Iklan yang bikin browsing jadi sangat sangat lambat tapi websitenya butuh pembaca nggak ngeblok iklan


Iklan sudah menjadi pemasukan yang lumayan bagi yang ngeblog atau buat website. Oleh karena itu pemilik blog atau website kadang meminta pembaca untuk tidak mengeblok iklan

Dulu aplikasi untuk browsing itu nggak makan memori, nggak makan cpu. Walau browsing banyak website sekalipun jalan bisa wus wus wus walau di komputer yang corenya cuma satu, kecepatannya 1/4 sekarang, memori 1/10 sekarang. Sekarang beda. Sekarang mau browsing lancar butuh komputer cepat dan memorinya besar. Program browsingnya sendiri nggak banyak berubah. Websitenya itu yang banyak berubah.

Dulu website itu ukurannya kecil kecil. Isinya juga sederhana karena website dibuat semuanya diketik sendiri. Untuk buat website butuh pengetahuan yang tinggi, paling tidak di cara coding html.

Sekarang beda. Buat website sudah jauh lebih mudah. Mau yang instan dan mudah dipakai ada. Yang susah cuma instalasinya. Tapi kalau sudah keinstal akan gampang dipakai.

Namun itu juga jadi butuh pengorbanan. Dari sisi websitenya sendiri load nya jadi tinggi. Untuk bisa menampilkan satu halaman untuk satu pembaca maka server harus membuka ribuan file dan melakukan banyak query database. Karena di file yang dibaca juga harus melakukan proses maka butuh cpu yang cepat juga. Kalau tidak ditangani maka bisa bisa servernya time out, overload atau error database. Pemilik web kadang dapat teguran oleh penyedia hostingnya kalau mengalami ini. Ini penulis bahas di artikel berikut:

Dari sisi pembaca juga makin berat. Sekarang nggak cuma gambar saja yang makan bandwith, file pendukung seperti css atau javascript juga banyak makan bandwith. Apalagi bila yang punya website nggak menyalakan kompresi GZIP. Bisa bisa bandwith kemakan bukan oleh gambar tapi oleh javascript yang perlunya cuma agar pembaca bisa ngelike atau ngerate.

Belum lagi kalau pemilik website juga menyertakan kode embed agar bisa lihat video youtube, atau kutipan twitter, instagram atau facebook, dst. Itu akan lebih banyak lagi makan bandwith dan memori.

Nggak cuma bandwith dan memori saja, file file pendukung tersebut juga makan cpu. Ini karena sekarang jamannya interaksi. Dimana file pendukung tersebut dipergunakan untuk bisa mengubah tampilan secara real time. Tugas browser nggak cuma hanya memproses tampilan hanya pada saat sedang di load saja tapi juga di setiap waktu. Contohnya menu. Di click bisa scroll down itu hasil dari browser menunggu respon dari pembaca dan menampilkan sesuai aksi yang dilakukan pembaca. Selain itu browser juga akan mengirim respon pembaca dan menerima respon ke server pada setiap ada respon. Proses yang nunggu respon dan interaksi real time ini yang membuat browser jadi banyak makan cpu.

Makin banyak file pendukung yang dimuat, atau makin banyak proses real time yang dibutuhkan, maka bakal makin berat beban dari browser untuk bisa memproses tampilan. Komputer tempo dulu nggak bakal kuat menampilkan website website sekarang. Apalagi website yang suka aneh aneh yang membuat tampilan seakan terlihat nyeni tapi bikin tampilan jadi lambat.

Menurut penulis yang dibutuhkan pembaca itu informasi yang mudah dibaca. Percuma tampilan aneh aneh yang hanya untuk gaya gayaan tapi tampilan jadi lambat atau malah susah dipakai websitenya.

Yang bikin makin parah itu iklan.

Entah mengapa sekarang ini iklan itu sangat rakus terhadap pemakaian memori. Mungkin karena sekarang iklan bisa berganti ganti secara otomatis kalau dibiarkan sendiri. Juga ada iklan video. Nggak cuma makan bandwith saja, iklan video sangat membebani memori.

Untuk bikin komputer bertekuk lutut sama browsing itu gampang. Tinggal buka website yang agak banyak iklannya, lalu biarkan menyala selama beberapa jam. Kadang nggak perlu nunggu satu jam pun komputer sudah jadi sangat lambat responnya.

Penulis pernah tidak sengaja membiarkan dua halaman website motor terbuka. Saat penulis kembali ke komputer, komputer terasa sangat lambat. Saat penulis buka task manager, penulis kaget karena ternyata browser sudah makan memori 1,9 Gb. Padahal memori komputer penulis cuma 2Gb. Begitu browser di terminate, langsung deh jadi cepat.

Problem bakalan terjadi lebih parah di windows yang lebih baru. Apalagi di windows 10 yang masih aktif fitur semacam cortana, superfetch, anti malware, telemetri, dll.

Yang jadi masalah itu yang punya website ingin agar pembaca tidak mematikan iklan. Karena pemasukan asalnya dari iklan. Padahal iklan iklan itu sangat membebani pembaca.

Akan bagus bila pemilik website, penyedia iklan atau pembuat browser bisa bikin website tampilannya cepat, nggak makan memori dan nggak makan cpu. Semua orang bisa senang. Sayangnya sekarang kok masih belum.

Sehingga sekarang penulis jarang buka website motor lama lama. Dibaca secepat mungkin, lalu kalau butuh komen dilakukan dengan cepat juga. Buka juga nggak banyak banyak karena kalau terlalu banyak browser bakalan nggak respon. Padahal dulu jaman penulis masih pakai komputer Intel 800MHz memori 256Mb, buka website itu bisa lebih dari belasan, dan itupun nggak lambat lambat amat responnya. Jadi sekarang ini butuh buka tutup browser kalau mau komputernya jadi cepat lagi.

Nggak cuma komputer saja, browser yang di hp android pun juga sama. Malah kalau di android nggak cuma lambat saja tapi malah sering ngeclose sendiri. Browsing baru bisa cepat dan nggak ngeclose kalau javascriptnya dimatikan. Namun sayangnya banyak website yang butuh javascript untuk bisa dibaca. Mungkin trik dari pemilik website untuk memaksa pembaca lihat iklan.

btw, website penulis gratisan. Kalau merasa terganggu iklan maka mau mematikan iklan silahkan.

Iklan

13 thoughts on “Iklan yang bikin browsing jadi sangat sangat lambat tapi websitenya butuh pembaca nggak ngeblok iklan

  1. Bukan hanya makan memori dan cpu, iklan juga suka tracking user yang sebenarnya berbahaya untuk privasi (google analytics, Doble click dan rekan rekan nya) dan kadang disusupi Malware berbahaya.
    Saya juga paham sekali mengenai masalah admin seperti ini, semoga kedepannya akan ada solusi cerdas yang dapat menyatukan pemikiran Korea Utara dan Korea Selatan.

    Suka

    • Iya, iklan ada yang disusupi malware juga. Komputer yang anti virusnnya nanggung bisa ketularan.

      soal tracking. rasanya semua website ada. iklan juga disesuaikan dengan ip mana yang akses.

      Suka

  2. Iya om makin kesini makin berat, laptop saya core2duo buka google Chrome kipas pendingin bisa muter kaya buat ngegame

    Suka

  3. alhamdulillah aq gk ngrti komputer/laptop,,
    laptop punya istri kl ditinggal terbuka ya aq gk otak atik,,gk faham takut meledak..hehehe..
    cukup pake Hp saja buat browsing dll…iklan tinggal blokir,,
    web ini saja yg rasanya semua aplikasi bs komen..uc,opera,chrome…

    Disukai oleh 1 orang

  4. Chromee semakin ngelag! Pusying. Kurang suka Firefox karena ribet tampilan extension adblocknya. Tak coba Opera deh next time.

    Suka

    • Iya. ada prubahan struktur sehingga jadi lebih lambat. Kalau di firefox saya yesscript addon sehingga bisa gampang milih website yang dimatikan javascriptnya atau nambah website iklan yang di blok. harus nambah manual sih.

      Repotnya Opera sekarang sama lambatnya.

      Yang juga bikin lambat itu flash plugin. Saya setiap kali download flash dll yang baru, saya edit dll nya untuk menghilangkan filteringnya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s