PGM V8 motor naked mahal tanpa electronic aids tapi tenaganya gila 334hp berat 242kg dirancang mekanik WSBK, motogp dan F1


Penulis benar benar terpukau oleh motor PGM V8 yang diposting oleh monkeymotoblog.com:
PGM Motorcycle, 2000 CC, V8, 334 Daya Kuda, PARAH!

Beberapa detil yang menarik yang disebutkan di website resmi PGM V8 diantaranya adalah:

The curved shape of the large capacity radiator ensures the 2.0 litre engine stays cool under all conditions.

Dikatakan bahwa radiator raksasa memastikan mesin tetap dingin di semua kondisi. Lihat saja radiatornya, gede banget:

In addition to the carbon silencers required for road use, the PGMV8 comes supplied with a handmade MotoGP style system. This free flowing system delivers a howl reminiscent of a 1970’s F1 V8.

Dikatakan bahwa knalpot menggunakan sistem free flow ala yang di MotoGP, sehingga suara jadi mirip mobil F1 tahun 1970-an.

Dan memang suaranya keren banget.

 

The absence of electronic aids ensures a pure riding experience.

Dikatakan bahwa motor ini tidak dilengkapi electronic aids. Electronics aids itu maksudnya sistem pembantu electronic terutama traction control. Di rem juga tidak terlihat kabel sensor kecepatan ABS ataupun unit sensornya, jadi sepertinya motor ini memang tanpa ABS, ala motor balap:

Tapi di spek disebutkan pakai drive by wire dan spedo sudah full digital yang sepertinya pakai layar LCD yang bisa full color, nggak cuma dua warna.

 

A true V8 motorcycle engine with integral gearbox and clutch.

Dikatakan bahwa mesin motor adalah mesin V8 khusus untuk motor betulan dilengkapi dengan gearbox dan persneling terintegrasi. Ini mungkin maksudnya menyindir motor yang mencomot mesin dari mobil. Dari sisi mesin sih jelas terlihat itu bukan comotan dari mesin mobil. Ukurannya ringkas banget untuk mesin V8 2000cc dengan tenaga 334 hp, dengan berat 242kg wet with fuel, water and lubricants :

Sebagai perbandingan berikut Boss Hoss V8, mesin 6200 cc 445hp, GVWR 1675 lbs (760kg):

Dibanding dengan Kawasaki ZX-14R, 1450cc 4 silinder, tenaga 184hp on wheel, berat 269kg

 

Akrapovic, Brembo, Marchesini, Motec, Ohlins…only the best.

Dikatakan bahwa motor hanya menggunakan komponen merek terkenal. Berikut beberapa contohnya:

 

Motor ini didesain oleh tim yang merupakan pakar dari dunia balap:

Paul G Maloney: A qualified engineer, with more than 20 years working in WSBK, MotoGP and F1. Specialises in engine development, dyno testing and engine management systems.

Clayton Stairmand: Vastly experienced Engineer. Over 20 years experience in Computer aided Engineering, tooling design, project management and manufacturing.

Neville Hazelman: Fastidious craftsman. Over 40 years of motorcycle fabrication and racing. Consultant to International OEM motorcycle development projects. Experience in engine preparation for WSBK and ASBK. Quality control, engine assembly and testing and general fabrication.

Seanr Chhean: Bachelor of Industrial Design. background in tuning and race preparation. Brings a valuable combination of aesthetic design and an innate understanding of motorcycles to the PGMV8 project.

 

Sepertinya sebelumnya didesain sebagai motor fairing, entah mengapa kok hasil akhir jadi motor naked:

 

Harga dikatakan $228K (dolar australia):

Harga Boss Hoss sekitar $50K. Harga Kawasaki ZX-14R $20K.

 

Spesifikasi resmi:

Engine
Configuration: 90 degree V8
Capacity: 1996cc
Bore/stroke: 77 x 54mm
Compression ratio: 13:1
Cylinder Head: DOHC, five valves per cylinder
Cooling: Liquid
Fuelling: 8 x 45mm Mikuni Drive-By-Wire throttle bodies
Engine Management: Motec M130 ECU and software.
Power: 334HP@ 12,800rpm (At the countershaft sprocket)
Torque: 214Nm @ 9,500rpm (At the countershaft sprocket)
Exhaust: 2 x 4-2-1 titanium
Transmission
Type: Six speed sequential gearbox
Clutch: Wet, multi plate
Final Drive: Chain (17/45)
Chassis
Rake: 25.5 degrees
Trail: 107mm
Material: Front – Chrome-moly tube trellis
Rear – CNC machined Aluminium
Suspension
Front: Ohlins FGRT301 48mm USD forks… fully adjustable
Rear: Ohlins TTX Mk2 shock, with custom link
Wheels/tyres
Front: 17.0 x 3.50 Marchesini 10 spoke, forged aluminium
120/70ZR-17 Michelin Pilot Power 3
Rear: 17.0 x 6.00 Marchesini 10 spoke, forged aluminium
190/50ZR-17 Michelin Pilot Power 3
Brakes
Front: Brembo GP4 Nickel plated calipers on 320mm discs
Rear: Brembo P4-34 Nickel plated caliper on 220mm disc
Dimensions
Weight: 242kgs wet with fuel, water and lubricants
Weight bias 51/49 front to rear static
Seat height: 840mm
Wheelbase: 1540mm
Fuel capacity: 16.5litres
Performance
Top speed: How brave are you?
Iklan

11 thoughts on “PGM V8 motor naked mahal tanpa electronic aids tapi tenaganya gila 334hp berat 242kg dirancang mekanik WSBK, motogp dan F1

  1. Mesinnya pake basis Yamaha R1 5 valve, edisi 2004-2006, terlihat dari bentuk head dan blok silinder yg sama. Sepasang blok engine Inline 4 Screamer yg digabung sedemikian rupa maka jadilah mesin V8 Screamer.

    Suka

  2. Yamaha harus ikutan terjun ke kelas ultimate nih, pakai mesin V8 juga. Daripada ngekor kompetitor pasang Turbocharge/Supercharge mending pakai mesin naturally aspirated V8, pasti banyak orang suka karena suaranya:)

    Suka

  3. 4 vertikal dan 4 horizontal mantap! Pintar sekali yg rancang posisi mesin itu
    – getarannya dibuang langsung ke bawah
    – penempatan radiator pas tdk melebar
    – selang radiator rapi lurus langsung ke belakang

    Harganya belum publish ya?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s