Di Indonesia motor dilarang masuk Jakarta, di Vietnam juga bakal ada larangan motor masuk Hanoi, meniru kebijakan yang di Cina padahal di sana tetap macet parah walau nggak ada motor


Menarik juga karena Vietnam mengambil langkah yang sama dengan pemerintah Indonesia dan Cina.

Di Indonesia sebelumnya ada wacana untuk melarang motor masuk di jalan jalan tertentu:
Motor Akan Dilarang di Jalan Rasuna Said, Gatot Subroto, dan Sudirman

Tiga ruas jalan itu yakni Sudirman, Rasuna Said, dan Gatot Subroto. Rencana ini ditelurkan berdasarkan hasil rapat pada 7 Juni lalu. “Hasil ini belum final,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto saat berbincang dengan kumparan (kumparan.com), Senin (19/6). “Namun perlu dipersiapkan payung Hukum, SDM dan sarana/prasarana, Seandainya nanti sudah final pembicaran, pun akan melalui pentahapan sosialisasi, uji coba, lalu pelaksanaan,” beber Budiyanto.

Sementara itu di vietnam nggak tanggung tanggung

Motor bakal dilarang sama sekali masuk kota.
Vietnam’s capital to ban motorcycles by 2030

There are five million motorbikes among a population of about seven million, compared to half a million cars on the road. In a country where the average annual wage is still around $2,200, the affordability of motorbikes makes them ubiquitous.

Yet critics have blamed the emissions-heavy motorbikes for Hanoi’s deteriorating air quality and worsening traffic congestion. The decision to ban motorbikes by 2030 was approved by 95 out of 96 city councillors at a meeting on Tuesday.

Dikatakan ada 5 juta motor dari populasi 7 juta, dengan cuma 500 ribu mobil di jalan. Motor dianggap murah disana.

Namun ada protes bahwa polusi motor dianggap mengurangi kualitas udara dan memperparah kemacetan. 95 dari 96 perwakilan kota memutuskan untuk melarang pemakaian motor di Hanoi di 2030.

Keputusan tersebut sepertinya diundur undur karena sebelumnya pernah ada rencana dilaksanakan tahun 2020.

Keputusan ini sepertinya untuk meniru Cina.
Debate on motorbike ban resurfaces as traffic congestion haunts Vietnam cities

Dr. Luong Hoai Nam, economic expert, has been a dedicated and vocal proponent of banning motorbikes in major cities as a countermeasure to traffic congestion ever since the discussion was first brought up in Vietnam.

The economic expert said his interest in the issue took shape in 2007, when he first heard of a similar move by China’s Guangzhou administration. “I was so thrilled. After some further study, I found that Guangzhou was only following the footsteps of Beijing and Shanghai, where the ban had been in place for much longer. There are currently around 150 Chinese cities where motorbikes are prohibited,” Nam explained of his support for the ban in Vietnam.

Nam said cities with similar or even less developed economies than Vietnam’s are also taking steps to implement a ban on motorbikes, citing Yangon and Jakarta, the respective capitals of Myanmar and Indonesia, Vietnam’s regional neighbors in Southeast Asia.

Dr. Luong Hoai Nam adalah pakar ekonomi yang paling vokal mendukung pelarangan motor di kota kota besar untuk mengurangi kemacetan sejak pertama dibahas di Vietnam. Ia tertarik sejak mengetahui kebijakan tersebut dilaksanakan di Cina seperti kota Guangzhou, Beijing dan Shanghai. Ada sekitar 150 kota di Cina yang melarang motor.

Katanya ada juga negara yang ekonominya sama atau lebih rendah dari Vietnam yang juga mengambil kebijakan yang sama seperti contohnya Myanmar dan Indonesia.

 

Sebelumnya penulis juga sudah membahas bagaimana di negara barat justru dipercaya bahwa solusi mengurangi kemacetan justru dengan memperbanyak yang naik motor.
Menurut penelitian di Belgia kemacetan bakal hilang bila sebagian orang beralih dari naik mobil jadi naik motor

Penulis coba cari situasi keadaan lalu lintas di Cina, eh ternyata masih saja macet:

Macet di Beijing:

Macet di shanghai:

Padahal disitu sudah nggak ada motor. Tapi terbukti tetap saja macet.

Contoh solusinya bagaimana? mobil dikurangi juga di Shenzen:
Shenzhen restricts car purchases to ease congestion

Entah yang dilihat berhasil itu apanya. Kalau dari sisi macetnya dari contoh contoh diatas terkesan kalau motor dilarang masuk kota justru macetnya makin parah.

Gagal begitu mengapa ditiru sih?

Iklan

15 thoughts on “Di Indonesia motor dilarang masuk Jakarta, di Vietnam juga bakal ada larangan motor masuk Hanoi, meniru kebijakan yang di Cina padahal di sana tetap macet parah walau nggak ada motor

  1. pejabat apa gk pakai logika,,
    umpama macet di lampu merah,lebar jln/lajur 2 meter,,antrian panjang 15 meter,,mngkin cuma muat 4 mobil+ jarak antar mobil,,
    nah, 2×15 meter muat berapa motor,,
    3×10= 30 motor,,
    dilihat dari akomodasi..mobil isinya 5orang×4= 20 orang.
    sementara motor 2×30 = 60 orang.
    selisih lebih bnyak lagi karena rata2 mobil dalam kota isinya cuma 2 orang,,,
    apa para pejabat gk mikir smpai disitu ya?

    Suka

  2. Ko photogenic banget ya macetnya, ahaha. Tapi baguslah kalau mobilnya yang dikurangi sepertinya karena banyak makan ruang. Motor juga diatur.

    Min, ada artikel bahas merawat rantai secara spesifik kah di sini? Thanks.

    Suka

    • Ha ha, iya fotogenik. iya, parkir dan jalan jadi lebih lancar. Artikel khusus perawatan rantai tidak ada, biasanya digabung sama bahasan lain. intinya jangan dicuci sabun, jangan direndam bahan bakar, jangan dikasih oli bekas.

      Suka

      • Rasanya pengen kaya Jepang, pada mau jalan kaki tapi tetap mobilitasnya tinggi.

        Okay thanks, terakhir OOT hehe. Apa rantai mulai berwarna hitam itu dibiarkan saja (saya lumasi dengan ‘chain lube bawaan pabrikan’ saja biasanya setelah cuci motor)?

        Suka

        • Iya, orang jepang pada mau jalan kaki beberapa km.

          Rantai hitam dibersihkan mending pakai kain. yang cocok sebenarnya dilumasi pakai gemuk/stempet/grease, karena kan rantai akan jadi panas saat dipakai. Saat panas jadi luntur. katanya juga aslinya rantai juga ada stempetnya, tapi kalau kena air sabun atau pelarut bakal luntur dari rantai.

          Suka

    • Repotnya angkutan umum akses ke mana mana kalau pakai yang jalurnya fix susah karena pada nyebar kemana mana. Angkutan umum yang lebih laris bakalan yang seperti taksi, bisa bebas, yang sama saja tetap bikin macet.

      Suka

  3. Apakah tidak di lakukan study pada saat akan mengambil kebijakan?. Kok sepertinya asal buat peraturan saja ya?. Tapi ya sudahlah mau bagaimana lagi…………..

    Suka

  4. […] Mungkin ini juga alasan motor bakal dilarang masuk Jakarta. Biar yang di Jakarta nggak akan merasakan silaunya di sorot lampu depan LED putih dari motor, yang rata rata posisi lampunya lebih tinggi dari mobil. Di Indonesia motor dilarang masuk Jakarta, di Vietnam juga bakal ada larangan motor masuk Hanoi, men… […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s