Suzuki GSX250R di Inggris jadi beginner sport bike dengan tenaga paling lemah tapi enak dipakai harian dan touring .


Sebelumnya penulis pernah membahas soal Suzuki GSX250R:
Video klip Suzuki GSX250R yang baru 2017 oleh Young Machine

Penulis baru tahu bahwa walau modelnya sport, Suzuki GSX250R itu ternyata memang tidak fokus pada tenaga, tapi pada kenyamanan atau kemudahan dikendarai. Semboyannya saja adalah motor sport yang enak dipakai harian dan touring:

Oleh karena itu walau 250 cc tapi tenaganya lemah, cuma 25 PS, setara sama CRF 250 Rally, sama sama cari torsi.

Tenaga lemah ini membuat motor lebih irit. 91.8MPG itu setara 39km/liter.

Harga jual pun dibuat lebih murah dari motor sport 250cc dua silinder yang lain. £4,299 untuk standard, £4,399 untuk warna motogp.
Harga Suzuki GSX250R

Sebagai perbandingan Yamaha R3 dijual seharga £ 5,199.00, tenaga 42PS. Honda CRF250 Rally dijual seharga £5,329.00, tenaga 24.4hp. Kawasaki Ninja 300 dijual seharga £ 4,899, tenaga 39PS.

Lebih mahal dari Honda CBR300R yang harganya £3,999.00, mesin satu silinder tenaga 30hp . Kawasaki Ninja 250SL harganya £ 3,849 , mesin satu silinder tenaga 28PS.

Setara dengan harga Yamaha XMax 250:

 

Fitur fitur lain dari Suzuki GSX250R:
Mesin dengan rocker roller sehingga bisa lebih irit. Tenaga katanya juga disetel agar torsinya keluar di rpm rendah hingga menengah. Cam juga diatur untuk akselerasi maksimal di rentang kecepatan dari 12mph hingga 55mph (20km/jam hingga 88km/jam).

Keluaran knalpot digabung jadi satu. Setelan knalpot juga dioptimalkan untuk akselerasi maksimalnya di rpm menengah:

Speedometer digital inverted:

Lampu depan halogen. Menariknya ada air scoop di bawah kiri kanan lampu:

Lampu belakang LED:

Suspensi depan belakang katanya pakai Kayaba yang diperingan. Rem ABS pakai buatan Bosch tapi tanpa sensor miring sehingga ban masih bisa selip saat mengerem sambil menikung.

Setang clip on, tapi katanya dibuat untuk nyaman bisa dipakai keliling kota atau touring. Bagus juga karena nggak ada kabel yang menghalangi speedometer:

Posisi duduk juga sepertinya tidak terlalu membungkuk walau joknya split:

Video resmi:

Tes suara dan uji 0-100 lawan Ninja 250:

 

Spesifikasi Suzuki GSX250R:
Dimensions and Weights

Overall length 2085mm (82.09in) Overall width 740mm (29.13in)
Overall height 1110mm (43.70in) Wheelbase 1430mm (56.30in)
Ground clearance 160mm (6.30in) Seat height 790mm (31.10in)
Kerb mass 181.0kg (399.04lbs) Fuel capacity 15.0 litres (3.3UK gallons)

Engine Specifications

Engine capacity 248cc Engine 4-stroke, liquid-cooled, SOHC, parallel-twin
Bore 53.5 mm x 55.2 mm (2.11in x 2.17in) Compression ratio 11.5 : 1
Lubrication Wet-sump Ignition Electronic ignition
Fuel system Fuel injection Transmission 6-speed constant mesh
Drive Chain Starter Electric
MPG* 91.80 CO2 TBC
Power 18.4kW @ 8000rpm (25PS) Torque 23.40Nm @ 6500rpm (17.26lb.ft)†

Chassis Specification

Front suspension Telescopic, coil spring oil damped Rear suspension Swingarm type, coil spring, oil damped
Front brakes Disc brake Rear brakes Disc brake
Front tyres 110/80-17M/C 57H Rear tyres 140/55-17M/C 66H

24 respons untuk ‘Suzuki GSX250R di Inggris jadi beginner sport bike dengan tenaga paling lemah tapi enak dipakai harian dan touring .

  1. Disini diejek mocin padahal motor global, qc uk tembus.. gak pada ngaca produk dlm negerinya yg pake nama global malah gak diakui global (cbr150r / cbr250rr).
    Disini diejek mesin buatan cina makanya tenaga loyo.. pdhl power motor kan ilmu pasti, HRC pun kalo disuruh bikin mesin n/a 250cc, cr 11.5, diset peak di rpm 8000 ya dapatnya 25 ps jg..

    Suka

    • benar juga ya. walau memang beneran mocin juga kualitas belum tentu lebih jelek kalau bandingannya dengan CBR lokal. Apalagi standard suzuki itu tinggi. Soal tenaga memang sepertinya memang fokus untuk touring dan bukan untuk balapan.

      Suka

      • Pak admin, teman saya tadi baru saja bilang boleh Gixxer 150 menang top speed. Tapi ayo ajak tanjak-tanjak ke daerah Ibun (naik turun kaya puncak), GSX bakal kalah ma CBR 150R.

        Dari sisi apa bisa begitu? Kalau dirasa jawabannya panjang mohon beri saya artikel yg pernah bapak buat yang berkaitan dengan ini saja hehe. Thanks.

        Suka

        • saya bantu jawab..
          GSX150 punya power puncak di rpm tinggi,karakter mesin overbore,smentara CBR150 punya mesin overstroke yang punya power mulai keluar sejak rpm rendah, namun drop diatas rpm tinggi.
          sementara untuk jalan tanjakan butuh tenaga di rpm rendah,,makanyaGSX loyo kl diajak lewat jalan tanjakan.
          CBR150,GSX150 ataupun R15 akan kalah kuat dengan motor bebek kl di jalan yg banyak tanjakan, karena motor bebek punya power setara dengan motor sport di rpm rendah dengan bobot yg jauh lebih ringan.

          Suka

        • Wah saya cuma bisa mengira ngira. Dilihat dari hasil dyno, di rpm rendah tenaga gsx kalah sama cbr. Untuk bisa setara yang gsx harus pakai 500rpm lebih tinggi. Jadi kalau rpm nya disamakan, maka tenaganya jadi lebih lemah gsx. Torsi / sentakan juga beda, baru setara kalau gsx pakai 1000rpm lebih tinggi.

          Suka

          • Itu di kurva ada garis yang awal dan akhir titiknya ga beda jauh, cenderung sama. Mesin motor apa itu pak? Keren rata gitu. Kalau yang satu lagi dari rendah ke nanjak banget euy ya.

            Suka

            • Yang hijau GSX, merah CBR, Ungu R15. itu campuran grafik torsi dan tenaga. Yang tenaga di rpm rendah lemah, tenaga di rpm tinggi kuat, punya limiter juga lebih tinggi. Jadi memang pemakaiannya harus beda.

              Suka

        • Sbnrnya bisa2 aja gsx ngungguli cbr ditanjakan.. tp butuh teknik dan melelahkn sekali krn harus terus fokus gantung rpm.
          Jangankan cbr.. bebek gtr/mxking jg bisa karena gak perlu banyak usaha, tenaganya ngisi trs di rpm menengah ke bwh

          Suka

          • Boleh tau nama tekniknya atau sejenisnya. Saya mau coba mempelajarinya biar lebih kenal karakter motor ini. Thanks kang replynya.

            Suka

            • Rolling speed,, intinya pake rpm tinggi terus,,
              Kalo gsx mungkin rpm harus diatas 9000-10000 (NCB cukup di 6000-7000 rpm, karisma lebih rendah lagi)

              Teknik ala lorenzo, ngerem di jalan lurus, pas tikungan buka gas
              Usahakan jangan sampe tutup gas kecuali pas ngerem dan pindah gear
              Selalu buka gas dikit di tikungan, kalo terpaksa tutup gas, langsung turunkan gear

              Walau bisa ngimbangin di tanjakan, jangan bandingin konsumsi bensinnya
              NCB aja bisa dibawah 1:35 dengan teknik itu

              Suka

  2. saya pernah coba kejar.kejaran ma motor inazuma250 yg merupakan kembaran gsx250r dan saya memakai pulsar200ns. Hasilnya, saya bisa mengimbangi motor tersebut. Sepertinya, gsx250r atau inazuma menyasar untuk konsumen yg menyukai berkendara santai, bukan untuk pengendara agresif yg membutuhkan tenaga lebih.

    Suka

  3. Gsx250r = inazuma = thunder250

    Cocok buat perkotaan walaupun berat besar dan panjang, torsinya mantab.
    Ane pernah kejar inazuma, keteteran om…
    Kondisi lalin ramai lancar, R25 ane kalah… Padahal ane udah main 8000rpm tapi susah buat deketin. Begitu jalan lurus yg sepi baru deh bye bye… Hehehe…

    Suka

  4. Posisi GSX250R masuk di kelas street sportbike bukan di kelas supersport laiknya r3, ninja300. Tentu perbandingan yang kurang fair mengingat suzuki belum ada lineup untuk kelas supersport 250/300cc.
    Saya berharap Mudah2an Indonesia jadi motherplant Production supersport suzuki di kelas 250/300 nantinya. Agar lebih terjangkau untuk konsumen dlm negeri dan meningkatkan pendapatan negara melalui export.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.