Distribusi Suzuki GSX-R150 meningkat, masih dibawah kapasitas produksi tapi masih inden, sebenarnya berapa kapasitas produksi Suzuki?


Melihat data AISI bulan bulan kemarin yang diposting di beberapa blog membuat penulis jadi berpikir sebenarnya berapa kapasitas produksi dari Suzuki GSX 150cc. Data AISInya:
Data Aisi Sport Fairing 150 Juni, Seru Di Kelas Wakil Dewa, Siapa Jadi Nomor 1?

Sport 150cc
 CBR150R
YZF-R15
GSX-R150
Januari 2017 7.513 unit 2.116 unit* 1.552 uniy
Februari 2017 7.568 unit 1.268 unit* 4.128 unit
Maret 2017 5.591 unit 1.697 unit* 1.954 unit
April 2017 5.139 unit 5.820 unit 1.633 unit
Mei 2017
7.241 unit 52 unit* +
8.474 unit
3.897 unit
Juni 2017 4.062 unit 2.932 unit 3.779 unit
Keterangan *): R15 Lawas

Terlihat bahwa data distribusi Suzuki GSX-R150 jadi 3 ribuan di bulan mei dan juni. Kalau di rata rata selama 6 bulan tersebut, tiap bulan produksi 2800 an unit.

Yang penulis tahu, sekarang pun kalau beli Suzuki GSX-R150 itu harus inden.
GSX-R 150 dan GSX-S 150 Inden Dua Pekan, Kamis, 6 Juli 2017

Dua model andalan baru Suzuki, GSX-R 150 dan GSX-S 150, statusnya inden. Yohan Yahya, Departemen Head Marketing and Sales Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W menjelaskan masa tunggu ketersedian unit mulai dari satu sampai dua pekan.

Kalau dari estimasi awal, berikut estimasi penjualannya:
Inden GSX-R150 sudah mengular hingga April 2017…..Suzuki keteteran !!

Dari hasil informasi internal Suzuki ke newsroom IWB, estimasi paking awal hanya kisaran 1500-2000 unit/bulan. Kenyataannya…pembelian GSX150 series melonjak sampai 6000 unit sehingga pabrik keteteran. Belum lagi produksi yang harus dishare dengan versi S….makin mumet kangbro….

Padahal kapasitas produksi dikatakan jauh lebih tinggi dari itu:
Tiap Jam Lahir 45 GSX-R dari Pabrik Suzuki Tambun

“Kapasitas produksi maksimum Plant Tambun 1 dapat mencapai 1,2 juta unit per tahun, untuk memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor,” kata Departemen Head Marketing & Sales 2W, Yohan Yahya, kepada Metrotvnews.com, di Plant Tambun 1, Rabu (1/2/2017).

Dengan begitu, Plant Tambun 1 yang memiliki area lahan seluas 141.746 m2 diperkirakan dapat memproduksi 100 ribu unit per bulan, dengan melahirkan 45 unit GSX-R setiap jamnya.

Ada juga yang bilang berikut ini:
Tiap 1 Jam 37 Unit Suzuki GSX-R150 Lahir di Pabrik Tambun

“Dalam 1 jam, kami sanggup merakit 37 unit GSX-R150 dan GSX-S150,” paparnya lebih lanjut.

Namun ternyata angka itu rupanya angka maksimalnya. Karena dalam kenyataan yang diproduksi lebih sedikit:
Suzuki Fokus Produksi GSX-R 150

“Kami tidak terburu-buru untuk memproduksi seri lainnya. Sekarang kita masih jalan satu line produksi dengan kapasitas produksi mencapai sekitar 250 unit Suzuki GSX setiap harinya,” kata Ivan di pabrik Suzuki Tambun 1, Selasa (1/2).

250 / 37 = 6,8
250 / 45 = 5,6

Sepertinya di pabrik Suzuki tersebut cuma jalan satu shift, sehingga per hari bisa 250 unit dengan 7 jam kerja, tiap jam nya 37 unit.

Hitungan perbulan beda lagi:
Suzuki Genjot Produksi GSX 150 Series, Minggu, 9 Juli 2017

Buat menanggulanginya (inden), Market Relation Manager SIS 4W Banggas Pardede, menjelaskan, produksi di pabrik sudah ditingkatkan menjadi dua kali lipat. Itu pun masih belum bisa mengejar ketertinggalan, artinya produksi yang dilakukan sekarang masih untuk memenuhi inden.

“Tadinya kami produksi 2.500 unit per bulan, sekarang sudah sekitar 5.000 unit untuk keduanya,” ungkap Banggas usai peluncuran GSX-S 150 Touring Edition di Jakarta Fair, Sabtu (8/7/2017). Dua produk itu lahir dari jalur yang sama, namun tidak diproduksi bareng alias bergantian.

Banggas bahkan mengatakan kini, unit GSX-R 150 atau GSX-S 150 yang baru selesai diproduksi langsung diangkut ke truk untuk didistribusikan, tidak sempat lagi mampir di gudang.

Mungkin karena jalur produksi dipakai untuk banyak motor, termasuk produk ekspor maka produksi GSX tidak bisa banyak, harus bergantingan dengan model model lain juga. Di kutipan sebelumnya juga disebut produksi tidak bisa berbarengan tapi harus gantian.
Mengintip Plant Tambun I Suzuki Basis Produksi Produk Global GSX-R125 Dan GSX-R150

Saat ini, SIM Plant Tambun 1 memproduksi sepeda motor tipe All New Satria F150 dan Address FI untuk pasar domestik dan ekspor, serta Satria F115 Young Star untuk pasar ekspor. Sedangkan GSX-R125 untuk pasar ekspor rencananya juga akan diproduksi di tempat ini. Suzuki GSX-R dan GSX-S? Juga disini masbro. Untuk part mesin diproduksi di Plant Pulogadung, baru dikirim untuk dirakit di Plant 1 Tambun ini.

Dengan kondisi seperti itu maka di bulan bulan awal produksi cuma bisa 2500 unit Suzuki GSX. Cuma akhir akhir ini saja katanya bisa mecapai 5000 unit. Dari data, distribusi di bulan juni masih dibawah 4 ribu.

8 respons untuk ‘Distribusi Suzuki GSX-R150 meningkat, masih dibawah kapasitas produksi tapi masih inden, sebenarnya berapa kapasitas produksi Suzuki?

  1. Wajar om, suzuki emang ga menyangka, padahal baru pulih dari sekarat…
    Sebenarnya ada peluang untuk kerjasama dgn pabrik motor lokal, contoh: gazgas…

    Disukai oleh 1 orang

  2. GSX mantap! Sayang saya dapat unit yang spakbor ga center ma ban, juga stang ga lurus. Banyak juga di grup yang mengeluhkan hal yang sama. Semoga Suzuki ga kejar setoran saja.

    Suka

      • Tadi abis dari dealer ambil pesanan seat cowl biar single seater. Ngeliatin GSX S juga R yang masih baru dan diplastikin, dari 13 yang dipajang saya perhatikan ada 7 yang miring ke kiri dari buntut hingga spakbornya. 2 ke kanan. Sisanya mulus presisi alias center dari buntut ke spakbor sampe ke ban.

        Di parkiran semuanya miring, ada satu yang ngakalin biar center dengan narik adjuster rantai bagian kanan lebih dalam. Jadi ga seimbang antara chain adjuster kanan ma kirinya lol. Ga tau tuh ngaruh ke ban dan kenyamanan pemakaiannya atau engga.

        Mengenai stang, kayanya cuma saya yang ga lurus. T.T Moga bisa diganti atau dibenerin gratis pas servis pertama dalam waktu dekat ini. Oh iya min, ternyata sparepart Suzuki murah-murah! Hoax yang bilang part Suzuki mahal.

        Suka

        • Terima kasih infonya. Wah apa miring itu bisa dibenahi apa harus ganti ya? Saya baca baca kok juga banyak motor lain yang spakbornya miring. Apa kalau dibenahi dengan dipanasi pakai air panas bakal bisa permanen ya? Apa miring waktu di transport atau dari pabriknya ya?

          Kalau sampai ban belakang yang dibuat miring yang kenan mungkin rantainya. Sama mungkin handling jadi nggak center.

          Semoga setang nggak center bisa di perbaiki, bisa jadi cuma butuh di bongkar pasang.

          Iya, part Suzuki banyak murah. Yang keekspos cuma yang lebih mahalnya saja.

          Suka

          • Ga tau nih, soalnya yang saya lihat miringnya dikarenakan buntut/bagian jok penumpang yang ga lurus. Jadinya spakbor kebawain ga lurus deh. Moga-moga bukan karena rangka buntut yang ga simetris. Kemungkinan sih itu karena transport dari pabrikan ke dealer.

            Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.