Pasang HUD di helm motor pakai produk buatan Nuviz itu bikin makin aman atau justru berbahaya ?


Ada berita di motorcycle.com bahwa produk HUD untuk motor buatan Nuviz sudah dirilis:
NUVIZ Head-Up Display Now Available

Katanya HUD motor pertama di dunia. Alat ini akan memproyeksikan gambar ke kaca helm berbagai macam informasi.

Ada fungsi GPS:

Info panggilan telepon:

Untuk nyetel musik:

Untuk penunjuk kecepatan

Selain itu juga dilengkapi kamera 8MP untuk merekam video atau ambil gambar.

 

Untuk bisa membantu pemakaian, Nuviz ini bisa dibantu dikendalikan pakai aplikasi untuk IOS atau Android.

Untuk di motor ada alat yang bisa dipasang di setang:

Demo videonya berikut ini:

 

Namun ada beberapa yang mengganjal penulis.

Yang pertama adalah penempatan dari proyeksinya. Kan kaca helm itu dekat banget dengan mata. Yang sudah rabun dekat nggak bakalan bisa memanfaatkan ini.

Yang kedua adalah penempatan alatnya pada helm.

Dengan posisi seperti itu maka jadi menghalangi bagian sebelah kanan:

Memang kacanya tembus pandang, namun dari kebiasaan, jarang jarang pengendara bisa memperhatikan latar belakang, karena lebih memperhatikan latar depannya.

Di HUD ini pengendara memandang kemanapun akan selalu terlihat, berbeda dengan dashboard yang terletak di motor, yang pengendara harus mengarahkan mata. Konsentrasi dari pengendara bisa jadi tersita oleh HUD.

Pemasangan harus di sebelah kanan sepertinya juga karena alat ini dijual di negara dengan lajur kanan. Untuk di Indonesia mestinya yang cocok adalah di tempatkan kiri. Karena kalau mau menyalip kan butuh pandangan kanan yang bebas.

Di contoh helmnya pakai yang hitam. Entah alat ini cocok apa tidak dipakai untuk helm yang kacanya bening / pakai double visor. Kalau bening mungkin pengendara lain jadi bisa lihat informasi di wajah kita ya?

Harga alat ini lumayan, $699.

Spesifikasi dan website resmi:
Nuviz, Inc

Iklan

6 thoughts on “Pasang HUD di helm motor pakai produk buatan Nuviz itu bikin makin aman atau justru berbahaya ?

  1. anggap aja ini baru pionir/perintis Om.. jadi masi bwanyak kekurangan.. sapa tau 5 – 10 tahun mendatang,, piranti HUD nya sudah makin nyaman bagi pengendara motor.. jadi kaya tampilan helm nya Tony Stark di film2 nya Marvel gitu looh. ☺

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s