Rangka deltabox untuk motor Yamaha cc kecil kekuatannya beda dengan rangka motor Yamaha untuk cc besar.


Dari menjawab pertanyaan bro loopback soal mengapa kok motor 250cc jaman dulu ringan ringan padahal 4 silinder, penulis baru sadar bahwa yang namanya delta box yang selama ini dikenal, di Vixion dan R15, ternyata beda dengan deltabox motor FZR250. Dan perbedaan inilah yang sepertinya menyebabkan mengapa Yamaha R25 justru nggak pakai deltabox.

Rangka Deltabox itu dijelaskan oleh Yamaha (sebagai rangka R15) sebagai berikut:

Rangka Deltabox yang kuat dan kokoh, membuat berkendara lebih stabil

Sementara Rangka diamond Yamaha R25 dijelaskan sebagai berikut:

Ramping, kompak dan ringan

Di penjelasan rangka R25 nggak ada kata kata kuat dan kokoh, tapi ada kata kata ringan. Di rangka deltabox nggak ada kata kata ringan. Jadi rangka deltabox terkesan lebih berat, tapi lebih kuat. Rangka diamond lebih ringan tapi kurang kuat.

Pernah ada kejadian rangka patah juga:
Rangka Yamaha R25 Patah, Apa Tindakan Kita ?

 

Tapi anehnya, mengapa kok motor Yamaha FZR250 yang pakai rangka diamond beratnya bisa lebih ringan dari R25 ?

Di spek resmi, berat Yamaha R25 adalah 166kg. Sementara Yamaha FZR250 beratnya 146kg. Lebih ringan 20kg padahal mesinnya 4 silinder.

 

Ini rasanya terjawab oleh info dari Yamaha berikut ini:
Yamaha Technology 1985: Aluminum Deltabox Frame

This frame was developed as a further evolution of the conventional steel pipe double cradle frame to achieve the high rigidity necessary to mount a high-performance engine on a supersport model. Its design was based on technologies garnered from the YZR500 GP competition machines. It is characterized particularly by its light weight and high rigidity made possible by the use of aluminum, enabling a 40% weight reduction compared to a conventional steel pipe frame.

Dikatakan bahwa rangka deltabox merupakan pengembangan dari rangka pipa baja double cradle untuk meningkatkan rigiditas lebih tinggi yang diperlukan untuk mesin berperforma tinggi di model supersport. Desain diambil dari teknologi motogp YZR500. Sifat ringan dan kuat dimungkinkan dengan pemakaian aluminium yang membuatnya 40% lebih ringan daripada rangka pipa baja.

Steel pipe double cradle frame di Yamaha RZ250:

 

Jadi yang bikin motor FZR250 itu ringan adalah karena rangkanya pakai aluminium.

Lalu deltabox sekarang itu seperti apa?

Rasanya bukan aluminium, tapi dari besi atau baja, karena bisa karatan

Sepertinya Yamaha mengalami dilema juga untuk memilih ketebalan logam yang dipergunakan. Kalau tebal akan jadi berat:

Kalau tipis maka kalau karatan jadi gampang berlubang seperti gambar sebelumnya, atau robek:

Untuk mengurangi berat bisa jadi juga tidak pakai bahan baja tapi pakai besi bukan baja.

 

Sepertinya untuk idealnya, biar kuat dan ringan, maka deltabox itu dibuat dari bahan aluminium. Seperti di motogp:

2017 Yamaha YZF‑R1M

Deltabox® Frame
Advanced aluminum Deltabox® frame uses the engine as a stressed member of the chassis and is designed to provide the optimum balance of longitudinal, lateral and torsional rigidity.

Dikatakan bahwa frame deltabox aluminium mempergunakan mesin sebagai bagian dari penahan tekanan, dan didesain untuk memberikan keseimbangan optimal dari faktor rigid di longitudinal, lateral dan torsional.

Lalu mengapa kok di Vixion dan R15 pakai baja?

Dijelaskan sebagai berikut oleh Yamaha:
FRAME MANUFACTURING TECHNOLOGY, Deltabox Frame Technology

The large cylinder displacement engine models use aluminium Deltabox frames. However, some of the small engine displacement models that require less frame rigidity use steel Deltabox frames (such as the YZF-R15 for India).

Dikatakan bahwa mesin dengan kapasitas besar mempergunakan rangka deltabox aluminium. Karena mesin dengan kapasitas rendah tidak begitu butuh rigid maka framenya pakai bahas baja, contohnya YZF-R15 untuk India.

Jadi Yamaha sendiri mengakui bahwa deltabox dari besi itu lebih tidak rigid.

 

Mungkin untuk menghemat harga, maka rangka dari Yamaha R25 lalu dipilihkan model diamond dari baja (atau besi ya?). Lebih ringan dari deltabox baja. Lebih murah dari deltabox aluminium. Mungkin lebih lemah dari keduanya tapi sepertinya dianggap Yamaha cukup kuat.

25 respons untuk ‘Rangka deltabox untuk motor Yamaha cc kecil kekuatannya beda dengan rangka motor Yamaha untuk cc besar.

  1. Tjakeppp, lgsg diangkat jd artikel.
    Appreciate it…thanks
    Saya pake twin spar frame cbr150 thai…
    Moga2 awet…serem jg kl patah kyk di gambar.

    Suka

  2. R6 aja deltabox nya pake magnesium. Disesuaikan lah dengan harga, apalagi cuma buat motor kecl. Kalo mau pake bahan yg bagus pabrikan sih bisa aja, tp nanti harganya mau jadi berapa? Itu deltabox nyampe karatan kayaknya yg punya ga bisa ngerawat aja, temen ada yg pake vixi tahun 2007 lampu bulat deltaboxnya masih kokoh padahal udah 10 tahun. Untuk kasus r25 yg rangka patah pernah baca di grup fb kalo ga salah jatoh atau nabrak dia pas lg pake frame slider. Semuanya pasti dah dihitung sama pabrikan. Tinggal kitanya aja sebagai konsumen kalo punya duit silahkan beli, kalo ga punya duit nabung dulu atau beli yg lain

    Suka

      • Terlalu rigid juga bisa ada efek negatifnya, namun maaf saya lupa, kalau tidak salah ada hubungannya dengan reaksi kendaraan saat di rem dan diakselerasi. Alasan H2 pakai trelis karena ada sifat fleksibelnya.
        H2 – High-Speed Stability & Light Handling

        An innovative new trellis frame provided both the strength to harness the incredible power of the supercharged engine, and the balanced flex to achieve the stability and pliability for high-speed riding.

        Mungkin kalau pakai deltabox aluminium di kecepatan tinggi lebih twitchy karena lebih rigid.

        Suka

    • Iya, harga memang menentukan. di link terakhir tentang pembuatan frame deltabox yamaha disebutkan bahwa penggunaan magnesium bisa lebih ringan, lebih kuat, lebih tahan korosi dan lebih tahan fatigue:

      Despite being lighter than aluminium, this material attained better strength and corrosion resistance (per Yamaha’s internal standards) than aluminium. The fatigue limit stress of the CF magnesium die-cast material is approximately 25% higher than the aluminium die-cast material. The use of the magnesium die-cast material resulted in reducing the weight of the structural parts, thus improving motion performance and fuel economy.

      Bisa jadi deltabox vixion lama lebih tebal juga.

      Iya, asal dalam pemakaian normal tidak sampai patah maka aman untuk konsumen.

      Suka

  3. Yamaha pake Magnesium buat framenya, di motor All New R1 dan New R6 itu hanya untuk Subframe nya saja, kalo main frame masih tetap pake aluminium. BTW apa sih keunggulan Magnesium dengan Aluminium klo buat bahan frame motor? Kayaknya bahannya special dan mahal gitu sehingga yamaha cuma pake buat Sub framenyya saja.

    Suka

  4. Oh iya,jadi kepo kan petinggi yamaha udah bilang bahwa basis frame all new R15 V3 itu berbeda dengan vixion walaupun bentuknya sepintas sama, mungkinkah bahan bajanya lebih tebal dibanding vixion mengingat power New R15 V3 yg mencapai 19 HP berbeda cukup signifikan dg power Vixion!?

    Suka

      • Berat total gak begitu beda apa mungkin lantaran udah pake Aluminium banana swing arm itu kali yak?

        BTW katanya frame GSXR150 dan GSXS150 itu basisnya dari rangkanya New FU FI ya? Coba lihat penampakan dari samping nggak kelihatan itu bentuk framenya kayak gimana, yang ada cuman kamuflase plastik ember yg dicat warna item dof. Motor sport koq kesannya kayak motor bebek, dimana framenya ketutup sama body/tebeng -___-

        Suka

  5. Dan yang anehnya lagi, sepertinya nggak ada tuh satu blogger pun yang mau membahas perihal gimana frame GSX 150 series ini seperti apa/basisnya dari apa gitu, coba kalo Honda kan dibahas framenya tralis truss frame, yamaha deltabox, lha suzuki? Paling yg disinggung soal mesin mulu, soal power, soal overbore, bahas frame/chassis ngga disinggung. Mungkinkah Suzuki takut di bully/diejek kalo emang aslinya tuh Satria FU FI tapi dikasih baju sport firing?

    Suka

  6. kalau sasis twin spar pada umumnya menggunakan mesin sebagai stressed member ya?

    kalau sasisnya klan vixion apakah menggunakan mesin sebagai stressed member?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.