Motor Ducati di MotoGP dicurigai memakai bahan suspensi dan tutup cakram serat karbon bukan untuk mengurangi berat


Artikel pertama setelah hari idul fitri, penulis mohon maaf lahir dan batin, semoga ibadah puasanya pada diterima semua.

asphaltandrubber memberitakan bahwa ada kemungkinan bahwa motor Ducati di MotoGP itu pakai suspensi yang tabungnya dari serat karbon.

Asphalt and Rubber menduga bahwa itu dilakukan bukan untuk mengurangi berat:
Ducati’s Secret Weapon: Carbon Fiber Öhlins Fork Tubes

Öhlins and Ducati have teamed up to develop new fork technology, namely carbon fiber fork tubes. The Öhlins carbon fiber fork tubes can be seen on the machines of Andrea Dovizioso and Jorge Lorenzo, starting from the season-opener in Qatar, and are noticeable for their matte black tube finish, with gold ends.

It’s been no secret that the Ducati MotoGP bike has trouble with turning, especially mid-corner. Fixing this problem has been the team’s burden for far too many seasons now. What Öhlins and Ducati are likely doing with the carbon fiber fork tubes though is not trying to shed sprung weight on the machine, but instead using different carbon fiber weaves and construction techniques to tune enough flex into the fork tubes, in order to help Ducati riders get more feeling from the Desmosedici.

when you lean a motorcycle over more and more, the trigonometry of the situation means you are using less and less of the forks suspension abilities, because forks move only up and down. This is where the flex in the fork legs is important – along with flex in the chassis as a whole.

There are a lot of ways to make a motorcycle flex when leaned over, namely in chassis design, but it is basically impossible to tune the fork tubes, as the metal tubes need to be strong enough to brace against the steering and braking forces.

Using carbon fiber, Öhlins can tune both properties independently of each other, more so than possible with aluminum or another kind of metal, For Ducati, this has big potential for its MotoGP program. This works in a very similar way to the 6D Flex forks that MotoCzysz developed for its MotoGP project, though Öhlins is achieving a similar goal while using a far more simple design.

Dikatakan bahwa Öhlins dan Ducati bekerja sama untuk mengembangkan teknologi suspensi, yang namanya tabung suspensi serat karbon. Suspensi tersebut bisa dilihat di motornya Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo mulai dari pembukaan seri di Qatar. Terlihat warnanya hitam dop dengan tepian emas.

Bukan rahasia bahwa motor motogp Ducati mengalami kesulitan belok, terutama di tengah tikungan. Tim Ducati sudah berusaha mencoba memperbaiki ini dari dulu. Öhlins dan Ducati tidak berusaha mengurangi sprung weight, tapi untuk memanfaatkan konstruksi anyaman serat karbon untuk memberikan sifat fleksibel pada tabung suspensi, untuk membantu ridernya biar bisa lebih merasakan feel dari motornya.

Ketika motor dimiringkan, maka efek suspensi makin berkurang karena suspensi hanya bergerak naik turun (mungkin karena nggak lagi di paksa dipeluntir kiri kanan atau dibengkokkan ke depan belakang). Di saat ini fleksibilitas (bisa mulet) sangat penting, juga kemampuan mulet bodi secara keseluruhan.

Ada banyak cara untuk bisa membuat motor jadi fleksibel saat miring, seperti misalnya desain chassis. Tapi tidak mungkin untuk menyetel fleksibilitas tabung suspensi, karena tabung logam harus cukup kuat untuk menahan gaya saat dipakai belok atau ngerem.

Dengan menggunakan serat karbon, Öhlins bisa mengatur sifat fleksibilitas (kelenturan) dan rigidity (daya tahan) secara terpisah, lebih baik dari bahan semacam aluminium atau bahan logam lainnya. Untuk Ducati ini punya potensi besar di motogp. Metode in kerjanya sangan mirip dengan 6D Flex forks yang dikembangkan oleh MotoCzysz untuk MotoGP, namun Öhlins mencapainya dengan cara yang jauh lebih sederhana.

 

Bila dilihat juga di gambar seperti ada alat yang dipergunakan untuk mengukur panjang pendeknya suspensi. Info efek fleksibilitas ke handling bisa dibaca juga di artikelnya mas taufik:
[Tech Talk ] Efek akibat Fleksibilitas Swingarm di MotoGP

Teknologi suspensi yang tabungnya pakai serat karbon rasanya masih baru bisa dinikmati konsumen jauh di masa depan, tapi kalau cuma tiru tiru warna mestinya bisa cepat mengingat banyak yang meniru motif motor motogp. Sekarang ini trennya pada pakai cat warna emas untuk suspensi, apa mungkin di masa depan bakal ada yang kasih skotlet motif serat karbon di suspensi ya?

 

Bila pembaca perhatikan juga di foto terlihat bagaimana cakram karbon depan juga dilindungi dengan serat karbon juga. Jelas bukan untuk mengurangi berat. Bisa jadi untuk bisa melindungi rem atau yang ditabrak pada saat jatuh, atau sebagai bagian upaya Ducati untuk memperbaiki aerodinamika, seperti saat Ducati coba coba pakai penutup velg:
Ducati uji coba pakai wheel cover velg yang menutupi roda penuh di WSBK

Satu respons untuk “Motor Ducati di MotoGP dicurigai memakai bahan suspensi dan tutup cakram serat karbon bukan untuk mengurangi berat

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.