Suzuki Boulevard S40 motor duk duk satu silinder 650cc dengan performa dan harga mirip ninja 250


Sebelumnya penulis sudah membahas soal Honda yang ingin masuk pasar motor duk duk satu silinder. Kemudian juga soal Mahindra yang mengakuisisi pabrik motor legendaris BSA dan Pininfarina untuk produksi motor duk duk satu silinder juga.

Ternyata ada pabrikan jepang yang punya produk motor duk duk satu silinder, yaitu Suzuki dengan motornya Boulevard S40.

 

Motor ini menarik karena mesinnya adalah satu silider 650cc, dengan pendingin udara. Ini membuat mesin irit dengan tenaga yang lumayan.

Hal yang istimewa di motor ini adalah sistem penggerak roda yang menggunakan belt. Jadi sudah mirip sinnob belt yang penulis pernah bahas sebelumnya. Dan ini sudah dipakai sejak lama.

Spedo ditempatkan di tangki ala motor lama, kunci juga diletakkan di bodi bagian kiri:

Mungkin karena masih pakai karbu, maka motor ini tidak lagi dijual di Eropa. Penulis menemukannya di website resmi Suzuki di Australia.

Spec singkat Suzuki Boulevard S40 adalah 652cc, 4-stroke, air-cooled, single cylinder, SOHC, 23 kW at 5400 rpm, 50 Nm at 3400 rpm, Wet Weight 172 kg.

Perbandingannya Kawasaki Ninja 250, 249 cm3, 4-Langkah / Tak, Pendinginan Air, Dua Buah Sejajar, 23.5 kW / 11,000 RPM, 21.0 Nm / 10,000 RPM, 172 kg.

Harga Suzuki Boulevard S40 di Australia adalah $7,990. Sebagai perbandingan harga Honda CRF 250 Rally untuk Sydney Australia adalah $8,322. Harga CRF 250 Rally di Indonesia sekitar 63 juta rupiah. Harga Ninja 250 adalah 59,5 juta rupiah.

Sip juga motor duk duk satu silinder 650 cc bisa punya harga, tenaga dan berat mendekati motor sport 250cc. Dengan torsi dua kalinya.

Suara bisa didengar di video video berikut:

Yang ini bila pakai knalpot harley:

 

Spesifikasi Suzuki Boulevard S40 2015

Make Model Suzuki Boulevard S40
Year 2015 – 16
Engine Four stroke, single cylinder, SOHC
Capacity 652 cc / 39.8 cu-in
Bore x Stroke 94 x 94.0 mm
Cooling System Air cooled
Compression Ratio 8.5:1
Lubrication Wet sump
Induction Mikuni BS40
Ignition Transistorized
Starting Electric
Max Power 23 kW / 31 hp @5400 rpm
Max Torque 50 Nm / 5.1 kgf-m / 37 lb-ft @3400 rpm
Clutch Wet, multiple discs, cable operated
Transmission 5 Speed
Final Drive Belt
Front Suspension Telescopic 38 mm stanchions, coil spring, oil damped
Front Wheel Travel 140 mm / 5.5 in
Rear Suspension Twin shock, 5-way adjustable spring preload
Rear Wheel Travel 80 mm / 3.1 in
Front Brakes 265 mm Single disc
Rear Brakes Drum, rod operated
Front Tyre 100/90-19 57H, tube type
Rear Tyre 140/80-15 67H, tube type
Rake 35°
Trail 147 mm / 5.8 in
Dimensions Length 2180 mm / 85.8 in
Width 720 mm / 28.3 in
Height 1105 mm / 43.5 in
Wheelbase 1480 mm / 58.3 in
Seat Height 700 mm / 27.6 in
Ground Clearance 135mm / 5.3 in
Dry Weight 160 kg / 352 lbs
Wet Weight 172 kg / 380 lbs
GVWR 356 kg / 785 lbs
Fuel Capacity 10.5 Litres / 2.6 US gal
Iklan

One thought on “Suzuki Boulevard S40 motor duk duk satu silinder 650cc dengan performa dan harga mirip ninja 250

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s