Pembalap Inggris sangat mendominasi WSBK di semua balapan, mengapa tidak ikutan motogp?


Penulis barus sadar bahwa di posisi klasemen balapan WSBK, pembalap inggris itu mendominasi.

Coba lihat saja hasil balapan WSBK berikut di tahun ini:
World SBK 2017 Result

Perhatikan bahwa yang menang dan mendominasi balapan itu pembalap inggris. Satu satunya yang beda cuma pembalap itali Marco Melandri.

Coba bandingkan dengan yang di motogp, pembalap inggris tidak bisa bersaing:
MotoGP World Standing 2017
9. GoPro Motorrad Grand Prix Deutschland – Sachsenring

Pos. Rider Bike Nation Points
1 Marc MARQUEZ Honda SPA 129
2 Maverick VIÑALES Yamaha SPA 124
3 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 123
4 Valentino ROSSI Yamaha ITA 119
5 Dani PEDROSA Honda SPA 103
6 Johann ZARCO Yamaha FRA 84
7 Jonas FOLGER Yamaha GER 71
8 Danilo PETRUCCI Ducati ITA 66
9 Jorge LORENZO Ducati SPA 65
10 Cal CRUTCHLOW Honda GBR 64
11 Alvaro BAUTISTA Ducati SPA 44
12 Jack MILLER Honda AUS 41
13 Scott REDDING Ducati GBR 33
14 Aleix ESPARGARO Aprilia SPA 32
15 Loris BAZ Ducati FRA 31
16 Andrea IANNONE Suzuki ITA 28
17 Tito RABAT Honda SPA 23
18 Hector BARBERA Ducati SPA 21
19 Karel ABRAHAM Ducati CZE 20
20 Pol ESPARGARO KTM SPA 14
21 Bradley SMITH KTM GBR 8
22 Alex RINS Suzuki SPA 7
23 Michele PIRRO Ducati ITA 7
24 Sam LOWES Aprilia GBR 2
25 Sylvain GUINTOLI Suzuki FRA 1
26 Mika KALLIO KTM FIN
27 Takuya TSUDA Suzuki JPN

 

Terlihat bahwa balapan di dominasi oleh pembalap spanyol dan itali. Ajang kedua balap dunia ini seakan jadi tempat saingan dari negara besar di eropa yaitu Inggris, Itali, dan Spanyol.

Mengapa kok yang sukses di WSBK tidak ikutan motogp? Artikel berikut memberikan penjelasan:
A WSB bike faster than a MotoGP bike?

Rea, Davies and Sykes could have a MotoGP ride if they wanted. But switching championships is risky. They would have to start on non-factory bikes, as did Baz, Cal Crutchlow, Neil Hodgson, James Toseland, Danilo Petrucci and others.

Crutchlow won three WSB races in his rookie season; it took him six years to win his first MotoGP race, during which time his ride was in jeopardy on various occasions. And he still hasn’t got a factory bike.

Petrucci switched from WSB’s Superstock series to MotoGP in 2012, riding the slowest bike on the grid. For three years he finished mostly at the back and became so miserable he nearly quit racing. Next season, his seventh in the category, he will ride a top-spec bike for the first time.

Meanwhile Rea, Davies, Sykes and others know they can race top-notch bikes at the front of WSB and earn nice factory salaries, year after year. They have the choice to take a full-time shot at the premier class but they haven’t, and who can blame them?

Dikatakan bahwa Rea, Davies dan Sykes sebenarnya bisa masuk motogp jika mau. Namun pindah balapan itu beresiko. Mereka harus memulai dari motor tim satelit, nggak bisa langsung tim utama pabrikan. Seperti contohnya Baz, Cal Crutchlow, Neil Hodgson, James Toseland, Danilo Petrucci, dll.

Crutchlow, menang tiga balapan WSBK sebagai pemula, namun ia butuh enam tahun untuk bisa memenangkan balapan motogp pertamanya. Dan selama itu ia sering kacau. Sampai sekarang juga masih belum dapat masuk tim utama.

Petrucci pindah dari WSBK ke motogp di tahun 2012, pakai motor paling lambat di grid. setelah tiga tahun ia finish lebih sering di belakang dan saking parahnya sampai hampir berhenti balapan. Di tahun berikutnya, ia masuk ke 7 dalam kategori, dan akan bisa naik motor spek tertinggi untuk pertama kalinya.

Sementara itu Rea, Davies, Sykes dan lainnya tahu bahwa mereka bisa mengendarai motor tercepat, unggul di balapan dan punya gaji lumayan dari pabrikan tahun demi tahun. Mereka punya pilihan untuk masuk ke kelas primer (motogp), tapi mereka memilih tidak. Siapa yang bisa menyalahkan?

Iklan

8 thoughts on “Pembalap Inggris sangat mendominasi WSBK di semua balapan, mengapa tidak ikutan motogp?

  1. karena pernah ada masanya, mantan para pembalap wsbk tarung di motogp dan kurang bersinar karena di nilai teknologi motogp yg notabene prototype di anggap terlalu superior dan jauh dari motor wsbk sehingga level nya berbeda cmiiw . akhirnya banyak team moto gp lebih memilih ngambil pembalap dari team MOTO 2 dan MOTO 3 karena lebih mendekati aura motogp. dan terbukti banyak mantan pembalap moto 2 / moto 3 yang sukses di moto gp contoh: rossi, marquest, lorenzo, zarco dan folger.

    walau kemarin kemarin tersebar kabar unified software membuat motor motor motogp hampir sama level nya dengan wsbk karena laptime nya di salah satu circuit mirip bahkan kalah dengan motor wsbk.

    Suka

  2. Diluar kenegaraan inggris, pernah ada juara wsbk ikut motogp factory team; collin edwards… Jauuuuh…om…
    Sangat banyak perbedaan teknologinya, dan kebiasaan berkendaranya juga jauuuh…
    Alias lebih ribet njelimet mengendarai motor motogp… Bukaan throtle lebih sensitif, shifting dll… Lain halnya rider motogp ikut wsbk, mudah…
    Contoh, biaggi, checa, dll…

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s