Kasus unik recall KTM Duke 125 dan 390, untuk apa sih lampu depan dikendalikan pakai software sehingga bisa reboot sendiri?


Menurut penulis kasus recall ini aneh karena kok lampu depan bisa mati karena bug di software.

Beritanya sebagai berikut:
KTM issue recall for 125 and 390 Duke

KTM have issued a recall of their 125 and 390 Duke motorcycles after it was found that there were some issues with the headlight. The recall will address the issue by carrying out a software update that addresses the issue.

A statement from KTM reads, “During the internal endurance testing, KTM experienced some cases of sporadic reboots of the LED headlight. As this may lead to potentially dangerous riding situations, the software of the headlight needs to be updated as soon as possible.”

Dikatakan bahwa KTM telah mengeluarkan recall untuk produk motor Duke 125 dan 390 setelah ditemukan masalah pada lampu depan. Recall dilakukan untuk memperbaiki hal tersebut dengan mengupdate software yang bisa mengatasi masalah.

Pernyataan dari KTM menyebutkan bahwa dalam uji ketahanan internal, lampu LED depan KTM mengalami beberapa kali reboot secara acak. Ini dapat mengakibatkan potensi bahaya saat berkendara, software dari lampu depan perlu di update sesegera mungkin.

 

Istilah update software ini membuat penulis bertanya tanya.

Mengapa kok lampu depan pakai software segala? Fungsinya untuk apa softwarenya? Kok hebat softwarenya bisa diupdate? Saat softwarenya reboot sendiri bagaimana dengan mesinnya? Apa software lampu depan terpisah dari software pengendali motor?

Beda dengan jaman dulu ya. Kalau lampunya nyala mati maka yang di benahi kabel, kontak ke lampu atau saklarnya. Nah ini canggih, yang dibenahi softwarenya. Tapi ini juga menunjukkan bahwa menyalakan pakai software nambah nambahi masalah.

Untuk apa lampu KTM dinyalakan pakai software ya?

Iklan

8 thoughts on “Kasus unik recall KTM Duke 125 dan 390, untuk apa sih lampu depan dikendalikan pakai software sehingga bisa reboot sendiri?

  1. pabrikan sprtinya pusing mau jualan fitur apa,,
    hingga fitur yg tidak brguna sprti ini dipakai,,
    apa susahnya nyalain lampu tinggal pencet saklar,,lampu mati tinggal ganti,,

    Suka

  2. Lampu led setau ane pke kontroller berupa ic, ic bsa bekerja dg firmware yg disuntikkan untuk bekerja sebagai driver atau panduan kontroller untuk bekerja mungkin itu yg masalah, jdi perlu update

    Suka

    • Itu yang saya herankan. Memang LED pakai chip, tapi setahu saya fungsinya sederhana, seperti halnya lampu LED untuk rumah 10 ribuan. Yang di KTM canggih banget pakai firmware, dan hebatnya bisa diupdate juga. Sistemnya pastinya mahal banget.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s