Honda CBR150R di sini dibully karena tenaga kalah sama Yamaha R15 V3 itu nggak ada apa apanya dengan yang terjadi di Thailand


Penulis baca perbandingan antara R15 baru dengan CBR150R di website thailand agak bingung karena menyebut seperti ini:
The 2017 Yamaha YZF-R15 vs Honda CBR150R

People have asked me, why the latest Yamaha YZF-R15 is the better 150 class sportbike in Thailand. The engine and performance figures for the Honda CBR150R has not much changed since it was reintroduced with PGM-FI (fuel-injection) system.

Katanya Yamaha R15 motor di kelas 150cc yang lebih baik karena mesin dan performa Honda CBR150R tidak banyak berubah semenjak diperkenalkannya sistem injeksi PGM-FI.

Itu sesuatu yang aneh karena yang penulis tahu Honda sudah ganti mesin dari K45A yang fokus di rpm tinggi ke K45G yang fokus di rpm menengah. Karena penasaran, maka penulis coba browsing ke website Honda Thailand, dan akhirnya jadi paham. Karena ya ampun ternyata yang dijual itu masih produk Honda CBR150R yang lampunya satu terbelalak, kode K91:
Honda CBR150R

Ada dua versi Honda CBR150R thailand, K91A dan K91F, namun penulis tidak tahu bedanya.

Penulis cari cari beritanya di website tersebut tidak menemukan berita soal memperkenalkan Honda CBR150R K45A ataupun K45G.

Honda CBR150R inilah yang diekspor Thailand ke Bangladesh:
Honda CBR150R 2016 Thailand Version – First Impression

Memang sih Honda CBR150R K45 itu produksi Indonesia. Mungkin Honda Thailand nggak mau jual buatan Indonesia.

Update: bro Warung Biker beritahu bahwa gambar yang penulis posting salah CBR250R. Maaf ya, karena memang mirip banget. Sekalian penulis posting dua duanya biar bisa membedakan:
Honda CBR250R:
Honda CBR 250R Hadir Dengan Tampilan Baru

Honda CBR150R K45A:
All New Honda CBR 150R 2014 Resmi Dirilis

Honda CBR150R K45G

 

Sementara itu R15 yang baru sudah diperkenalkan di website resmi Yamaha Thailand:
All New YZF-R15 2017

 

Mungkin selera beda, atau memang pasar motor sport 150cc dianggap nggak penting oleh Honda Thailand. Karena di sana Bobber sudah ada duluan. Begitu juga motor matik Scoopy, Zoomer, PCX dan MSX.

Soal kualitas mesin, buatan Thailand sudah terkenal lebih sip. Suara mesin lebih halus dan tenaga lebih kuat. Teman penulis yang di thailand pun punya CBR150R tahun 2003 yang masih karbu bisa sampai 14 ribu rpm setelah dikasih pro capacitor dan thehulleffect. Padahal lain lain standar.

Kalau di sini saja dengan Honda CBR150R K45G yang tampilannya sudah sporty begitu sudah kena bully gara gara tenaga kurang, apalagi kalau modelnya masih K91 seperti yang di thailand itu ya? Lampu masih halogen, spedo masih analog, tampilan kuno, knalpot nggak sporty, dst.

Iklan

16 thoughts on “Honda CBR150R di sini dibully karena tenaga kalah sama Yamaha R15 V3 itu nggak ada apa apanya dengan yang terjadi di Thailand

    • Mungkin bukan tidak berani tapi dianggap nggak layak, yang di Indonesia sendiri bilang memang bukan untuk ekspor. Atau mungkin jengkel karena bodi CBR250R nya dicomot lalu diberi mesin 150cc πŸ™‚ .

      Disukai oleh 1 orang

  1. Ga salah klo Thailand pilih CBR k91 mata satu, soulnya masih murni CBR asli, sport tp elegannya dpt bgt kya gbr paling atas, karakter mesin pun khas seharusnya cbr. ga kya CBR lokal sini yg udh ga jelas, menggadaikan trahnya cuma buat niru R15.

    Belum lagi ngomongin masalah kualitas cbr trbaru lokal yg mungkin ga bisa nyampe standar mereka.

    Suka

        • Maksudnya dijelaskan di sumber ini:
          iwanbanaran.com – Apakah kualitas material Honda CBR150 versi lokal nanti setara dengan Versi Thailand??….

          ” K45 itu lagi di garap oleh pihak AHM, CBR local itu memang tidak sama dengan CBR Thailand. AHM akan terus jual CBR Thai, jadi dijual bersama-sama dengan CBR local. Banderol memang beda jauh, mesin secara kasat mata memang sama, tetapi materialnya sangat berbeda untuk menghemat cost. Bisa dibuktikan dengan material mesin K15 berbeda dengan material mesin CBR150 Thai. Jadi performancenya tidak akan setara dengan CBR Thai. Sebab kalau seandainya AHM berani menggunakan material mesin yang sama persis dengan CBR Thai, banderol tidak akan semurah ini…

          Pihak Jepang juga sudah menyetujui perbedaan material ini. Karena mesin CBR150R aslinya bukan mesin biasa yang bias menggunakan material biasa, kalo pun materialnya di down grade, itu bakal sangat berpengaruh sama performancenya. Karena itu plan AHM motor K45 itu untuk pasaran local aja dan kalau K45 seandainya akan di export ke luar negeri, material mesin revisi ulang, material mesin akan disamakan dengan CBR150R Thai. (khusus export). Untuk local material mesin akan sama dengan K15..β€œ

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s