Gara gara jual terlalu banyak Suzuki disidangkan oleh pengadilan Amerika soal emisi lingkungan


Gara gara penjualannya berlebihan, Suzuki jadi diajukan ke pengadilan oleh lembaga lingkungan Amerika EPA.

Beritanya sebagai berikut:
Suzuki analyst charged with lying about motorcycle emissions

Wayne Powell, who was a government relations analyst with the company, is charged with violating the Clean Air Act in a felony that involved altering production numbers on a series of 2012 motorcycles. The vehicles in question were four categories of 2012 class III motorcycles manufactured by Suzuki that were imported, distributed and eventually sold in the U.S.

The applications show Powell attempted to pass off Suzuki class III engines as meeting emissions standards when they exceeded the federal limit, based on the number of domestic sales, according to federal investigators. He then attempted to offset the overages in a year-end report by applying “banked” emissions credits, resulting in no violations. Suzuki was not a participant in emissions credits banking programs at the time, according to the court filing.

When he was caught by EPA officers in Ann Arbor, Powell in 2014 sent an amended report without the claim of having credits, but still failed to report Suzuki exceeding the limit. “In fact, he had changed some of the accurate numbers to false numbers so that the result would show Suzuki to be in compliance with the Clean Air Act,” the federal government alleges.

Wayne Powell sebagai analis dari Suzuki dituduh telah melakukan pemalsuan data yang mengakibatkan pelanggaran aturan amerika untuk Clean Air Act, yang dilakukan dengan merubah angka produksi motor suzuki buatan tahun 2012. Yang termasuk adalah 4 kategori motor kelas III tahun 2012 yang diproduksi suzuki, diiimpor, didistribusikan dan dijual di Amerika.

Powell dikatakan mencoba mengakali sehingga mesin kelas III suzuki memenuhi uji emisi padahal sebenarnya bila berdasarkan data penjualan sudah melebihi limit. Ia berusaha mengakali dengan menambahkan kredit emisi tersimpan, padahal Suzuki tidak termasuk dalam program simpanan kredit emisi.

Ketika ditangkap di 2014, Powell kemudian melakukan koreksi tapi masih tetap tidak melaporkan Suzuki melebihi batas. Bahkan ia merubah angka akurat menjadi angka fiktif sehingga Suzuki jadi terlihat memenuhi aturan Clean Air Act.

 

Baru tahu penulis bahwa di negara maju, emisi juga memperhitungkan jumlah kendaraan.

Kalau di Indonesia sih penulis berharap suara senyap itu yang di audit. Knalpot memang sudah senyap, tapi mesin berisiknya itu lho yang nggak enak didengar. Menurut penulis itu lebih penting daripada emisi CO, NOx, dll.

Iklan

4 thoughts on “Gara gara jual terlalu banyak Suzuki disidangkan oleh pengadilan Amerika soal emisi lingkungan

  1. Mungkin ini yang menjadi alasan pabrikan motor Jepang menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan pemasaran karena tidak ada aturan membatasi jumlah produksi kendaraan bermotor

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s