Artikel meninggalnya pasangan suami istri akibat rem blong membuat penulis teringat untuk membuat artikel ini.
Matik Rem Blong Saat Turunan, Pasutri Meninggal Dunia
Sebelumnya saat mudik penulis juga dengar cerita saudara yang mengalami sendiri kejadian ini. Rem cakram motor biasa beda dengan motor di motogp yang rem membara sekalipun masih tetap berfungsi normal.
Di motor biasa, pemakaian rem yang berkepanjangan bisa membuat rem blong. Kejadian rem blong ini biasa terjadi di turunan. Yang berikut kebetulan ada kejadian yang terekam kamera:
Di video ditunjukkan ada motor yang tidak bisa berhenti sehingga menabrak pembatas jalan. Keberadaan pembatas jalan disitu rupanya dipasang karena jalur turunan tersebut sering terjadi kecelakaan. Di situ juga banyak relawan yang juga memaksa kendaraan yang lewat untuk berhenti beristirahat bila diketahui remnya panas.
Contoh contoh pengalaman rem blong yang lain:
Gara-Gara Motor Dibawa Ke Gunung Rem Cakram Malah Blong
Kejadian cukup mengerikan menimpa teman saya saat sedang berkendara di wilayah sekitar Kaligesing, Purworejo menuju daerah Waduk Sremo, Wates, Kulon Progo. Rem Cakram motornya mengalami blong atau ngempos pada rem belakang, untungnya tidak terjadi apa-apa dan jalan yang dilalui pun agak lengang, jarang kendaraan yang melintas. Motornya sama dengan motor Honda Supra X 125 D saya, namun motor temen saya itu sudah bermesin injeksi dan pada rem belakangnya memakai rem cakram.
Rem Cakram Belakang Sepeda Motor Tiba-Tiba Blong
Saya pernah mengalami 3 kali kejadian seperti ini, dimana rem cakram belakang sepeda motor tiba-tiba blong atau tidak berfungsi, padahal kondisi kampasnya masih bagus, selain itu saya mengalaminya dengan 3 sepeda motor yang berbeda, yaitu Yamaha R 15, Jupiter MX, dan Honda Supra X 125.
Lalu apa yang menyebabkan rem cakram belakang sepeda motor bisa tiba-tiba blong …? Hal seperti ini ternyata memang sudah menjadi ciri dari rem cakram, yang mana jika kondisi kapiler atau piringan cakram terlalu panas, maka rem cakram tidak dapat berfungsi dengan baik atau tiba-tiba menjadi blong.
Penulis setuju dengan pendapat di kutipan terakhir. Dari banyak contoh kasus, rem blong terjadi pada rem dengan sistem hidrolis, yang biasanya juga merupakan rem cakram. Rem cakram bisa blong terjadi akibat karena rem dipakai terlalu lama atau terlalu sering saat di turunan. Pemakaian terlalu lama ini menimbulkan panas yang sepertinya mempengaruhi kerja cairan oli hidrolis. Ada juga yang bilang panasnya bikin karet melar sehingga tekanan di cakram jadi nggak bisa maksimal.
Solusinya ada yang menyarankan di siram air. Namun ada yang bilang resikonya besinya bisa mulet sehingga cakram jadi nggak center. Lebih banyak yang menyarankan untuk istirahat dulu. Jangan melakukan turunan terus menerus. Bila sudah ada tanda tanda rem mulai nggak pakem segera menepi dan istirahat.
Untuk mencegah rem kepanasan idealnya adalah dengan memanfaatkan engine brake. Bila engine brake tidak tersedia maka penulis sarankan untuk jangan melaju di kecepatan konstan. Mungkin memang lebih enak bisa jalan di kecepatan konstan. Namun kecepatan konstan ini memaksa kita untuk selalu memakai rem.
Penulis sarankan untuk membuat kecepatan tidak tetap. Jadi pakai rem hingga kecepatan menurun drastis, lalu biarkan motor melaju tanpa rem, bila sudah kencang rem lagi dan kurangi kecepatan secara drastis. Lakukan ini berulang ulang. Di saat rem tidak dipakai akan ada kesempatan pendinginan pada rem.
Cara lain bisa seperti yang sudah banyak disebut oleh blogger lain, pakai kabel rem braided.
Cuma yang penulis heran mengapa kok di internet kabel braided itu ada yang cuma dikasih lilitan logam ya?
Apa jangan jangan anyaman atau lilitan logam tersebut fungsinya cuma untuk mendinginkan ya?
Bila benar begitu, mungkin lebih efektif pakai solusi seperti berikut ini, dimana terlihat rem bisa tetap bekerja walau cakram sudah membara, kalau rem tidak bekerja karena panas mestinya cakram tidak akan bisa sampai membara begitu. Terlihat bahwa kabel rem dilapisi tambal panci, selotip aluminium:
Entah bakal lebih baik pendinginannya dibanding pakai braided asli atau tidak:
Sayang penulis tidak ada kesempatan untuk coba.
Artikel lanjutan:
– Pengujian lab menunjukkan bahwa braided wire itu tidak efektif untuk mengurangi pengembangan selang rem
– Solusi mendinginkan rem untuk mencegah rem blong atau berkurang kemampuannya karena panas
Kalo rem cakram semakin panas semakin kurang pakem,kalo rem tromol?
SukaSuka
kalau dari cerita, bukan makin lama makin tidak pakem tapi saat sudah panas banget tahu tahu ngeblong. Kalau untuk rem tromol rasanya nggak ada yang seperti itu. Mungkin karena nggak pakai oli hidrolis.
SukaSuka
Untungnya ane ga pernah ngebut kalo jalan menurun…selain irit bahan bakar, ya menjaga rem juga… Yg repot memang kendaraan matic, minim engine break…tapi ada triknya kok; jangan ngebut, gunakan rem tromol/ belakang, gas diurut seolah ingin menambah kecepatan tapi tidak (ada sedikit efek engine break).
SukaSuka
sip.
Untuk matik kalau nggak digas transmisi memang jadi tidak nyangkut, sehingga motor jadi meluncur. Namun sepertinya beda merek beda reaksinya. Ada yang langsung lepas, ada yang hanya kalau pelan saja.
SukaSuka
klo rpm matik terlalu rendah kadang cvt ga aktif, jd meluncur.
klo manual mah tinggal pake gigi rendah trs rem depan belakang hrs seimbang.
trs ky na terlalu ngandelin rem belakang yg celaka tuh.
nah, buat slang rem yg pake anyaman baja ky diatas klo ga salah meminimalisir menggembung’y slang rem.
SukaSuka
Iya, mengapa terlalu mengandalkan rem belakang bisa celaka?
Bisa menjelaskan mengapa anyaman baja bisa meminimalisir menggembungnya selang? Karena menurut saya anyaman baja dipakai untuk menyebar panas, bukan untuk menekan selangnya.
SukaSuka
soal slang rem anyaman baja mending mas bro buat lg artikel terpisah & cari referensi lain.
lumayan buat nambah wawasan.
ato udh pernah dbahas?
SukaSuka
Selang braided sebenernya lebih ke longevity (keawetan) dan feel juga, karena kabel rem biasa ada umurnya dan pengaruh tekanan fluid dan panas sangat berpengaruh terhadap usia pemakaian. Kalau braided karena dia tidak gampang melar, jadinya lebih awet, tapi tetep aja punya umur, namun lebih lama ketimbang selang biasa. Selain itu feel juga sangat pengaruh, ketika tuas rem ditarik, tekanan dari piston sampai transfer ke kaliper, selang braided tidak akan banyak mengembang, makanya akan terasa lebih pakem/mantebh.
SukaSuka
Artikel lanjutan:
– Pengujian lab menunjukkan bahwa braided wire itu tidak efektif untuk mengurangi pengembangan selang rem
– Solusi mendinginkan rem untuk mencegah rem blong atau berkurang kemampuannya karena panas
SukaSuka
Ok. akan saya buatkan artikel.
SukaSuka
Artikel lanjutan:
– Pengujian lab menunjukkan bahwa braided wire itu tidak efektif untuk mengurangi pengembangan selang rem
– Solusi mendinginkan rem untuk mencegah rem blong atau berkurang kemampuannya karena panas
SukaSuka
Itu bisa berhubungan juga dengan brake fluid yang memang sudah melewati masa pakainya, satu hal ini kayaknya yang sering kurang diperhatikan ketika perawatan berkala, brake fluid seiring waktu akan menyerap air dari udara dan ngendon di kaliper (karena lebih berat masanya dari brake fluid itu sendiri), selain menurunkan titik didih, ketika kaliper dalam kondisi panas, ada gelembung yang naik dan menghilangkan kemampuan transfer brake fluid itu sendiri. Bisa dicari di google mengenai fenomena penyebab “Brake Fade” ini.
SukaSuka
Apa itu berarti kalau motor masih baru nggak akan mengalami hilangnya daya pengereman?
SukaSuka
[…] Sebelumnya penulis menyarankan penggunaan selang rem braided untuk mengurangi panas yang terjadi di minyak rem: Safety Riding: hati hati rem cakram bisa blong bila terlalu lama dipakai di turunan dan solusinya ap… […]
SukaSuka
[…] Safety Riding: hati hati rem cakram bisa blong bila terlalu lama dipakai di turunan dan solusinya ap… […]
SukaSuka
braided pun nampaknya macem2 yak tiap brand
SukaSuka
artikel menarik mas..
lalu bagaimana dengan rem dengan sistem ABS..?
apakah rem ABS tetap berpotensi blong jg.? mengingat sistemnya yang tekan-lepas.. tekan-lepas..
SukaSuka
ABS itu tujuannya meningkatkan pengendalian. Yang dikorbankan adalah jarak pengereman optimal. Untuk pengereman yang direncanakan ABS akan lebih jauh, tapi kalau untuk pengereman kaget ABS sangat membantu.
Namun ABS ada kelasnya juga. Ada ABS kacau macam yang ada di motor Benelli yang malah memperparah pengereman. Yang pasaran itu ABS yang cuma bisa untuk kalau motor sedang jalan lurus saja. ABS yang bisa untuk tikungan cuma ada di motor kelas atas.
SukaSuka
Saya punya teori beda min, bisa jadi rem blong karena cakram yang udah bengkok. Bisa jadi juga karena klahar pecah jadi ban goyang, jepitan di kepala rem gak konsisten.
SukaSuka
Yang membuat orang sering lengah saat turun gunung itu karena awalnya rem pakem tapi di tengah jalan tiba tiba nggak pakem. Ini beda dari bila cakram bengkok atau lakher goyang.
SukaSuka
[…] Mungkin nanti bakal akan muncul kampas rem dengan heat sink? Karena rasanya dengan kondisi rem yang ekstrem, semua pembalap sudah pakai cakram karbon, yang kemampuan pencegah panasnya lebih baik. Dari ciri rem langsung blong juga sepertinya juga lebih karena minyak remnya overheat, bukan fadingnya cakram. Safety Riding: hati hati rem cakram bisa blong bila terlalu lama dipakai di turunan dan solusinya ap… […]
SukaSuka