Suzuki GD110HU motor ideal untuk kerja, model retro, diuji ekstrem, kursi nyaman juga untuk penumpang, rantai tertutup, irit dan murah tapi …


Motor Suzuki GD110HU atau Suzuki AX4 ini sudah ada di Thailand an Philipina tapi masih belum ada di Indonesia. Ini benar benar cocoknya buat motor kerja. Mesin halus dan irit. Tempat duduk nyaman baik untuk sendiri atau berdua. Ada pegangan penumpang. Rantai ditutupi. Model retro jadi nggak kelihatan kunonya. Suspensi belakang dobel, sehingga dijamin kuat bawa barang.

Motor juga dijamin bandel Suzuki, pengujiannya saja ekstrem seperti berikut ini:

Lampu depan menurut penulis masih lebih bagus daripada lampu kotak besar:

Speedometernya “digital”, kok nggak ada meteran bensin ya? tapi tangki bensin bisa diisi lebih dari 9 liter:

Ada Kill switch, tapi nggak kelihatan electric starter ya?

Suspensi belakang adjustable, ada dua, sehingga nggak takut ambles:

Penumpang dikasih pegangan tangan, bisa untuk bawa barang juga:

Untuk keamanan dan awetnya rantai, sudah pakai penutup rantai juga:

Spakbor depan juga lumayan panjang walau nggak ada radiatornya:

Dari harga juga termasuk murah, di thailand motor ini dijual seharga dengan motor Suzuki Smash FI.

 

Namun ada beberapa hal yang bisa jadi kelemahan. Salah satunya soal mesin yang cuma 113cc. Tenaga cukupan 6kw, setara lah dengan motor 110cc lain. Namun biasanya orang Indonesia ini pilih pilih. Nggak penting tenaganya setara motor 110cc yang penting ccnya 150cc.

Katanya sih tenaga difokuskan di rpm rendah menengah. Mungkin karena memang tujuannya untuk bawa barang seperti dicontohkan berikut ini:

Motor ini masih pakai karbu. Tapi pakai karbu vakum yang terkenal irit. Buktinya motor Suzuki Spin penulis yang 125cc saja bisa dibuat sama iritnya dengan motor Honda Beat ESP 110cc. Tapi tetap, orang masih pada cari yang injeksi.

Yang penulis nggak sreg itu bentuk joknya. Sama sekali nggak ada modelnya. Honda Win saja masih lebih nyeni. Tapi panjang sih. cocok untuk yang keluarganya banyak.

Padahal ada juga tipe GD110 yang joknya lebih bagus:

Tutup tangki sih klasik:

Entah orang Indonesia bakal suka tutup tangki yang timbul atau tidak:

Lampu belakang juga penulis nggak suka:

Kelemahan yang termasuk fatal adalah rem depan pakai tromol. Pola ban khas seperti jaman dulu.

 

Penjelasan Suzuki tentang latar belakang desain dari Suzuki GD110HU AX4 bisa dilihat di video ini, katanya sih buatan Cina tapi kualitas tetap Suzuki:

 

Spesifikasi Suzuki GD110HU / AX4:

Engine Specifications
MAX POWER 6.0kw/8,500rpm
MAX TORQUE 8.53Nm / 5500RPM
ENGINE TYPE 4-Stroke, Single Cylinder, SOHC
BORE X STROKE 51.0mm x 55.2 mm
ENGINE DISPLACEMENT 112.8cc
COMPRESSION RATIO 9.5:1
FUEL SYSTEM Carburetor
COOLING SYSTEM
LUBRICATION Wet Sump
STARTING Kick
IGNITION SYSTEM CDI
ENGINE OIL 900 ml
TRANSMISSION TYPE 4 Speed, All Down
CLUTCH TYPE [PRIMARY] Wet multi disc
Chassis
SUSPENSION FRONT Telescopic, Coil Spring, Oil Damped
SUSPENSION REAR Swingarm Type, Coil Spring, Oil Damped, Sping Pre-Load 5-way Adjustable
TIRE SIZE FRONT 2.5-17 38L
TIRE SIZE REAR 2.75-17 41P
BRAKES FRONT Drum
BRAKES REAR
FUEL TANK CAPACITY 9.2L
Dimensions
LENGTH X WIDTH X HEIGHT 1,900mm X 750mm X 1,050mm
WHEELBASE 1,215mm
GROUND/ROAD CLEARANCE 140mm
CURB MASS 108kg
SEAT HEIGHT 766mm
Iklan

28 thoughts on “Suzuki GD110HU motor ideal untuk kerja, model retro, diuji ekstrem, kursi nyaman juga untuk penumpang, rantai tertutup, irit dan murah tapi …

    • Bisa aja suz bikin GD150 ya.. air cooled kompresi kecil tenaga 13hp an aja, tinggal dipercantik (jok, ban, fuel indicator, desain buritan) tapi fitur jgn dikurang2in.. harga 16-17jt bakal jauh lebih worth dibanding maxi scootnya honda (vorza)

      Suka

        • Wih cakep, udh pake penutup di shock depan (ga tau namanya apa) segala. Ni motor bisa jawab kebutuhan org2.. tapi giliran tampak depannya ga suka, desain spakbor depan jg ga suka hahaha

          * Kalo naked-sport mending jgn yg mesin air cooled om.. mending jadiin gaya turing sekalian

          Suka

  1. Overall, suka. Kalau ada lokalnya pengen tarik satu (apalagi seharga Smash saja!), unik, klasik, tua look tapi mesin buatan sekarang bukan tua haha. Cuma, rante dibungkus apa ga bakal berisik? Belum pernah lihat/cek langsung ….

    Suka

  2. Tumben gaya nulisnya rada lucu… 😀
    Cocok juga buat anak anak sekarang. Andai banyak wira wiri di jalan, pasti mirip era 70an. Jalanan jadi adem ayem gak srunthulan. Kalau pun srunthulan bakal jadi lucu lucuan…. 😀

    Suka

  3. Weh jelek banget om, mirip mirip thunder 125.

    Masi mending kawasaki estrella 250, atau thunder 250.

    Kalo ane mending pilih RX KING 135, HEHEHE

    Suka

  4. Masih bagus desain thunder 125. Mengapa pas ar motor sport retro masih jarang di lirik pabrikan di Indonesia ya, Suzuki bisa bangkitkan thunder dengan desain Motorsport retro modern, pasang mesin dari GSX 150 😀

    Disukai oleh 1 orang

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s