honda Integra, mesin 745cc 40,3kw dengan kerb weight 238kg.

Agak jauh untuk Yamaha TMAX DX, mesin 530cc 33,8 kw dengan wet weight 216kg

J Series – technical specification

Engine: KTM LC4 Duke
Displacement: 690 cc
Power: 67.05 Hp (48.9 kW)
Performance: 0–60mph 4.0secs, top speed 120mph
Dry weight: 160 Kg
Weight distribution: 50-50
Max lean angle: 52°
Frame: Chrome molybdenum tubular steel space frame, TIG welded
Bodywork: Carbon/epoxy woven composite pressure cured

Ignition system: Contactless, fully electronic with digital ignition timing adjustment
Lubrication system: Semi-dry sump with 2 Eaton oil pumps
Cooling system: Liquid with twin high efficiency aluminium core radiators and electric thermostatically controlled cooling fan
Exhaust: Stainless steel with catalyser
Gearbox: 6 Speed electronically shifted by GCU software and handlebar finger paddle switch
Starter: Push button electric
Transmission type: O ring roller chain

Front tyre: 120/70 X 17?
Rear tyre: 160/60 x 17?
Battery: Gel type maintenance free 12V x 8.6Ah
Wiring loom: Mil spec ruggedized loom
Bore x Stroke: 102.0 x 84.5mm
Compression ratio: 11.8:1
Fuel tank: 14Ltrs with internal submerged electric fuel pump
Fuel system: Electronic Injection

Front brake: Brembo 4 piston radial caliper with 320mm dia disc
Rear brake: Brembo single piston floating caliper with 240mm dia disc
Front forks: KTM WP 43mm dia. upside down twin telescopic
Front geometry: Rake 25°- Trail 100mm
Front wheel travel: 150mm
Rear suspension: Concentric spring and ExeTC remote 2 way damper reservoir operated by push rod and rocker, with rising rate
Rear wheel travel: 120mm
Wheelbase: 1500mm

Video di jalan ada, tapi diperlihatkan cuma sekilas.

Iklan

One thought on “Pipermoto J motor matik kencang dengan mesin KTM Duke 690cc

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s