Suhu aspal yang relatif dingin di Assen jadi kesempatan tim utama pabrikan Yamaha dan Rossi juga Viñales untuk memperbaiki posisi di MotoGP


Beberapa blog memberitakan bahwa Viñales menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan kedua di balapan MotogGP di sirkuit Assen, Belanda.
TT Circuit Assen, Netherlands

Rasanya ini bakal jadi kesempatan bagi baik Valentino Rossi maupun Maverick Viñales untuk memperbaiki posisi di klasemen MotoGP. Kesimpulan ini penulis ambil berdasarkan hasil dari balapan balapan sebelumnya.

Terlihat bahwa untuk seri 2017, tim utama pabrikan Yamaha terlihat susah menang di saat suhu aspal sangat panas, di situasi dimana ban harus pakai ban keras dan ban cepat aus. Motor Yamaha versi 2017 ini dikatakan dipilih oleh Viñales, dan sepertinya dipilih pada saat uji coba di Qatar yang saat aspalnya dingin.

Dan memang terlihat di beberapa balapan, motor tim utama Yamaha sangat unggul di sirkuit sirkuit dengan suhu aspal dingin dan jadi kalah bersaing bahkan dengan tim satelit. Suhu ini sangat mempengaruhi pilihan penggunaan ban. Ban merupakan faktor sangat penting dalam seri balapan 2017 ini:
Motor MotoGP bagian 1b: Pengaruh ban, suhu dan konfigurasi mesin terhadap handling konfirmasi di Jerez 2017 .

Suhu aspal ini untungnya bisa dilihat di hasil balapan motogp.
MotoGP Results & Statistics

Dari data data tahun sebelumnya, maka balapan di Belanda dan Jerman ini bakal terjadi di aspal yang dingin, sehingga bisa jadi kesempatan untuk tim utama Yamaha memperbaiki posisi. Sementara balapan berikutnya di Ceko akan menjadi penghalang.

Dari balapan balapan sebelumnya kecelakaan akan banyak terjadi di saat aspalnya dingin karena pembalap terpaksa harus pakai ban soft. Sementara itu sebelumnya pernah dibahas bagaimana ban soft Michelin itu dianggap terlalu empuk oleh pembalap karena rangkanya terlalu soft. Semoga tidak banyak kecelakaan di saat balapan nanti.
Valentino Rossi mengeluh soal carcass karena ban motogp sama sama soft compoundnya bisa beda handlingnya bila carcass beda

Tim yang sepertinya bakal kesulitan untuk bisa kompetitif adalah tim balap dari Ducati, terutama Lorenzo yang masih berusaha menyesuaikan diri. Suhu yang dingin membuat ban depan gripnya kurang optimal. Ini jadi masalah karena di Ducati ban depan kurang terbebani, karena berat lebih banyak di belakang.

Iklan

4 thoughts on “Suhu aspal yang relatif dingin di Assen jadi kesempatan tim utama pabrikan Yamaha dan Rossi juga Viñales untuk memperbaiki posisi di MotoGP

  1. motogp 2017 mnjadi aneh,,trgntung 3 faktor,,
    1.takdir= karena pasrah dengan aspal sirkuit
    2.ban= prbedaan pilihan ban sngat brpengaruh pada hasil race
    3.skill pembalap
    Rasanya settingan mesin,suspensi,elektronik lain2,,mnjadi kurang begitu mempengaruhi race.

    Suka

  2. Hebat, sesuai beberapa hal. Tapi ternyata ducati juga cukup menggila. Honda yang kelihatan inferior, tiba-tiba di akhirr langsung wus ketiga. Dan, hampir aja tadi gagal podium 1 mbahkuu ahaha.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s