Kumpulan informasi cara kerja combi brake system motor matik Honda dan caranya agar bisa lebih aman


Berikut ini gambar dan video penjelasan cara kerja CBS motor matik Honda yang penulis kumpulkan dari berbagai sumber. Penulis juga tambahkan rekaman pribadi penulis untuk melengkapi agar lebih jelas mengetahui cara kerja dari sistem rem combinya motor matik Honda.

Istilah istilah yang dipakai pada teknologi rem dijelaskan pada gambar berikut:
Teknologi Combi Brake

Penjelasannya:

Mekanisme kerja CBS ini berada pada 2 titik sentral, yakni knocker join dan equalizer box, serta conecting cable. Knocker merupakan tuas rem, pada CBS knocker rem depan terpasang sebuah knocker joint. Ketika rem depan ditekan, knocker joint sama sekali tidak bekerja, karena fungsi utama knocker joint ini adalah mendorong rem depan bekerja saat rem belakang ditekan oleh pengendara.

Ketika rem belakang ditekan, maka equalizer box yang terpasang di posisi dekat knocker rem belakang langsung bekerja, selain menarik rem belakang, equalizer box juga akan menarik rem depan. Mekanis yang ada didalam equalizer Box langsung mengatur kekuatan pengereman sehingga dapat dicapai pengereman berimbang dan maksimal.

Intinya pada komponen tuas rem depan dipasangi alat yang fungsinya menarik tuas rem depan bila rem belakang ditekan. Dibuat searah sehingga saat rem depan ditekan, rem belakang tidak ikut ketarik.

Dilihat dari bawah:

Dilihat dari sisi pengemudi:

Dilihat dari depan motor:

Gerakan yang terjadi pada rem depan bisa dilihat pada video penulis berikut, sebagai catatan, sistem CBS di motor ini sudah dirusak, setelannya sengaja dibuat salah sehingga lebih aman karena menekan tuas rem belakang tidak begitu menarik tuas rem depan.

 

Di dekat tuas rem belakang ada alat yang gunanya membuat tarikan kawat dari tuas rem bisa menarik kawat rem belakang dan kawat yang lari ke komponen tuas rem depan. Video berikut memperlihatkan dengan jelas alat tersebut:

 

Pada saat pemakaian, jarak main yang pendek pada komponen di tuas rem depan mencegah kawat dari rem belakang menarik terlalu banyak. Paling tidak itu yang terjadi bila dipakai di jalan kering. Di jalan basah, jarak main yang dianggap cukup pendek itu terasa kurang pendek, sehingga rem depan jadi terlalu pakem. Di jalan licin atau bila sedang berbelok pemakaian CBS bisa membuat ban depan ngelock dan selip atau jatuh.

Walau dikatakan equalizer, alat yang di dekat tuas rem belakang itu bekerja tetap mana yang ringan dulu yang ketarik. Kawat yang ke tuas rem depan jauh lebih pendek daripada kawat yang ke tromol rem belakang, logikanya yang ke tuas rem depan tarikannya lebih ringan. Sebagai efeknya, kalau tuas rem kiri ditekan, maka tuas rem depan ketarik terlebih dahulu. Ditambah dengan rem depan yang lebih sensitif, membuat mengaktifkan tuas rem CBS akan mengaktifkan rem depan terlebih dahulu.

Ringannya kawat rem depan ini juga bisa dirasakan bila kita menekan tuas rem belakang terlebih dahulu. Bila pada saat itu kita menekan tuas rem depan, maka tuas rem belakang akan terasa tertarik juga.

Hal ini juga bikin masalah bila kita sedang menekan tuas rem depan cuma sedikit (untuk ngerem depan sedikit), lalu kita menekan tuas rem belakang. Karena masih ada jarak main, maka tuas rem depan akan juga ketarik sehingga membuat rem depan jadi tertarik berlebihan dan ban depan bisa ngelock.

 

Menurut penulis ada beberapa solusi yang bisa dilakukan agar rem CBS lebih aman.

  • membuat rem belakang sensitif juga, disetel rapat. Problemnya ini membuat parking brake lock tidak bisa dipakai karena tuas rem belakang ditekan sedikit sudah mentok, kuncian PBL jadi tidak bisa dipakai.
  • equalizernya di modif sehingga dijamin rem belakang dulu yang ketarik, misalnya dengan membuat tarikan dari tuas rem tidak di tengah tapi lebih dekat dengan yang lari ke tromol rem belakang.

    Problemnya cuma honda yang bisa melakukan / eksperimen rasio yang pas.
  • cara yang terakhir adalah dengan merusak sistem CBS. Kalau menurut anjurannya kita harus menyetel baut setelan agar saat kita menarik tuas rem kiri, yang kanan ikut ketarik dan rem depan juga mengerem.
    TRAIL : Setel Rem Combi Brake System (CBS)

Video demo penyetelan CBS:

 

Nah, kita lakukan yang sebaliknya:

Dengan melakukan penyetelan seperti diatas, ada jarak main bebas, maka saat kita menekan tuas rem belakang, maka rem depan tidak ikut ngerem. Pengereman bisa dilakukan seperti motor normal lainnya. Tapi jangan mendahulukan rem depan ya.

 

Alternatif penjelasan di blog lain:
KUPAS TUNTAS COMBINED BRAKE SYSTEM (CBS) DAN PARKING BRAKE LOCK (Fitur Unggulan Vario CBS Techno)

Iklan

3 thoughts on “Kumpulan informasi cara kerja combi brake system motor matik Honda dan caranya agar bisa lebih aman

  1. untungnya saya ndak ada masalah dgn CBS d vario wantufif saya, bisa mengerem dengan baik d kondisi basah dan kering tanpa bikin slip ban depan
    bukan membela honda tp sekedar pengalaman 2 tahun nunggang vario wantufif esp CBS ISS

    Suka

    • Ok, terima kasih sharingnya, memang tidak semua pemakai akan bisa merasakan bahaya dari CBS. Yang lebih merasa itu bila yang sering lewat tikungan panjang, jalan licin macet atau yang ngeremnya depan dulu lalu belakang. Kadang ada yang mekaniknya baikan CBSnya dirusak biar aman.

      Suka

  2. […] Perhatikan bahwa di motor Honda PCX 150, menarik rem kiri tidak ikut menarik rem kanan. Sementara itu sistem combi brake murahan yang ada di Honda Beat ESP (juga pada CBS Honda matik lokal yang lain) kalau rem kiri di tekan ya yang kanan juga ikut ketarik. Kumpulan informasi cara kerja combi brake system motor matik Honda dan caranya agar bisa lebih aman,… […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s